HPI Komda Jabar 2016 – 2019

HPI Komda Jabar 2016 – 2019

Saya hadir saat pemilihan ketua Himpunan Penerjemah Indonesia Komisariat Daerah Jawa Barat (HPI Komda Jabar) periode 2016 – 2019. Tidak terasa Sabtu, 7 September 2019 lalu adalah pergantian ketua HPI Komda Jabar untuk periode tiga tahun berikutnya, 2019 – 2022. Di HPI Komda Jabar hanya sebagai tim hore.

Ada dua acara di hari Sabtu itu. Acara pertama adalah “Pelatihan Trados untuk Peningkatan Produktivitas Penerjemah“. Pukul 08.30 – 14.00. Acara kedua adalah “Rapat Anggota untuk Pemilihan Ketua HPI Komda Jabar Periode 2019 – 2022.” Pukul 14.00 – 17.00.

Poster Belajar Trados Ala Penerjemah Bahasa dan Rapat HPI Jabar- Acara HPI Komda Jabar di Balai Bahasa UPI 7 Sept 2019 Bandung
Poster Belajar Trados Ala Penerjemah Bahasa dan Rapat HPI Jabar- Acara HPI Komda Jabar di Balai Bahasa UPI 7 Sept 2019 Bandung

Dua acara ini berlangsung di Gedung Balai Bahasa, Universitas Pendidikan Indonesia, Jln. Dr. Setiabudi No. 229, Kota Bandung.

Pelatihan Trados untuk Peningkatan Produktivitas Penerjemah

Seperti biasa, tugas saya dalam acara ini adalah:

  • Jadi narahubung acara.
  • Mencetak poster acara dan mengirim langsung ke empat kampus untuk ditempel.
  • Membuat dan mencetak sertifikat peserta.
  • Membeli, mendesain, mencetak, dan memasukkan label nama atau name tag peserta. Label nama yang dibeli adalah model gantungan.
  • Mendesain dan mencetak dua spanduk acara model vertikal. Masing-masing ukurannya adalah 1,5 meter x 2,5 meter.
  • Membeli beberapa kabel listrik. Peserta pelatihan diharuskan membawa laptop, jadi perlu tambahan colokan listrik yang cukup.
  • Membantu peserta yang kesulitan memasang perangkat lunak Trados. Baik sebelum acara atau saat acara.
  • Membuat 2 CD dan 3 DVD instalasi Trados trial dan urusan fotokopi dini hari sebelum acara.

Sekali lagi, canva.com benar-benar sangat membantu saya mendesain spanduk acara dengan mudah dan cepat sekali. Urusan pendaftaran peserta dan konfirmasi pembayaran, dibantu oleh jabar.hpi.or.id dengan plugin Caldera Form yang gratis. Kalau urusan desain label nama peserta, saya pakai Microsoft Office Word. Cara manual.

Penutupan pendaftaran dan konfirmasi pembayaran acara ini satu hari sebelum acara. Tanggal 5 September 2019. Jadi ada waktu yang cukup untuk memeriksa kembali nama-nama peserta. Termasuk membuat sertifikat dan nama peserta. Ini merupakan pelajaran dari acara-acara sebelumnya.

Beberapa Koleksi Foto-Foto Acara ini di Youtube https://www.youtube.com/watch?v=9dU26FCp7MM

Sebelum Acara Pelatihan Trados atau CAT Tool

Satu hari sebelum acara merupakan hari yang cukup sibuk. Selain urusan cetak-mencetak, juga membantu beberapa peserta menjalankan Trados di laptop masing-masing via WhatsApp. Sampai saat pelatihan.

Pagi hari tiba di tempat acara sekitar pukul 07.30. Langsung mempersiapkan meja pendaftaran. Saat itu sudah ada dua peserta yang sudah datang. Seingat saya, peserta yang datang dari Jakarta dan Surabaya.

Instal Trados dan NET Framework

Ketika pelatihan dimulai, beberapa peserta masih ada yang kesulitan memasang Trados. Sejenis perangkat lunak sebagai alat bantu penerjemah atau computer aided translation tool (CAT Tool).

Saya teringat dengan pelatihan sebelumnya. Topik pengenalan CAT Tool. Ada beberapa laptop peserta yang tidak bisa langsung dipasang Trados. Trados butuh NET Framework. Semacam perangkat lunak tambahan yang harus dimiliki oleh sistem operasi Windows jika ingin menjalankan Trados.

Pagi hari sebelum berangkat ke tempat acara, sudah bela-belain mengunduh mentahan NET Framework offline. Sayangnya versi yang diunduh adalah yang terbaru, 4.7.2. Sedangkan kalau tidak salah Trados 2019/2917 perlu NET Framework 4.5 untuk Windows 7 atau Windows 8. Jadi tidak terpakai.

Terpaksa para peserta unduh manual dari laptop masing-masing. Ukurannya sekitar 54MB.

Pelatihan Trados untuk Peningkatan Produktivitas Penerjemah 7 September 2019 Balai Bahasa UPI Bandung HPI Komda Jabar
Pelatihan Trados untuk Peningkatan Produktivitas Penerjemah 7 September 2019 Balai Bahasa UPI Bandung HPI Komda Jabar

Pelatihan Trados

Trados yang digunakan di sini adalah Trados versi trial atau uji coba 30 hari. Versi yang diterangkan adalah versi 2019, Trados terbaru. Namun bisa juga pakai Trados versi sebelumnya, 2015 atau 2017. Peserta yang sebelumnya memasang versi 2017, akhirnya memasang versi 2019, karena agak kesulitan mengikuti materi.

Materi yang dijelaskan dalam pelatihan ini adalah membuat “New Project”. Sudah termasuk membuat Translation Memory atau TM berdasarkan berkas latihan yang sudah dikirim sebelum acara dimulai. Juga mengenai Term Base (TB).

Cukup banyak pertanyaan yang diajukan para peserta. Para peserta juga beragam. Mulai yang baru mengenal CAT Tool hingga ada yang sudah menggunakan sebelumnya. Kembali lagi, kalau literasi komputer sangat penting dipahami oleh para penerjemah atau translator.

Rapat Anggota untuk Pemilihan Ketua HPI Komda Jabar 2019 – 2022

Setelah istirahat, foto bersama, dan melanjutkan sesi kedua pelatihan, akhirnya pelatihan Trados berakhir sekitar pukul 14.30. Langsung dilanjutkan acara yang kedua. Intinya pemilihan ketua HPI Jabar periode 2019 – 2022. Tentunya sedikit kata sambutan dari ketua periode sebelumnya, 2016 – 2019.

Salut dengan kehadiran para pengurus HPI Pusat yang hadir untuk kesuksesan acara besar pada hari itu. Mulai dari ketua umum, wakil ketua, sekretaris, dan DPK.

Setelah sambutan, rapat langsung dilaksanakan sesuai tata tertib yang sudah ada sebelumnya. Pertama para peserta rapat mengajukan nama-nama calon ketua. Tentu saja yang mengajukan nama calon harus sesuai dengan tata tertib rapat. Harus anggota penuh dan tinggal di wilayah Jawa Barat.

Calon dan Ketua HPI Komda Jabar 7 September 2019 2029-2022 Balai Bahasa UPI Bandung
Calon dan Ketua HPI Komda Jabar 7 September 2019 2029-2022 Balai Bahasa UPI Bandung

Ada enam nama yang keluar. Dari enam nama itu ditanyakan kesediaan untuk menjadi calon ketua. Ada dua nama yang bersedia. Bapak Ricky, ketua HPI Komda Jabar 2016 – 2019, dan Bapak Eki.

Dari 12 suara yang ada, delapan suara memilih Bapak Eki dan empat suara memilih Bapak Ricky. Bapak Eki Qushay Akhwan akhirnya terpilih menjadi Ketua HPI Komda Jabar 2019 – 2022.

Tidak disangka kalau acara pemilihan ini berlangsung sangat lancar. Pukul 16.30 sudah selesai. Padahal jadwalnya hingga pukul lima sore.

Foto Bersama Setelah Pemilihan Ketua HPI Komda Jabar 7 September 2019 2029-2022 Eki Qushay Akhwan
Foto Bersama Setelah Pemilihan Ketua HPI Komda Jabar 7 September 2019 2029-2022 Eki Qushay Akhwan

Tidak terasa tiga tahun berlalu. Tiga tahun lalu juga hadir dan pemilihan ketua periode 2019 – 2022 juga hadir. Ada banyak kenang-kenangan saat menjadi tim hore periode 2016 – 2019.

Mulai Acara Mendulang Dolar Dari Terjemahan – Gelar Wicara HPI Komda Jabar 27 Oktober 2018 di Wong Solo, Pengenalan CAT Tool di Balai Bahasa 15 Desember 2018, Mimbar Bebas di Kafe Koffie Tijd!, dan acara pelatihan Trados ini.

Modal ikut unit kegiatan mahasiswa dan berbagai kepanitiaan saat masih kuliah benar-benar bermanfaat sekali.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.