Mikrofon/Mic/Mik Di Tengah Suara Audio Musik Latar Hitam

Suara Google Translate Itu Benar atau Salah?

Ide tulisan ini muncul waktu membalas 50 komentar dalam satu bulan kemarin. Ada yang bertanya soal belajar bahasa Inggris dengan menggunakan Google Translate. Google Translate sendiri lebih banyak dikenal sebagai alat penerjemah bahasa, termasuk penerjemah Inggris Indonesia yang gratis. Pertanyaan lengkapnya kurang lebih begini:

bang, saya kan lagi belajar bahasa inggris, ceritanya nih saya otodidak hehehe. boleh tanya apakah suara yang dihasilkan google translate tersebut benar atau salah ? soalnya kalau saya latihan bicara saya ngikut cara pengucapannya sesuai yang diomongkan google translate tersebut Triyono

Pertanyaan ini diajukan dalam tulisan yang berjudul Apakah Terjemahan Bahasa Di Google Translate 100% Akurat?. Kalau yang saya tangkap, maksudnya ucapan atau omongan Google Translate dalam versi bahasa Inggris bukan bahasa Indonesia atau bahasa asing lainnya.

Suara Di Google Translate Bahasa Inggris Ucapannya Benar

Jawabannya adalah benar. Khusus ucapan dalam mesin terjemahan Google Translate dalam bahasa Inggris, omongannya adalah benar. Alasannya karena bahasa Inggris sendiri sudah mengembangkan kamus bahasa Inggris digital yang setiap kata dalam kamus itu ada cara pengucapan dalam bahasa Inggris. Contoh kamus bahasa Inggris digital yang dikembangkan adalah kamus Oxford Dictionary. Salah satu contoh kamus bahasa Inggris yang dipakai saat kegiatan terjemahan Inggris Indonesia adalah Concise Oxford English Dictionary (Eleventh Edition).

Kamus Bahasa Inggris Oxford
Kamus Bahasa Inggris Oxford

Ilmu cara pengucapan (pronounciation) dalam bahasa Inggris ini atau bahasa lainnya dikenal dengan ilmu Fonologi. Para ahli bahasa Inggris juga telah lama mengembangkan cara pengucapan kata per kata dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Sehingga secara tidak langsung cara ucapan atau cara bicara dari suara yang keluar dari Google Translate menjadi cara pengucapan yang baku/resmi dalam bahasa Inggris.

Cara Menggunakan Google Translate Untuk Belajar Pengucapan Dalam Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

Bagi yang belum tahu cara menggunakan Google Translate, mungkin bisa dilihat dalam tulisan sebelumnya yang berjudul Cara Menggunakan Google Translate Bahasa Sunda-Indonesa. Caranya cukup mudah, yang penting ada sambungan internet agar bisa menggunakan Google Translate online. Akan lebih baik lagi dicoba dibuka di komputer, walau di HP/Ponsel Pintar cara pengucapan Google Translate bahasa Inggris ini juga bisa dilakukan.

Pertama buka https://translate.google.com. Masukkan versi bahasa Inggris ke dalam kolom kiri/atas untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Otomatis nanti Google Terjemahan akan menerjemahkan langsung versi bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia.

Baca Juga: Terjemahan Inggris Indonesia Selain Google Translate yang Gratis Juga

Contoh di atas menggunakan versi terjemahan dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris yang dengan tampilan smartphone. Bisa juga dicoba dengan pasangan bahasa lainnya, seperti bahasa Arab, Jepang, Italia, bahkan bahasa Sunda. Setelah diterjemahkan, nanti pilih tombol yang gambarnya pengeras suara atau volume (lihat gambar di atas).

Secara otomatis Google Translate akan mencontohkan cara pengucapan kata atau kalimat dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Keraskan volume pengeras suara agar dapat mendengar ucapan penerjemah Google Translate. Lalu coba tiru perkataan mesin Google Translate yang dikeluarkan agar fasih dan benar cara pengucapannya. Cara pengucapan ini mungkin bisa juga dicoba ke pasangan bahasa lainnya.

15 pemikiran pada “Suara Google Translate Itu Benar atau Salah?”

  1. Biasanya saya pake google translate dulu sih, buat file mentah aja abis itu saya terjemahin lagi. wkwkwkwk. tapi google translate sekarang makin lumayan lah terjemahannya dibanding awal-awal dulu ekekekek.

    Balas
  2. tapi emang makin kesini google translate makin update dan makin pinter. dulu waktu awal kuliah bikin makalah pake google traslate malah kacau hehehe. tips menarik juga melatih pronounciation pake google traslate. thanks :)

    Balas
    • betul. Google memang terus mengembangkan algoritma kecerdasan buatan mereka. Termasuk meminta bantuan sukarelawan untuk membantu memperbaiki hasil terjemahan mesin mereka.

      Balas
  3. Ternyata, google translate bisa buat latihan bicara bahasa Inggris jiga, ya. Baru tahu ternyata ada fitur tersembunyi yang sebenarnya muncul setiap kali buka google translate. Kurang peka aja ya,.

    Balas
  4. tapi kenapa ya mas kok kadang grammar di google translate suka kurang tepat yaaa??

    makanya kadang saya bingung pengen pinter bahasa inggris kayak mas kok susah amat hehee

    Balas
    • Kalau gramatika di google translate benar atau salah belum tahu. Yang jelas, untuk grammar bahasa inggris di Google Translate, mungkin sudah mulai dikembangkan.

      Balas

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.