Menu Komentar di Administrator WordPress

Ada 50 Komentar Di Bulan Mei 2017

Bulan Februari 2017 lalu, ingin sekali rasanya ingin melakukan saling komentar lagi (blogwalking) untuk lapak terjemahan Indonesia Inggris ini. Hanya saja, kadang kalau sudah ada pekerjaan penerjemahan, untuk mengurus blog saja bisa lupa. Padahal sebelunya juga ada rencana untuk membuat grup blogwalking elit di Facebook. Lumayan, sudah ada dua-tiga orang yang tergabung. Walau belum berjalan aktif setidaknya, proses untuk membuat tim saling komentar ini terus dicoba dilaksanakan.

Memang satu-dua bulan terakhir ini intensitas untuk saling komentar tidak begitu tinggi. Entah datang dari mana, dua bulan terakhir ini, banyak sekali komentar di lapak terjemahan ini muncul. Kalau diperhatikan, kemunculan komentar ini terkesan sedang membangun jaringan blog pribadi. Sampai-sampai tulisan soal ciri-ciri blog palsu, dijadikan tulisan kecil.

Membalas 50 Komentar Dalam Satu Hari

Sebenarnya tidak sampai satu hari sih, mungkin sekitar dua jam lebih. Lantaran jaringan internet Indihome ini tidak stabil tadi sore. Hampir sebagian besar komentar yang muncul ini adalah jaringan blog pribadi. Sehingga kebanyakan tautan yang aktif dinonaktifkan. Soalnya dulu pernah membiarkan tautan aktif ini tertinggal. Eh setelah razia tautan dengan plugin WordPress Broken Link Checker, hampir semua tautan ini tidak aktif. Terlihat betul kalau memang komentar ini sengaja ditinggalkan untuk membangun jaringan blog mereka. Sejak saat itu pula, halaman kebijakan komentar diperbarui.

Sebenarnya ada rasa senang juga 50 komentar ini hadir selama satu bulan terakhir. Setidaknya ada 1 atau 2 komentar yang muncul sehari sekali di blog penerjemah Inggris Indonesia ini. Padahal dulu sempat dalam satu hari membalas 30 komentar. Waktu itu memang kegiatan saling komentar sedang semangat-semangatnya.

Komentar yang Muncul Sendiri

Sebagian besar, hampir semua komentar ini muncul sendiri. Berbeda jika dari rekan-rekan bloger yang suka kegiatan saling komentar. Dari sini bisa diambil kesimpulan, kalau tulisan yang bagus dan menggugah hati apalagi bermanfaat, bisa memancing pembaca untuk meninggalkan komentar. Faktor lainnya, kecepatan blog juga lumayan berpengaruh bagi pengunjung untuk menuliskan komentar.

8 pemikiran pada “Ada 50 Komentar Di Bulan Mei 2017”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.