Deprecated: category_link is deprecated since version 2.5.0! Use term_link instead. in /home/tarjiemn/domains/tarjiem.com/public_html/wp-includes/functions.php on line 5088
Ilustrasi Wanita Cara Jualan (Marketing) Online, Sales, Bisnis, Plant, Strategi, dengan Kata-Kata

Cara Jualan Daring Dari Web ala Penerjemah Inggris Indonesia

Saudara saya menghubungi saya dan meminta tolong untuk membuatkan sebuah web. Web jualan barang fisik. Sebuah produk yang perlu jasa pengiriman atau ongkos kirim.

Secara garis besar, hampir paham konsep yang diinginkan. Istilahnya, membuat web jual beli atau ecoomerece.

Ini adalah catatan penjual jasa penerjemah bahasa Inggris Indonesia terkait bagaimana cara membuat web ecoomerece. Mulai dari nol sampai ke tahap pemasaran. Tentu saja ini, semua ini berdasarkan pengalaman pribadi. Hampir tujuh tahun saya membuka lapak jasa penerjemah Indonesia Inggris dan berjualan dengan itu. Si tarjiem.com.

Secara umum pengalaman pribadi ini sudah ada di tulisan kategori bloger. Lalu mungkin sebagian juga ada di kategori bahasa. Berhubung jumlah dua kategori tulisan itu ada 300 lebih tulisan, maka tulisan ini akan coba merangkumnya. Memilah mana bagian yang relevan.

Cara Membuat Web Online Jual Beli Mulai Dari Nol

Hal yang ingin dijelaskan di sini adalah, apa saja yang perlu disiapkan untuk membuat web online jual beli. Semuanya berdasarkan apa yang pernah saya dilakukan, dari sisi web developer atau web designer.

Daftar hal penting yang harus disiapkan oleh sang pemilik:

  1. Logo
  2. Domain
  3. Slogan
  4. Warna
  5. Jenis Huruf
  6. Media yang Dipakai
  7. 150 Karakter
  8. 300 kata – 500 kata
  9. Konsep Pemasaran dan Pengembangan

Logo

Logo sangat penting sekali ditentukan. Saat awal ingin berjualan. Logo sangat terkait dengan brand awareness, kesadaran sebuah merek. Siapkan logo master ukuran besar persegi (rasio 1:1) dan persegi panjang (rasio 1:2 atau 3:4). Penasaran cerita soal logo tarjiem?

Domain

Logo dan alamat internet adalah satu kesatuan merek. Tidak bisa dipisahkan. Alamat internet atau domain ini yang membedakan tingkat keseriusan ingin berjualan secara daring. Tidak semua orang bisa memiliki web dengan domain sendiri, namun semua orang bisa punya media sosial yang bisa dipakai untuk berjualan.

Namun demikian, bukan berarti dengan memiliki web bisa dibilang lebih keren dibandingkan jualan dengan media sosial yang gratisan. Setidaknya pengelolaan web lebih rumit dan perlu biaya, dibandingkan menggunakan media sosial atau media gratisan lainnya.

Slogan

Saat sudah menentukan merek (logo+domain internet), slogan wajib ditentukan pula. Slogan sebaiknya kurang dari lima kata. Contoh, domain tarjiem.com, slogan Penerjemah Inggris Indonesia. Dulu slogannya, Jasa Penerjemah Inggris Indonesia. Slogan adalah titik pangkal pengoptimalan pemasaran.

Warna

Saat menentukan logo, maka akan ada warna yang dipilih. Warna sebaiknya seirama dengan barang atau jasa yang ingin ditawarkan. Misalnya, jika yang ingin dijual adalah tanaman atau sayuran, tentu warna tema warna yang dipilih umumnya adalah warna hijau.

Wajib menyimpan kode warna heksadesimal atau warna RGB yang dipilih. Saat memilih warna, biasanya ada kode-kode tersendiri untuk warna masing-masing warna. Setidaknya, tentukan satu warna utama dan satu warna sekunder.

Jenis Huruf

Saat mendesain sebuah web, jenis huruf atau font penting sekali ditentukan dari awal. Jenis huruf biasanya dipakai di halaman web dan berkas administrasi. Paling mudah, pilih saja salah satunya di Google Font.

Media yang Dipakai

Media yang dipakai atau platform penting sekali ditentukan di awal-awal. Ada banyak cara membuat web online jual beli. Hal yang membedakan adalah pondasi atau mesin web yang dipakai untuk berjualan, platform. Bahasa kerennya eCommerce CMS seperti PrestaShop, OpenChart, Magento, WooCommerce, dll.

Saya sendiri memilih membangun dengan WooCommerce dari WordPress. Alasannya, saya sudah terbiasa menggunakan WordPress yang gratis. Setidaknya ada lebih dari 100 tulisan soal #WordPress di tarjiem.

150 Karakter

Gambarkan web atau usaha dengan 150 karakter. Profil singkat. Singkat, padat, dan jelas. Penting sekali. Biasanya ini dipakai untuk mendeskripsikan secara singkat di profil media sosial.

300 kata – 500 kata

Selain 150 karakter profil singkat, setidaknya sang pemilik harus menyiapkan 300 kata atau 500 kata. Kata-kata itu adalah penjelasan mengenai usahanya. Gunakan prinsip, apa, siapa, mengapa, bagaimana, kapan, dan di mana. Setidaknya, kata-kata ini mungkin akan dipakai di proposal penawaran.

Kata-kata ini harus unik dan harus ditulis sendiri. Bukan ditulis ulang atau copywriting. Nanti bisa kena copyscape.

Konsep Pemasaran dan Pengembangan

semuanya ingin produk laku terjual. Semua penjelasan di atas pada akhirnya demi menentukan strategi pemasaran dan pengembangannya. Hal ini perlu dibicarakan. Pastinya, saat berjualan online melalui web, web harus cepat diakses. Web juga harus mudah ditemukan oleh mesin pencari. Mengenai pemasaran, tinggal ditentukan fokus area dan cara pemasarannya.

Selain yang disebutkan di atas, sisanya hanya hal-hal teknis saja yang bisa dikerjakan sambil jalan.

Sangkalan
Saya bukan ahli pengembang web (web developer), bukan jago desain web (web designer), bukan jago coding, dan bukan pula ahli marketing.

Sengaja menulis ini. Ingin menjelaskan kepada saudara saya, apa saja yang harus disiapkan untuk membangun sebuah lapak online. Jadi sebenarnya tulisan ini ditujukan kepada saudara saya atau mungkin ada yang kesasar ke tulisan ini.

Apa yang disampaikan di sini, masing-masing ada cabang ilmunya. Misal, ada ilmu tentang psikologi warna, menentukan jenis huruf, pembuatan logo, ilmu menentukan profil singkat 150 karakter atau 300 karakter, membeli domain, pengoptimalan kecepatan, dll.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.