Saat Mastah Memilih Diam

Saat Mastah Memilih Diam

Tadinya tulisan ini mau dibuat di sebuah forum. Setelah dipikir-pikir, sayang juga kalau tulisan asli 100% ini ditampilkan di sana. Apalagi tulisan ini tanpa salin-rekat, murni pandangan pribadi. Nah berhubung lapak penerjemah Inggris Indonesia minta dibelai lagi, jadilah tulisan ini pertama kali ditampilkan di sini. Anggap saja ini tulisan obat jenuh setelah mengolah tulisan sebelumnya.

Saat Para Ahli SEO Memilih Untuk Banyak Diam

Kurang lebih judul lebih tepatnya itu. Cuma rasanya kurang enak kalau judul (title) menggunakan kata SEO atau optimasi mesin pencari (OMP). Biarlah ditaruh di dalam saja tajuk utama (heading 1) di dalam tulisan. Anggap saja hanya orang iseng yang mampir ke tulisan ini.

Baiklah mari kita mulai.

Sebenarnya tulisan ini ditujukan ke tempat salah satu tongkrongan harian. Istilah mastah itu sendiri bisa diartikan sebagai master. Artinya orang yang ahli di bidang tertentu. Mereka setidaknya tahu secara umum keahlian optimasi mesin pencari. Tidak hanya tahu secara umum saja, tapi juga memiliki kemampuan spesifik dalam mengoptimalkan konten untuk konsumsi dunia maya.

Arti Mastah Dalam Bahasa Indonesia

Maaf kalau sedikit menyinggung apa arti mastah. Soalnya ini tulisan ditampilkan di lapak jasa terjemahan Inggris Indonesia. Selain itu sedikit perwujudan sikap cinta bahasa Indonesia.

Arti Mastah dari KBBI Luring Tidak Ada
Arti Mastah dari KBBI Luring Tidak Ada

Seperti biasa, versi KBBI, tidak ada arti kata mastah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia luring (offline). Sama juga dengan rujukan sahih kata dalam bahasa Indonesia, kbbi.kemdikbud.go.id. Kata Mastah tidak ada artinya dalam kamus bahasa Indonesia per Januari 2017.

Apa Itu Mastah Versi Kamus Bahasa Indonesia Daring Kemendikbud
Apa Itu Mastah Versi Kamus Bahasa Indonesia Daring Kemendikbud

Lalu kemana harus mencari apa itu mastah?

Kemana lagi kalau bukan ke dukun spritual dunia maya, Google. Ternyata ada satu halaman hasil pencarian yang menggarap kata ini di google.co.id. Baiklah mari dicoba iseng garap pakai tulisan ini arti mastah apa seh. Bukankah sudah dijelaskan apa itu arti mastah di atas? Ah dasar, ini sih akal-akalan saja mengejar kata kunci artinya mastah.

Koleksi Gambar Acak Kata Mastah Awan, Apa Itu Mastah
Koleksi Gambar Acak Kata Mastah Awan, Apa Itu Mastah Dibuat oleh jasondavies.com

Tulisan ini mengincar kata-kata mastah menggunakan ubersuggest.io. Dari alat pencari kata kunci frasa panjang (long tail keyword) hasilnya kebanyakan dua kata saja, yakni adalah mastah blogging, mastah movie, mastah photoshop, mastah vip, mastah herbal, mastah artinya apa, mastah android, dsb. Lanjut incar kata kunci (keyword) menghindari algoritma si dukun yakni arti mastah di kaskus, arti mastah kaskus, mastah di facebook, mastah di twitter, mastah forex, mastah film. Banyak juga yah yang mencari mastah itu apa sih. Biar singkat dipisah pakai tanda koma saja deh biar cepat, mastah film, mastah fb ads, gelar mastah, dan mastah komputer.

Mastah Fortuner

Nah kalau mastah fortuner memang pernah lihat di facebook. Mobil fortuner mastah ini kalau tidak salah warna putih.

Mobil Fortuner Putih Tampak Depan 2015
Mobil Fortuner Putih Tampak Depan 2015 Wikimedia.com

Mastah Palembang

Kalau mastah palembang ini juga pernah baca tulisannya. Keren lah tulisannya. Buat yang belum pernah lihat duit banyak, bakalan ngiler melihat tulisan mastah palembang Sumatera Selatan ini. Kalau ingat mastah Palembang, ingatnya makanan khas Palembang, pempek.

Kepanjangan Mastah SEO

Bentar yah masih ada 18 lagi yang mesti disebut. Kalau bosan, langsung saja cari tajuk lain di bawah ini. Jaga-jaga algoritma tahun 2023. Masih ada lagi yang mesti disebut pengertian mastah, kepanjangan mastah, mastah meme, mp3, mastah ninja, SSH. Masak iya ada yang mencari sungkem mastah. Sungkem sendiri berasal dari bahasa Jawa, artinya adalah hormat kepada sebutan mastah. Kalau singkatan mastah mungkin bisa dijadikan MASTer AHli.

arti mastah di kaskus, mastah blogging, mastah movie, mastah artinya apa
arti mastah di kaskus, mastah blogging, mastah movie, mastah artinya apa

Terakhir ada juga mastah twitter dan mastah wikipedia. Wah kalau mastah Wikipedia ini asli keren. Kelas berat deh kalau mastah wikipedia ini. Kalau mastah youtube, syarat spesifikasi komputer harus punya penyimpanan data (harddisk) bertera-terabit.

Mastah Artinya adalah Panggilan Hormat kepada para Guru atau para Ahli

Frasa yang belum disebut itu adalah arti panggilan bie, lebih tepatnya apa itu newbie dalam bahasa Indonesia. Arti kata newbie itu kebalikan dari mastah. Arti newbie dan mastah juga berlaku di panggilan dunia maya. Umumnya panggilan newbie dan mastah dipakai dalam dunia bloger.

Arti Newbie adalah sebutan atau panggilan pemula dalam satu bidang, khususnya dalam dunia internet atau blog.

Ada beberapa rujukan menarik versi kitab gaul arti mastah dan newbie. Newbie sendiri kadang disingkat jadi noob. Arti noob sama dengan newbie. Kata newbie berasal dari bahasa Inggris. Lalu kadang dipelesetkan dalam bahasa Indonesia menjadi, nubi, nyubi, nube, noobs, nyube, dsb.

Bosan Arti Mastah terus…

Lama sekali masuk ke inti tulisan. Maklumlah, ini lagi mau menulis sepuluh-dua puluh kata kunci diincar. Nah biar tak bosan bahasa arti mastah dalam bahasa Indonesia, ini penjelasan yang menarik dari internet.

Arti mastah dari Kitab gaul:

Sebuah kata yg berasal dari kata master… Kebiasaan org jepang yg kurang bisa ngomong R .

A: mastah tolong ajarin jurus pathoek the snake …

Arti Mastah Dari Ka*kus:

mastah artinya master , bahasa bruce lee itu …
master/guru/senior dll deh… yg di tuakan..

mastah=MASTer AHli
awalnya MASTAH itu adalah MASTER yang artinya dalam bahasa inggris adalah orang yang ahli bisa juga dibilang S2 dalam perkuliahan, nah Kalau suhunya itu sudah S3 dengan kata lain suhu itu sudah profesor, jadi jabatannya

Tingkatan-tingkatan Mastah versi Bebas dan dari ka*kus lagi:

  • NEWBIE => MASTAH => SUHU
  • mastah = master = suhu = tetua

Baiklah ini sudah 700++ kata. Tenang ini baru setengah jalan.

Kenapa Pakar Optimasi Mesin Pencari (OMP/SEO) Lebih Memilih Banyak Diam?

Sudah disebutkan di satu kalimat paragraf awal-awal di atas. Tulisan ini terinspirasi dari tempat tongkrongan harian dua tahun belakangan ini. Tentu ada alasan tersendiri kenapa pakar OMP lebih memilih banyak diam di sebuah komunitas atau forum dunia maya.

Mastah vs Newbie Meme Ketika Mastah Mulai Sombong Aku Cuma Bisa Tersenyum
Mastah vs Newbie Meme Ketika Mastah Mulai Sombong Aku Cuma Bisa Tersenyum dari blog.gustiml.com

Menghindari Conflict of Interest (Konflik Kepentingan)

Jika mereka yang memilih banyak diam sudah sampai tingkatan ini, percaya atau tidak dia sudah bisa dibilang pakar seo, alias MASTAH.

Jika diam itu adalah emas, jadikan saja komentar itu berlian - tarjiem
Jika diam itu adalah emas, jadikan saja komentar itu berlian – tarjiem

Bagi mereka yang pernah merasakan perihnya menjadi pemula, biasanya hati bersih mereka tidak segan-segan membantu para pemula yang baru terjun di bidang tertentu. Katakanlah itu dunia bloging, SEO, WordPress, Blogspot, penerbit iklan (publisher), Twitter Buzz, PBN, reseller, youtuber, atau apa pun itu bidangnya.

Hanya dalam dunia nyata dan maya, akan ada selalu namanya konflik kepentingan (conflict of interest). Contohnya, para pedagang yang berjualan di atas trotoar jalur pejalan kaki. Jelas para pedagang itu akan memiliki kepentingan yang berseberangan dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Para pedagang kaki lima ini perlu berjualan demi mencari makan dan nafkah hidup.

Satpol PP juga begitu. Mereka harus melakukan tugas mereka demi ketertiban masyarakat banyak. Kebayang saja kalau Satpol PP tidak bergerak menertibkan para pedagang yang berjualan di pinggir jalan. Padahal para pedagang ini mengambil bahu jalan dan membuat kendaraan lain jadi terhalang dan tersendat. Bikin macet atau bikin ramai serangan spam. #eh

Begitu Juga Dengan Dunia Bloger (OMP versi Bahasa Indonesia)

Akan ada banyak sekali pertanyaan yang sering muncul berulang-ulang kali di dunia ini. Sama halnya dengan dunia bloger. Beberapa contoh pertanyaan yang paling sering muncul dari para pemula (newbie) adalah

  1. Bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog?
  2. Apa bedanya blogspot dan wordpress?
  3. Kenapa blog saya loading-nya lama?
  4. Kenapa Adsense belum disetujui (approve)?
  5. dst.

Bacaan lain: Dunia Bloger Tidak Seindah yang Dibayangkan, Percayalah

Lebih Jauh Soal Konflik Kepentingan

Biasanya para mastah ini punya trik tersendiri. Lalu pada saat ada orang lain yang menjual trik SEO tertentu yang diketahui para mastah, maka para mastah ini akan berusaha menahan diri. Berusaha tidak rusuh (komentar) di lapak (thread) orang lain. Ini adalah bentuk saling hormat-menghormati dan menghargai antar sesama manusia. Pilihan diam dalam sebuah tulisan dan komentar juga sebuah upaya dalam menghindari konflik kepentingan.

Suatu kali pernah agak kesal ada yang menjual trik seo. Padahal trik itu sudah ada yang membagikannya secara gratis oleh si mastih di tempat yang sama. Akhirnya pembahasan trik itu dicoba di-bump, berharap dibaca.

Para Mastah Biasanya Sudah Pernah Berbagi Sesuatu

Nah ini nih biasanya ajian para mastah. Umumnya mereka telah menuliskan sesuatu hal yang berkaitan dengan dunia optimasi mesin pencari. Tulisan yang pernah dibagi dan dibahas biasanya sesuai keahlian spesifikasi para master ahli ini. Misalnya master youtube, biasanya dia sudah memberi tahu atau menulis bagaimana cara menjaring penonton (viewer) youtuber. Terkadang ada juga yang membagikan barang digital gratis. Entah itu alat untuk mencari dan meriset kata kunci, entah itu tema WordPress gratisan, template Blogspot, jasa gratisan, dll.

Bagi para pemula (newbie) jelas barang gratisan itu sesuatu yang diincar sekali. Padahal ada hal yang lebih berharga dari itu. Hal itu adalah tulisan dan ilmu para master ini yang dibagikan secara gratis. Jika berbagi tools gratisan, alat itu masih bisa dibeli dan dicari.

Beda dengan ilmu, trik, tips yang sudah diketahui para masta ini. Misal untuk mengetahui alur algoritma Google, mereka harus melakukan riset selama 1-3 bulan. Nah ini yang lebih berharga dari mereka. Kita tidak perlu melakukan penelitian seo selama 3 bulan, cukup terima dan baca saja hasil riset seo para master ini.

Biasanya Ilmu Itu Bisa Disampaikan Dalam Bentuk Tulisan atau Komentar

Di dunia maya, hal ini yang sulit kita ketahui siapa dibalik penulis dan yang berkomentar. Para pemula biasanya sulit mengenali mana komentar yang benar atau komentar yang hanya basa-basi. Sama juga dengan tulisan (thread).

Sikap (Attitude) Para Newbie

Bagi mereka yang sudah berkata, “Apa sudah mencari di Google pertanyaanya?” Biasanya mereka sudah sampai pada tingkatan master ahli.

Ini merupakan salah satu sikap yang kadang kurang disukai bahkan dibenci para master. Kadang para master ini jenuh dan bosan dengan pertanyaan yang sudah ditanyakan berkali-kali. Lebih-lebih kalau jawaban pertanyaan itu sudah ada di mesin pencari Google.

Kadang mereka memilih diam agar komentar atau jawabannya tidak asal-asalan. Kalau pun mau komentar atau menjawab, biasanya jawabannya 100% salah atau menyampaikan yang benar.

Newbie: Heeeleeppp, tiba-tiba tidak bisa masuk ke dalam blog?

Mastah: Coba cek gembok di pintunya, sudah dibuka belum.

Kurang lebih begitu kalau sudah jenuh melihat pertanyaan yang berulang-ulang dan kurang rinci penjelasannya. Mangkanya dari pada para master ini menjawab asal-asalan, lebih baik memilih diam. Dari pada kasih ‘ceramah’ ke newbie coba?

Para Master Sedang Fokus Dengan Proyek dan Karya Mereka

Kalau ini sudah jelas dan wajar. Jadi jangan marah kalau ada pertanyaan, diskusi, yang terkait dengan para pemula digubris oleh para ahli ini. Kecuali sedang jenuh atau membuang rasa bosan, biasanya mereka akan muncul tuh.

Identifikasi Sederhana Master dan Pemula Versi Penerjemah Inggris Indonesia

Bagi para pemula akan sulit menilai siapa yang ahli dan yang bukan ahli. Sebagai penutup maka sedikit tips singkat untuk mereka yang sudah membaca sampai bagian ini. Padahal tulisan ini bisa dibuat jadi beberapa bagian per 500 kata.

  1. Tata bahasa Indonesia Asal-Asalan
    • Para pemula umumnya menggunakan bahasa Indonesia versi 4l4y atau krang hurf. Sudah ada bahasannya di sini.
  2. Menggunakan Pertanyaan Umum
    • Kalau pemula biasanya menggunakan judul pertanyaan yang umum. Beda dengan judul yang sudah jelas spesifikasi pertanyaanya. Bahkan dalam rincian pertanyaanya, para master biasanya sudah menyampaikan lebih detail ilustrasi penjelasannya.
  3. Bagian Pembukaan dan Penutup
    • Paling enak melihat bagian penutup dari pertanyaan. Ada tidak ucapan “terima kasih”, jika tidak ada kadang bisa bikin enggan untuk menjawabnya. Untuk pembukaan, sebisa mungkin ilustrasi dan kronologisnya lengkap.

Baiklah sudah sampai 1.700 kata lebih dan dua hari. Perlu diketahui, tulisan ini benar-benar menerapkan teknik on page seo. Silakan diperhatikan bagaimana trik seo yang diterapkan dalam tulisan ini. #bukanmastah

2 pemikiran pada “Saat Mastah Memilih Diam”

  1. Salut sama mas ridha..

    dari 1 kata, bisa di olah dengan begitu baik,
    tulisan dengan struktur yang tetap menarik, meski artikelnya sangat panjang.

    saya jujur membacanya tetap asyik-asyik saja, karena banyak sekali hal-hal yang tidak di ketahui jadi ilmu.

    saya tidak pernah kefikiran tentang arti kata mastah sebenarnya, hehehe

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.