Ads.id, Ads-id.com, atau Forum Adsense-id.com?

Mana yang benar, forum ads.id, ads-id.com atau Adsense-id.com?

Sebenarnya alamat forum Indonesia Internet Publishing, Advertising and Marketing Community di atas itu benar semua. Hanya saja untuk saat ini yang paling benar saat ini adalah http://ads.id/. Dua alamat yang lain, ads-id.com dan adsense-id.com adalah alamat lama. Alamat ads-id.com sendiri sekarang sudah dialihkan (redirect) ke ads.id. Sedangkan alamat forum adsense-id.com yang pertama kali ini sudah tidak bisa diakses. Kalau diterjemahkan, slogan ads.id kurang lebih “Komunitas Penerbitan, Periklanan dan Pemasaran Indonesia melalui Internet” atau saat ini lebih populer dengan istilah Imers (Internet Marketing/ Jualan via Internet atau Online).

Sekilas Sejarah Forum Ads.id

forum ads.id ads-id.com adsense-id.com

forum ads.id ads-id.com adsense-id.com

Jadi dulu sejarahnya, forum ini dulu cenderung membahas hal yang berkaitan dengan periklanan khususnya dunia iklan Google Adsense yakni sekitar 26 Agustus 2005. Mungkin itu adalah tanggal hari ulang tahun forum ads.id. Barulah kemudian forum terbesar pengiklan Indonesia terbesar ini berubah menjadi ads-id.com. Kata ‘ads’ sendiri cenderung adalah singkatan dari kata Bahasa Inggris ‘Advertising‘, lebih populer dan disingkat menjadi ‘ads’. Kata ‘ID’ sendiri artinya cenderung mengarah kepada ‘Indonesia’. Nah setelah mulai muncul ekstensi domain .id sebagai domain untuk negara Indonesia, nama forum ini pun berubah menjadi ads.id.

Proses Perubahan Nama Forum Ads.id

Ada hal yang menarik dari proses perubahan nama forum komunitas pengiklan Indonesia ini. Awalnya nama forum ini memiliki 10 karakter sebagai nama domain forumnya, yakni adsense-id.com. Lalu alamat forumnya kemudian berkurang menjadi 6 karakter, ads-id.com sekitar 3 Juni 2012. Terakhir sekitar 13 Juni 2014  hingga sekarang, nama forum ini berubah menjadi ads.id.

Harga Domain Forum Ads.id

Rata-rata harga sebuah domain berakhiran/ekstensi .com itu adalah sekitar USD 10-13 dollar atau sekitar 100-135 ribu rupiah setia tahunnya. Kalau rata-rata harga domain berekstensi Indonesia .id saat ini adalah 500 ribu rupiah per tahunnya. Nah kalau harga domain forum ads.id yang hanya ada 3 karakter ini sekitar 15-18 juta rupiah per tahunnya.

Pendiri Forum Adsense-id.com
Dr. Khairul Munadi, M.Eng (Keeper) ads.id

Keeper

Mau tahu siapa pendiri forum ads.id, ads-id.com atau adsense-id.com? Nama penggunanya (user id) adalah Keeper. Lalu administrator super atau akun anggota forum ads.id yang pertama kali adalah akun gajahbetina. Hal yang membuat saya sedikit ‘iri’, ternyata pendiri forum ads.id ini adalah seorang Doktor dengan nama lengkap Dr. Khairul Munadi, M.Eng. Gelar Master dan gelar Doktor yang beliau dapatkan, dua-duanya dari negeri Jepang. Luar Biasa. Lihat video profil beliau dari youtube di bawah ini (https://www.youtube.com/watch?v=ne2cqSnN9CU).

Dengan semakin bertambahnya usia forum ini yang sudah hampir 10 tahun lebih, forum ini terus berkembang dengan ragam aturan dan pembahasan yang unik. Saat ini jumlah anggota forum ads.id sudah mencapai 126.109 anggota (member) dengan jumlah pembahasan 212.254 (threads), jumlah komentar 2.722.266 (posts) serta lebih dari 25 sub forum. Pembahasan yang paling saya minati dari forum pemasaran melalui internet adalah ilmu seo-nya. Bagi saya pribadi, forum ini seperti ‘pangkalan ojek’ atau ‘terminal angkot’, dengan slogannya yakni ‘Bersatu di Pangkalan, Berpacu di Jalanan‘.

2 Comments

  1. dennyaditia 21 Oktober 2015 15:48
    • Ridha Harwan 31 Oktober 2015 06:41

Leave a Reply