Blogwalking is On tarjiem.com

Blogwalking is On – Februari 2017

Ini adalah seri ketiga edisi blogwalking atau edisi saling berkomentar di blog lain. Perjalanan panjang soal saling komentar ini sudah dijadikan label #blogwalking. Dulu sempat ramai sekali satu tulisan bisa sampai 20-30 komentar teman-teman bloger. Pernah menembus sampai 100 komentar.

Bahkan sempat mengeluh waktu untuk urusan balas komentar dan komentar balik bisa sampai dua jam dalam satu hari. Saat melihat tulisan lama soal kegiatan ini, ternyata awal tahun 2015 yang lalu juga adalah seri dua awal kegiatan saling komentar. Lumayan lama juga yah, hampir 2 tahun yang lalu.

Mengambil Manfaat Efek Saling Komentar

Buat yang sudah tahu manfaat Blogwalking, mungkin akan nyaman dengan salah satu trik optimasi mesin pencari. Lantaran ada beberapa tulisan sebelumnya, jadi bingung mau cerita dari mana. Intinya sih saling komentar itu ada akan mempercepat menurunkan peringkat Alexa.

Peringkat Alexa tarjiem.com 454.617 per 18 Oktober 2016
Peringkat Alexa tarjiem.com 454.617 per 18 Oktober 2016

Sebagai dokumentasi, peringkat blog dan lapak jasa penerjemah Inggris Indonesia sempat menyentuh angka global 400 ribu. Itu lantaran efek kegiatan saling komentar. Nah sekarang, peringkat Alexa jasa terjemahan Inggris Indonesia mulai merangkak naik menjadi 739.544 per tulisan ini dibuat.

Peringkat Alexa Tarjiem 4 Februari 2017 adalah 739.544
Peringkat Alexa Tarjiem 4 Februari 2017 adalah 739.544

Mulai Saling Komentar Lagi

Jika dinikmati, kegiatan saling komentar ini akan menjadi hal yang menyenangkan. Hanya saja, belajar dari pengalaman sebelumnya, sekarang lebih selektif memilih teman-teman untuk saling komentar. Cara mencari teman untuk saling komentar juga masih menggunakan cara lama. Cukup cari satu blog yang ramai komentarnya, lalu diseleksi blog siapa yang ingin dikunjungi.

Mulai Dari Blog Siapa?

Gampang, ada satu blog yang cukup terkenal di niche blog itu. Dari blog sana jaringan saling komentar mulai dicari dan dibangun. Persis triknya pada saat mencari teman-teman bloger Bandung. Hanya lantaran blog ini sekarang sudah menggunakan VPS, walau tak melakukan kegiatan saling komentar, kadang ada saja yang meninggalkan komentar. Biasanya mereka yang sendang membangun jaringan blog pribadi (PBN).

Nah, berhubung blog dan lapak jasa penerjemah Inggris Indonesia ini sudah berubah tampilan, maka kegiatan blogwalking awal tahun 2017 ini akan sedikit selektif. Blogwalking is on.

4 pemikiran pada “Blogwalking is On – Februari 2017”

  1. Luar biasa rank alexa nya :)

    Saya juga dulu suka blogwalking pas tahun 2015an, tapi kesini2 blogger baru hanya blogwalking untuk cari backlink aja komentarnya ga enak banget. Saya memutuskan berhenti blogwalking tahun 2016 akhir karena saya itu orangnya males sama teman yang ga bisa diajak akrab. Tujuan saya blogwalking juga sama yaitu untuk SEO tapi disisi lain saya juga ingin saling tukar sapa agar semakin akrab contohnya ngobrol via telpon, wa, bbm fb dll.

    Banyak teman itu kan enak, misalnya kita pas mau liburan ke bandung eh punya temen blogger di bandung bisa mampir kan sambil istirahat, begitupun di kota lainnya :)

    Balas
    • Itu alexa zaman dulu.

      Mau gimana lagi, kadang blogwalking itu dibutuhkan.
      Mangkanya sekarang saya suka milih-milih teman untuk saling komentar.
      Soal komentar yang asal-asalan sih tidak masalah.
      Kadang kan bisa jenuh juga kalau sudah saling komentar ke sana-kemari.

      Tapi memang, kalau bisa bertemu di dunia nyata, itu akan lebih baik lagi.
      Malah itu bisa jadi lebih berharga.

      Kalau mau ke Bandung coba saja hubungi saya, siapa tahu bisa ngobrol.

      Balas

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.