Select Page

Efek Kegiatan Blogwalking

Efek Kegiatan Blogwalking

Efek kegiatan blogwalking yang paling terasa yaitu menyita waktu.

Entah kenapa beberapa hari ini saya suka menulis tulisan ‘ngaco’. Tulisan ngaco yang saya maksudkan di sinilah adalah tulisan deskriptif argumentatif bukan tulisan ilmiah. Tulisan ‘asal’ yang baru saya terbitkan itu seperti contoh arti 700 kata dalam sebuah tulisan seo. Namun entah kenapa saya memberanikan diri untuk menuliskan rangkaian tiga tulisan yang baru saya terbitkan itu.

Sedikit Efek Kegiatan Blogwalking

Dengan melakukan blogwalking, kita merasa tulisan kita ada yang melihat dan membaca tulisan kita. Walaupun kita tahu mungkin ada juga yang tidak membaca tulisan kita, hanya berkomentar secukupnya saja. Namun dalam hal ini saya pribadi berusaha berpikir postif. Saya yakin beberapa di antara yang berkomentar, mungkin memang ada yang serius membaca tulisan kita. Karena itulah saya berusaha menyajikan tulisan-tulisan yang bertemakan seo.

Tulisan SEO Memancing Para Pembaca

Para blogger yang melakukan kegiatan blogwalking, rata-rata mereka tertarik dengan bahasan seo, termasuk saya. Karena itulah saya berusaha menumpahkan apa yang saya ketahui mengenai seo, khususnya dalam bidang bahasa yang saya miliki. Walaupun bagi mereka yang sudah ‘kenyang’ dengan seo, akan memahami sendiri bagaimana teknik seo yang efektif bagi blog kesayangan mereka.

Sekali pun demikian, saya juga baru menyadari kalau tidak semua blogger yang melakukan kegiatan blogwalking memahami teknik seo. Hal itu saya ketahui dari beberapa komentar yang bermunculan. Karena itulah, walaupun sedikit ‘jadul’, setidaknya tulisan saya ada manfaatnya bagi yang kebetulan baru menjadi seorang blogger.

Manfaat Minimum Dari Kegiatan Blogwalking

Walaupun saya menyadari tulisan yang saya tulis dalam rangka kegiatan seo itu kesannya berulang-ulang, namun saya sadar setidaknya ada hal minimum yang saya dapatkan dari kegiatan blogwalking itu, yaitu:

1. Alexa Menjadi Ramping

Penjelasan mengenai alexa ini sendiri sudah saya tuliskan dalam tulisan yang berjudul mengenang cara cepat menurunkan ranking alexa.

2. Artikel Baru Diindeks secara Cepat

Seberapa cepatnya artikel diindeks oleh laba-laba mesin pencarian saya kurang tahu. Yang jelas, jika saya melihat google webmaster tools, dari 178 kiriman yang ada 176 diantaranya sudah siap tampil di halaman mesin pencarian.

Efek Kegiatan Blogwalking Yakni Menyita Waktu.

Pagi saat saya membuat tulisan ini, saya menghitung berapa lama saya melakukan kegiatan blogwalking, di luar metode blogwalking yang saya gunakan. Kegiatan blogwaking yang saya maksudkan di sini adalah membalas setiap komentar yang muncul di artikel yang baru saya publikasikan dan membalas kembali ke blog yang bersangkutan.

Hasilnya?

Hampir 90 menit lebih saya harus membalas 30 komentar yang ada dan membalas balik dalam rangka kegiatan blogwalking saya. Padahal akses internet saya terhitung cukup lancar dan cukup cepat.

Terlepas kegiatan blogwalking memang benar menyita waktu, namun saya benar-benar menikmati kegiatan blogwalking yang saya lakukan saat ini. Saya merasa ada ‘teman seperjuangan’ dalam menulis dan menampilkannya di blog. Saya juga merasa tulisan saya minimal ada yang membaca dan mengunjunginya, yakni teman-teman blogwalking saya. Karena itulah saya memberanikan diri untuk menulis tulisan seo ‘ngaco’ dalam blog jasa terjemahan Inggris Indonesia saya ini.

About The Author

Ridha Harwan

Penjual jasa penerjemah Inggris Indonesia. Selengkapnya...

58 Comments

  1. grosir baju online

    betul sekali mas,blog walking sangat membantu sekali,biar blog kita cepat terindeks
    nice posting

    Reply
    • Ridha Harwan

      Terima kasih.

      Reply
  2. Beby

    Aku sukak blogwalking karena seruuuu :D

    Reply
  3. Achmad Muharya

    Artikel cepat diindeks gara-gara BW :D wah kayanya saya harus belajar sama mas ridha nih, artikel saya aja perlu waktu beberapa hari untuk bisa muncul, apa mungkin karena kurang BW ya :D, dan Alexa saya pun turunnya cuman 400rb doang kemarin :(

    Reply
    • Ridha Harwan

      400 ribu itu sudah angka yang bagus loh…..

      Reply
  4. Budi Smart Smart bas-studio com

    yang paling nyebelin lagi ketika koneksi internet lelet, bisa berjem-jam menghabiskan waktu untuk blogwalking. tapi memang benar blogwalking sangat menyenagkan..

    Reply
    • Ridha Harwan

      Dan menghabiskan waktu. Betul apalagi kalau internetnya kacau. Bisa nambah waktu blogwalking kita.

      Reply
  5. Salman Faris

    Seru banget kegiatan blogwalking ini selain menambah wawasan juga bisa menambah relasi :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Dan juga menambah waktu kita untuk diam duduk di depan komputer.

      Reply
  6. Jogja Ready

    Kalau saya sih, jika ada waktu luang baru melakukan BW… sebenarnya BW itu menyenangkan… bisa kenal para blogger

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya, sayangnya masih terbatas mengenal di dunia maya. Akan lebih baik lagi mengenal secara langsung.

      Reply
  7. sussi

    Komentar dan postingnya luar biasa, sy yg standart aja deh mas

    Reply
    • Ridha Harwan

      Yang penting berkomentar, hehehehe.

      Reply
  8. yanto cungkup

    saya setuju banget dengan point2 dari efek BW mas.
    dan point terakhir ini”saya benar-benar menikmati kegiatan blogwalking yang saya lakukan saat ini”
    itu saya banget deh.

    menurut saya kegiatan mengunjungi blog lain bukan sekedar meninggalkan jejak tp menciptakan rasa keakraban antar sesama blogger.jadi nggak akan terasa berat walau waktu yg digunakan cukup lama.(saya juga punya banyak temen blogger yg saling berkunjung sejak lama,tp sampai saat ini seperti belum mengenal,dan ada juga teman blogger yg baru kenal sebulan yg lalu tp sudah akrab banget)

    seperti contohnya saat ini saya oll mulai pukul 21.00wib dan sampai saat ini sudah 70 menit lebih hanya keliling membalas BW dari temen yg berkomentar diblogku,tp saya sih enjoy saja.ehehehe

    Reply
    • fidah shah

      **kagum dengan semangat Mas Yanto..

      Reply
    • Ridha Harwan

      Mantap Banget Om Yanto. Emang gitu yah sisi lain dari kegiatan blogwalking. Ternyata waktu yang dihabiskan untuk blogwaking banyak juga yah. :D

      Reply
      • yanto cungkup

        memang kurang lebih 90-120 menit mas

        Reply
  9. bengkel blogger

    memang banyak juga yang berkunjung cuma baca sekilas alias terapkan teknik kilat…mereka tidak terlalu memperhatikan pokok bahasan…yah itu karena kegiatan blogwalking kadang banyak menyita waktu…tapi tinggal kita yang mengelola waktunya. kalau saya (bukan sombong ya heee) berkunjung untuk membaca, yah minimal menambah pengetahuan saya…dan keuntungan lainnya saya bisa belajar gaya tulisan orang dan bagaimana penyampaiannya, sehingga saya bisa membuat suatu yang beda dari situ…satu hal lagi kalau memang artikel jarang dibaca oleh kawan-kawan, sediakan artikel yang singkat, tapi ya usahakan minimal 300 kata, karena kalau tidak google bisa mengelompokkannya dalam kategori poor content…kacau kan gan kalau udah begini? nah selanjutnya tinggal bagaimana kita menyikapinya. kalau kata guru saya, tulis saja, kalau tidak ada yang membaca, minimal kamu sudah mengingatkan dirimu dengan tulisan itu. gimana gan? semangat hehehee

    Reply
    • yanto cungkup

      yg penting tetep semangat ngeblog dan silaturahmi tetep jalan

      Reply
    • Ridha Harwan

      Wah iya, saya jadi ingat soal poor content itu. Cocok tuh saya masukin ke dalam tulisan “700 kata” saya.. Memang betul Mbah Dinan, walaupun gak ada yang baca, minimal itu menjadi catatan pribadi untuk kita.

      Reply
  10. Fatahillah

    bener juga sih mas kalo bloggwalking ini menyita waktu namun untuk manfaat nya masih terasa melekat dihati saya :D dan serasa lebih banyak manfaatnya dari pada mudorotnya :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Masak iya sih banyakan manfaatnya. Kalau dibandingkan dengan facebook mungkin saja. wkwkwkw

      Reply
  11. Dandy Rizky

    .Memang sih gan, blogwalking itu menyita waktu kita. .Tapi dengan blogwalking banyak manfaat yang kita dapat. Agan juga pasti tau apa itu. hehe . :)
    .Tapi kalau menurut ane, jikalau punya waktu untuk membalas setiap komentar pada artikel baru + blogwalking lagi kenapa tidak.? :)
    .Namun jika waktu yang dipunya tipis/lagi kejar waktu, maka tinggalkan saja dahulu. :)

    #Mampir gan. =D

    Reply
    • bengkel blogger

      nah ini nih komen yang realistis…simple tapi sangat bermanfaat…saya terapkan gan….!!!

      Reply
    • Ridha Harwan

      Yang saya tahu ada cara asik dan cara asik-gak-asik. wkwkwkw

      Reply
  12. fidah shah

    Tidak dinafikan kegiatan blogwalking akan menambah pengunjung ke blog kita sendiri. Tapi, kalau sudah beberapa kali berkomentar di blog rakan, tetapi kunjungannya tidak dibalas…saya jadi takut untuk berkunjung ke lagi..Sepertinya satu amaran..
    “Kunjungan kamu tidak diterima dan sila jangan berkomentar lagi di blog ini”….huhu

    Reply
    • bengkel blogger

      yah jadi blogwalking juga harus sabar mbak…kan namanya juga usaha…think positif aja….#jernih

      Reply
      • yanto cungkup

        masih banyak temen blogger yg punya solidaritas tinggi koq
        contohnya saya.hahaha

        Reply
        • Ridha Harwan

          Beeeettttoooooeeeeellll. Yang saling memahami apa yang tersimpan di dalam hati Mbak Fidah wkwwkwk.

          Reply
    • Ridha Harwan

      Tenang Mbak Fidah, masih banyak orang yang baik dan mudah untuk di ajak blogwalking di dunia maya ini. :)

      Reply
      • fidah shah

        **terharu ya..bila baca komentar yang ini..

        Reply
  13. Penelusuran Artikel

    bener banget kalau sering BW rank alexa makin ramping, itu yg sangat saya dapatkan akan rjin BW ini,
    dan saya sangat setuju sekali, walaupun blogwalking banyak menyita waktu, jika kita enjoy, selow akan fun2 saja ya kang,sambil nyuruput kopi :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kalau saya blogwalking sambil dengan MP3, sama nyeruput air putih. hehehe

      Reply
  14. Boku no Blog

    Memang banyak manfaat dari Blogwalking. Kalau saya menganggapnya tidak melulu demi meningkatkan trafic Blog atau Web kita, tapi lebih cenderung untuk bisa menjalin persahabatan lewat online, bisa saling berbagi dan tukar informasi..

    Salam,

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya. Walaupun menjalinnya melalui dunia maya. :)

      Reply
  15. wiki

    sangat sesuai bagi saya mas..
    pasalnya yang nomor satu,alexa jadi ramping..
    blog saya,saya dirikan tanggal 14 desember 2014,sekarang saja alexa nya udah hampir dbawah 1 juta.
    alhamdulillah artikel saya juga di index dengan cepat.
    dan yang ke tiga, saya memang sangat menikmati kegiatan BW ini..

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya, hanya waktunya itulah banyak banget tersita.

      Reply
    • Ridha Harwan

      Kartu GSM Indosat Mentari 3 GB. Yang kalau habis kuotanya saya beli baru lagi kartunya. Sekali pakai buang. Kadang-kadang pakai IM3 yang 11 GB. :D

      Reply
  16. Arie

    walaupun menyita waktu tapi tetap asyik untuk di lakukan ya Mas, karena selain mempromosikan blog, kita juga bisa lebih banyak dapat teman dari kegiatan BW ini.
    bener Mas, artikel SEO memang paling sering dan banyak di baca oleh para blogger ketimbang artikel yang lainnya.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Mangkanya Pak, saya lagi banyakin stok tulisan seo dulu. Biar bounce rate nya gak terlalu tinggi.

      Reply
  17. anak smp

    disamping waktu yang lama terkadang kendala blogwalking adalah jaringan yang lelet mas, sehingga tak semua pengunjung berhasil dikunjungi balik..

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya betul. Mesti sabar kadang kalau internetnya sudah melambat.

      Reply
    • DESA CILEMBU

      saya mah selalu sepakat apa yang dibilang sama neng Santi mah, apa lagi soal blogwalking beliau pinter sih

      Reply
  18. khoirun naim

    mas ridha udah merasakan dari efek blogwalking itu bisa merampingkan alexa ,
    saya ingin tanya mas , kalo cara menambahkan pagerank itu gimana ya ? soalnya blog mas udah saya lihat mencapai pagerank 2 , dan bagi saya itu sulit sekali ?
    kalo bisa share mas tips2 nya

    Reply
  19. anak smp

    karena tulisannya menyebutkan ngaco (walaupun ada manfaat) maka saya komennyapun suka ngaco maap ya jika memang dalam rangka blogwalking komentar saya banyak yang keluar jalur..

    Reply
    • Ridha Harwan

      Yah saya juga maaf juga kalau saya komentarnya suka ngaco Teh. :D

      Reply
  20. Mas Dory

    Sebenarnya sih saya sendiri tidak terlalu tertarik tentang pembahasan SEO ini sih mas. Karena pembahasan nya seputar itu itu saja. Tapi dalam kegiatan blogwalking saya suka karena tidak dibutuhkan waktu lama untuk membaca artikel dari blog sahabat tersebut. Beda jika artikel blog membahas topik lain, pasti kita harus baca artikel nya secara lengkap biar bisa berkomentar di dalamnya sesuai dengan topik bahasan. :D

    Reply
  21. buret

    sambil ngopi, blogwalking 24 jam pun tak terasa mas, haha

    Reply
    • Ridha Harwan

      Emang iya, mirip update status di komentar saja. Mangkanya perlu pasang target supaya blogwalkingnya cemunguth.

      Reply
    • Muhammad Nuhan Nahidl

      Mungkin kalau yang perangkat PC Mudah mas… tapi kalau yang perangkatnya hp dan jaringanya lemot… waduh… tekor deh….

      Reply
  22. Muhammad Nuhan Nahidl

    Wah kalau di pikir pikir memang menyita waktu ya mas… tapi memang tidak bisa dipungkiri kalau Blogwalking mempunyai manfaat yang banyak.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya Mas, hampir 2 jam loh ngurusin beginian. Belum lagi nulis artikel. :D

      Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video

Loading...

Berlangganan

Ikuti Tulisan Kami

Ikuti Tulisan Kami

Setiap kali ada tulisan baru akan dikirim ke alamat ini.

Berhasil! Nantikan kabar terbaru dari kami.