Aplikasi Penerjemah Canggih yang Bisa Menerjemahkan Foto, Gambar, dan Suara

Aplikasi Penerjemah Canggih yang Bisa Menerjemahkan Foto, Gambar, dan Suara

Alat aplikasi penerjemah canggih ini adalah Google Terjemahan atau juga dikenal sebagai Google Translate. Sejauh ini, perangkat terjemahan bahasa super canggih saat ini masih Google Terjemahan. Walau tidak secanggih penerjemah bahasa yang dilakukan oleh manusia, hasil dari terjemahan Google sudah mampu bersaing dari penerjemah manusia. Terlebih-lebih kalau sudah melakukan proses terjemahan bahasa Inggris ke Indonesia. Untuk ukuran penerjemah bahasa Indonesia ke bahasa Inggris percakapan sehari-hari, Google juga cukup membantu.

Ada banyak alasan kenapa aplikasi penerjemah canggih saat ini ada aplikasi Google. Selain sudah tersedia gratis di Google Playstore atau Google Apps, sebelumnya Google Terjemahan juga sudah tersedia di komputer. Hanya butuh sambungan internet untuk dapat menggunakan alat penerjemah canggih dan gratis ini. Berikut beberapa alasannya:

Aplikasi Penerjemah Bahasa Canggih yang Mampu Menerjemahkan Hingga 100 Bahasa yang Ada Di Dunia

Banyak Bendera Internasional Berkibar Di Tiang Langit Biru Awan Cerah Angin
Banyak Bendera Internasional Berkibar Di Tiang Langit Biru Awan Cerah Angin

Google Terjemahan adalah salah satu program yang dikembangkan oleh perusahaan besar Google Inc. Kecanggihan penerjemah bahasa ini bisa terlihat dengan terus dilakukannya proses pengembangan alat penerjemah bahasa ini. Hingga saat ini, ada 100 lebih bahasa yang bisa diterjemahkan oleh aplikasi (apps) terjemahan ini.

Mungkin tidak ada manusia yang mampu menguasai hingga 100 bahasa yang ada di dunia ini. Alat Google Terjemahan mampu melakukan itu. Bahkan Google mampu melakukan proses terjemahan 100 bahasa itu secara acak dan hasil terjemahannya langsung ditampilkan. Bandingkan dengan penerjemah manusia yang kadang butuh waktu saat proses terjemahan.

Penerjemah Bahasa yang Gratis dan Hasil Terjemahannya Langsung Keluar

Google Translate - Aplikasi yang Bisa Menerjemah Tulisan Tangan Android Gratis
Google Translate – Aplikasi yang Bisa Menerjemah Tulisan Tangan Android Gratis

Ini bedanya aplikasi penerjemah Google dengan seorang penerjemah bahasa. Penerjemah bahasa itu butuh waktu untuk melakukan penerjemahan. Sedangkan aplikasi penerjemah bahasa Google hanya butuh kurang dari 1 detik hanya untuk menerjemahkan teks atau paragraf yang panjang. Bandingkan dengan seorang penerjemah (translator) yang kadang butuh waktu 1-10 detik untuk menerjemahkan sebuah kalimat pendek.

Berbeda juga dengan jasa terjemahan bahasa, aplikasi penerjemah canggih ini juga gratis. Coba saja pergi ke jasa translate, akan ada biaya untuk menerjemahkan beberapa lembar halaman. Jika menggunakan penerjemah bahasa Google, gratis. Hanya butuh sambungan internet saja.

Alat Terjemahan yang Buka 24 Jam dan Bisa Dipakai Dimana Saja Asalkan Bisa Online

Buka 24 Jam (Open 24 Hours) Lampu Neon Merah Kuning Hijau Papan Hitam
Buka 24 Jam (Open 24 Hours) Lampu Neon Merah Kuning Hijau Papan Hitam oleh Marcin Wichary flickr.com/photos/mwichary/2132378428

Kebayang dong kalau menerjemah sebuah paragraf sambil tidur-tiduran. Lalu proses terjemahannya tidak terikat dengan waktu. Selama HP (handphone) yang kita miliki terhubung dengan internet (online), selama itu pula alat terjemahan canggih ini bisa digunakan.

Kita bisa menggunakan aplikasi penerjemah canggih ini dimana saja. Bahkan kalau mau pergi berlibur ke luar negeri, aplikasi penerjemah bahasa ini bisa digunakan. Mau pergi ke Jepang, ke Inggris, Tiongkok, Jerman, Arab, Prancis, Belanda, atau ke Afrika, Google Terjemahan ini bisa dipakai. Cukup siapkan jaringan internet di lokasi itu dan jangan lupa bawa ponsel pintar (smartphone) agar dapat menggunakan aplikasi canggih ini.

Penerjemah Bahasa Yang Bisa Menerjemahkan Gambar atau Foto

Google Translate - Aplikasi Android yang Bisa Menerjemahkan Gambar atau Foto dari HP
Google Translate – Aplikasi Android yang Bisa Menerjemahkan Gambar atau Foto dari HP

Ada lagi kehebatan aplikasi penerjemah bahasa canggih ini. Aplikasi terjemahan bahasa dari Google ini bisa menerjemahkan gambar atau foto. Selama ini memang penerjemah bahasa ini dikenal hanya untuk terjemahan teks atau cerita panjang. Sekarang dengan aplikasi Google Terjemahan gambar juga bisa diterjemahkan. Gambar yang dimaksudkan di sini bisa juga foto yang di dalamnya ada tulisan bahasa asing.

Cara menggunakan aplikasi terjemahan gambar atau foto ini cukup mudah. Setelah aplikasi terjemahan ini dipasang di ponsel pintar, buka aplikasi ini. Arahkan kamera ponsel ke tulisan yang ingin diterjemahkan. Ambil gambar atau fotonya. Nah setelah itu secara otomatis hasil terjemahannya akan ditampilkan.

Saking Canggihnya, Suara Juga Bisa Diterjemahkan Oleh Aplikasi Penerjemah Bahasa Ini

Mikrofon/Mic/Mik Di Tengah Suara Audio Musik Latar Hitam
Mikrofon/Mic/Mik Di Tengah Suara Audio Musik Latar Hitam

Setela terjemahan teks, gambar, atau foto, Google juga bisa menerjemahkan suara. Bayangkan, suara manusia bisa dikenal oleh aplikasi penerjemah canggih ini. Jadi tidak perlu repot-repot lagi menulis dulu tulisan yang ingin diterjemahkan. Cukup pakai suara saja.

Cara menerjemahkan suara dengan aplikasi terjemahan ini sama dengan proses terjemahan gambar atau foto. Buka dan jalankan aplikasi terjemahan Google, lalu arahkan suara atau mulut kita ke arah mikrofon hp. Kemudian hasil terjemahan akan dihasilkan oleh aplikasi translate yang canggih ini.

Bisa Juga Menerjemahkan Dua Bahasa Daerah yang Ada Di Indonesia

Google Translate Bahasa Indonesia ke Bahasa Sunda (Kamus).
Google Translate Bahasa Indonesia ke Bahasa Sunda (Kamus).

Tidak hanya bahasa internasional saja bisa diterjemahkan aplikasi terjemahan bahasa. Ada tiga bahasa daerah Indonesia yang bisa diterjemahkan oleh penerjemah canggih ini. Tiga bahasa daerah itu adalah bahasa Sunda dan bahasa Jawa.

Tidak banyak aplikasi aplikasi lain penerjemah bahasa Inggris Indonesia yang gratis selain produk Google  yang mampu menerjemahkan bahasa daerah yang ada di Indonesia. Menariknya, walau bahasa Sunda itu memiliki beberapa tingkatan, namun aplikasi penerjemah canggih ini mampu berusaha menerjemahkan terjemahan dari Indonesia ke Sunda. Tidak hanya Indonesia ke bahasa Sunda atau ke bahasa Jawa saja. Aplikasi penerjemah bahasa ini bisa juga melakukan terjemahan bahasa Inggris ke Sunda, Inggris ke bahasa Jawa, bahasa Jawa ke bahasa Inggris atau ke bahasa Rusia atau ke bahasa lainnya.

Penerjemah Bahasa yang Bisa Translate Tulisan Tangan

Pena, Bulpen Menulis Tulisan Tangan di Atas Kertas Putih Bergaris Hitam
Pena, Bulpen Menulis Tulisan Tangan di Atas Kertas Putih Bergaris Hitam

Kurang canggih apa lagi aplikasi penerjemah bahasa dari perusahaan Alphabet Inc. ini. Aplikasi penerjemah bahasa canggih dari Google ini bisa menerjemahkan suara, gambar, foto, dan bahkan tulisan tangan. Tentu saja tulisan tangan yang dimaksud di sini adalah tulisan tangan standar yang kira-kira bisa dibaca oleh mesin penerjemah canggih ini.

Cara agar alat terjemahan ini bisa menerjemahkan tulisan tangan sama penggunaannya saat menulis sesuatu di ponsel pintar. Setelah aplikasi penerjemah ini dijalankan, lalu coba tentukan pasangan bahasa apa yang ingin diterjemahkan. Misalkan pasangan bahasa Indonesia ke Inggris. Jika aplikasi penerjemah ini mengenal tulisan tangan yang dibuat, secara otomatis alat penerjemah canggih ini langsung melakukan proses terjemahan.

Alat Penerjemah Bahasa Offline yang Bisa Dipakai tanpa Internet

Jika Sedang Berada di Toilet/WC Dengan HP Sinyal Internet Gratis Colokan Kabel
Jika Sedang Berada di Toilet/WC Dengan HP Sinyal Internet Gratis Colokan Kabel via ifunny.co

Masih kurang canggih? Bagi yang terkendala kuota internet dan sinyal wifi, translator ini sudah bisa digunakan tanpa harus menggunakan jaringan internet (offline). Agar dapat menggunakan terjemahan offline canggih dan gratis ini, sebelumnya aplikasi Android penerjemah ini harus dipasang (install) dulu di hp. Setidaknya ada 53 jenis bahasa yang bisa diterjemahkan saat offline.

Pada saat pertama kali memasang aplikasi translate di Hp andorid, akan ada pilihan bahasa yang akan sering dipakai nanti. Misalkan pilih saja bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Setelah itu nanti ada pilihan “Translate Offline“. Centang atau pilih “Translate Offline” kemudian aplikasi andoroid mengecek ketersediaan bahasa yang bisa dipakai secara offline. Jika tersedia (available), secara otomatis nanti aplikasi akan mengunduh (download) kamus bahasa yang tersedia di pangkalan data (database) Google Terjemahan. Agar kuota internetnya tidak boros, gunakan jaringan internet gratis (wifi) saat mengunduh data kamus offline ini.

Unduh (Download) Aplikasi Penerjemah di Google Play Store Untuk Andorid dan Untuk Apple di iTunes GRATIS

Google Terjemahan (Google Translate) id iTunes Store Aplikasi Penerjemah untuk iPhone dan iPad
Google Terjemahan (Google Translate) id iTunes Store Aplikasi Penerjemah untuk iPhone dan iPad

Buat yang belum punya aplikasi canggih penerjemah bahasa ini, silakan unduh alat terjemahan canggih ini di Google Play Store. Saat ini aplikasi Google Translate ini sudah diunduh sebanyak 4,7 juta kali. Unduh atau download aplikasi (apk) Google Translate langsung di Google Apps di sini.

Bagi para pengguna Apple, aplikasi penerjemah bahasa canggih ini juga bisa diunduh di iTunes. Gratis juga. Unduh di sini bagi pengguna Apple. Perlu diketahui, ukuran aplikasi penerjemah bahasa ini adalah 63,4 MB. Siapkan dulu kuota internetnya. Aplikasi penerjemah canggih ini bisa dipakai di perangkat iPhone dan iPad. Untuk spesifikasi iPhone harus menggunakan versi 4S atau yang terbaru dan sistem operasi (OS) versi 8 atau yang terbaru.

Rata-rata pengguna aplikasi terjemahan gambar, foto, suara dan tulisan tangan ini memberi nilai 4,4 untuk aplikasi translate canggih ini di Google Play Store. Beberapa orang yang telah mengulas (review) ada yang kurang suka dengan hasil terjemahan aplikasi canggih ini. Wajar saja, lantaran Google Translate hanya sebuah alat terjemahan yang setidaknya bisa membantu proses terjemahan. Jika ingin hasil terjemahan yang baik dan benar serta akurat, gunakanlah terjemahan bahasa manusia atau jasa penerjemah bahasa.

16 thoughts on “Aplikasi Penerjemah Canggih yang Bisa Menerjemahkan Foto, Gambar, dan Suara

  1. Saya baru tau kelebihan lain Google Translate, memang canggih. Hasil terjemahan memang masih kurang pas, tapi secara garis besar sangat membantu. Artikel ini juga membantu hehehe…

  2. Memang kadang terjemahannya tidak akurat. Tapi kita juga bisa mendapat gambaran mana kata yang lebih cocok. Jadi jangan jadikan hasil terjemahan aplikasi sebagai patokan, tapi buat contoh saja.

    • betul sekali. Google Translate juga bisa dipakai untuk aplikasi bahasa Sunda for android atau bisa juga untuk aplikasi kamus yg bisa untuk memfoto.

    • Iya benar banget Bu Vika. Paling tidak, aplikasi yang digunakan untuk mengartikan terjemahan dalam foto ini bisa membantu dalam proses terjemahan bahasa Inggris Indonesia atau asing yang tidak dipahami.

  3. terkadang tidak akurat juga sih, cuma tidak bisa dipungkiri ini sangat membantu, apalagi buat orang yang seperti saya ini. hehe

    • Iya, untuk orang awam aplikasi penerjemah yang canggih ini sangat membantu terjemahan Indonesia ke Inggris yang benar dan akurat.

  4. Wiiihhh canggih banget yah mas. Kalau lagu males biasanya aku lewat google voice dulu. Nah terus baru deh di translate lewat google… kalau google translate memang benar terbatas jumlah katanya, kurang lebih 500 kata :)

  5. Intinya ya mas menurut saya pake google translate hanya bisa untuk beberapa kata saja. Karena na strukturnya belum sempurna mengartikan kalimat tidak seperti manusia yang mengartikan sebuah kalimat dengan bahasa yang mudah dipahami.. Hehehe

Leave a Comment