Pilih Paket Hosting USA atau Hosting Indonesia (IIX)?

Pilih Paket Hosting USA atau Hosting Indonesia (IIX)?

Ini adalah cerita saya sebagai pengguna paket hosting yakni shared hosting untuk blog jasa penerjemah Inggris Indonesia ini. Saya pribadi awalnya juga bingung dalam menentukan paket shared hosting (hosting berbagi) mana yang cocok untuk blog jasa terjemahan bahasa saya ini. Lalu begitu saya merasakan dua lokasi hosting yang lokasi servernya berbeda dan berjauhan ini, barulah saya memiliki sebuah kesimpulan.

Ilustrasi bingung memilih paket hosting.
Ilustrasi bingung memilih paket hosting.

Awalnya saya menggunakan paket hosting iix (Indonesia Internet Exchange) yakni hosting yang servernya berlokasi di Indonesia. Tepatnya kalau tidak salah pada waktu itu lokasi servernya berada di Kota Bandung. Kemudian beberapa waktu yang lalu saya pindah ke paket hosting luar negeri hosting USA. Servernya berada di Negara Amerika Serikat. Cerita perpindahan hosting saya bisa dilihat di Persiapan Migrasi Hosting ke Namecheap.

Lebih Baik Pilih Paket Hosting Amerika (USA) atau Hosting Indonesia (IIX)?

Jawaban sederhananya adalah sama saja. Banyak yang mengatakan kalau pemilihan paket hosting itu ada baiknya tergantung dari target pengunjungnya blog kita. Jika bahasa yang kita gunakan di blog kita adalah Bahasa Inggris itu artinya target pengunjungnya dari luar negeri. Maka lebih baik pilih paket hosting yang berada di luar negeri.

Begitu juga sebaliknya. Jika target pengunjung blog kita adalah orang Indonesia dan blog kita menggunakan Bahasa Indonesia maka lebih baik kita menggunakan paket hosting iix atau shared hosting yang berlokasi di Indonesia.

Awalnya saya juga demikian. Namun begitu Jasa Terjemahan Ini Dengan Hosting Baru Namecheap yang lokasi servernya ada di Arizona kota Phoenix USA, maka tampaknya tidak ada pengaruh jumlah kunjungan pada blog saya. Saya bersyukur malahan terjadi peningkatan dari segi jumlah kunjungannya.

SEO Antara Paket Hosting Luar Negeri Dan Hosting Indonesia

Berdasarkan apa yang telah saya alami, maka jawabannya (juga) sama saja. Malahan ini tergantung bagaimana cara kita mengoptimalkan blog yang kita miliki dari segi seo-nya. Terkait dengan pemilihan paket hosting yang terbaik untuk blog -secara khusus adalah blog berbasiskan wordpress.org- dikaitkan dengan teknik seo pada saat saya pindah hosting ke USA, saya sendiri telah menuliskannya di artikel saya yang lain. Lihat tulisan saya yang berjudul “Efek SEO Tantangan 30 Hari Menulis di Blog”.

Bagi saya pribadi, teknik seo yang telah kita lakukan akan ‘hancur-lebur’ di kala hosting yang kita sewa sering mengalami gagal akses (down). Jadi kalau ingin memilih paket hosting mana yang terbaik untuk blog kita dari segi seo-nya, maka lebih baik pastikan hosting yang akan kita gunakan itu adalah hosting yang benar-benar dapat kita percayai.

Lebih lanjut, pada saat saya menanyakan kecepatan waktu memuat (loading time) blog antara paket hosting luar negeri (USA) dengan hosting Indonesia kepada support hosting Indonesia saya sebelumnya, maka jawabannya adalah hanya berbeda beberapa milidetik saja. Saya sendiri telah memeriksa melalui gtmetrix.com.

Plugin Blog WordPress Dengan Hosting Luar Negeri

Salah satu unsur seo sebuah blog adalah harus cepat ketika blog itu dibuka. Karena itu pada saat saya menggunakan paket hosting luar negeri maka saya menggunakan beberapa plugin wordpress. Beberapa plugin wordpress agar blog saya tidak lama pada saat pengunjung membuka halaman blog penerjemah bahasa ini adalah Cloudflare, W3 Total Cache dan Rocket Lazy Load. Total plugin yang saya gunakan saat ini ada 8 plugin.

Sebagai penutup bagi yang masih bingung memilih hosting mana yang terbaik untuk blog wordpress.org, mungkin tulisan saya mengenai cara bijak memilih hosting dapat membantu. Semoga bermanfaat.

25 thoughts on “Pilih Paket Hosting USA atau Hosting Indonesia (IIX)?

  1. Ya tergantung aja si providernya ya kang,

    Tapi kalau satujam.com lebih prefer di hosting-hosting singapur, selain murah uptimenya juga bagus-bagus.

  2. Dari beberapa artikel yang saya baca, server IIX mempunyai lebar pita luar negeri yang kecil. Sehinga mungkin untuk dapat terindex oleh mesin pencari agak sedikit lama (kecuali sudah memiliki pengunjung yang banyak). Server IIX cocok untuk target pengunjung yang ada di Indonesia, kalau untuk pribadi saya lebih memilih server USA. :)

    • Nah betul, kalau sudah memiliki pengunjung yang banyak, bisa jadi bakalan diprioritaskan. Karena itu, jika blog saya ini banyak pengunjung, mungkin saya kembali ke hosting iix.

  3. Kalau menurut saya hosting baik apapun target visitor dan bahasa, tetap pakai yang USA karena:
    – Dengan anggapan google bot lebih mudah mengakses, walaupun google ada .co.id tetapi kekuatan google dengan extension .com tidak bisa dianggap sepele.
    – Internet indonesia sekarang sudah mulai memberikan speed besar untuk akses ke luar negeri, hal ini karena banyaknya situs jejaring sosial yang tentu saja menggunakan server luar negeri (singapore, USA, dll).
    – Tentunya data center di Indonesia tidak sebagus di USA dari segi fasilitas DC (genset, koneksi, tower, dan lain-lain).

    Apapaun makanannya, minumnya teh botol sosro :D
    Apapun targetnya, hostingnya tetep USA (my opinion)

    • Terima kasih gigmanity atas masukannya.
      Memang benar juga sih. Bagi saya, kalau saya memilih hosting IIX atau Indonesia, itu lantaran karena dedikasi saya untuk hosting Indonesia.
      Kalaupun ada jasa penyedia hosting yang bisa memberikan kualitas hosting/server sebanding dengan hosting USA, mungkin saya berani memilih itu. Mungkin suatu saat saya juga mau kembali ke hosting Indonesia karena memang target pasarnya adalah Indonesia.

      • Mungkin cara yang tepat untuk menilai sebuah hosting dengan membandingkan spesifikasi servernya, ini bisa dilakukan dengan mendatangi langsung pusat datanya (kalau punya uang).

        Menguji lebar pita dengan tempat yang berbeda di seluruh dunia (kalau cara ini dapat menggunakan layanan penguji konektivitas yang sudah banyak di Internet).

        Menguji keamanan dengan menyewa peretas untuk melakukan tes penetrasi (kalau punya uang). Atau kalau mampu, bisa dilakukan sendiri. :D CMIIW

  4. Agak lama juga tidak main di blog terjemahan tarjiem ini, hehe maaf ya mas Ridha. Sampai saat ini saya masih menggunakan hosting dari USA mas, disamping hosting nya gratis, dari segi seo pun sangat handal karena hosting USA ini salah satu produk dari si mbah google, jadi masih lebih SE friendly menurut saya. Dan hosting gratis tersebut adalah …… blogger. hehe peace mas Ridha Harwan. :D

  5. Klu sayalebih milih yg indonesia soalnya contactnya lebih mudah dan memakai bahasa sndiri hhehe mklum bahasa bule kurang ngrti. Tp sering down jg klu indo -_-

Leave a Comment