Select Page

Efek SEO Tantangan 30 Hari Menulis di Blog

Efek SEO Tantangan 30 Hari Menulis di Blog

Sedikit efek seo yang terjadi pada saat saya menyelesaikan tantangan 30 hari Menulis di blog jasa penerjemah Inggris Indonesia tarjiem.com saya ini. Saya melakukan tantangan 30 hari menulis tanpa henti ini pada bulan Januari 2015 yang lalu. Istilah lain untuk tantangan 30 hari menulis tanpa henti ini yakni “satu hari satu artikel” atau dalam Bahasa Inggrisnya “One Day One Article“. Selain itu ada juga yang menggunakan istilah 31 hari menulis tanpa henti. Beda satu hari saja.

Sebenarnya saya juga tidak sengaja mengikuti tantangan 30 hari menulis di blog nonstop ini. Niat sebenarnya hanya ingin mencoba sedikit bereksperimen terkait bahasan teknik seo (search engine optimization). Apalagi saya juga sempat membahas soal Membedah Ilmu SEO Ala Matt Cutts. Dalam tulisan tersebut saya juga menyebutkan soal tantangan 30 hari menulis tanpa henti di blog.

Jumlah Tulisan 30 Hari Menulis Nonstop

Cukup banyak tulisan yang saya hasilkan bulan Januari 2015 yang lalu. Kurang lebih ada sekitar 37 artikel. Setiap hari saya berhasil menerbitkan minimal satu tulisan baru. Tulisan baru tersebut saya atur untuk publikasi di waktu subuh atau pagi hari sekitar pukul 4-5 pagi. Kalau ada 2 tulisan maka tulisan yang satu lagi satu atur untuk muncul sekitar pukul 8-10 pagi.

Metode penulisan artikel yang saya gunakan adalah menulis apa yang ada dipikiran saya. Dengan metode tersebut saya merasa bebas menulis apa saja yang saya inginkan. Namun sesekali saya mencoba menulis dengan cara menulis artikel seo. Disebabkan waktu yang dibutuhkan untuk menulis artikel seo itu cukup lama maka saya lebih banyak memilih menulis mengalir apa adanya atau dengan kata lain ‘kejar setoran’.

Efek SEO Setelah Mengikuti Tantangan 30 Hari Menulis Nonstop

Pengunjung Meningkat 100 Persen

Berhubung pembahasan seo itu terlalu lebar maka untuk sementara ini saya hanya berani menyimpulkan kesimpulan di atas. Rata-rata jumlah kunjungan harian saya meningkat 100%. itu hanya kesimpulan awal saja. Kesimpulan saat saya menulis tulisan ini. Sebuah cita-cita yang paling diharapkan oleh saya dan para blogger tentunya.

Sebenarnya jika ingin kesimpulannya lebih ‘valid’ mungkin setelah mengikuti tantangan 30 hari menulis, maka tidak ada lagi artikel baru yang dipublikasikan setelah tantangan satu hari satu artikel ini. Tidak ada pula ada tautan balik atau backlink. Berhubung beberapa rekan blogwalking ada yang protes saya tidak ada tulisan baru, maka saya coba buat saja tulisan ini. :D

Laporan tantangan 30 hari menulis di blog

Perkembangan kunjungan bulan Januari-Februari 2015

Gambar di atas diambil dari histats.com. Terlihat di tanggal paling kiri yakni jumlah kunjungan rata-rata di awal Januari 2015. Yakni pada saat saya mulai melakukan 30 haru menulis tanpa henti. Kemudian dilanjutkan rata-rata jumlah kunjungan mingguan blog jasa penerjemah bahasa ini. Terlihat jelas kalau selama 2-3 minggu belakangan ini jumlah grafik pengunjung mengalami kestabilan walaupun saya tidak terlalu sering menerbitkan artikel baru lagi di bulan bulan Februari 2015. Yaitu setelah menyelesaikan tantangan 30 hari menulis di blog tanpa henti.

Efek SEO Antara Menulis SEO Dengan Tidak Menulis SEO

Bagi saya, definisi sederhana dari menulis seo itu adalah menulis apa yang dicari oleh para pengunjung yang datang ke blog kita. Sedangkan tidak menulis seo artinya adalah kita menulis apa saja yang ingin kita tuliskan. Kita tidak terikat dengan 13 parameter ciri-ciri tulisan yang baik versi yoast ini.

Antara On Page SEO Dengan Tantangan 30 Hari Menulis nonstop

Definisi sederhana versi saya mengenai on page seo itu adalah definisi menulis seo di atas. Kesimpulan awal saya terkait seo dan 30 hari menulis tanpa henti ini yakni menulis dengan cara seo masih berpengaruh banyak dan berperan besar mendatangkan pengunjung dibandingkan kita hanya melakukan 30 hari menulis nonstop.

Saat saya melakukan tantangan 30 hari menulis tanpa henti bulan lalu, beberapa kali saya menerbitkan sekitar 1 hingga 3 artikel dengan metode penulisan seo. Hasilnya, tulisan seo tanpa backlink tersebut lebih banyak mendatangkan pengunjung dibandingkan tulisan-tulisan yang saya tulis ‘mengalir begitu saja’.

Kesimpulan Awal Mengenai Tantangan 30 Hari Menulis di Blog Tanpa Henti

Ini adalah kesimpulan hasil pemikiran dan eksperimen saya pribadi di blog jasa penerjemah Inggris Indonesia saya ini. Tentu beda beda karateristik blog, beda juga variabel seo yang dimilikinya.

  1. Rata-Rata Pengunjung Harian Meningkat dan Stabil

    • Dengan melakukan tantangan 30 hari menulis di blog tanpa henti kita bisa meningkatkan kunjungan rata-rata harian para pengunjung. Selain meningkat yang lebih penting lagi adalah stabil. Tanpa di diperbarui lagi blog kita mendapatkan pengunjung yang stabil.
  2. Lebih Efektif Menulis SEO Dibandingkan Menulis 30 Hari Tanpa Henti

    • Jika dikaitkan dengan pembahasan seo, bagi saya menulis seo lebih banyak berpengaruh mendatangkan pengunjung (secara instan) dibandingkan kita menulis 30 hari tanpa henti dengan metode mengalir apa adanya. Namun tidak berarti menulis mengalir apa adanya tanpa memperhatikan parameter tulisan seo juga tidak bagus. Malahan teknik menulis terus tanpa henti ini bagus juga. Hanya saja mungkin cara ini efek seo-nya tidak muncul secara seketika. Butuh waktu.

Bagaimana, ada yang tertarik mengikuti tantangan 30 hari menulis di blog? Setelah itu mungkin hasil atau efek seo tantangan 30 hari menulis di blog tanpa henti juga bisa diceritakan di sini. :)

About The Author

Ridha Harwan

Penjual jasa penerjemah Inggris Indonesia. Selengkapnya...

61 Comments

  1. Achmad situsaya com

    Satu hari satu artikel itu sudah biasa dan cukup mudah tapi untuk belahar bagaimana seperti blogger sukses yaitu linda ikeji di mampu membuat 40 lebih artikel setiap hari. Woow bukan?

    Reply
    • Ridha Harwan

      Gila satu hari 40 artikel, keren banget. Itu dia tulis sendiri atau orang lain yang nulis yah. Pantas saja pendapatannya sudah ratusan juta. hehehe

      Reply
  2. Daniel

    Mau tanya ni mas, kok iklannya udah pada nggak muncul…kemana aja tuh? OOT bagnet kan….

    O iya, saya udah download dan baca sebagian tapi ada beberapa yang belum saya pahami, boleh bertanya disini nggak nantinya, atau kita via email aja mas ridha?

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iklan apaan? Mungkin pakai ads block plus kali. Saya juga menggunakan ads bloc plus supaya iklannya gak muncul.

      O iya, saya udah download dan baca sebagian tapi ada beberapa yang belum saya pahami, boleh bertanya disini nggak nantinya, atau kita via email aja mas ridha?

      Berhubung saya sudah punya forum kecil, mungkin tanya-tanyanya bisa di tarjiem.com/i/ Siapa tahu pertanyaanya juga bermanfaat buat yang lain. :)

      Reply
  3. Muhammad Nuhan Nahidl

    saya pun ngeblog dan nulis sesuka suka saya sendiri mas… dibuat asik aja

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya. Kalau enggak malah dikhawatirkan bisa jadi stres atau malah bunuh diri. wkwkwkw

      Reply
  4. Daniel

    Saya pernah melakukan strategi ini, hasilnya biasa aja mas ini mungkin efek saya tak rajib blogwalking….setelah saya posting 2 hari sekali tambah blogwalking, hasilnya nampak jelas dari traffic dan rampingnya alexa rank dari 3 jutaan menjadi 600ribuan.

    Dasyat ga tu?

    Reply
    • Ridha Harwan

      Memang salah satu efek dari blogwalking itu, angka alexa kita jadi kecil dan semakin ramping.

      Reply
  5. ilmudes

    Hebat biaa 1 hari 1 artikel, saya bikin 1 artikel saja lumayan lama☺

    Reply
    • Ridha Harwan

      Mangkanya saya suka menulis apa yang saya sukai. Jadi lebih cepat menulisnya.

      Reply
      • ilmudes

        tapi artikelnya kok tetep bisa bagus dan panjang panjang ya mas? 2 jempol untuk mas Ridha :D

        Reply
        • Ridha Harwan

          Akhirnya saya memutuskan untuk menulis apa adanya. Paling gak tulisannya ada efek positif baik untuk pembaca dan untuk blog. hehehe
          Soal artikel panjang-panjang, saya ttap berpedoman dengan tulisan yang panjang itu 700-1.000 kata. Jadi saya usahakan tulisan saya maksimal 700-1.000 kata.

          Reply
  6. uang gratis dari whaff android

    yang penting tetap update terus blognya

    Reply
  7. bengkel blogger

    tips simpel tapi sangat berguna untuk semangat menulis dan mendapatkan page view mas…saya udah terapkan dan itu sangat menjur untuk mendatangkan pengunjung.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya Mbah. Kalau yang suka menulis tips ini gak sulit. hehehe

      Reply
  8. Alris

    Ini tentu tantangan tersendiri. Tapi kalau masih pemula dan malas pasti dibuatnya gempor, hehe…
    Semoga suatu saat saya bisa nulis posting setiap hari juga, aamin.

    Reply
  9. fatahillah

    Metode penelitian nya sama dengan saya kang dan hasilnya alhamdullilah traffick setiap hari kian bertambah namun kesalahan saya 1 setelah traffick naik kemalasan saya datang dan turun lah kembali pengunjung saya haha jadi intinya harus konsisten jika ingin traffick bertambah :)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Nah itu dia. Selain pengunjung naik, yang lebih penting lagi stabil. Itu yang kadang harus lebih diperhatikan lagi.

      Reply
  10. Beby

    Menulis memang enak ya, Bang.. Bukan cumak banjir pengunjung aja, melainkan kita jugak jadi terlatih dalam menulis :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Benar banget. Jadi pas nulis skripsinya gak kesulitan yah. heheheh

      Reply
  11. Muhammad Nuhan Nahidl

    Wih perlu di coba mas…. tapi kalau kalau 30 membuart artikel nonstop mungkin bisa, tapi tidak berkualitas

    Reply
    • Ridha Harwan

      Mangkanya saya waktu mengikuti tantangan 30 hari menulis ini lebih banyak menulis ‘suka-suka’ saya. Jadi enak nulisnya.

      Reply
  12. Ai Wida

    Apa ngga perih tuh matanya sama tangan dan bokong ngga pegel duduk terus tuh pasti? xixixi

    Reply
    • Ridha Harwan

      Yah demi Mbak. Demi segudang dollar dan setumpuk rupiah. wkwkwkwkw

      Reply
  13. yanto cungkup

    hebat nih mas ridha mampu menyelesaikan tantangan 30 hari menulis.
    kalau saya mah udah angkat tangan deh,soalnya paling banter juga bikin artikel 2 hari sekali malah sering 3 hari sekali.hehehe

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sebenarnya itu antara sengaja atau tidak sengaja. Paling gak saya sudah pernah menyelesaikan tantangan 30 atau 31 hari menulis tanpa henti.

      Reply
      • yanto cungkup

        iya mas.
        eh itu visitornya berapa sih?koq digambar hitstats ditutupin gitu jumlahnya

        Reply
        • Ridha Harwan

          Yang jelas kunjungan saya masih di seputaran angka 3 digit.

          Reply
  14. buret

    sayangnya saya masih sulit jalani tantangan dari mas Ridha, terlebih belum banyak ngerti tentang SEO, saya cuma bisa update blog sebisanya, tapi saya tergiur dengan traffic mas Ridha ini, haha

    Reply
    • Ridha Harwan

      Seo itu gak usah dipikiran, yang penting apdet terussssss… hhehehe

      Reply
  15. info-menarik.NET

    Memang ini trik jitu untuk meningkatkan trafik blog dengan berusaha selalu update artikel minimal satu hari satu artikel. Sayapun suka melakukan itu, cuma sekarang terganggunya dengan edit artikel yang sudah terbit hasil rewrite blog lama itu. Belum lagi sekarang sudah mulai ada yang usil main copas mentah-mentah, menjengkelkan !

    Reply
    • Ridha Harwan

      Soal copas itu saya sudah gak ambil pusing. Cuman kalau ketemu saja webnya, paling saya langsung laporin ke google.

      Reply
      • info-menarik.NET

        betul mas, sayapun langsung ambil tindakan lapor ke DMCA Google …

        Reply
  16. ayusaritem blgospot

    SEO masih jadi misteri untuk saya.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kalau saya, SEO itu ilmu gaib. Sama aja yah. hahahaha

      Reply
  17. bengkel blogger

    intinya harus rajin menulis..tapi perlu diingat juga mas, kalau kita nulis jangan terlalu cepat postingnya…lihat dulu tingkat kunjungan dan pege view pada halaman ikhtisar. kalau udah cuku, baru posting terbaru lagi…ini untuk menghindari tingkat bounching atau salah satu artikel lebih ratingnya dibanding yang lainnya…ini juga tidak baik untuk perkembangan blog kita ke dapannya…maaf ya mas. ini hanya saran. saam sahabat blogger.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Benar juga Mbah Dinan sarannya tuh. Mangkanya sekarang saya lebih cenderung memilih menulis tulisan yang benar-benar dicari oleh pembaca dan oleh mesin pencari juga.

      Reply
  18. Indi Sugar

    Wah, hebat bisa setiap hari. Kalau aku sih update seminggu sekali juga sudah termasuk rajin, hihihi :)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Wah kalau Mbak Indi yang lebih rajin diapdet mungkin calon buku yang akan terbit :D.

      Reply
  19. fatahillah

    yaaa ampunn trafficknya naik sampe 100% mantabbb nihh kang saya jadi tergiur nihhh ingin mempraktekannya semoga sukses seperti kang ridha :)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Alhamdulillah, semoga terus bisa bertahan stabil yah.

      Reply
  20. muzi

    bulan depan ayo menulis setiap hari kang, minimal one day one artikel. Kyknya bulan februari terlalu sibuk mas ya. harinya pun sampe 28 – 4.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Saya sekarang lagi ingin model menulis dengan kaidah seo. Walaupun jarang terbit yang penting maknyus tulisannya. hehehehe

      Reply
  21. muzi

    bulan depan gimana kang ridha, apa ada tantangan begitu lagi. saya mau ah coba kayak kang ridha.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Ini mah tantangannya suka-suka kita aja. Kalau ingin mencobanya silakan saja. :D

      Reply
  22. wongcrewchild

    produktif banget bis atiap hari updte 30 hari berturut…
    meski nggak seefektif menulis seo, tetap saja punya dampak lumyan signifikan pada kunjungan

    Reply
    • Ridha Harwan

      Lumayan lah. Yang penting jumlah kunjungannya naik dan stabil.

      Reply
  23. Ramadani Idaham

    Ga tahan Mas kalau 1 hari satu artikel hehe

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kalau memang bisa menulis tulisan asli setiap hari, itu bisa-bisa jadi full-time blogger tuh.

      Reply
  24. Achmad Muharya

    Nulis satu artikel aja udah pusing om :D apalagi 30 artikel, saya udah coba tapi cuman mentok di artikel ke 6 :'(

    Reply
    • Ridha Harwan

      Hahaha, iya kemarin kelihatan saya kalau ingin menulis setiap hari, tapi sempat berhenti penerbitan tulisannya.

      Reply
  25. Mas Dory

    Oo pantesan bulan lalu mas Ridha aktif banget nerbit in artikel, ternyata lagi jalanin program one day one article challenge ya mas. Kalau bulan lalu sih habis bangun tidur sebelum atau sesudah shalat subuh, saya pasti langsung meluncur ke situs penerjemah tarjiem ini, karena waktu itu pola penerbitan artikel baru dari Mas Ridha Harwan sudah kebaca. :D

    Maksud “Menulis SEO” Mas Ridha di atas itu apa ya, apa menulis topik yang berhubungan dengan SEO, atau menulis topik bebas yang memperhatikan kaidah SEO, maaf masih ambigu menurut saya.

    Jika yang dimaksud menulis topik yang berhubungan dengan SEO, saya rasa blog kita bisa mendapat tambahan traffic yang significant, karena artikel dengan topik seperti ini selalu dicari oleh para blogger dari tahun ke tahun. Hanya saja ada satu kekurangan kecil menurut saya, penambahan traffic yang significant tersebut sering kali tidak di imbangi dengan penambahan earning jika blog tersebut kita monetize. Hal ini mungkin disebabkan ketidaktepatan kita dalam memilih target pengunjung.

    Jika tulisan atau topik blog kita tentang SEO, kemungkinan besar pengunjung yang datang adalah para sahabat blogger sendiri yang sebagian besar sudah bisa membedakan mana yang konten blog, dan mana yang iklan. Belum lagi sebagian sahabat blogger tersebut mengaktifkan adsblock saat berkelana mencari artikel. Nah sudah bisa dibayangkan bagaimana nasib earning blog kita tersebut.

    Tapi saya pribadi mendukung Mas Ridha dan sahabat blogger lainnya tetap menulis artikel yang bertema SEO ini agar blogger newbie seperti saya ini bisa tetap menimba ilmu tentang SEO. :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Pantasan sering jadi pertamax. :D

      “Menulis Seo” yang saya maksudkan di sini menulis topik bebas yang memperhatikan kaidah SEO.
      Menulis dengan topik SEO ini agak “ngeri-ngeri sedap”. Soalnya ilmu seo itu kan ilmu ghaib. wkwkwkwk
      Soal pendapatan iklan, saya biarin saja apa adanya. Toh itu soal rejeki. yang penting saya mengikuti aturan dari yang punya iklan itu. :D
      Untuk Ilmu SEO itu, menurut saya, beda orang kadang beda pula persepsi dan anggapannya mengenai seo. Mangkanya ilmu seo menurut saya lebih banyak mengemukakan pendapat pribadi yang kadang itu tidak pasti juga kebenarannya. :)

      Reply
  26. sucipto kuncoro

    wow mantap pengunjungnya naik 2 kali lipat ya
    yah sebelah kirinya berapa juta itu kok disensor, hehe :)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Itu masih ‘K’ Mas Sucipto. hahahaha

      Reply
  27. mitradetik

    apakah penghasilan adsense juga meningkat juga mas?

    Reply
      • ziuma

        hebat mas Ridha, sekarang alexanya 200 ribuan. alexa web saya malah menurun drastis dari 2 juta ke 3,7 juta. saya malas nulis he he he.

        kalau adsense yang ditanyakan diatas, kasih bocoran sedikit he he he

        Reply
        • Ridha Harwan

          Saya malah gak nyadar alexa saya malah terus bagus angkanya.
          Soal adsense, mungkin lebih bijak saya tetap bersyukur saja. Karena tidak mudah merawat dan menjaga adsense itu. :)

          Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video

Loading...

Berlangganan

Ikuti Tulisan Kami

Ikuti Tulisan Kami

Setiap kali ada tulisan baru akan dikirim ke alamat ini.

Berhasil! Nantikan kabar terbaru dari kami.