Indihome Telkom Fiber Internet Ngiklan di WordPress

Indihome Telkom Fiber Internet Ngiklan di WordPress

Tadinya saya sudah berusaha menahan diri untuk tidak menulis di blog jasa penerjemah bahasa ini. Namun apa mau dikata, kasus penyusupan script (kode) pemograman iklan dari langganan internet indihome telkom fiber (optik) ke dalam blog wordpress jasa penerjemah tarjiem.com membuat saya sedikit kesal.

Bagaimana tidak, paginya saya sedang sibuk bongkar-pasang plugin untuk lebih mempercepat blog wordpress jasa terjemahan ini (translation). Lalu tiba-tiba begitu malamnya saya mengecek lagi jumlah request halaman depan blog ini, saya agak terkejut. Ternyata ada kode javascript aneh muncul di blog saya.

Kode Iklan Indihome Telkom Penyusup
Kode Iklan Indihome Telkom Penyusup di tarjiem.com

Setelah saya perhatikan, ternyata ada kode permintaan aneh yang datangnya dari http://cfs.u-ad.info. Lalu setelah saya perhatikan ada tulisan “telkom” di dalam alamat asal kode ini. Padahal pagi tadi kode ini saya pastikan tidak muncul. Karena dari pagi tadi saya berusaha mempercepat blog wordpress dengan mengurangi jumlah permintaan (request) pada saat blog ini diakses. Kurang lebih alamat kode javascript ini yakni:

http://cfs.u-ad.info/cfspushadsv2/request?id=1&enc=telkom2&params=4TtHaUQnUEiP6K%2fc5C582Lt
pw5OIzeh7dZpwRBHBdZn%2f1eoQ0JSS
%2bOti7yjtz4zqTl9PGTKUpi%2fZIxz60Wl
4pwZanwEQ9BDgxszTDp916KGHFNr%2bQ%3d%3d&
idc_r=89868850492&domain=tarjiem.com&sw=1366&sh=768

Saya pun langsung menuju ke ‘tkp’ http://cfs.u-ad.info. Ternyata alamat anak domain cfs.u-ad.info tidak bisa dibuka. Tertulis eror “403 Forbidden nginx”. Lalu saya coba buka domain utamanya u-ad.info. Ternyata alamat ini diteruskan (redirect) ke http://adscenter.u-ad.info/.

Alamat asal iklan u-ad.info indihome fiber.
Alamat asal iklan u-ad.info indihome fiber.

Saking penasarannya, saya langsung ke dukun google untuk mencari tahu ada apa gerangan dengan ini. Kata kunci yang pertama kali saya masukkan adalah “jss di wordpress cfs.u-ad.info”. Bersyukur dukun google menampilkan situs yang tepat pada urutan pertama dan kedua. Ternyata kasus iklan yang tampil jika kita menggunakan jasa layanan internet dari telkom – dulunya produk ini bernama internet speedy – sudah lama terjadi. Setidaknya dari tahun 2013. Buktinya tulisan mengenai iklan di internet telkom speedy sudah lama. Beberapa tautan tulisan yang saya temukan yakni:

  1. Telkom Speedy 8 Januari mulai lagi infeksi di halaman index website dari ObengPlus.com
  2. Internet Speedy lambat gara-gara disisipi iklan cfs.u-ad.info dari beritabulukumba.com
  3. Speedy Jahat? dari haqqi.net

Setelah saya membaca informasi di atas saya langsung sedikit kesal dan geram dengan ‘kelakuan’ jasa layanan internet indihome telkom fiber ini.

Indihome Telkom Fiber Memasang Iklan di WordPress (Menyebalkan)

Penjelasan Pasang Iklan Indihome Telkom Fiber
Penjelasan Iklan Indihome Telkom Fiber https://store.indihome.co.id/public/disclaimer.html

Bagaimana tidak, ibaratnya kita sudah menyewa tanah (internet) dengan telkom. Kita pun sudah ‘bersedia’ kalau area tanah tersebut itu boleh dipasang iklan oleh telkom. Nah pada saat tanah tersebut kita bangun sebuah bangunan (misalnya blog dengan wordpress), tiba-tiba muncul iklan di dalam bangunan milik kita (wordpress). Masalahnya iklan yang muncul itu, script iklan diam-diam dipasang oleh indihome yang dulunya bernama telkom speedy. Hal ini terkesan kalau telkom indihome internet memaksa menyuntikkan (inject) kode javascript ke dalam blog wordpress. Sedikit arogan menurut saya. Padahal lebih tepatnya kalau iklan indihome telkom ini muncul di browser, tidak sampai masuk ke wordpress sebagai properti pribadi.

Hapus Iklan Indihome Telkom Internet Fiber (di Blog WordPress)

Contoh Iklan Indihome Telkom Fiber (change.org)
Contoh Iklan Indihome Telkom Fiber (change.org)

Tanpa basa-basi langsung saya mencari tahu bagaimana cara menghilangkan iklan indihome fiber di blog wordpress di eyang google. Bersyukur eyang google tidak salah kasih informasi. Rujukan cara menghapus iklan indihome telkom fiber di blog wordpress.org yang saya gunakan:

  • Cara Menghindari Inject cfs.u-ad.info Ke Website dari http://sarawebdesain.com/cara-menghindari-inject-cfs-u-ad-info-ke-website.html
  • Menangkal Script Inject Ads Telkom Speedy dari simple-aja.info
  • Cara Mengatasi script dari telkom speedy cfs.u-ad.info dari aguspriyadi.com/cara-mengatasi-script-dari-telkom-speedy-cfs-u-ad-info/
Cara menghilangkan iklan indihome fiber telkom di wordpress
Cara menghilangkan iklan indihome fiber telkom di wordpress

Cara Mengecek Ada atau Tidak Iklan Indihome Telkom Speedy Menyusup ke Browser Anda

Cara mengeceknya tidak begitu sulit. Gunakan penjelajah (browser) mozilla firefox atau google chrome yang tidak menggunakan atau tidak mengaktifkan add-ons atau extensions adblock plus (ABP). Periksa apakah ada atau tidak ‘penyusup’ dalam blog wordpress Anda. Cara lain, gunakan fasilitas “Inspect Element (Ctrl+Shift+I)” di penjelajah google chrome. Bisa juga di browser mozilla firefox. Klik kanan di halaman blog wordpress Anda lalu cari “Inspect Element” dan lihat di bagian Network > JS. Refresh kembali halamannya. Lebih jelasnya besarkan gambar di bawah ini.

Cara memeriksa script inject indihome telkom
Cara memeriksa script inject indihome telkom

Ingat, jika ada alamat script yang tidak dikenali atau url kode itu bukan berasal dari blog Anda khususnya dari luar, artinya kode tersebut patut dicurigai.

Indihome Fiber Review Internet Telkom Speedy

Sebelumnya saya pernah juga berlangganan layanan first media 1 Mbps waktu di Jakarta. Cukup nyaman. Hanya saja, gara-gara kasus iklan indihome fiber yang tiba-tiba menyusup ke dalam blog wordpress saya, saya jadi agak kurang nyaman. Terlebih lagi, bagi para blogger pengguna wordpress yang memiliki banyak blog atau situs yang dikelola. Harga paket indihome telkom 5 Mbps di Bandung berkisar 275 ribu per bulan, cukup puas dan bagus ada useetv juga. Hanya tindakan iklan internet indihome telkom menyusup diam-diam ke dalam wordpress ini sepertinya tidak etis dilakukan. Terkesan memaksa. Terlebih lagi, layanan indihome telkom fiber internet ini juga menyediakan akses wifi.id. Bisa jadi kode iklan indihome telkom ini bisa masuk dari sini juga, belum lagi kalau masuk ke ponsel atau tablet.

Bahkan ada gerakan untuk “hilangkan sisipan Spam Ads/Iklan otomatis pada jaringan layanan internet Telkom Speedy dan jaringan Telkom yang lain” di change.org. Saya sendiri malah was-was mengelola beberapa blog berbasis wordpress dengan internet indihome. Khawatir kalau iklan dari internet indihome telkom fiber speedy bisa masuk lagi. Ingat, dengan menyusupnya iklan indihome telkom fiber ke dalam blog, bisa membuat akses pengunjung masuk ke blog malah melambat. Aktifitas browsing di internet bisa terganggu bahkan jaringan internet malah bisa melambat akibat memaksanya iklan indihome telkom memunculkan dirinya.

Cara Menghilangkan Iklan di WordPress Indihome

Berhubung tulisan ini cukup panjang, maka cara menghilangkan iklan di WordPress Indihome saya pecah menjadi dua. Lihat cara menghilangkan iklan di WordPress Indihome.

28 thoughts on “Indihome Telkom Fiber Internet Ngiklan di WordPress

  1. ada Plugin yang rusak atau tidak dimaintain sama pemiliknya sehingga terjadilah inject iklan indihome. Saran saya delete saja plugin di wordpress

  2. Cara marketing kotor nih, jujur ganggu banget iklan dari telkom, sialnya itu tanpa sepengetahuan saya, mulai dari inject script ke html saat browsing, trus naro iklan seenaknya di html WP.

    Saya pengguna telkom speedy hampir 10th, pakai indihome 3th, baru bulan kemarin kena script ini, telkom speedy banyak masalah mulai dari internet mati hampir sebulan, 20x panggil teknisi ngga datang2, dll, itu masih bisa ditoleransi, tapi masalah inject script ini sudah kelewat batas.

    Di pikiran saya, yang bikin parno, dia bisa inject script tanpa sepengetahuan saya, apakah ngga menutup kemungkinan kalau seseorang disana bisa mantau aktifitas online seperti banking, transaksi bisnis, tanpa sepengetahuan kita.

    Lucunya bayar internet 500rb tapi iklan muncul terus, berasa kaya pakai internet gratisan. Dan harusnya speedy nampangin iklan di situs WP kita, kita dibayar lah, atau seenggaknya nanya persetujuan dulu.

    Kalo di Amerika pasti telkom udah dituntut orang nih.

    Sayang di bandung telkom merajai ISP, fast net ngga ada perkembangan, kalau fast net sampai ke daerah saya, detik itu juga saya akan berenti pakai indihome. hahaha

    • Iya. Andai jaringan first media sudah masuk mungkin pilih first media.
      Saya kalau mengeluh ke Indihome, selalu lewat Fanspage Facebook Telkom Care facebook.com/telkomcare. Selain ke 147. Biasanya 3-4 hari petugasnya datang. Mungkin karena posisi di tengah kota besar, Bandung. Jadi cepat kali yah responnya.
      Untuk pemantau aktivitas transaksi online, rasanya gak mungkin lah. Kalau iya, bisa tambah cilaka.
      Terima kasih komentarnya.

  3. Disini tidak ada layanan fiber optik selain punya tekom, kalaupun ada mungkin saya sudah pindah. Awal berlangganan tidak ada iklan yang muncul sama sekali, lebih kurang 5 bulan berlangganan baru muncul iklan itu. Buka web steam mau cari game kok disuguhi iklan yang muncul kadang dibawah dan diatas, loadnya pun tambah berat. Buka dasboard histats juga iklan muncul tiap kali kita refress, sebenarnya maunya telkom apa sih, sudah bayar mahal tapi masih disisipi iklan tidak jelas. Mau protes kok kayaknya sia sia, tidak profesional banget jadi provider. Ada tetangga sebelah yang langganan 20Mbps katanya iklan tidak ada sama sekali. Mungkin harus ambil paket besar.

    • Ada tetangga sebelah yang langganan 20Mbps katanya iklan tidak ada sama sekali. Mungkin harus ambil paket besar.

      Benar-benar gak disaranin nih pakai telkom.

      Saya juga begitu, andai saja ada first media sudah masuk ke tempat saya, mungkin akan pindah ke first media.
      Mau gimana lagi baru jaringan telkok yang baru masuk.

  4. ane juga sering begitu mas setiap buka k*Sk*s selalu ada iklan indiehome hebat juga ya ini orang kita dah pke layanan b=merak dan bayar ehh malah mereka pasang sembarang aja di tempat kita ……

    klo tadi gratis orapopo lah itu

  5. saya juga ngalami hal serupa, dan udah lama.. sempet kaget juga kok di source blog saya ada script tsb. setelah googling, ternyata dari telkom, yasudah mau gimana lagi. saya pasang adblock aja. selesai deh. hehe.. :mrgreen:

      • Kayaknya injectnya langsung dari cache dan cookies yang tersimpan di browser, kan itu nyimpen username sama password, terus di ambil sama program yang emang udah di set sama mereka buat masuk ke wordpress kita dan nyusupin kode itu secara langsung deh mas. Kayaknya lho, kalo salah mohon refisi.

        Nyebelin ini mah, maksa aja.

        • Wah benar kayaknya nih. Jadi antara browser yang dipakai untuk log in ke wordpress dan log in ke admin router akses point harus dibedakan.
          Semenjak kejadian ini, saya gak mau lagi membuka wordpress dan halaman speedy indihome di browser yang sama.
          Malah saking khawatirnya, saya pakai mode ignition/ penyamaran kalau mau masuk ke halaman speedy/indihome. Khawatir tuh script menyusup ke browser.
          Kasusnya ini sudah lama.
          Benar juga, boleh dibilang cara yang kurang etis (cara kurang baik).

          • jadi solusinya, browser utk buka router indihome, harus berbeda dengan browser dipake sehari2 ya mas? kebetulan saya jd lambat krn setiap website ada iklan telkomnya.

Leave a Comment