Mempercepat WordPress Dengan W3 Total Cache dan CDN CloudFlare

Cara saya mempercepat wordpress di blog jasa penerjemah bahasa ini dengan plugin wordpress W3 Total Cache digabungkan dengan layanan CDN CloudFlare gratisan. Tulisan ini sebenarnya adalah catatan perjalanan saya dalam mengoptimalkan kecepatan blog terjemahan ini agar cepat dibuka oleh pengunjung. Bahkan, saya rela menghapus plugin seo wordpress Yoast, hanya untuk mencapai tujuan agar blog terjemahan ini bisa dibuka dalam waktu kurang dari 1 detik.

Sumber tulisan ini berasal dari sebuah blog Berbahasa Inggris yang tidak sengaja saya temukan saat saya bimbang mempertimbangkan, apakah akan menggunakan layanan Content Delivery Network (CDN) CloudFlare versi gratisan atau tidak. Tulisannya cukup bagus, lengkap dengan gambarnya. Tulisannya juga masih baru diterbitkan, bulan Maret 2015.

Petunjuk Cara Mempercepat Blog WordPress dengan Kombinasi Plugin W3 Total Cache dengan CDN CloudFlare

Pedoman saya dalam mempercepat blog wordpress dengan cara gabungan kombinasi plugin wordpress W3 Total Cache dengan CDN CloudFlare saya dapatkan dari situs bloggingspell.com dalam tulisannya yang berjudul “Make WordPress 10x Faster By W3 Total Cache + CloudFlare“. Silakan langsung kunjungi tautan situs tersebut untuk melihat cara mempercepat wordpress.org dengan W3 Total Cache dengan CloudFlare. Gunakan Google Translate jika ingin menerjemahkan Bahasa Inggrisnya ke Bahasa Indonesia.

Kecepatan Blog Tarjiem dari Pingdom, Juli 2015.

Kecepatan Blog Tarjiem dari Pingdom, Juli 2015. W3TC dan CloudFlare

Gambar di atas merupakan hasil saya menggunakan petunjuk cara mempercepat blog wordpress dengan kombinasi dan konfigurasi plugin W3 Total Cache dengan layanan CDN CloudFlare versi gratisan sebelum saya menulis tulisan ini dari pingdom.com. Untuk berjaga-jaga, saya telah menyimpan tulisan tersebut dalam bentuk gambar (printscreen) dan saya simpan dalam blog ini. Gambarnya cukup besar jika ditampilkan secara penuh di sini.

Lihat dan Unduh
Gambar Cara Mempercepat Blog W3 Total Cache + CloudFlare
(4,28MB)

Tidak hanya itu saja, gara-gara saya menggunakan layanan CloudFlare, nilai YSlow gtmetrix.com saya juga meningkat.

Nilai GTMetrix.com tarjiem Juli 2015

Nilai GTMetrix.com tarjiem Juli 2015.

Hanya Saja..

Cukup banyak trik dan cara mempercepat blog wordpress. Tidak hanya mempercepat blog wordpress saja, namun juga cara peningkatan blog dari segi seo blog. Antara mempercepat blog dengan optimasi seo blog juga cukup saling berkaitan. Sehingga pada saat saya menuliskan ini, saya sedang mencari alternatif cara lain mempercepat blog bersamaan optimasi blog ini sendiri. Salah satunya yakni ingin kembali mengaktifkan plugin seo wordpress dari yoast.

Selain itu ada juga optimasi blog tanpa menggunakan plugin W3 Total Cache, hanya cukup melalui htaccess. Hosting dan tema juga sangat memengaruhi kecepatan blog itu sendiri. Tulisan ini sendiri merupakan catatan saya pribadi dan keinginan untuk berbagi dalam rangka mempercepat blog wordpress itu sendiri. Terima kasih.

12 Comments

  1. Achmad Fazri 29 Juli 2015 10:10
    • Ridha Harwan 3 Agustus 2015 12:54
  2. Yusup 26 Juli 2015 00:53
  3. Wahab Saputra 25 Juli 2015 16:11
    • Ridha Harwan 27 Juli 2015 06:10
  4. Saud Karrysta 25 Juli 2015 15:59
    • Ridha Harwan 27 Juli 2015 06:09
  5. Ramadani Idaham 20 Juli 2015 23:38

Leave a Reply