Indeks Blog Terjemahan Selesai Setelah Mengganti Https

Indeks Blog Terjemahan Selesai Setelah Mengganti Https

Alhamdulillah, setelah tiga hari sebelumnya berdebar-debar dengan kondisi indeks blog terjemahan ini oleh google webmaster tools, akhirnya hari ini selesai juga proses indeks tulisan dan gambar. Tadi malam saya lihat indeks halaman blog terjemahan ini masih di angka 35. Pada siang hari sebelumnya, indeks halaman masih di angka 25. Lalu sore harinya saya memberi semangat pada blog ini dengan tulisan kecil “Ayo semangat blog ku“. Begitu siang hari ini, saya melihat indeks halaman blog terjemahan ini sudah hampir 95% terindeks, baik itu gambar dan tulisan.

Indeks hilang kabeh.
Indeks hilang kabeh.

Sebenarnya semua ini gara-gara saya mengubah halaman blog terjemahan ini dari http ke https. Dengan kata lain sekitar satu minggu yang lalu saya memasang sertifikat ssl. Memang pemasangan sertifikat ssl itu selesai hari Minggu kemarin. Lalu pada hari Selasa atau Rabu, saya memasang plugin broken Link Checker untuk mengalihkan secara permanen seluruh halaman saya yang http menjadi https di mata google.

Indeks google sore hari ini.
Indeks google sore harinya. Lumayan ada 25.

Akhirnya pada hari Rabu dan Kamis blog saya pun mengalami stagnasi. Hanya beberapa tulisan yang memang populer saja yang bertahan di hasil pencarian google. Akhirnya saya memiliki dugaan kalau ini semua gara-gara saya melakukan pengalihan redirect permanen http ke https menggunakan plugin wordpress broken link. Tidak hanya melakukan pengalihan permanen saja, namun saya juga mengubah alamat blog saya yang awalnya menggunakan “http://www.tarjiem.com/” lalu saya ubah menjadi “https://tarjiem.com.” Tidak menggunakan “www” dan http berubah menjadi https. Memang benar dugaan saya, kalau melakukan pengalihan dan memasang sertifikat ssl itu benar-benar mengandung risiko.

Review Namecheap Hosting WordPress Error 522.
Review Namecheap Hosting WordPress Error 522.

Hal menarik yang patut dicatat adalah, saya jadi tahu bagaimana ketangguhan hosting namecheap yang saya gunakan. Ternyata pada saat saya melakukan pengalihan dengan broken link checker, hosting saya terus mengalami down. Sudah berkali-kali saya menghubungi live chat dan ticket support namecheap. Hasilnya sama saja.

Halaman sudah terindeks semua.
Halaman sudah terindeks semua.

Semoga minggu depan, hasil perubahan http menjadi https dapat terlihat. Semoga pula blog terjemahan ini bisa kembali hadir di halaman google.com atau google.co.id. #aamiin

36 thoughts on “Indeks Blog Terjemahan Selesai Setelah Mengganti Https

    • Kalau saya iya. Saya submit ulang. Soalnya indeks http dan https itu berbeda.
      Saya hapus yang lama, trus bikin baru. Sekalian verifikasi baru.

  1. yang muantab itu bisa pake https ya gan. kalau saya gak bisa karena pake hosting gratisan. ada rencana juga buat daftar yang berbayar. ok makasih infonya. semoga tarjiem kedepannya bisa tambah maju dan sukses selalu, amin.

    oh yaa maaf baru bisa berkunjung. sibuk pekerjaan luar mas, namun saya berharap tali silaturrahmi akan tetap terjaga. salam sahabat blogger selalu dari bengkel blogger.

  2. Kok sitemaps saya nggak ada images nya ya mas Ridha? masalahnya dimana nih…
    Iya saya baru tahu kalau saya masih numpang di google hostingnya ya…hehehe….

    • Seru sih seru Mas. Tapi kalau siap dengan resiko pengunjung blognya turun (sementara) atau blog dinyatakan kurang sehat oleh google, silakan dicoba. hahahaha
      Saran saya sih konsultasikan dulu sama tempat hostingnya.

  3. waw…denganhttps pengindeks an yang dilakukan google sangat signifikan banget hasilnya ya kang,sungguh harus juga mulai dipikirkan oleh anak ndeso ini untuk mengikuti jejak master blog sahabat saya yang satu ini nih.
    selamat dan sukses teurs ya kang

Leave a Comment