Select Page

Mengubah HTTP ke HTTPS (Redirect) Bahaya Bagi SEO

Mengubah HTTP ke HTTPS (Redirect) Bahaya Bagi SEO

Kalau tidak salah baru empat hari yang lalu saya baru saja mengubah http ke https blog jasa penerjemah bahasa yang bermesinkan wordpress.org ini. Kemarin saya iseng-iseng membuka google webmaster tools untuk mengecek “kesehatan” blog terjemahan ini. Saya agak terkejut pada halaman bagian crawl > sitemaps. Ternyata jumlah halaman blog terjemahan ini yang di indeks oleh google ternyata menurun hingga berkurang 50%.

Mengubah HTTP ke HTTPS Menurunkan Indeks Google

Ternyata benar seperti perkiraan saya dalam pertimbangan pemasangan sertifikat ssl sebelumnya. Minimal pada saat kita memasang sertifikat SSL, jumlah pengunjung yang datang akan menurun. Jelas setidaknya ini adalah akibat tidak ditemukannya halaman blog yang telah mengubah http ke https oleh mesin pencari google (deindex).

Ilustrasi mengubah http ke HTTPS

Ilustrasi mengubah http ke HTTPS (gambar: techybuzzz dot com)

Memang pada saat pagi hari, setelah 3 hari selesai memasang sertifikat ssl, jumlah halaman yang di indeks baru sekitar 100 halaman dari 200 lebih halaman blog terjemahan ini. Namun pada saat malam harinya saya cek ternyata jumlah indeksnya hampir mendekati indeks pada saat sebelum mengubah dari http ke https. Jelas, akibat saya mengalihkan http ke https sangat memengaruhi seo blog ini.

Cara mengganti http ke https (redirect)

Bagi saya, cara mengganti http ke https ini antara susah-susah gampang. Cara mengubah atau mengalihkan http ke https yakni dengan menggunakan sertifikat ssl. Dengan kata lain, kita harus membeli sertifikat ssl. Cukup mencari penjual sertifikat ssl yang rata-rata penjualnya juga menjual layanan hosting. Agar tidak repot, sebelum mengalihkan (redirect) dengan sertifikat ssl, ada baiknya kita bertanya terlebih dahulu kepada penjual sertifikat ssl, apakah ia mau membantu (secara gratis) mengubah semua request http ke https. Jika tidak terpaksa kita harus membaca berbagai macam tutorial cara redirect http ke https dengan memasang sertifikat ssl yang sudah banyak beredar. Sebagai tambahan, mungkin plugin wordpress Https ini dapat membantu mengalihkan alamat http menjadi http. Saya juga menggunakan plugin wordpress https di atas atas saran namecheap, walaupun sudah dua tahun tidak diperbarui lagi.

Indeks google turun 50%

Indeks google turun 50%

Bahaya Lain Saat Memasang Sertifikat SSL

Selain google mengenali ulang halaman kita (dan itu perlu waktu), bahaya lain jika kita mengubah alamat blog menjadi https adalah tidak semua halaman (page) akan mendapatkan tanda https. Hal ini terjadi pada saat kita telah selesai mengalihkan alamat http menjadi https. Setelah saya baca-baca, ternyata penyebabnya tidak semua halaman (page) menjadi http karena permasalahan tema (themes) yang digunakan. Pada saat saya menuliskan tulisan ini, sebagian besar tulisan saya (post) masih tidak sepenuhnya berubah ke https. Saya belum mengecek satu per satu.

Jadi benar apa kata yoast, kita diminta pikir-pikir lagi sebelum mengganti http menjadi https atau mengalihkan alamat (redirect) menggunakan sertifikat ssl. Setidaknya pada saat mengubah http menjadi https efek seo yang ditimbulkan adalah halaman kita akan dikenali ulang oleh google dan besar kemungkinan pengunjung kita akan menurun (sementara). Lihat juga catatan saya pada saat selesai memasang http ke https yang sedikit membahas beberapa permasalahan setelah mengganti http ke https. Karena itu, hati-hati pada saat mengubah http ke https.

About The Author

Ridha Harwan

Penjual jasa penerjemah Inggris Indonesia. Selengkapnya...

73 Comments

  1. blog peluang bisnisonlineusaharumahan com

    kurang lebih satu tahun saya kenal dengan blogging baru kali ini saya dengar apa itu SSL dan ternyata penting banget yah bagi BLOG…tak coba deh di blog !

    Reply
  2. hery detik com

    halo gan…
    untuk website dari http bisa pindah ke https itu penyebabnya apa ya ?
    soalnya website saya dari http tiba tiba bisa ganti sendiri ke https

    Terima kasih gan :)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Pakai mesin apa? blogspot/wordpress/blog detik atau pakai apa?
      Kalau pakai wordpress.com, blogspot/blogger/blog detik, bisa jadi bisa ganti sendiri.
      Tapi kalau pakai WordPress.org, harus dipasang dulu sertifikat ssl-nya.

      Reply
  3. Driver Gojek

    Mas Ridha, numpang tanya, kalo blog pake ssl, trus di kolom komentar ada yg komentar pake link ke blog yg non sll, apakah masih valid https nya? trims

    Reply
    • Ridha Harwan

      Setahu saya masih. Yang bermasalah itu kalau sumber gambar bukan dari https.

      Reply
  4. Syahruni

    mas saya mau tanya mas gimana caranya saya merubah domain saya ke http menjadi https soalnya saya punya web bukan domain hosting syahruni.com

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kalau pakai wordpress, mesti pasang sertifikat SSL dulu. Ada yang gratis ada yang berbayar.
      Kalau pakai blogspot, diperbaiki dulu https yang ada di themesnya.

      Reply
  5. Reza Purnama

    Saya masih bingung mas, apa sih bedanya ssl gratisan sama yg berbayar seperti comodo. Kalau sama aja saya mending pake yg gratisan mas.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kalau ada duit pakai yang berbayar. Kalau enggak ya pakai yang gratisan.
      kalau yang gratisan dari Let’s Encrypt itu dia diperbarui setiap 6 bulan sekali, kalau tidak salah. Kalau berbayar biasanya per 1 tahun sekali.

      Reply
  6. aliencolony

    kalo misal ganti http ke https musti daftarin ke google webmasters lagi ga mas?

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kalau saya iya. Yang lama dihapus, terus daftarkan yang baru lagi. Sekalian daftarkan peta situsnya.

      Reply
  7. Rezza

    Saya baru saja mengganti protocol http ke https mas, belum tahu apakah efeknya seperti yang dijelaskan di atas. Efeknya berapa lama mas? google mengcrawl menjadi seperti semula dibutuhkan berapa hari sepengalaman mas?

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kalau saya 3-7 hari. Kurang begitu memperhatikan.
      Efeknya bagus, asal pemasangan sertifikatnya yang benar.

      Reply
  8. Mus Deoranje

    waduh, takut juga saya mas. ini visitor lagi banyak2 nya, takut turun. kalau untuk blogger gimana mas apalah sama juga banyak halaman yang tidak terindek juga?

    Reply
    • Ridha Harwan

      Blogger atau blogspot belum coba. Cuma ada yang cerita kalau template yang dipakai belum mendukung https, bisa berpengaruh ke jumlah pengunjung jadi berkurang. Pastikan saja template blogspot yang dipakai sudah mendukung HTTPS, termasuk isi blognya.

      Reply
  9. Toko Baju Kita

    Gan, barusan saya ganti alamat url dari http ke https, yang jadi pertanyaan kenapa simbol kuncinya ga ijo, tapi kuning, ada tanda serunya. Terus saya baca2 harus redirect alamatnya, setelah saya redirect dri htaccess ttp aja masih seperti itu, ada alamat dri web saya masih menggunakan http, gmn biar jadi https semua ya? makasih jwbnya

    Reply
    • Ridha Harwan

      Coba buka halaman HTTPS yang eror. klik kanan di halaman itu trus “view Page Source” (kalau di chrome)
      Trus CTRL + F en ketik “HTTP://”

      Coba ganti yang masih HTTP:// ke HTTPS://
      Tapi jangan semuanya juga. Coba dulu satu-satu.

      Saya lihat itu yang Cekresi.com bermasalah. Coba ganti jadi https://
      Siapa tahu berhasil.
      s26.postimg.org/bn7ae68rt/Screenshot_2.jpg

      Jangan lupa di BACK UP dulu blognya.

      Reply
  10. Yosua

    Mau tanya rubah http ke https selain beli ssl apa harus beli direct ip?
    Thanks

    Reply
    • Ridha Harwan

      Teegantung hostingnya. Tanya hosting nya saja langsung.

      Reply
  11. bambang wedaran com

    Saya juga barusan kena dampaknya
    saya pindah dari http ke https
    waktu pertama homepagenya sudah terindex https, tapi selang beberapa hari malah homepage menghilang dari google
    nasib…

    Reply
    • Ridha Harwan

      Saya aja deg-degan loh Pak pas proses ganti HTTPS ini.
      Takut KW andalan pada lenyap di google.

      Reply
  12. Muhammad Muadz muadz-email dot kom

    pengn di ubah dr settingan cpanel bagaimana ya, klo pakai https selalu error tp pake http normal, bgaimana ya cara lenglap ya..

    Reply
    • Ridha Harwan

      Paling gampangnya itu minta tolong sama hosternya.
      Pemasangan https ini rada ngeri-ngeri sedap.

      Reply
  13. sicklon

    Halo om, website saya sering sekali mengalami masalah dan mendapatkan pesan error setelah install SSL di website , mungkin om bisa cek di thread saya http : // forum. ucoz.com/forum/42-20772-1

    Padahal saya sudah installasi dengan benar.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kayaknya benar itu masalah cache.
      Mending minta tolong pasangin sama hosternya.
      Kalau diliat sih sudah https alamatnya.

      Reply
  14. Alexander AR

    Mas , mau nanya setelah di ganti http ke https apa mesti add site baru lge y di google webmasternya , krenakan daftar sblumnya kita menggunakan http , itu gimana mas , makasih

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kalau gak salah sih iya.
      Website lama yang HTTP dihapus dulu.
      Baru ditambahkan baru yang HTTPS.
      Saya sih gitu dulunya.

      Reply
  15. Kris

    Wah hancur udah masa depan saya. hahaha.

    Awal tahun ini ganti WP theme karena theme yang lama agak busuk developernya, banyak celah jadi di hack mulu. Ranking turun dari 1jt ke 17jt, 404 error ada ratusan, gara2 modul dari template sebelumnya ngga jalan, dan males untuk ngebenerin 404 itu. hahaha.

    Hari ini pasang SSL iseng doang, biar berasa mantap gitu ada ijo2 di url, padahal ngga butuh sebenernya, cuma situs portfolio yang isinya images doang. Ranking sekarang udah naik dari 17jt ke 7jt, alamat turun lagi ini gara2 SSL. hahaha

    Btw, kan saya pasang SSL comodo hari ini yang setahun, tapi kenapa waktu di check SSL-nya cloudflare ya? padahal di cloudflare saya ngga ada SSL, dan keterangannya masa aktif sampai desember doang. Ada pencerahan?

    Thanks :)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kalau sudah pakai SSL Comodo ngapain pakai SSL cloudflare lagi? SSL cloudflare itu kalau gak salah gratisan, sedangkan Comodo berbayar.
      Matikan cloudflarenya, trus fokus saja di pemasangan en perbaikan SSL comodonya. Saya juga pakai sertifikat Comodo PosotiveeSSL.

      Kenapa mesti pakai developer wordpress? Sekalian saja beli themes premium yang jelas-jelas sudah bagus dan kualitasnya teruji. Banyak lagi.

      Masa depannya mungkin semakin cerah nih. hehehehe

      Reply
  16. Zaenal

    saya baru upgrade TLD dari blogspot, tadinya yang blogspot itu sudah https ketika saya upgrade jadi http lagi. enaknya saya upgrade ke https atau ndak ya mas. trims

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kalau bisa HTTPS, ubah saja ke HTTPS. Tapi gak tahu deh caranya kalau untuk yang blogspot custom domain.

      Reply
  17. Liu Purnomo

    Oh jadi gitu, saya sempat berpikir mau memasang sertifikat ssl buat blog saya, ini lagi muter – muter halaman google buat mastiin apakah tidak bermasalah kalau saya rubah sekarang, karena saya sedang mengikuti salah satu kontes SEO, jadi setelah membaca tulisan ini sepertinya saya harus menunggu pengumuman kontes dulu. sayang juga kalau nanti artikel saya tidak terindex oleh google. thanks mas, artikelnya sangat membantu.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Masa-ma.

      Reply
  18. sukatawa

    wah jadi takut saya … dah ada niatan sih tapi … hmm pikir2 dulu deh

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sip

      Reply
  19. Adi Daya

    Saya mulai paham kenapa tiba-tiba Histats tidak muncul dan pengunjung lenyap drastis dari Google ternyata benar bahwa mengubah HTTP ke HTTPS penyebabnya dan saya tahu juga dari postingan di sini jika semua kode skrip HTTP misalnya iklan tidak akan muncul bila terlanjur kita ubah blog kita ke HTTPS. Saya teruskan pakai HTTPS sama saja mulai ngeblog dari awal tapi jika tetap pakai HTTP kurang dipercayai situs atau blog kita oleh mesin pencari. Jadi, sebaiknya bagaimana, bang ? Bingung jadinya.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Terserah sih. Kalau mainan jangka panjang, mending paksakan saja pakai HTTPS. Karena orientasi ke depan, balapannya sudah pada pakai https.
      Biarin saja pengunjung menurun dulu sementara asal URL tidak banyak berubah, yang berubah hanya HTTP > HTTPS. Biasanya efek pengunjung normal lagi setelah 3 bulan. Tentu terus dipancing dengan artikel baru bin orisinil.

      Reply
  20. Bisakimia

    Mas mau tanya nih. Kok web saya aneh ya.
    Kan masih pake http. Tapi kalau saya iseng https . Kok jd nyambung ke website lain ya

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kok bisa yah. Emang cara ngeganti https nya cara apa yang dipakai. Terus nyambung kemana?
      Soalnya kalau salah pasang sertifikat, biasanya ada peringatan tuh di browsernya.
      Saya lihat webnya itu web jual-beli. Web jual-beli/ecommerce yang ada keranjang belanja itu lebih syusyah masangnya.
      Kalau gak salah sertifikat ssl nya juga beda.

      Reply
  21. Dara m4rk3t 0b4t kom

    Terimakasih Penjelasannya ttg Sll Sertifikatnya..
    Setelah Mas Berpindah ke Https Apa keuntungan yg di rasakan buat webnya mas.??

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sama-sama.
      Kalau untuk webnya sendiri secara langsung tidak ada.

      Reply
  22. iyan

    untuk pembelian sertifikat SSl nya dimana dan berapa duit mas? apa aja sih keuntungan dari perubahan http ke https.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Biasanya penjual Hosting dan Domain itu menjual sertifikat SSL. Bisa dibeli sama hoster juga sekalian.
      Secara teknis gak ada keuntungan, malah kadang bisa merepotkan. Tapi saya pribadi mengambil keuntungan persaingan SEO sebagai alasan memasang SSL (https).

      Reply
  23. Kost Semarang

    Mas kalau blogger paham gak? Gini nih kejadiannya. Belum lama ini kan blogger memaksa semua blog untuk pindah ke https. Nah tapi saya gak mau pindah karna sama seperti mas bro bilang kalau bisa bahaya sama SEO. (apalagi blog saya rank 1) Kalau turun kan bisa mati saya dengan visitor udh 2000++ / day.

    Gini nih anehnya kenapa ya kog iklan klo di https tidak keluar, bahkan javascript dari histats jg gak kluar?
    Artinya javascript di https mati dong? Atau gua nya begok ya gak paham dengan xml atau apalah sampe eror kalau di https hahahha

    Mas bro, infonya ya, thanks banget kalau dibales.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Setahu saya di blogger, yang bermasalah itu kalau ada script javascript yang masih menggunakan protokol http. Nah itu besar kemungkinan bisa muncul pesan eror di halaman pengunjung karena belum pakai protokol https. Itu yang bikin bounce rate (gak jadi masuk) tinggi.

      Sudah jarang pakai blogspot. Coba saja periksain dalaman template XML nya. Pakai CTRL + F, lalu cari yang masih “HTTP”. Kalau enggak yah terpaksa diubah templatenya (yang juga bakalan berdampak ke ‘seo’ nya/struktur blognya).

      Untuk histats, sementara ini pakai google analytic aja dulu. Masih banyak kok alternatif histats.

      Centang kotak di bawah kolom komentar, jadi kalau ada balasan komentarnya langsung terkirim ke surelnya. :)

      Reply
  24. ruter

    Yang harus dirubah ke https itu alamat post dan gambar saja atau semua kode http yang berasal dari plugin-plugin juga??

    Reply
    • Ridha Harwan

      Waktu itu fokus membenarkan gambar yang masih menggunakan http menjadi https. Karena alamat internal gambar yang masih http bisa ngerusak sertifkat ssl. Untuk alamat post yang http gak masalah. Pakai plugin Broken Link Checker wordpress.org/plugins/broken-link-checker/ untuk memeriksa alamat http (gambar dan internal link). Sangat membantu sekali. Plugin penyelamat.

      Untuk plugin yang dipakai, gak ada masalah kalau mau pasang sertifikat ssl.

      Reply
  25. Daihatsu Bandung kreditmobildaihatsubandung blogspot

    terima kasih penjelasannaya, tetapi saya sudah terlanjut pindah http ke https websaya turun drastis apalagi rangkingnya halaman 1 urutan 1 turun jadi halaman 3, apakah bisa kembali ke posisi sebelumnya

    Reply
    • Ridha Harwan

      Bisa aja, tapi ya usaha ulang lagi kayak dulu.

      Reply
  26. Khanza

    Mas mau nanya. Maklum masih newbie nih. Jika suatu saat nanti blog dengan sub domain blogspot.com yang sudah dialihkan ke https diganti dot com apakah https masih tetap ditampilkan?

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sepertinya enggak.
      Setahu saya, kalau mau custom domain menggunakan https, harus beli sertifikat SSL.

      Reply
  27. Om rudi

    Mas mau tanya, gimana klau self domain kita di redirect ke blogspot. Apakah nanti google langsung secara otomatis merubahnya.. atau hanya berdomain .blogspot.co.id aja ya yg otomatis di ssl kan?

    Mungkin itu dulu pertanyaan sy.. mhn tanggpannya.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Maksudnya domain yang kita punya dipakai diarahkan ke blogspot?
      Itu istilahnya, custom domain.
      Nanti nama domain otomatis berubah. Sukur-sukur backlink nya keikut ke domain baru. DA/PA jadi hilang.

      Untuk SSL, yah gak keikut ke domainbaru.com.
      Mesti beli sertifikat ssl sendiri lagi.

      Reply
  28. Wartainfo dot kom

    wah, saya sebenarnya dari dulu ingin ganti ke https, apalagi skr google katanya lebih memprioritaskan web yang pakai ssl.
    tapi setelah baca artikelnya jadi galau berat neh..

    Oya, jika http diganti ke https (ssl) apa pengaruh sama rank alexa? kan dulu waktu register ke alexa pake http? Apa nanti harus daftar baru lagi dengan pakai https di Alexa? kalau daftar baru berarti rank alexanya dari 0 atau awal lagi donk..

    Thanks

    Reply
    • Ridha Harwan

      Gak tau pengaruh atau enggak. Kayaknya enggak.
      Sudah gak mikirin ranking alexa lagi.

      Reply
  29. Santri Drajat

    Bayar ya https itu ?
    Wah2
    kirain gratis mas, dengar2 biar seo bagus https dari pada http… tapi entahlh belum nyoba… hehehe

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya bayar, beli sertifikat SSL nya. Kecuali pakai blogspot, gratis.

      Reply
  30. souvenir jogja

    jadi pikir pikir kembali nih untuk pindah menggunakan https, soalnya postingan yang sudah diposting dan terindeks lebih dari 800 postingan produk. tapi disisi lain dimata google website dengan https lebih bernilai ketimbang yg pakai http.oh ya mau tanya misalkan ada sekitar 800 postingan yang sudah terindeks dan mau dirubah ke https, kira-kira butuh waktu berapa lama ya untuk google bisa mengindeks ulang semuanya?

    Reply
    • Ridha Harwan

      Di minggu pertama indeks pos sudah muncul di GWT/ Search console. Halaman selesai di indeks semua paling gak 1 bulanan.

      Reply
  31. Frans Allen

    Itu hanya berlaku buat yang udah banyak banget kontennya kok bro-bro semua, jelas akan benar kalo http yang di ganti ke https akan berakibat pada SEO, karena akan crawl ulang. Namun google juga udah ngumumin kalo dia akan lebih mengutamakan situs yang menggunakan https kok. Jadi sebetulnya lebih baik menggunakan sambungan https kalo saya pribadi dari awal, karena mesin pencari akan lebih percaya terhadap situs kita.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Betul.
      Kejadian ini waktu saya menukar http ke https dengan konten blog ini di atas 250 artikel.
      Bersyukur waktu itu banyak dibantuin plugin Broken Link Checker.
      Lebih baik kalau sekarang lagi mulai bangun blog dari awal, mulai pakai https.
      Kalau di tengah-tengah mengganti https, bisa muncul banyak eror yang akhirnya memengaruhi SERP.

      Reply
  32. jony ahlisumurjogja dot net

    berarti untuk website baru tidak jadi masalah ya langsung pakek https bos?

    Reply
    • Ridha Harwan

      Gak masalah. Malah disarankan. Jadi dari awal membangun, sudah gak bermasalah lagi dengan proses penggunaan https.

      Itu websitenya sudah pakai https.

      Reply
  33. Hainur wf-blight.cf

    Infonya bermanfaat,,
    saya coba memakai cloudflare SSL.
    Pengunjung langsung turun drastis dalam 2 minggu ini, hahaha
    dah terlanjur jadi iya lanjut aja.. Baru tau bahayanya neh…

    Reply
    • Ridha Harwan

      Mangkanya tulisan ini dibagikan kembali biar banyak yang tahu. Saya juga sempat berkurang jumlah pengunjung saya. Sejak itu saya gak mau lagi pakai cloudflare gratisan, soalnya proses propagansi lama. Bisa lebih dari 2×24 jam. Biar mahal bandwith tapi pengunjungnya ramai.

      Reply
  34. And95

    saya dah beralih ke https dan itu memang perlu pemikiran yang matang thx mas
    and95.blogspot.co.id

    Reply
    • Ridha Harwan

      Terima kasih kembali.

      Reply
  35. brashopindonesia

    wah mas, saya beli ssl di alpha ssl kok gembok di webnya ga mau keluar kenapa ya mas :)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Waduh saya gak tahu kenapa. Kalau gak salah ada situs untuk mengecek benar atau enggak pemasangan sertifikat SSL kita.

      Reply
  36. Asovux.com

    tutorialnya lengkap banget mas bro.. makasih sudah share pengalamannya

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sama-sama sudah mau berkomentar.

      Reply
  37. Aryo Seno

    Wah padahal saya baru beralih ke https mas

    Reply
    • Ridha Harwan

      Silakan beralih saja. Hanya saja, jangan sampai peralihan http ke https merusak SERP blog milik kita.

      Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video

Loading...

Berlangganan

Ikuti Tulisan Kami

Ikuti Tulisan Kami

Setiap kali ada tulisan baru akan dikirim ke alamat ini.

Berhasil! Nantikan kabar terbaru dari kami.