Kalau tidak salah baru empat hari yang lalu saya baru saja mengubah http ke https blog jasa penerjemah bahasa yang bermesinkan wordpress.org ini. Kemarin saya iseng-iseng membuka google webmaster tools untuk mengecek “kesehatan” blog terjemahan ini. Saya agak terkejut pada halaman bagian crawl > sitemaps. Ternyata jumlah halaman blog terjemahan ini yang di indeks oleh google ternyata menurun hingga berkurang 50%.

Mengubah HTTP ke HTTPS Menurunkan Indeks Google

Ternyata benar seperti perkiraan saya dalam pertimbangan pemasangan sertifikat ssl sebelumnya. Minimal pada saat kita memasang sertifikat SSL, jumlah pengunjung yang datang akan menurun. Jelas setidaknya ini adalah akibat tidak ditemukannya halaman blog yang telah mengubah http ke https oleh mesin pencari google (deindex).

Ilustrasi mengubah http ke HTTPS

Ilustrasi mengubah http ke HTTPS (gambar: techybuzzz dot com)

Memang pada saat pagi hari, setelah 3 hari selesai memasang sertifikat ssl, jumlah halaman yang di indeks baru sekitar 100 halaman dari 200 lebih halaman blog terjemahan ini. Namun pada saat malam harinya saya cek ternyata jumlah indeksnya hampir mendekati indeks pada saat sebelum mengubah dari http ke https. Jelas, akibat saya mengalihkan http ke https sangat memengaruhi seo blog ini.

Cara mengganti http ke https (redirect)

Bagi saya, cara mengganti http ke https ini antara susah-susah gampang. Cara mengubah atau mengalihkan http ke https yakni dengan menggunakan sertifikat ssl. Dengan kata lain, kita harus membeli sertifikat ssl. Cukup mencari penjual sertifikat ssl yang rata-rata penjualnya juga menjual layanan hosting. Agar tidak repot, sebelum mengalihkan (redirect) dengan sertifikat ssl, ada baiknya kita bertanya terlebih dahulu kepada penjual sertifikat ssl, apakah ia mau membantu (secara gratis) mengubah semua request http ke https. Jika tidak terpaksa kita harus membaca berbagai macam tutorial cara redirect http ke https dengan memasang sertifikat ssl yang sudah banyak beredar. Sebagai tambahan, mungkin plugin wordpress Https ini dapat membantu mengalihkan alamat http menjadi http. Saya juga menggunakan plugin wordpress https di atas atas saran namecheap, walaupun sudah dua tahun tidak diperbarui lagi.

Indeks google turun 50%

Indeks google turun 50%

Bahaya Lain Saat Memasang Sertifikat SSL

Selain google mengenali ulang halaman kita (dan itu perlu waktu), bahaya lain jika kita mengubah alamat blog menjadi https adalah tidak semua halaman (page) akan mendapatkan tanda https. Hal ini terjadi pada saat kita telah selesai mengalihkan alamat http menjadi https. Setelah saya baca-baca, ternyata penyebabnya tidak semua halaman (page) menjadi http karena permasalahan tema (themes) yang digunakan. Pada saat saya menuliskan tulisan ini, sebagian besar tulisan saya (post) masih tidak sepenuhnya berubah ke https. Saya belum mengecek satu per satu.

Jadi benar apa kata yoast, kita diminta pikir-pikir lagi sebelum mengganti http menjadi https atau mengalihkan alamat (redirect) menggunakan sertifikat ssl. Setidaknya pada saat mengubah http menjadi https efek seo yang ditimbulkan adalah halaman kita akan dikenali ulang oleh google dan besar kemungkinan pengunjung kita akan menurun (sementara). Lihat juga catatan saya pada saat selesai memasang http ke https yang sedikit membahas beberapa permasalahan setelah mengganti http ke https. Karena itu, hati-hati pada saat mengubah http ke https.