Baju, Kaos, Kemaja Lengan Panjang Digantung Warna-Warni

Alasan Suka Gonta-Ganti Tampilan Lapak Jasa Terjemahan Indonesia Inggris Ini

Waktu menulis tulisan tampilan baru 2017 dengan Extra Elegantthemes, baru sadar kalau jasa terjemahan ini sudah sering berganti tampilan. Baru sadar saat menulis di bagian akhir kalau ada 11 ‘pakaian’ atau tema WordPress yang pernah mampir di sini. Mulai dari tampilan lapak terjemahan daring yang super sederhana, hingga yang super kompleks. Tampilan yang super kompleks ini seperti saat ini, menggunakan themes Elegant Themes.

Jelas ada alasan, kenapa selama 5 tahun ini lapak jasa terjemahan Inggris Indonesia ini suka labil. Dalam satu tahun suka sekali mengganti tampilan wajah blog dan beranda atau homepage tarjiem.com. Ide tulisan ini juga muncul pada saat sekarang ini. Yaitu sedang mempertimbangkan model tampilan baru untuk lapak ini. Khususnya desain halaman depan dan tema blog.

Kombinasi Antara Jualan Jasa Terjemahan dan Bloger

Alasan yang paling membuat tampilan lapak ini suka berubah lantaran ini. Selain menawarkan jasa penerjemah Inggris Indonesia, lapak ini juga digunakan sebagai ekspresi menulis. Di saat sedang tidak ada pekerjaan terjemahan, maka menulis di lapak ini menjadi pilihan. Bisa dibilang statusnya, seorang penerjemah bahasa dan juga bloger.

Demi Mempercepat Kecepatan Masuk (loading) Blog

Sebagai seorang bloger, urusan tampilan dalaman mesin WordPress ini kadang suka diotak-atik. Lebih-lebih demi mempercepat akses masuk (loading) blog. Bloger juga suka memperhatikan jumlah pengunjung harian. Tidak heran kadang demi mencari pengunjung, tampilan blog terus dioptimasi.

Kecepatan Blog tarjiem versi GTmetrix 9 Mei 2017 (A C, 33 detik, 1,6 MB)
Kecepatan Blog tarjiem versi GTmetrix 9 Mei 2017 (A C, 33 detik, 1,6 MB)

Kecepatan blog sendiri adalah faktor utama yang wajib diperhatikan bagi blog. Lebih khusus bagi blog yang berfungsi tempat mencari uang atau mencari pengunjung blog. Selama ini lapak jasa terjemahan ini sangat memperhatikan hubungan kecepatan blog dengan tema (themes) WordPress yang digunakan. Salah satunya yaitu pernah menggunakan Schema dan Flatsimplebingit. Dua tema premium berbayar itu bagus dalam hal kecepatan, sebagaimana halnya tema WordPress lain yang gratisan.

Tampilan Diperhatikan Setelah Fokus Pada Kecepatan Blog

Sayangnya, antara kecepatan dan tampilan itu bisa bertolak belakang. Jika tampilannya bagus, maka akan sulit mempercepat blog. Persis saat menulis tulisan ini. Pakaian yang digunakan merek Extra Elegant Themes ini sangat sulit dioptimasi kecepatannya. Dari segi tampilan blog, tema ini cukup bagus. Lebih dari cukup untuk kebutuhan ngeblog. Sayangnya, untuk urusan optimasi kecepatan tema ini bisa dibilang sulit dioptimasi. Belum lagi saat ini menggunakan hos berbagi (shared hosting). Tampilannya bagus, tapi mesinnya tidak mendukung. Hasilnya, tampilan bagus tapi loading blog lama.

Demi Menarik Calon Pembeli Jasa Terjemahan Inggris Indonesia

Tantangan paling sulit lapak ini adalah menarik calon pembeli jasa terjemahan bahasa Inggris dan Indonesia. Semua tulisan yang ditampilkan di sini bertujuan untuk menarik calon pengguna jasa penerjemah. Sayangnya beberapa calon pembeli, memiliki tipikal melihat ‘pakaian’. Jika tampilan lapak jualannya kurang meyakinkan, maka tingkat kepercayaan awal dari calon pembeli bisa berkurang.

Halaman depan tarjiem pakai themes kentooz flatsimplebingit
Halaman depan tarjiem pakai themes kentooz flatsimplebingit

Dari sisi administrator bloger, urusan penampilan blog ini terhitung cukup rumit. Itulah kenapa ada lebih 11 pakaian (WordPress Themes) yang pernah mampir selama ini. Semua itu hanya untuk menarik calon pembeli. Salah satu hal yang paling disalahkan adalah desain blog jika desain tampilan blog kurang bisa menjual.

Demi Urusan Optimasi Mesin Pencari Jualan Jasa Terjemahan Bahasa

Optimasi Mesin Pencari (OMP) atau yang dikenal dengan SEO (Search Engine Optimization) punya banyak faktor. Salah satunya faktor kecepatan blog. Faktor kecepatan ini sudah menjadi faktor yang tidak terbantahkan dan tanpa perdebatan dalam urusan optimasi di mesin pencari (Google). Bagian penting yang paling diperhatikan dalam optimasi kecepatan adalah halaman depan. Selain tampilannya harus menarik, halaman depan harus cepat dibuka. Selain harus cepat dibuka, halaman depan harus memperhatikan faktor on page.

Selain faktor pilihan tema yang dipakai, faktor lain adalah hosting. Kecepatan blog sangat dipengaruhi oleh hosting, tema, dan plugin yang digunakan. Perlu banyak pertimbangan dalam mengkombinasi tiga unsur ini.

Itulah kenapa lapak terjemahan ini suka gonta-ganti tampilan. Harapannya, semoga setelah ini tampilan lapak jasa terjemahan Inggris Indonesia tidak banyak gonta-ganti lagi. Sehingga bisa fokus dengan kegiatan lain, selain memikirkan desain ulang dan penampilan. Khususnya fokus pada jualan jasa terjemahan dan menulis.

2 pemikiran pada “Alasan Suka Gonta-Ganti Tampilan Lapak Jasa Terjemahan Indonesia Inggris Ini”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.