Karikatur Joost de Valk gambar:yoast.com

Ciri-Ciri Tulisan Yang Baik Versi Yoast WordPress SEO Plugin

Salah satu plugin wordpress yang banyak dipakai oleh pengguna wordpress adalah wordpress plugin seo dari yoast. Setidaknya ada 13 ciri-ciri tulisan yang baik versi wordpress seo plugin yoast ini. Bagi yang menggunakan wordpress.org (wordpress self host) maka pembahasan ini mungkin tidak terlalu sulit dipraktekkan.

Plugin seo untuk wordpress yang bernama yoast ini merupakan salah satu pilihan plugin utama sebagai plugin seo. Bagi para pengguna selain wordpress.org (blogspot atau blogger) maka tulisan ini mungkin hanya sebagai informasi saja. Setidaknya informasi ini bisa dipakai pada saat ingin menulis artikel seo di blog kesayangannya. Hanya saja terkadang kalau ingin menulis tulisan yang seo itu kepala kita bisa puyeng loh.

Lihat juga Perbedaan WordPress dengan Blogspot.

Tiga belas ciri-ciri tulisan yang baik versi wordpress seo plugin yoast
Tiga belas indikator ciri-ciri tulisan yang baik versi wordpress seo plugin yoast.

Plugin wordpress SEO ini dibuat oleh Joost de Valk. Jika ingin melihat penjelasan plugin ini lebih lanjut silakan langsung ke Plugin WordPress SEO oleh Yoast. Pada saat saya menulis tulisan ini jumlah indikator plugin seo yoast ini berubah-ubah. Awalnya 11 indikator lalu sekarang ada 13 indikator. Maka saya mengambil yang 13 indikator saja. 13 ciri-ciri ini sesuai gambar yang ada di atas. Pembahasannya dimulai dari bagian yang paling bawah yakni yang warna hijau.

Bagian Pertama Penjelasan Yoast Plugin WordPress SEO

Tulisan ini agak cukup panjang sehingga saya bagi menjadi dua bagian. Bagian ini merupakan bagian pertama. Bagian pertama terdiri dari 8 ciri-ciri tulisan yang baik versi yoast wordpress seo plugin. Bagian kedua akan menjelaskan 5 ciri-ciri selanjutnya (nomor 9-13). Saya juga akan menjelaskan arti terjemahan Bahasa Indonesia penjelasan plugin seo yoast ini. Berikut ini 8 ciri-ciri tulisan yang baik versi plugin yoast sebagai salah satu plugin seo di wordpress.org.

1. Kata Kunci Sasarannya Belum Pernah Digunakan Sebelumnya

You’ve never used this focus keyword before, very good.

Artinya: Kamu belum pernah menggunakan fokus kata kunci ini sebelumnya, bagooeess.

Bagi para pengguna plugin wordpress dari yoast ini, setiap kali ingin menulis sebuah artikel maka kita akan diminta untuk menentukan sasaran kata kunci apa yang akan kita gunakan dalam tulisan ini. Biasanya semakin banyak artikel yang kita miliki maka akan semakin beragam dan banyak kata kunci yang menjadi sasaran penulisan artikel tersebut. Plugin seo yoast ini akan mengecek apakah kita sudah pernah menggunakan kata kunci ini sebagai kata kunci fokus sebelumnya atau belum. Jika sudah pernah maka warnanya akan menjadi warna jingga (orange). Namun jika belum maka warnanya akan menjadi warna hijau.

2. Minimum Jumlah Kata Dalam 1 Artikel Adalah 300 Kata

There are 1710 words contained in the body copy, this is more than the 300 word recommended minimum.

Artinya: Ada 1710 kata yang ada di dalam tulisan, disarankan minimum lebih dari 300 kata.

Plugin yoast sendiri menyarankan agar sebuah artikel itu setidaknya memiliki jumlah lebih dari 300 kata. Saya tidak tahu berapa maksimalnya. Semakin panjang artikel tersebut mungkin akan semakin baik. Setidaknya menurut saya 500-700 kata itu sudah lebih dari cukup. Lihat tulisan saya cara sederhana menghitung kata dengan word.

Karikatur Joost de Valk gambar:yoast.com
Karikatur Joost de Valk, pembuat plugin yoast gambar: yoast.com

3. Menulis Sub Judul Dalam Tulisan Kita <h2>

No subheading tags (like an H2) appear in the copy.

Artinya: Tidak ditemukan label sub judul (seperti H2) di dalam tulisan.

Oleh plugin yoast kita diminta untuk memasukkan sub judul yang menggunakan kode html <h2> </h2>. Sub judul ini berfungsi untuk perpanjangan kata kunci sasaran dalam tulisan kita. Misalnya judul tulisannya adalah “cara menulis seo”. Nanti di dalam tulisannya kita tambahkan penjelasan “cara menulis seo di blogspot”. Baik di wordpress dan di blogspot. Fungsi sub judul ini sudah disediakan. Tinggal kita yang akan menggunakannya atau tidak.

Sub Judul H@ (subHeading). Kiri Blogspot kanan: WordPress
Sub Judul H2 (subHeading). Kiri Blogspot Kanan: WordPress

4. Jumlah Meta Description Tidak Lebih Dari 155 Karakter Termasuk Spasi

The specified meta description is over 140 characters, reducing it will ensure the entire description is visible. The available space is shorter than the usual 155 characters because Google will also include the publication date in the snippet.

Artinya: Deskripsi meta tulisan ini lebih dari 140 karakter, kurangi jumlah karakternya agar seluruh deskripsi tulisannya tampak (di hasil pencarian mesin pencari). Ruang yang tersedia biasanya kurang dari 155 karakter, karena google biasanya juga memasukkan tanggal kiriman tulisan di cuplikan hasil pencarian (snippet).

Seingat saya cara ini juga bisa diterapkan di blogspot atau blogger seperti di dalam tulisan ini dan ini. Untuk wordpress.com saya kurang tahu. Namun pada saat saya coba-coba, ternyata tidak bisa. Silakan dicari lagi tutorialnya di google. Mengenai cara memasukkan deskripsi meta di blogger.

Contoh gambar Snippet Preview Pratinjau cuplikan hasil pencarian
Contoh gambar snippet preview (pratinjau cuplikan) hasil pencarian.

5. Menempatkan Kata Kunci di Tautan Alamat Blog

The keyword / phrase does not appear in the URL for this page. If you decide to rename the URL be sure to check the old URL 301 redirects to the new one!

Artinya: Kata kunci / frasa kunci tidak terlihat di alamat artikel ini. Jika kita mengubah ulang alamat tautannya, pastikan untuk memeriksa pengalihan 301 yang lama ke yang baru!

Jika kita menulis judul “Cara menulis seo”, sebaiknya contoh alamat tautannya adalah nama domain.com/cara-menulis-seo.html. Saya perhatikan kadang hal ini luput diterapkan di blogspot. Khususnya yang menggunakan judul tulisan yang cukup panjang sekali.

6. Judul Artikel Sebaiknya Kurang Dari 70 Karakter

The page title contains 96 characters, which is more than the viewable limit of 70 characters; some words will not be visible to users in your listing.

Artinya: Judul Tulisan ini memiliki 96 karakter, itu artinya melebihi batasan yang bisa dilihat di hasil pencarian yakni 70 karakter.

Beberapa judul kata tidak akan terlihat di hasil mesin pencarian apabila melebihi 70 karakter termasuk spasi.

7.Disarankan Memberikan Tautan Keluar

No outbound links appear in this page, consider adding some as appropriate.

Artinya: Tidak ada tautan (link) keluar di dalam tulisan ini, tambahkan tautan keluar seperlunya.

Usahakan pilih tautan keluar ke situs-situs besar, seperti wikipedia. Hindari tautan ke situs yang setidaknya ranking alexa-nya memiliki angka yang bagus. Di bawah 100 ribu saja sudah cukup bagus. Setidaknya kita menghindari tautan rusak (broken link) di kemudian hari. Gunakan tautan keluar seperlunya, jangan terlalu banyak. 1-3 tautan saja itu sudah cukup. Tergantung berapa banyak jumlah kata yang ada di dalam tulisan kita.

Snippet preview yoast wordpress plugin
Tampilan snippet preview dari yoast wordpress plugin. Untuk memperbesar, klik gambar.

8. Jumlah Kata Kunci Sebaiknya Muncul 3%-4% Dari Jumlah Kata Dalam Keseluruhan Tulisan

The keyword density is 0%, which is a bit low, the keyword was found times.

Artinya: Kepadatan kata kunci adalah 0%, sangat sedikit sekali, tidak ditemukan kata kunci.

Jika kata kunci dan judul artikel kita adalah “cara menulis seo yang baik dan benar” (long tail keywords). Kemudian jumlah kata akhir tulisan adalah 500 kata. Maka sebaiknya jumlah “cara menulis seo yang baik dan benar” adalah sekitar 15-20 kali muncul dalam artikel kita (500 x 3% = 15). Jangan lupa juga untuk membuat sealami mungkin agar tidak membuat bingung para pembaca. Tidak harus 4 %. Terkadang 1%-2% saja sudah cukup.

Lanjut ke ciri-ciri tulisan yang baik nomor 9 hingga nomor 13. Kemudian dilanjutkan penutup atau alternatifnya. Lihat Cara Menulis Artikel Seo Versi Yoast (Lanjutan).

60 thoughts on “Ciri-Ciri Tulisan Yang Baik Versi Yoast WordPress SEO Plugin

    • Buat Satu Baris Sub Judul di dalam tulisan. Masukin juga KW yang dinecer di dalam Sub Judulnya.
      Terus jadikan Sub Judul itu jadi H2.

      Kalau kurang jelas liat gambar di tautan bawah ini ya..

      s26.postimg.org/boh87lall/tulisan_versi_seo_yoast_h2.jpg

      Semoga membantu.

  1. Menarik juga tulisan mas Ridha soal penggunaan plugin SEO Yoast ini.
    Sedikit masukan untuk menambahkan tulisan diatas. Sebenarnya di wordpress.com ada fitur yang mirip meta description ala Yoast tetapi mungkin beberapa orang dari kita tidak memperhatikannya. Fitur tersebut namanya Excerpt atau Kutipan. Disini tidak ada batasan karakter yang harus dimasukkan seperti meta desc-nya Yoast.

    sok atuh dibaca https://en.support.wordpress.com/excerpts/

    • Iya. Setelah satu tahun pakai wordpress.org baru sadar ada yang begituan.
      Kemarin sudah dicoba, waktu nyoba tema twenty sixteen.
      Bagus juga. Gak tau deh efek seo nya gimana.

  2. Sudah saya coba untuk menulis dengan kata kunci sesuai persentase yang disarankan oleh yoast. Tapi jadinya gak enak dibaca. Ya sudah kadang yang ini saya abaikan.

  3. Menarik siiihh… Tapi masih bingung juga artikel yng baik di mata google itu seperti apa. Apakah “seo friendly” like this plugin or “human friendly” like magazine and book? Baca-baca literatur lainnya kok ada yang bilang harus “human friendly” untuk tahun 2015 ini … Kadang di situ saya merasa lelah… :D #lol

    • Haha, itulah tantangan menulis bagi blogger yang “banyak” mengandalkan dari pencarian google.
      Mangkanya yang penting sih nulis. Tapi masalahnya kalau nulis terus gak ada yang baca, susah juga yah. hahahaha

  4. Saya masih tidak mengerti sebenarnya apa SEO itu dan bagaimana cara membuatnya.. Kadang saya asal nulis nulis aja malah jadi page one google tapi kalau malah menargetkan kata kunci menjadi urutan ke sekian di google . Saya pake blogspot. tapi apa itu SEO..saya masih bingung

    • Pada dasarnya seo itu gak usah dipikirin. Yang penting menulis saja terus. Coba lihat artikel saya selanjutnya, yang penjelasan seo ala matt cutts. Beberapa tulisan saya di sini juga menjelaskan soal seo dengan bahasa yang ringan. Silakan dicari. :)

  5. kebanyakan kekurangan dan selalu terjadi adalah kesalahan penulisan dan kesalahan dalam menggunakan tanda baca…makanya kalau ditranslate juga membingungkan…makanya lebih baik de cek lagi penggunaan tata bahasa dan tanda baca, karena ini penting gan…karena beberapa gestur indeks pada mesin pencari lebih sensitif…coba aja kalau kita salah ketik maka akan keluar “apakah yang anda maksud……………. makanya kemarin sempa juga mendiskusikan ini dengan kawan danitu memang kesalahan kecil namun bisa besar akibatnya…sebagai contoh penulisan halman dengan halaman…sungguh beda jauh kan gan?

    • Betul banget Mbah. Saya juga pernah baca soal ini. Jadi kalau dalam tulisan kita kebanyakan typo atau salah ketik, itu bisa buruk di hadapan algoritma (google) saat ini. Mangkanya, saya kadang beberapa kali harus mengoreksi tulisan sendiri supaya gak ada typo dalam tulisan saya. Hanya saja dalam kolom komentar ini, saya biarin saja apa adanya bahasa yang saya gunakan. Terserah algoritma deh kalau di dalam kolom komentar ini.

      • Selain kesalahan tanda baca pada artikel, biasanya yang sering disalah gunakan adalah penulisan judul dengan kesalahan ejaan. Mungkin tujuannya untuk mencantumkan semua kata kunci yang dipilih dalam artikel yang dibuatnya, tetapi kalau menurut saya itu kurang pas. Kalau menurut mas sendiri gimana? :)

        • Yah itu namanya memilih model penulisan.
          Saya juga kadang suka menulis bebas dan kadang menulis dengan tujuan menembak kata kunci tertentu.
          Yang penting sih tulisannya gak sulit dipahami oleh pembaca, apalagi google. :)

  6. seandainya fitur seperti ini ada di blogspot, maka kemungkinan besar google tidak akan perlu repot-repot menilai lagi, mana artikel yang baik untuk seo dan mana yang tidak, sehingga tidak ada yang dirugikan, misalnya di banned atau masuk sandbox karena tidak seo friendly..

    • Ini cuma 1 dari sekian banyak parameter penilaian google terhadap sebuah situs. Lagi pula tidak menjamin dengan cara ini artikel kita jadi bagus dihadapan google.

  7. WP yang menggunakan plugin SEO by Yoast bila tidak diperkuat dengan sebuah konten yang optimal isi dan jumlah karakternya katanya juga lemah mas, saya pernah mencoba beberapa trik melalui plugin ini, namun harus ditunjang dengan sisi artikel dan traffic yang bagus sebagi pendukug dari website besar mas. Itu sih menurut pengalaman saya. Mungkin ada para mastha lain yang memiliiki pengalaman yang berbeda.

    • Saya sepakat Pak Indra. Memang betul, indikator plugin yoast ini hanya membantu saja berdasarkan algoritma yang sudah ada. Tanpa konten atau tulisan yang baik atau bermanfaat, sama saja percuma.

  8. Plugins yang sangat wajib ni Mas buat saya, dan saya rasa Mas riddha juga sangat setuju jika plugins yoast ini menjadi plugins yang wajib buat para blogger wordpress

    • Iya Pak Arie. Kalau gak salah salah satu pesaing plugin yoast ini adalah plugin “all in one seo pack” atau “jetpack” sebagai plugin wajib di wordpress.org

    • Wadah, masak saya bikin tulisan ini. wkwkwkw.
      Kalau saya pribadi, pada saat “Search engine queries” nya naik itu berati pengunjung kita naik.
      Google webmaster sendiri hanya alat analisa saja menurut saya. Dari hasil analisa kita itulah baru kita bisa mengoptimalkan website kita.

    • Gak usah dipikiran Mas Sucipto. Yang penting nulis saja seperti biasa. Nanti biarkan saja mesin pencari yang menentukan siapa yang berhak di pejawan. hehehe

  9. Wah sayang sekali di blogspot gak ada yang kaya ginian, kalo ada kan jadi lebih gampang nulis artikel yang SEO :(

    oiya mas untuk poin nomer 1 masih kurang ngerti bisa dijelaskan sedikit lagi gak disini hehe :D

    • Untuk Poin no. 1.
      Misalnya dalam blog kita ada total 3 artikel yang sudah dipublikasikan. 3 artikel ini menggunakan teknik penulisan artikel seo seluruhnya. Tujuannya supaya artikel ini bisa tampil di halaman 1 mesin pencarian. Kata kunci 3 artikel yang kita bidik adalah: “cara penulisan”, “penulisan artikel seo”, dan “menulis artikel seo”.
      Nah kalau kita ingin ingin menulis artikel seo selanjutnya dan kita menggunakan kata kunci yang telah digunakan sebelumnya, maka kita akan diberitahu kalau kata kunci ini sudah “dibidik” sebelumnya. Misalnya kita ingin membidik kata kunci “penulisan artikel seo” lagi maka indikator ini memberitahu kalau kata kunci ini sudah digunakan di artikel sebelumnya. Cara ini cocok kalau kita sudah punya ratusan artikel yang menggunakan teknik penulisan seo. Kurang lebih demikian. :)

Leave a Comment