Jadi Panitia Acara Mendulang Dolar Dari Terjemahan di HPI Komda Jabar

Jadi Panitia Acara Mendulang Dolar Dari Terjemahan di HPI Komda Jabar

Acara ini sudah berlangsung sekitar tiga minggu yang lalu atau tepatnya Sabtu, 27 Oktober 2018. Cerita  sebelum acara ini sudah ditulis sekitar satu minggu sebelum acara di sini. Semenjak didaulat menjadi narahubung acara ini, semenjak itu pula hampir selalu memikirkan acara ini. Bagaimana cara agar acara ini berjalan dengan lancar dan sukses.

Semua kemampuan yang ada dikeluarkan agar acara ini berjalan sesuai harapan. Singkatnya, alhamdulillah acara ini berjalan dengan lancar meski ada beberapa kekurangan dari panitia acara, terutama soal teknis ketika acara berlangsung.

Jadi Tim Hore Cara Mendulang Dolar Dari Terjemahan Bahasa HPI Komda Jabar Bandung

Terkait acara ini, sebenarnya saya lebih suka menyebut Tim Hore sebagai ganti istilah panitia acara, artinya sebagai personel yang tugasnya memeriahkan acara ini. Jika melihat judul acara ini, jelas sekali kalau sasaran acara ini adalah orang baru yang ingin menjadi penerjemah bahasa atau istilah yang lebih dikenal di mesin pencarian itu adalah translator bahasa atau jasa translate. Padahal istilah yang tepatnya adalah penerjemah bahasa dalam bahasa Indonesia, bukan kombinasi kata-kata bahasa Inggris dicampur bahasa Indonesia.

Jadi tanpa harus disampaikan ketika membahas acara ini, konsep acara ini adalah ‘meriah’. Dalam artian, bagaimana cara agar bisa menarik sebanyak mungkin peserta yang di dalam lubuk hatinya memang ingin belajar menjadi seorang penerjemah bahasa. Sederhananya, ini adalah acara bagaimana cara jadi penerjemah bahasa di Bandung translator translate.

Mulai Dari Menyusun Alur Pendaftaran Peserta

Berhubung jadi Tim Hore atau lebih tepatnya adalah narahubung acara (contact person), jadilah memikirkan cara yang efektif sistem untuk mengelola 50 orang lebih untuk sebuah acara, khususnya cara mengatur pendaftaran peserta acara. Bersyukur saat itu mendapat akses administrator jabar.hpi.or.id yang idenya muncul di grup Whatsapp panitia acara.

Pada saat diberikan akses, alamat domain itu masih kosongan, hanya dipasang WordPress. Begitu mendapatkan akses administrator, mulailah berkreasi.

Terima Kasih kepada Caldera Form

Pertama kali ingin mengucapkan kepada plugin WordPress gratisan yang bernama Caldera Forms. Ada banyak cara membuat formulir daring atau online form di planet bumi ini. Contohnya saja Google Forms yang gratis juga dan puluhan plugin formulir di WordPress. Namun berdasarkan acara kemarin, Caldera Forms yang terbaik dan terhebat karena benar-benar membantu sistem pendaftaran peserta dan efektivitas kerja, gratis lagi.

Desai Alur Pendaftaran

Poin penting sistem Caldera Forms yaitu semua pesan tersimpan rapi dan diteruskan ke surel yang ditentukan. Tidak ada surat yang eror, gagal terkirim, atau gagal dibalas secara otomatis. Apalagi ini adalah pertama kali mencoba Caldera Forms. Pembuatannya formulirnya lebih mudah dibandingkan Google Forms atau beberapa formulir daring merek lain yang pernah diuji coba.

Desain Halaman Acara Dengan Plugin Elementor Gratis Juga

Plugin WordPress Elementor gratisan juga sudah beberapa kali dibahas di sini, contohnya di sini. Termasuk lapak jasa terjemahan bahasa Inggris Indonesia tarjiem ini pakai Elementor gratisan. Dalam hal acara ini, desain halaman merujuk ke contoh desain halaman Acara atau Events dari web designer asli. Halaman contekannya yaitu Somabesh – One Page Event and Conference PSD Template. Sedikit spesifikasinya adalah menggunakan jenis huruf Poppins dan Roboto dari Google Font dan kode warna biru rgba(182,201,219,0.14). Arsip desainnya ada di sini.

Terima Kasih Juga Kepada Canva

Selain jadi narahubung acara dan desainer web jadi-jadian, tugas acara dengan kode proyek Wong Solo ini yaitu mendesain poster acara untuk dibagikan ke berbagai media sosial atau dunia maya. Alat pendukung acara yang juga gratisan ini adalah Canva.com, gratis juga. Versi gratis sudah lebih dari cukup.

Poster Acara HPI Komda Jabar Mendulang Dolar Dari Terjemahan
Poster Acara HPI Komda Jabar Mendulang Dolar Dari Terjemahan

Desain Konsep Poster Dari Canva

Perangkat lunak yang paling terkenal tentu adalah Corel Draw atau Adobe Photoshop. Seiiring dengan perkembangan teknologi, sekarang sudah ada alat desain yang gratis dan daring. Canva benar-benar memudahkan pekerjaan mendesain poster acara.

Konsep awal saya yang membuat dan pada akhirnya difinalisasi oleh rekan penerjemah yang benar-benar ahli dan asli seorang desainer. Jadi boleh dibilang beliaulah yang mendesain poster acara Mendulang Dolar Dari Terjemahan ini. Dari beliau, dapat juga format latar belakang yang bagus sekali dan cocok untuk dipakai di materi desain-desain berikutnya di acara ini agar seragam semua, poster, spanduk, sertifikat, dan nama peserta.

Desain Sertifikat HPI Komda Jabar Acara Wong Solo Penerjemah Bahasa (Bandung) Pakai Canva
Desain Sertifikat HPI Komda Jabar Acara Wong Solo Penerjemah Bahasa (Bandung) Pakai Canva

Desain Sertifikat Peserta Untuk Dicetak

Canva juga membantu sekali membuat 70 sertifikat untuk dicetak di kertas A3+ Coronado 270 gram seharga Rp12.500 per halaman. Satu lembar sisi cetak sudah bisa buat 2 sertifikat ukuran kertas A4 standar. Singkatnya Canva benar-benar menolong memudahkan dan menghemat waktu untuk persoalan sertifikat peserta.

Desain Spanduk Acara

Itu alasannya kenapa Canva muncul dalam catatan acara ini. Banyak sekali membantu dalam urusan desain beberapa materi acara ini. Termasuk membuat spanduk. Hal yang bikin bahagia, ternyata ukuran spanduk 1 m x 4 m pas sekali dipakai untuk menutupi merek nama rumah makan tempat acara berlangsung. Terlebih lagi pada saat memasang spanduk tidak kesulitan mengikat spanduk agar tertempel di dinding, karena ukuran spanduk dan lobang spanduk cukup pas. Harga spanduk 17.500 per meter bahan yang paling murah.

Spanduk Acara HPI Komda Jabar Mendulang Dolar Dari Terjemahan Wong Solo Acara Penerjemah Bahasa di Bandung Pakai Canva
Spanduk Acara HPI Komda Jabar Mendulang Dolar Dari Terjemahan Wong Solo Acara Penerjemah Bahasa di Bandung Pakai Canva

Desain Nama Peserta

Nama peserta tidak didesain pakai Canva, tapi cara manual, pakai Microsoft Word. Hanya saja berhubung salah ukur, ukuran nama peserta kebesaran beberapa mm dengan tempat plastik nama peserta (name tag). Alhasil, malam hari sebelum acara, terpaksa menggunting sedikit 70 lebih nama agar kertas bisa masuk ke plastik nama peserta.

Contoh Nama Peserta Acara HPI Komda Jabar Wong Solo Mendulang Dolar Dari Terjemahan Acara Penerjemah Bahasa di Bandung Pakai Desain Canva
Contoh Nama Peserta Acara HPI Komda Jabar Wong Solo Mendulang Dolar Dari Terjemahan Acara Penerjemah Bahasa di Bandung Pakai Desain Canva

Keliling Cari Tempat Pasang Poster Acara

Kota Bandung ini bisa dibilang ada kota yang besar, artinya ada banyak potensi tempat untuk menempel poster acara ‘cara mencari dolar dari terjemahan’. Sebenarnya ini adalah inisiatif sendiri. Keliling kota Bandung juga tidak terhitung jauh, radius keliling masih kurang dari 10km dengan waktu sekitar 2 jam. Dari lima tempat yang didatangi, kampus dan tempat kursus bahasa, hanya 2 tempat yang memungkinkan untuk dipasang poster, termasuk 1 tambahan kampus dari panitia lain sebagai cara promosi luring ini.

Mengirim Informasi Acara di Facebook

Rekan-rekan yang lain juga menggunakan media sosial masing-masing untuk menyebarkan informasi acara ini. Berhubung saya masih menggunakan Facebook, jadilah grup-grup Facebook yang dimasuki dipilih untuk target pemasangan poster acara. Kurang dari 5 grup Facebook tertarget tempat menyebarkan informasi acara. Termasuk berinisiatif membuat Events menggunakan fasilitas Facebook memakai halaman penggemar sendiri.

Tiga Minggu Jadi Narahubung Acara HPI komda JabarSelengkapnya bisa kunjungi https://jabar.hpi.or.id/Lalu bikin…

Posted by Ridha Harwan on Wednesday, October 10, 2018

Jalannya Acara Mendulang Dolar Dari Terjemahan

Cerita mengenai acara ini sudah dikirim di Facebook. Boleh dibilang, beberapa potongan-potongan materi acara yang dipaparkan oleh para pembicara sekilas ada di kategori Bahasa dalam blog ini. Hanya saja, buat saya sebagai penerjemah dan peserta juga dalam acara ini, materi dan presentasi yang disampaikan para pembicara sangat baik sekali dan terstruktur. Singkatnya seperti yang ditulis dalam tulisan sebelumnya, materi acara ini adalah pengantar bagaimana cara menjadi penerjemah bahasa, khususnya dengan pasar klien internasional.

Pagi Hari Sebelum Acara

Malam hari sebelum acara, para panitia masih menyempatkan meninjau tempat acara, mengatur kursi, meja, memasang spanduk, dan memasukkan nama-nama peserta ke plastik nama peserta. Kertas-kertas nama peserta yang ukurannya kebesaran digunting sambil santai membicarakan acara untuk esok hari. Apalagi pada malam hari, kebetulan ada salah satu pembicara yang sudah hadir terlebih dahulu, menginap di hotel dekat lokasi acara. Jadilah kami ngobrol santai dulu. Sebenarnya memang, acara ini tidak lebih seperti ajang silaturrahmi para penerjemah bahasa (translator) atau juru bahasa (interpeter).

Pagi hari sebelum acara masih sempat ke rental komputer untuk mencetak daftar hadir peserta, setelah dini hari baru selesai merekapitulasi nama-nama para peserta. Tidak terlambat panitia hadir di lokasi, jadi masih sempat menata ulang ruang acara. Dari sisi panitia atau tim hore, pagi hari sebelum acara adalah salah satu momen yang menyenangkan di dalam pembicaraan grup Whatsap

Penutup

Sebenarnya tulisan di atas memang benar ditulis tiga minggu setelah acara. Sayangnya tulisan ini baru bisa dipublikasikan di tahun yang berbeda atau sekitar tiga bulan lebih setelah acara. Soalnya, tidak lama setelah acara Wong Solo ini, ada acara lanjutan dikarenakan antusias dan masukan peserta. Jalannya acara Wong Solo versi publikasi sudah ada. Setelah kiriman ini akan ditampilkan pula cerita jalannya acara.

Lanjutan ceritanya Jalannya Acara Mendulang Dolar Dari Terjemahan – Gelar Wicara HPI Komda Jabar 27 Oktober 2018.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.