Contoh Surat Saat Penerjemah Bahasa Freelance COD

Contoh Surat Saat Penerjemah Bahasa Freelance COD

Bahasa beken zaman sekarang adalah COD atau cash on delivery. Walau masih tanya-tanya langsung, yah anggap saja bisa diartikan sebagai Ce Oo De.

Sejak jualan jasa penerjemah bahasa lepas atau freelance, tidak banyak berjumpa calon pelanggan atau pelanggan secara tatap muka langsung. Rata-rata semuanya komunikasi lewat surat elektronik, telepon, dan pesan singkat. Baru 1 atau 2 tahun terakhir ini membuka jalur komunikasi Line dan Telegram. WhatsApp masih belum.

Berhubung 1 atau 2 bulan terakhir ini intensitas permintaan berjumpa calon pelanggan secara langsung ada bermunculan, maka ada hal yang disampaikan dan dijelaskan secara berulang-ulang terkait jasa penerjemah freelance Inggris, Indonesia, dan Arab ini. Terakhir itu sekitar beberapa waktu yang lalu, jumpa calon pelanggan di pinggir jalan terus kondisi langit sudah mau gerimis dan hujan. Jadilah kasih penjelasan dan diskusinya cepat-cepat.

Format Penerjemah Bahasa Freelance COD

Muncul ide untuk membuat satu halaman yang menjelaskan soal penawaran jasa penerjemah bahasa secara ringkas dan mudah dipahami. Jadi semacam surat penawaran satu halaman yang setidaknya menjelaskan gambaran jasa yang ditawarkan. Termasuk juga terkait materi calon terjemahan dari segi harga jasa terjemahan dan waktu pengerjaannya. Ide ini muncul saat berwisata ke Lembang lalu lanjut berkunjung ke tempat salah satu pengambilan film Iqro, Observatorium Bosscha. Awalnya dikira, gedung penelitian ini terbuka untuk umum, ternyata tidak. Ada jadwal kunjungan untuk bisa masuk ke tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia, Bosscha. Tanpa banyak bicara petugas keamanan cukup memberikan satu halaman penjelasan yang cukup lengkap jika tertarik ingin masuk ke gedung observatorium tersebut.

Contoh Surat Penawaran/Proposal Jasa Penerjemah Inggris Indonesia Arab Sederhana Tarjiem
Contoh Surat Penawaran/Proposal Jasa Penerjemah Inggris Indonesia Arab Sederhana Tarjiem

 

Kurang lebih itu adalah bagian inti dari surat penawaran atau proposal jasa penerjemah Inggris Indonesia Arab yang sederhana. Ibaratnya selembar surat ini bisa diberikan kalau lagi Ce Oo De di pinggir jalan setelah diisi pakai tulisan tangan estimasi harga dan waktu pengerjaannya. Di bagian bawah surat itu ada nomor kontak jika calon pengguna jasa tertarik untuk menggunakan jasa terjemahan yang ditawarkan.

Contoh Isi Surat Penawaran/Proposal Jasa penerjemah Inggris Indonesia Arab

Buat yang mau salin-rekat inti surat penawaran jasa terjemahan gambar di atas, di bawah ini dilampirkan dalam bentuk teks.


HARGA:

! Harga di bawah ini adalah hanya perkiraan biaya penerjemahan, masih bisa dinegosiasikan, dan masih bisa berubah.

  • Nama Berkas :
  • Jumlah Halaman :
  • Perkiraan Jumlah Kata Sumber / halaman :
  • Biaya : Rp        Per Kata/Per Halaman
  • Diskon : %
  • Biaya Tambahan :
  • Total Biaya :
    = Rp

WAKTU:

! Waktu pengerjaan sangat tergantung dengan kebutuhan.

Kecepatan Penerjemahan : Per Kata/Per Halaman

Waktu Pengerjaan :  /

= Hari

Pekerjaan Dimulai : –  – Selesai: – –


Kurang lebih demikian contoh surat penawaran atau proposal jasa penerjemah Inggris Indonesia Arab dari tarjiem. Di atas ada pilihan perhitungan berdasarkan jumlah kata sumber atau per halaman. Jadi bisa fleksibel atau harga bisa dinegosiasi. Untuk perhitungan per halaman, cenderung untuk pasangan bahasa Arab dan bahasa Indonesia. Sedangkan per kata untuk bahasa Inggris dan Indonesia. Poin penting memang terletak di harga jasa yang ditawarkan dan lama pengerjaannya atau kecepatan terjemahan.

Desain/Format/Layout Proposal Jasa Terjemahan Bahasa Dari Word 2016 Gratis
Desain/Format/Layout Proposal Jasa Terjemahan Bahasa Dari Word 2016 Gratis

Ide Format Proposal Penawaran Jasa Terjemahan Bahasa

Ide ini didapat saat menggunakan Microsoft Office Word 2016. Saat dibuka Micorsoft Word 2016 ini menampilkan pilihan berbagai bentuk/template/desain halaman sesuai isi surat. Contoh desain surat proposal jasa ini gratis dipakai dan bisa diunduh atau download gratis jika menggunakan Microsoft Office 2016. Nama bentuk halaman atau layout yang dipakai adalah Service Proposal (Business Blue Design) oleh Microsoft Coorporation. Setelah menggunakan desain itu, barulah isinya dan penampilan disesuaikan dengan kebutuhan penawaran jasa terjemahan Inggris Indonesia Arab tarjiem.

1 thought on “Contoh Surat Saat Penerjemah Bahasa Freelance COD

Leave a Comment