Film Iqro: Agama, Sains, dan Bacalah (Film Anak Islami Indonesia Keren)

Film Iqro: Agama, Sains, dan Bacalah (Film Anak Islami Indonesia Keren)

Kata Iqro merupakan bahasa Arab. Sebuah kata perintah. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia arti kata Iqro adalah “Bacalah”. Dalam Islam, surat yang pertama kali diwahyukan adalah Al`Alaq ayat 1-5. Bahkan saat pertama kali diturunkan, kata Iqro ini disuruh dibaca berulang-ulang. Kata Iqro diperintahkan dibaca berulang-ulang sampai tiga kali.

Berikut terjemahan bahasa Indonesia Al ‘Alaq, surat 96 Ayat 1-5:

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

Alquran Surat Al ‘Alaq (96) Ayat 1-5

Poster Film Iqro Petualangan Meraih Bintang Aqila, Opa, Oma, Faudzi
Poster Film Iqro Petualangan Meraih Bintang Aqila, Opa, Oma, Faudzi

Sinopsis Film Iqro, Petualangan Meraih Bintang

Film Iqro diawali dengan pembicaraan monolog seorang anak. Dengan buku gambarnya, sang anak ini bercita-cita ingin jadi astronaut. Lalu muncullah sosok seorang profesor yang sedang memberi kuliah tentang ruang angkasa. Dalam kuliahnya profesor ini menjelaskan surat Ali Imran ayat 190-191 dikaitkan alam semesta.

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.

Alquran Surat Ali Imran (3) Ayat 190-191

Profesor ini adalah Prof. Wibowo. Pemeran Prof. Wibowo adalah Cok Simbara. Prof. Wibowo adalah profesor yang santun sekali. Walau seorang profesor, beliau adalah orang yang baik.

Cuplikan Singkat (Trailer) Film Iqro via Youtube

Kemudian muncullah Aqila, pemeran utama film Iqro. Aqila diperankan oleh Aisha Nurra Datua yang berperan dengan baik sekali. Aqila adalah seorang gadis remaja kecil yang cerdas. Aqila ingin sekali menjadi seorang astronaut. Aqila adalah gambaran umum anak zaman sekarang.

Aqila adalah gadis remaja 9 tahun yang hidup di kota besar Jakarta dan melek teknologi. Aqila terinspirasi dari kakeknya si Opa atau Prof. Wibowo yang ahli astronomi. Walau cerdas, Aqila belum bisa membaca Alquran.

Setelah usai pelajaran guru Aqila memberikan tugas. Para murid kelas Aqila diberi tugas selama libur sekolah. Setelah itu semuanya diminta membuat laporannya. Ibu Aqila juga setuju kalau Aqila menghabiskan liburannya bersama kakek-neneknya. Dari sini petualangan Aqila dimulai. Sebuah petualangan meraih bintang, melihat pluto.

Melihat Planet Pluto Jika Sudah Bisa Baca Alquran

Begitulah sang Opa mensyaratkan kepada cucu kesayangannya. Aqila begitu bersemangat sekali ingin melihat planet pluto sebagai laporan tugas liburan sekolah. Prof. Wibowo adalah pengelola Pusat Peneropongan Bintang Bosscha. Namun sang Opa tidak serta merta mengizinkan Aqila. Aqila harus bisa baca Alquran dulu jika ingin melihat pluto.

Bisakah Aqila Melihat Pluto?

Langsung saja tonton tanggal 26 Januari 2017 nanti. Hari Kamis film Iqro akan dijadwalkan serentak ditayangkan di seluruh bioskop di Indonesia.

Jadwal Film Iqro Tayang di Bioskop Serentak Seluruh Indonesia XXI Cinemax CGV
Jadwal Film Iqro Tayang di Bioskop Serentak Seluruh Indonesia XXI Cinemax CGV

Jika momen 212 yang lalu bisa menggugah diri untuk salat berjamaah 5 waktu ke masjid. Bisa jadi setelah menonton Film Iqro, hati akan tergugah untuk rajin membaca Alquran. Iqro, bacalah.

Sumber Gambar dan Video:

12 thoughts on “Film Iqro: Agama, Sains, dan Bacalah (Film Anak Islami Indonesia Keren)

Leave a Comment