Desain 2019 Beranda Penerjemah Inggris Indonesia

Desain 2019 Beranda Penerjemah Inggris Indonesia

Desain depan lapak penerjemah Inggris Indonesia ini dibuat di hari-hari lailatul qadar Ramadan 1440 H. Desain satu halaman depan (homepage) tarjiem.com dibuat tiga hari. Sisanya pengoptimalan.

Kalau hanya mendesain saja, sebentar. Proses menyusun kata-kata halaman penawaran jasa terjemahan Inggris Indonesia ini yang membuat lama. Lalu dikombinasikan dengan desain dan tata letak kata-kata tersebut.

Desain Beranda Mei 2019 Penerjemah Inggris Indonesia Meniru …

Sebelum memutuskan untuk mengubah lagi halaman depan tarjiem.com, ada banyak contoh halaman penawaran (landing page) yang dijajaki. Pada akhirnya, pilihan desain jatuh ke halaman Gretna.

Halaman referensi itu adalah tema WordPress yang dijual di themeforest.net/item/gretna-seo-digital-agency-wordpress-theme/21200156. Contoh demo langsung bisa dilihat di http://www.old2.commonsupport.com/gretna/home-two/. Gambar arsip desain halaman disimpan di sini.

Konsep meniru adalah cara yang paling mudah. Memang tidak sama 100%, namun setidaknya pemilihan dan kombinasi masing-masing elemen desain sangat menentukan sekali. Apakah desainnya menarik atau tidak.

Kredit Elemen Desain

Hampir seluruh elemen desain mengambil dari halaman referensi. Jadi, tulisan ini ingin mengatakan dan memberi kredit ucapan terima kasih kepada halaman yang ditiru. Sekaligus kredit tautan ke desainernya TonaTheme sebagai bentuk apresiasi.

Elemen yang dipakai yakni ikon dan gambar. Ikon cukup banyak. Hampir semuanya yang dipakai. kode warna juga ditiru. Termasuk gambar latar belakang.

Selain itu, ada satu gambar yang dipakai. Lebih tepatnya foto di bagian testimoni. Meski tidak perlu memberikan kredit, namun tidak ada salahnya menyebutkan asal gambar. Foto wanita yang mengancungkan dua jempol ke depan diambil dari Pixabay pixabay.com/photos/gesture-thumbs-up-good-fingers-772977/.

Konsep Halaman Penawaran Jasa Terjemahan Indonesia Inggris yang Sederhana

Sebenarnya bisa saja membuat halaman yang ‘wah’. Hanya saja butuh usaha dan waktu yang lebih banyak untuk melakukannya. Desain halaman ini saja perlu banyak pertimbangan. Khususnya dalam hal kecepatan dan kesederhanaan. Lalu dipadukan dengan informasi penting yang ingin disampaikan. Beberapa pekerjaan tambahan desain:

  1. Mengoptimalkan kecepatan
    • Kompres gambar
    • Mengatur ulang ukuran gambar
    • Pemilihan satu jenis huruf, Poppins dari Google Fonts.
  2. Mengoptimalkan pemilihan kata-kata
  3. Pemilihan warna

Unsur kecepatan yang membuat pengerjaan akhir menjadi lama. Penyusunan kata-kata juga membuat proses desain menjadi lama. Pada bagian akhir, optimasi untuk mesin pencari juga dilakukan. Waktu kerjanya sampai tiga hari.

Konsep sederhana namun menarik sengaja dipilih. Agar jualan jasa penerjemah bahasa Indonesia Inggris bisa menjadi pilihan calon pengguna. Sebenarnya sih alasannya ini.

Perbandingan Dengan Desain Halaman Sebelumnya

Ada dua desain halaman sebelumnya yang bisa menjadi perbandingan. Pertama desain halaman beranda terjemahan Inggris Indonesia yang hanya berisikan teks. Tadinya berpikir kalau desain berisikan teks itu bisa membantu mengoptimalkan kecepatan. Ketika halaman pertama kali dibuka pengunjung. Namun ternyata sama saja usaha untuk mengoptimalkan kecepatan.

Desain halaman hanya tulisan itu memang tidak terlalu menarik. Kesannya biasa-biasa saja.

Kalau desain sebelumnya lagi, yang kedua, agak sedikit bagus dibandingkan dengan desain teks saja. Hanya saja, ada perubahan isi dan informasi.

Pekerjaan Lain dan Plugin

Selain urusan desain, dalam kesempatan kali ini ada penambahan satu plugin. Plugin Security Headers. Total ada 10 plugin yang dipakai:

  1. 404 to 301 – 3.0.4 oleh Joel James
  2. Akismet Anti-Spam – 4.1.2 oleh Automattic
  3. AMP – 1.1.3 oleh AMP Project Contributors
  4. Code Snippets – 2.13.3 oleh Shea Bunge
  5. Elementor – 2.5.16 oleh Elementor.com
  6. Imagify – 1.9.2 oleh WP Media
  7. iThemes Security – 7.3.3 oleh iThemes
  8. Security Headers – 1.1 oleh Simon Waters
  9. WP Rocket – 3.2.6 oleh WP Media
  10. Yoast SEO – 11.3 oleh Team Yoast

Tema WordPress masih GeneratePress gratisan. Sama dengan pembahasan soal kecepatan di sini.

PR Selanjutnya

Pekerjaan Rumah atau PR selanjutnya yaitu coba rajin menulis lagi. Untuk yang kesekian kalinya. Selain itu, ada rencana pindah hos. Sama-sama hos berbagi (share hosting) cuma kali ini isinya hanya lapak penerjemah Inggris Indonesia ini saja isinya. Momen lebaran 2019 atau idul fitri 1440 H dipakai untuk mencari mesin baru yang sesuai.

PR ketiga yaitu mendesain ulang halaman profil dan kontak. Supaya seragam dengan halaman depan. Pastinya, jualan jasa Penerjemah Indonesia Inggris tetap jalan terus.

Satu pemikiran pada “Desain 2019 Beranda Penerjemah Inggris Indonesia”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.