Kecepatan Halaman Blog WordPress di Hos Berbagi 5GB USA Isi Banyak

Kecepatan Halaman Blog WordPress di Hos Berbagi 5GB USA Isi Banyak

Sekitar sebulan yang lalu, lapak jasa terjemahan ini sudah berubah lagi induk semangnya. Sesuai tulisan soal hos sebelumnya yang dipakai, Ardhosting, ini adalah kelanjutan cerita lika-liku bloger pengguna WordPress self-host alias hos dewe.

Tadinya tidak ada niat menulis hari ini. Setelah lihat-lihat tulisan lama, baru sadar kalau tulisan kategori bloger di lapak jasa penerjemah bahasa yang terakhir ditulis adalah bulan Februari dan sekarang sudah mau 17 Agustus. Artinya selama enam bulan tidak menulis soal dunia bloger. Memang sih, niatnya lagi memperbanyak tulisan dengan kategori dunia bahasa dan terjemahan.

Berdasarkan statistik tulisan per hari ini, kategori dunia bloger ada 220 tulisan dan dunia bahasa ada 172 tulisan. Itu alasannya kenapa lama tidak menulis kategori dunia bloger.

Kecepatan Halaman Depan (Homepage) tarjiem 16-08-2018 versi GTmetrix Memakai-WordPress, Plugin Elementor Gratis, Hos Berbagi/Share Hosting USA Tema Desain Jasa Penerjemah Bahasa-tarjiem
Kecepatan Halaman Depan (Homepage) tarjiem 16-08-2018 versi GTmetrix Memakai-WordPress, Plugin Elementor Gratis, Hos Berbagi/Share Hosting USA Tema Desain Jasa Penerjemah Bahasa-tarjiem (PageSpeed Skor A (98%) dan YSlow 84% 1,9 Detik 281KB 31 Requests)

Kecepatan Halaman Depan Lapak Jasa Penerjemah Bahasa di GTMetrix Pakai Plugin Elementor Gratis

Sebenarnya ini adalah tulisan arsip dan catatan perjalanan seorang bloger pengguna WordPress.org yang mengurus sendiri. Ada banyak arsip tulisan yang terkait dengan kecepatan, khususnya versi Google PageSpeed Insights atau GTMetrix. Salah satu tulisan yang menghabisi tiga hari untuk menulisnya dan menceritakan perjalanan selama empat bulan lebih. Tulisan yang menceritakan saat berhasil membuat kecepatan halaman depan atau Homepage tarjiem menjadi 100/100 semua di Google PageSpeed Insights.

Contoh Kecepatan Blog Sampel Artikel 16-08-2018 GTmetrix- Plugin Elementor Saat di Hos Berbagi/Share Hosting USA
Contoh Kecepatan Blog Sampel Artikel 16-08-2018 GTmetrix, Plugin Elementor Saat di Hos Berbagi/Share Hosting USA PageSpeed Skor A (92%) dan YSlow 78% 3 Detik 307KB 35 Requests

Gambar kedua ini adalah sampel halaman blog. Lalu untuk spesifikasi dalaman atau daftar plugin WordPress yang dipakai, masih sama. Total ada 9 plugin WordPress, ada plugin Elementor dan menggunakan tema WordPress GeneratePress gratisan. Kesembilan plugin itu adalah plugin 404 to 301 oleh Joel James, Akismet Anti-Spam, AMP, Code Snippets, Elementor, Imagify, iThemes Security, WP Rocket, dan Yoast SEO. Semuanya gratis, kecuali WP Rocket sebagai plugin cache beli eceran.

Hasil Uji Kecepatan Halaman Depan tarjiem saat Akses Langsung dan Diperlambat di Google Chrome (WordPress, Elementor, Share Hosting USA ke Bandung)
Hasil Uji Kecepatan Halaman Depan tarjiem saat Akses Langsung dan Diperlambat di Google Chrome 15 Detik-19 Detik di 3G 36 Requests (WordPress, Elementor, Share Hosting USA ke Bandung)

Lapak Jasa Terjemahan Ini Sedang Ada di Share Hosting USA yang Isinya Macam-Macam

Kecepatan halaman depan lapak jasa terjemahan ini tidak buruk, malah terhitung bagus. Isinya ada macam-macam script di dalam hos Dhyhost yang dipakai Agustus 2018, termasuk addon domain dan subdomain. CMS WordPress yang terpasang saja ada 3. Lalu ditambah 2 WebTress dan 1 HTMLy.

Kecepatan Halaman Depan tarjiem versi Google PageSpeed Insights Saat di Share Hosting USA 16 Agustus 2018 (Plugin Elementor, WordPress, Share Hosting USA)
Kecepatan Halaman Depan tarjiem versi Google PageSpeed Insights Saat di Share Hosting USA 16 Agustus 2018 Nilai Kecepatan Tidak Tersedia (Plugin Elementor, WordPress, Share Hosting USA)

Tadinya tidak berharap banyak dengan kinerja mesin yang sudah disewa selama hampir 3 tahun lebih ini. Soalnya sudah beberapa kali mendapatkan pengalaman yang tidak menyenangkan dengan layanan share hosting yang sebelumnya.

Rekaman Kecepatan Halaman tarjiem versi Google Analytics Saat di Share Hosting USA Agustus 2018
Rekaman Kecepatan Halaman tarjiem versi Google Analytics Saat di Share Hosting USA Agustus 2018 (Rata-Rata 12,32 Detik)

Namun begitu proses waktu propagasi atau propagation time selesai, baru diuji. Versi GTMetrix diuji dari Kanada ke USA bilang halaman depan kecepatannya adalah 1,9 detik ketika dibuka dengan PageSpeed Score A 98%, YSlow Score B 84%, ukuran halaman 231KB, dan 31 jumlah permintaan (requests).

Kecepatan halaman blog versi Google PageSpeed Insight tidak keluar, versi Mobile atau Desktop. Cuma untuk variabel optimasi ada, mobile 84/100 dan Desktop 100/100. Sekalian juga ditampilkan versi Google Analytics untuk bulan Agustus ini, sekitar 1 atau 2 minggu belakangan ini.

Meski hosting ada di luar negeri USA atau di Amerika, tapi pada saat diakses di kota Bandung-Indonesia dengan Indihome 10 Mbps, hasilnya bagus dan memuaskan. Terlebih saat diuji coba dengan kecepatan lambat, bagus juga.

Tinggalkan komentar