Google Analytics, GeneratePress, dan Plugin WordPress Elementor

Google Analytics, GeneratePress, dan Plugin WordPress Elementor

Hampir dua minggu lebih sudah melakukan uji coba kecepatan hasil Google PageSpeed Insights di WordPress. Ternyata hasil uji coba kecepatan waktu memuat halaman blog WordPress (loading time) cukup memuaskan.

Sebelum ini, blog dan lapak jasa penerjemah Inggris Indonesia Arab menggunakan tema WordPress berbayar atau premium dari Extra Elegantthemes. Lalu setelah melihat beberapa sisi kekurangan tema tersebut, akhirnya memutuskan menggunakan ‘pakaian’ gratisan saja, GeneratePress.

Sesuai dengan data di Google Analytics, saat menggunakan tema Elegantthemes, rata-rata kecepatan halaman pos lapak penerjemah Inggris Indonesia Arab ini adalah 14,87 detik dalam periode 1 November – 30 November 2017. Lalu setelah itu dalam kurun waktu 1 Januari – 11 Januari 2018, rata-rata kecepatan memuat laman blog (Average Page Load Time) adalah 2,99 detik. Artinya, rata-rata tulisan dan halaman (page) sudah sesuai standar kecepatan blog, yakni di bawah 4 detik.

Rata-Rata Kecepatan Halaman Pos Saat Menggunakan GeneratePress, Elementor, Tanpa Iklan, Versi Google Analytics 12 Jan 2018 tarjiem
Rata-Rata Kecepatan Halaman Pos Saat Menggunakan GeneratePress, Elementor, Tanpa Iklan, Versi Google Analytics 12 Jan 2018 tarjiem

Tema WordPress GeneratePress yang Sangat Sederhana

Jauh berbeda dengan tema WordPress Elegantthemes dengan page builder bawaannya, GeneratePress versi gratis adalah tema WordPress yang sangat sederhana sekali. Tidak ada fasilitas atau fungsi desain halaman atau page builder seperti milik Divi Elegantthemes atau Extra Elegantthemes.

Daftar 8 Plugin WordPress Tarjiem 12 Januari 2018
Daftar 8 Plugin WordPress Tarjiem 12 Januari 2018

Bisa dibilang pemilihan GeneratePress ini tidak salah pilih, saat membandingkan dengan tema pesaing beratnya lain, seperti Astra (wpastra.org) atau OceanWP. Perbandingan ketiga tema ini sama-sama menggunakan versi tema WordPress gratis.

GeneratePress + Plugin WordPress Elementor Versi Gratis

Untuk mengatasi kekurangan GeneratePress dengan ciri kesederhanaannya yang mengutamakan kecepatan, maka dipilihlah plugin WordPress Elementor versi gratis juga. Awalnya dikira, plugin Elementor ini akan memberatkan dan menambah waktu memuat tulisan blog. Ternyata tidak. Sesuai grafik Google Analytics, tren kecepatan dengan kombinasi tema WordPress GeneratePress gratis dan plugin WordPress Elementor gratis terus menurun.

Pada saat menulis tulisan ini, rata-rata kecepatan dari 176 halaman yang diambil oleh Google Analytics, waktu kecepatannya adalah 9,34 detik. Sebelum 9 detik, seingat dulu, rata-rata kecepatannya adalah 27 detik sampai 34 detik. Jauh sekali penurunan angkanya.

Tanpa Pasang Iklan

Selama dua minggu lebih, iklan dari Google AdSense yang biasa dipasang, dicopot dulu. Tujuannya memang sekalian mengukur berapa kecepatan maksimal yang bisa dicapai kombinasi GeneratePress dan Elementor. Meski waktunya 9,34 detik atau 2,99 detik, setidaknya angkanya sudah cukup bagus. Terlebih lagi layanan hos yang dipakai adalah hos berbagi (share hosting) yang berlokasi di Indonesia. Sebenarnya dibilang konyol bisa jadi. Karena iklan dari Google Adsense sendiri yang membuat waktu memuat halaman blog menjadi bertambah versi alat ukur mereka sendiri juga, Google Analytics. Jika ada waktu, asumsi ini akan diuji lagi beberapa waktu mendatang.

Contoh Tombol Berbagi Media Sosial Dari Shareaholic
Contoh Tombol Berbagi Media Sosial Dari Shareaholic

Tanpa Tombol Berbagi

GeneratePress yang sederhana ini tidak memiliki fungsi tombol media sosial untuk berbagi di dalam setiap tulisan. Entah itu di atas tulisan atau di bawah pos. Walau kecil, tombol media sosial ini punya andil dalam memengaruhi kecepatan blog, khususnya penambahan permintaan (request). Jika ingin menambah tombol media sosial agar pengunjung blog bisa membagikan tulisan, maka penambahan plugin WordPress adalah salah satu caranya.

Optimasi Google PageSpeed Insights Baru 12 Januari 2018 PC/Desktop
Optimasi Google PageSpeed Insights Baru 12 Januari 2018 PC/Desktop

Delapan Plugin WordPress yang Terpasang

Tidak lengkap rasanya membahas kecepatan blog WordPress tanpa membahas plugin apa saja yang dipakai dan aktif terpasang. Berdasarkan data kecepatan Google Analytics, jumlah plugin yang digunakan dalam blog lapak jasa penerjemah Inggris Indonesia Arab ini ada delapan plugin WordPress. Tujuh plugin gratis dan satu plugin berbayar (plugin cache WP Rocket). Daftar plugin yang terpasang dan aktif adalah:

  1. Akismet Anti-Spam – 4.0.2 oleh Automattic
  2. AMP – 0.5.1 oleh Automattic
  3. Code Snippets – 2.9.4 oleh Shea Bunge
  4. Elementor – 1.9.1 oleh Elementor.com
  5. Imagify – 1.6.14.1 oleh WP Media
  6. iThemes Security – 6.8.0 oleh iThemes
  7. WP Rocket – 2.11.4 oleh WP Media (Berbayar)
  8. Yoast SEO – 6.1.1 oleh Team Yoast
Optimasi Google PageSpeed Insights Baru 12 Januari 2018 Seluler/Mobile
Optimasi Google PageSpeed Insights Baru 12 Januari 2018 Seluler/Mobile

Kode Google Analytics yang Merusak Angka Google PageSpeed Insights

Kemarin, 11 Januari 2018 yang lalu, Google PageSpeed Insights meluncurkan tampilan baru. Tampilan baru ini menambah parameter kecepatan (speed) di samping angka optimasi (optimization).  Ternyata sama saja dengan versi lama Google PageSpeed Insights. Kode Google Analytics dari Google sendiri, merusak angka optimasi versi Google PageSpeed Insights. Muncul peringatan atau eror Manfaatkan penyimpanan cache browser (Leverage browser caching). Mangkanya, cara mudah untuk mendapatkan Google PageSpeed Insights 100/100 di WordPress adalah dengan cara mencopot dulu kode analisis pengunjung Google Analytics.

2 pemikiran pada “Google Analytics, GeneratePress, dan Plugin WordPress Elementor”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.