Ganti Logo Deui 2020

Ganti logo lagi, kurang lebih itu arti kata deui, lagi. Kalau tidak salah, kata deui ini adalah bahasa Sunda.

Ini yang ketiga kalinya logo lapak jasa penerjemah Inggris Indonesia diganti. Logo pertama warna biru dan hijau lalu logo kedua warna merah. Lalu kali ini warna merah dan hitam.

logo tarjiem.com
tarjiem.com

Translation Services

Itu logo pertama. Kalau dilihat tanggal unggahannya, logo itu diunggah bulan Oktober 2013. Mungkin pada saat itu masih di Blogspot. Pada saat itu memang situsnya belum ada nama khusus. Namanya hanya terima terjemahan.

Bikin logonya juga dari situs gratis khusus membuat logo. Sengaja pilih warna hijau. Sadar diri, masih “hijau” di dunia penerjemahan.

Logo Tarjiem 2018 Transparan Panjang Merah Putih 215x50 Blog Penerjemah Inggris Indonesia Arab
Logo Tarjiem 2018 Transparan Panjang Merah Putih 215×50 Blog Penerjemah Inggris Indonesia

Logo Kedua Warna Merah

Logo kedua ini dipakai setelah lama menggunakan WordPress.org dan menggunakan domain sendiri. Saat itu perubahan dilakukan lantaran lapak jasa penerjemah Inggris Indonesia ada tambahan bahasa, bahasa Arab. Ketika itu, judul/tagline/penjelasan singkatnya juga ikut berubah, Jasa Penerjemah Inggris Indonesia Arab.

Arti Logo tarjiem 2018
Arti Logo tarjiem 2018

Pembahasan kreasi logo ini cukup lama. Bagian kotak merah itu dibuat oleh desainer. Lalu jenis huruf yang dipakai hanya mengikuti dan dipas-paskan saja dengan kotak merah itu.

Logo Tarjiem 2018 Kotak Besar Transparan 512x512 Merah Penerjemah Inggris Indonesia Arab
Logo Tarjiem 2018 Kotak Besar Transparan 512×512 Merah Penerjemah Inggris Indonesia Arab

Warna yang dipakai merah. Anggap saja cinta Indonesia. Kalau dipikir-pikir, bagian kotak itu keren. Ada dua titik di atasnya. Idenya, dari huruf ta dalam bahasa Arab.

Logo 2020

Logo kedua itu tidak bertahan lama. Rasanya hanya sekitar satu tahun saja dipakai. Pada saat dipakai, hampir semua perangkat tarjiem seperti media sosial menggunakan logo itu.

Saat masuk tahun 2020, logo itu dilepas. Tidak dipakai lagi, khususnya di lapak jasa penerjemah Inggris Indonesia ini. Kembali ke dua bahasa.

Ada jeda yang panjang saat pelepasan logo merah di atas. Pencarian “hidayah” logo ketiga ini cukup panjang. Tidak terburu-buru.

Logo Tarjiem Mei 2019 Persegi 512 512
Logo Tarjiem Mei 2019 Persegi 512 512

Inspirasi Logo 2020

Saat itu tidak sengaja melihat sebuah toko di ujung Jalan Banceuy, Kota Bandung. Tidak jauh dari jembatan kereta api. Mungkin warung makan atau restoran di pinggir jalan. Logonya ditempatkan di atas, lantai dua. Pintu yang di lantai satu tidak dilihat. Hanya, mata ini langsung tertuju ke atas, ke logo, tanpa melihat toko atau tempat itu menjual apa.

Logo Tarjiem Mei 2019 Kotak Memanjang 165 56
Logo Tarjiem Mei 2019 Kotak Memanjang 165×56

Dari sana beranggapan, kalau logo ini keren. Sama-sama warna merah.

Pakai PowerPoint

Versi 2020 itu saya buat pakai PowerPoint. Huruf yang dipakai adalah Montserrat untuk kata “tarjiem” dan Open Sans untuk “com”. Dua-duanya dari Google Fonts dan jenis huruf yang tercepat, populer, gratis, dan paling banyak dipakai di dunia untuk saat ini. Saingannya adalah varian Roboto.

Bagian bulat untuk istilah “dot” dibuat secara manual.

Pedoman rasio yang digunakan saat itu adalah 4:3 untuk logo mendatar dan 1:1 untuk yang kotak. Sayangnya, saat sudah jadi dan dipakai, rasio 4:3 ini tidak terwujud.

Kode Warna

Secara teknis, nama warna ini adalah “Red” atau “Merah”, merah asli atau warna merah 100 %. Kode warna heksadesimal adalah #ff0000 dan kode warna RGB adalah 255,0,0. Warna merah asli ini dipilih karena warna ini muncul di Micro. Office PowerPoint sebagai salah satu warna utama, merah. Tujuannya untuk memudahkan proses desain. Kode CMYK adalah 0%, 100%, 100%, 0%.

Untuk warna hitam, benar-benar warna hitam alias #000000 atau 0, 0, 0 atau 0%, 0%, 0%, 100% (heksadesimal, RGB, CMYK). Putih juga, #ffffff atau 255, 255, 255.

Logo tarjiem Master Panjang Datar Mei 2019 1686x565 px Latar Putih 2020 14 kb
Logo tarjiem Master Panjang Datar Mei 2019 1686×565 px Latar Putih 2020 14 kb

Tidak Ada Makna

Tidak ada arti dibalik logo baru ini. Warna merah dipakai karena ikut warna bendera Indonesia. Kotak yang dipakai hanya sebagai kerangka atau batas pinggir saja.

Apakah logo baru ini bagus?

Sejak dipakai, belum pernah minta pendapat soal logo yang baru ini. Sulit memang meminta pendapat soal kesukaan secara personal.

Banyak yang Harus Diganti

Cukup banyak logo yang harus diganti. Terutama media sosial. Lalu ada juga logo di urusan akuntansi penerjemah.

Media sosial atau komponen pendukung tarjiem ini banyak, Telegram, Grup Facebook, Instagram, RSS Feed, dsb. Sampai tidak hafal apa saja yang harus diganti. Di web tarjiem.com sendiri, logo sudah lama diganti. Sisanya ada banyak yang diganti.

Setidaknya kiriman ini hanya ingin bilang, ganti logo deui.

Default image
Ridha Harwan
Penjual jasa penerjemah Inggris ke bahasa Indonesia dan Indonesia ke bahasa Inggris. Cek profil di sini atau tombol media sosial di bawah ini. Terima kasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

tarjiem.com adalah blog dan lapak jasa penerjemah bahasa Inggris ke Indonesia dan Indonesia ke Inggris.

Bandung - Jawa Barat

WhatsApp: +6285210384502