GeneratePress vs Blocksy

Pembahasan ini fokus pada tema WordPress gratis dan terbaik versi saya. Seperti pembahasan di Tema WordPress Tercepat dan Gratis.

Penjelasan spesifikasi mesin yang digunakan ada kiriman sebelumnya.

Asumsi awal, GeneratePress lebih cepat dibandingkan Blocky. Blocksy punya banyak sekali fasilitas atau fitur yang tidak dimiliki oleh GeneratePress. Sehingga membuat Blocksy bisa jadi “lebih berat” dibandingkan GeneratePress

Fasilitas

Dari segi fasilitas atau fitur, Blocksy lebih banyak kelebihan dibandingkan GeneratePress. Saat memilih GeneratePress, belum menemukan Blocksy. Mungkin Blocksy belum ada saat itu.

Blocksy vs GeneratePress

Saat pengujian ini, Blocksy belum ada versi berbayar. Masih versi gratis dan tersedia di wordpress.org/themes/blocksy/. Situs resminya ada di creativethemes.com/blocksy/. Kisi-kisi versi premium bisa dilihat di komentar YouTube.

to give you an idea, here are only a few of the premium features Blocksy will have: conditional headers, conditional footers, conditional & custom sidebars, sticky header, more header & footer elements, content blocks & hooks, portfolio extension, responsive/adaptive images, custom header & footer scripts, AMP full support, mega menu extension, advanced blogging extension, advanced Gutenberg blocks extension.

Dari Video Youtube

Berbeda dengan GP atau GeneratePress. GeneratePress sudah versi premium atau GP Premium.

GeneratePressBlocksy
5 requests10 requests
62 B transferred265 B transferred
140 kB resources410 kB resources
Finish: 279 msFinish: 403 ms
DOMContentLoaded: 267 msDOMContentLoaded: 356 ms
Load: 268 msLoad: 394 ms
Version: 2.4.2Version: 1.7.28
ZIP 882 KBZIP 2,01 MB
Perbandingan Antara GeneratePress vs Blocksy WordPress Themes

Dalam pengujian, GeneratePress memakai Fonts Inherit. Bukan nama font loh ya. Dari sisi tipografi pengaturan awal/default, lebih enak melihat huruf Blocksy.

Kalau tidak fonts inherit, pakai Google Fonts, nanti skor Google PageSpeed Insights tidak 100. Nilainya 99 di ponsel.

Kalau dilihat “Load” selisih kecepatan hanya 126 milidetik. Tipis sekali, sekitar 50%.

#bloger #wordpress #themes Hasil uji cepat perbandingan kecepatan tema WordPress GeneratePress dengan…

Publicado por Ridha Harwan em Terça-feira, 25 de agosto de 2020

Kesimpulan

GeneratePress cocok untuk yang paham coding atau hook-hook-an. Sedangkan Blocksy cocok untuk blog yang ingin sedikit tampil cantik tanpa menyentuh coding.

GP terkenal dengan dukungan bantuan layanan penggunananya atau support yang memberikan solusi. Penjelasan GP di forum dukungan dibuat terbuka. Keren menurut saya.

Mau Pakai Blocksy

Rencana mau pakai Blocksy untuk menggantikan GeneratePress gratisan ini. Ada banyak fasilitas yang dibutuhkan tersedia di Blocksy versi gratis dan itu tidak ada di GeneratePress gratis. Seperti tombol “Share” ke media sosial di bawah setiap tulisan, menu ponsel yang keren, dan efek footer yang cantik.

Semoga saja Blocksy segera ada versi berbayar. Sehingga pengembangannya lebih stabil dan berkelanjutan. Meski akan ada yang berbayar, tetap saja versi gratis yang akan dipakai.

Terima kasih banyak GeneratePress versi gratisan.

Default image
Ridha Harwan
Penjual jasa penerjemah Inggris ke bahasa Indonesia dan Indonesia ke bahasa Inggris. Cek profil di sini atau tombol media sosial di bawah ini. Terima kasih atas kunjungannya.

One comment

  1. Jadi pengen coba, tapi koq sudah nyaman pake generatepress hehee.. Abis kurang ahli bikin tampilan blog yang menarik pandangan.

    Tp entahlah, suatu saat kali aja pengen cobain meskipun ada selisih loadingnya daripada generate press..

    Iya saya pengen tombol share yang memperindah tampilan blog nih..

Leave a Reply

tarjiem.com adalah blog dan lapak jasa penerjemah bahasa Inggris ke Indonesia dan Indonesia ke Inggris.

Bandung - Jawa Barat

WhatsApp: +6285210384502