Efek SEO Tantangan 30 Hari Menulis di Blog

Efek SEO Tantangan 30 Hari Menulis di Blog

Sedikit efek seo yang terjadi pada saat saya menyelesaikan tantangan 30 hari Menulis di blog jasa penerjemah Inggris Indonesia tarjiem.com saya ini. Saya melakukan tantangan 30 hari menulis tanpa henti ini pada bulan Januari 2015 yang lalu. Istilah lain untuk tantangan 30 hari menulis tanpa henti ini yakni “satu hari satu artikel” atau dalam Bahasa Inggrisnya “One Day One Article“. Selain itu ada juga yang menggunakan istilah 31 hari menulis tanpa henti. Beda satu hari saja.

Sebenarnya saya juga tidak sengaja mengikuti tantangan 30 hari menulis di blog nonstop ini. Niat sebenarnya hanya ingin mencoba sedikit bereksperimen terkait bahasan teknik seo (search engine optimization). Apalagi saya juga sempat membahas soal Membedah Ilmu SEO Ala Matt Cutts. Dalam tulisan tersebut saya juga menyebutkan soal tantangan 30 hari menulis tanpa henti di blog.

Jumlah Tulisan 30 Hari Menulis Nonstop

Cukup banyak tulisan yang saya hasilkan bulan Januari 2015 yang lalu. Kurang lebih ada sekitar 37 artikel. Setiap hari saya berhasil menerbitkan minimal satu tulisan baru. Tulisan baru tersebut saya atur untuk publikasi di waktu subuh atau pagi hari sekitar pukul 4-5 pagi. Kalau ada 2 tulisan maka tulisan yang satu lagi satu atur untuk muncul sekitar pukul 8-10 pagi.

Metode penulisan artikel yang saya gunakan adalah menulis apa yang ada dipikiran saya. Dengan metode tersebut saya merasa bebas menulis apa saja yang saya inginkan. Namun sesekali saya mencoba menulis dengan cara menulis artikel seo. Disebabkan waktu yang dibutuhkan untuk menulis artikel seo itu cukup lama maka saya lebih banyak memilih menulis mengalir apa adanya atau dengan kata lain ‘kejar setoran’.

Efek SEO Setelah Mengikuti Tantangan 30 Hari Menulis Nonstop

Pengunjung Meningkat 100 Persen

Berhubung pembahasan seo itu terlalu lebar maka untuk sementara ini saya hanya berani menyimpulkan kesimpulan di atas. Rata-rata jumlah kunjungan harian saya meningkat 100%. itu hanya kesimpulan awal saja. Kesimpulan saat saya menulis tulisan ini. Sebuah cita-cita yang paling diharapkan oleh saya dan para blogger tentunya.

Sebenarnya jika ingin kesimpulannya lebih ‘valid’ mungkin setelah mengikuti tantangan 30 hari menulis, maka tidak ada lagi artikel baru yang dipublikasikan setelah tantangan satu hari satu artikel ini. Tidak ada pula ada tautan balik atau backlink. Berhubung beberapa rekan blogwalking ada yang protes saya tidak ada tulisan baru, maka saya coba buat saja tulisan ini. :D

Laporan tantangan 30 hari menulis di blog
Perkembangan kunjungan bulan Januari-Februari 2015

Gambar di atas diambil dari histats.com. Terlihat di tanggal paling kiri yakni jumlah kunjungan rata-rata di awal Januari 2015. Yakni pada saat saya mulai melakukan 30 haru menulis tanpa henti. Kemudian dilanjutkan rata-rata jumlah kunjungan mingguan blog jasa penerjemah bahasa ini. Terlihat jelas kalau selama 2-3 minggu belakangan ini jumlah grafik pengunjung mengalami kestabilan walaupun saya tidak terlalu sering menerbitkan artikel baru lagi di bulan bulan Februari 2015. Yaitu setelah menyelesaikan tantangan 30 hari menulis di blog tanpa henti.

Efek SEO Antara Menulis SEO Dengan Tidak Menulis SEO

Bagi saya, definisi sederhana dari menulis seo itu adalah menulis apa yang dicari oleh para pengunjung yang datang ke blog kita. Sedangkan tidak menulis seo artinya adalah kita menulis apa saja yang ingin kita tuliskan. Kita tidak terikat dengan 13 parameter ciri-ciri tulisan yang baik versi yoast ini.

Antara On Page SEO Dengan Tantangan 30 Hari Menulis nonstop

Definisi sederhana versi saya mengenai on page seo itu adalah definisi menulis seo di atas. Kesimpulan awal saya terkait seo dan 30 hari menulis tanpa henti ini yakni menulis dengan cara seo masih berpengaruh banyak dan berperan besar mendatangkan pengunjung dibandingkan kita hanya melakukan 30 hari menulis nonstop.

Saat saya melakukan tantangan 30 hari menulis tanpa henti bulan lalu, beberapa kali saya menerbitkan sekitar 1 hingga 3 artikel dengan metode penulisan seo. Hasilnya, tulisan seo tanpa backlink tersebut lebih banyak mendatangkan pengunjung dibandingkan tulisan-tulisan yang saya tulis ‘mengalir begitu saja’.

Kesimpulan Awal Mengenai Tantangan 30 Hari Menulis di Blog Tanpa Henti

Ini adalah kesimpulan hasil pemikiran dan eksperimen saya pribadi di blog jasa penerjemah Inggris Indonesia saya ini. Tentu beda beda karateristik blog, beda juga variabel seo yang dimilikinya.

  1. Rata-Rata Pengunjung Harian Meningkat dan Stabil

    • Dengan melakukan tantangan 30 hari menulis di blog tanpa henti kita bisa meningkatkan kunjungan rata-rata harian para pengunjung. Selain meningkat yang lebih penting lagi adalah stabil. Tanpa di diperbarui lagi blog kita mendapatkan pengunjung yang stabil.
  2. Lebih Efektif Menulis SEO Dibandingkan Menulis 30 Hari Tanpa Henti

    • Jika dikaitkan dengan pembahasan seo, bagi saya menulis seo lebih banyak berpengaruh mendatangkan pengunjung (secara instan) dibandingkan kita menulis 30 hari tanpa henti dengan metode mengalir apa adanya. Namun tidak berarti menulis mengalir apa adanya tanpa memperhatikan parameter tulisan seo juga tidak bagus. Malahan teknik menulis terus tanpa henti ini bagus juga. Hanya saja mungkin cara ini efek seo-nya tidak muncul secara seketika. Butuh waktu.

Bagaimana, ada yang tertarik mengikuti tantangan 30 hari menulis di blog? Setelah itu mungkin hasil atau efek seo tantangan 30 hari menulis di blog tanpa henti juga bisa diceritakan di sini. :)

61 thoughts on “Efek SEO Tantangan 30 Hari Menulis di Blog

  1. Satu hari satu artikel itu sudah biasa dan cukup mudah tapi untuk belahar bagaimana seperti blogger sukses yaitu linda ikeji di mampu membuat 40 lebih artikel setiap hari. Woow bukan?

  2. Mau tanya ni mas, kok iklannya udah pada nggak muncul…kemana aja tuh? OOT bagnet kan….

    O iya, saya udah download dan baca sebagian tapi ada beberapa yang belum saya pahami, boleh bertanya disini nggak nantinya, atau kita via email aja mas ridha?

    • Iklan apaan? Mungkin pakai ads block plus kali. Saya juga menggunakan ads bloc plus supaya iklannya gak muncul.

      O iya, saya udah download dan baca sebagian tapi ada beberapa yang belum saya pahami, boleh bertanya disini nggak nantinya, atau kita via email aja mas ridha?

      Berhubung saya sudah punya forum kecil, mungkin tanya-tanyanya bisa di tarjiem.com/i/ Siapa tahu pertanyaanya juga bermanfaat buat yang lain. :)

  3. Saya pernah melakukan strategi ini, hasilnya biasa aja mas ini mungkin efek saya tak rajib blogwalking….setelah saya posting 2 hari sekali tambah blogwalking, hasilnya nampak jelas dari traffic dan rampingnya alexa rank dari 3 jutaan menjadi 600ribuan.

    Dasyat ga tu?

  4. tips simpel tapi sangat berguna untuk semangat menulis dan mendapatkan page view mas…saya udah terapkan dan itu sangat menjur untuk mendatangkan pengunjung.

  5. Metode penelitian nya sama dengan saya kang dan hasilnya alhamdullilah traffick setiap hari kian bertambah namun kesalahan saya 1 setelah traffick naik kemalasan saya datang dan turun lah kembali pengunjung saya haha jadi intinya harus konsisten jika ingin traffick bertambah :)

  6. sayangnya saya masih sulit jalani tantangan dari mas Ridha, terlebih belum banyak ngerti tentang SEO, saya cuma bisa update blog sebisanya, tapi saya tergiur dengan traffic mas Ridha ini, haha

  7. Memang ini trik jitu untuk meningkatkan trafik blog dengan berusaha selalu update artikel minimal satu hari satu artikel. Sayapun suka melakukan itu, cuma sekarang terganggunya dengan edit artikel yang sudah terbit hasil rewrite blog lama itu. Belum lagi sekarang sudah mulai ada yang usil main copas mentah-mentah, menjengkelkan !

  8. intinya harus rajin menulis..tapi perlu diingat juga mas, kalau kita nulis jangan terlalu cepat postingnya…lihat dulu tingkat kunjungan dan pege view pada halaman ikhtisar. kalau udah cuku, baru posting terbaru lagi…ini untuk menghindari tingkat bounching atau salah satu artikel lebih ratingnya dibanding yang lainnya…ini juga tidak baik untuk perkembangan blog kita ke dapannya…maaf ya mas. ini hanya saran. saam sahabat blogger.

  9. Oo pantesan bulan lalu mas Ridha aktif banget nerbit in artikel, ternyata lagi jalanin program one day one article challenge ya mas. Kalau bulan lalu sih habis bangun tidur sebelum atau sesudah shalat subuh, saya pasti langsung meluncur ke situs penerjemah tarjiem ini, karena waktu itu pola penerbitan artikel baru dari Mas Ridha Harwan sudah kebaca. :D

    Maksud “Menulis SEO” Mas Ridha di atas itu apa ya, apa menulis topik yang berhubungan dengan SEO, atau menulis topik bebas yang memperhatikan kaidah SEO, maaf masih ambigu menurut saya.

    Jika yang dimaksud menulis topik yang berhubungan dengan SEO, saya rasa blog kita bisa mendapat tambahan traffic yang significant, karena artikel dengan topik seperti ini selalu dicari oleh para blogger dari tahun ke tahun. Hanya saja ada satu kekurangan kecil menurut saya, penambahan traffic yang significant tersebut sering kali tidak di imbangi dengan penambahan earning jika blog tersebut kita monetize. Hal ini mungkin disebabkan ketidaktepatan kita dalam memilih target pengunjung.

    Jika tulisan atau topik blog kita tentang SEO, kemungkinan besar pengunjung yang datang adalah para sahabat blogger sendiri yang sebagian besar sudah bisa membedakan mana yang konten blog, dan mana yang iklan. Belum lagi sebagian sahabat blogger tersebut mengaktifkan adsblock saat berkelana mencari artikel. Nah sudah bisa dibayangkan bagaimana nasib earning blog kita tersebut.

    Tapi saya pribadi mendukung Mas Ridha dan sahabat blogger lainnya tetap menulis artikel yang bertema SEO ini agar blogger newbie seperti saya ini bisa tetap menimba ilmu tentang SEO. :D

    • Pantasan sering jadi pertamax. :D

      “Menulis Seo” yang saya maksudkan di sini menulis topik bebas yang memperhatikan kaidah SEO.
      Menulis dengan topik SEO ini agak “ngeri-ngeri sedap”. Soalnya ilmu seo itu kan ilmu ghaib. wkwkwkwk
      Soal pendapatan iklan, saya biarin saja apa adanya. Toh itu soal rejeki. yang penting saya mengikuti aturan dari yang punya iklan itu. :D
      Untuk Ilmu SEO itu, menurut saya, beda orang kadang beda pula persepsi dan anggapannya mengenai seo. Mangkanya ilmu seo menurut saya lebih banyak mengemukakan pendapat pribadi yang kadang itu tidak pasti juga kebenarannya. :)

Leave a Comment