Select Page

Membedah Ilmu SEO Ala Matt Cutts

Membedah Ilmu SEO Ala Matt Cutts

Kurang lebih inilah jabaran penjelasan ilmu seo dasar ala Matt Cutts. Sederhana sekali. Cukup pahami dua poin di bahwa ini.

Saya mendapatkan ide judul tulisan ini pada saat membuat artikel, Artikel SEO Bikin Puyeng Kepala. Dalam artikel tersebut saya memasukkan nama Matt Cutts dan menautkan namanya ke blognya. Tidak sengaja saya masuk ke blognya dan secara tidak sengaja saya melihat tulisan mengenai tantangan 30 hari menulis non-stop “30 day challenge wrap-up: writing“. Artikel ini sendiri hanya mengambil contoh analisis data dari 1 kiriman dari Matt Cutts tersebut.

Kalender Matt cutts  membedah ilmu seo

Kalender Matt Cutts Gambar:mattcutts.com

Pernahkah kita membayangkan kalau orang yang kita anggap super sibuk sekali pun masih menyempatkan diri untuk menulis? Terlepas pada saat itu ia dalam kondisi sedang liburan atau masuk kantor, yang jelas seorang Matt Cutts sekali pun melakukan tantangan 30 hari non-stop untuk menulis.

Ilmu Menulis SEO ala Matt Cutts

Bagi yang puyeng (sakit kepala atau pusing) dengan ilmu seo, hanya ada 2 poin yang akan saya jelaskan di sini. Tidak perlu macam-macam. Cukup lakukan apa yang dilakukan oleh Matt Cutts.

1. Ilmu Dasar SEO itu Adalah Menulis

Tidak perlu kita baca macam-macam artikel bagaimana caranya agar bisa mendapatkan pengunjung yang banyak, bagaimana caranya agar artikel kita berada di halaman satu google, bagaimana cara menulis artikel seo, apa itu off page seo, on page seo, link building, tier 1, dsb. cukup lakukan apa yang dilakukan oleh Matt Cutts, menulis dan menulis.

Jika kita merasa sulit menulis, tulislah hal-hal yang sederhana terlebih dahulu. Tulislah apa-apa yang kita sukai, seperti diarynyabeby.blogspot.com. Saya baru sadar ternyata blog tersebut tiga kali lebih banyak memiliki jumlah tulisan dibandingkan blog saya.

Jabaran ilmu dasar seo dengan menulis:

Dengan menulis, itu artinya kita terus memperbarui tulisan kita. Secara otomatis, setidaknya blog yang kita miliki terus diperbarui oleh robot mesin pencari. Ingat, kita menulis dengan tangan kita sendiri dan pikiran kita sendiri. Itu artinya kita tidak menggunakan teknik instan atau copy-paste atau spin-span-spun. Jabaran tambahannya coba baca Perbedaan Berkomentar Di Facebook Dengan Di Blogwalking.

2. Membangun Tautan Internal (Internal Link Building)

Ternyata seorang Mat Cutts sekali pun, ia menggunakan teknik Wikipedia backlink building atau menautkan semua hal-hal yang bersangkutan dengan tulisan yang ada di dalam kirimannya (artikelnya) dengan tautan di dalam situs itu sendiri atau istilah lainnya adalah inbounds link (tautan ke dalam).

Jabaran penjelasan tautan ke dalam (inbound links):

Secara logis, hal ini memang masuk akal, karena sang penulis sendiri tidak perlu menjelaskan lagi apa arti kata-kata yang ia maksudkan, tinggal memberikan tautan yang dimaksudkan saja. Sang pembaca juga tidak akan kesulitan memahami apa yang dimaksudkan dengan tuturan penulis jika ia mengikuti tautan yang dimaksudkan oleh penulis.

Matt Cutts Itu Siapa?

Jika ia mengenal siapa itu Matt Cutts, setidaknya ia sudah lama di dunia perblogingan atau perseoan. Siapa itu Matt Cutts?

Hi, my name is Matt Cutts and I joined Google as a software engineer in January 2000. I’m currently the head of Google’s Webspam team.
Before Google, I worked on my Ph.D. in computer graphics at the University of North Carolina at Chapel Hill. I have an M.S. from UNC-Chapel Hill, and B.S. degrees in both mathematics and computer science from the University of Kentucky.
I wrote the first version of SafeSearch, which is Google’s family filter, and I’ve worked on search quality and webspam at Google for the last several years.
Diambil dari halaman paling depan mattcutts.com.

Jika diibaratkan sebuah provinsi, maka Matt Cutts adalah kepala dinas kebersihan sebuah lingkungan (baca:google). Tugasnya yaitu menciptakan hewan-hewan yang unyu-unyu (lucu-lucu) namun menyebalkan bagi para pemain oto-otoan, nama hewan-hewannya di antaranya google penguin, google panda dan google pirate. Tugas utamanya adalah menjaga hasil pencarian yang ditampilkan di google tidak menampilkan situs-situs spam (asal jadi).

Algoritma Pinguin 2.0 di blog Terjemahan Inggris Indonesia dciseo

Salah satu hewan peliharaan yang kadang menyebalkan, google penguin.

Mungkin itu saja penjelasan ilmu seo ala Matt Cutts. Kesimpulan utamanya adalah teruslah menulis dan jika memungkinkan tambahkan sedikit garam (seo) dalam tulisan-tulisan yang dihasilkan. Saya pribadi terkadang menggunakan teknik menulis apa adanya dan juga menggunakan teknik menulis artikel seo. Kedua teknik ini saya padukan sesuai kebutuhannya namun tetap berfokus kepada para calon pembaca sebagaimana kita tidak kebingungan membaca hasil tulisan kita sendiri.

Pak de matt-cutts memebdah ilmu seo

Matt Cutts Gambar:mattcutts.com

Sebagai penutup dan juga sebagai pengembira bagi saya, setidaknya 50% tulisan ini ada kandungan kesahihannya (kebenarannya), walaupun itu tidak mutlak. Alasannya, karena saya sendiri merujuk dari tulisannya sang ‘Ketua Satpol PP’ itu sendiri. ;)

About The Author

Ridha Harwan

Penjual jasa penerjemah Inggris Indonesia. Selengkapnya...

71 Comments

  1. Expo

    suwun mas,,,,atikelnya….moga tambah rame orderan penerjemahan bahasa inggris – indonesia

    Reply
  2. Achmad situsaya com

    Link in yang terlalu banyak juga dapat mengganggu pembaca loh.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya betul banget Mas Achmad. Tulisannya juga jadi warna-warni.

      Reply
  3. Achmad situsaya com

    Waah untuk jadi artikelnya SEO pun tidak mudah ya,

    Reply
    • Ridha Harwan

      Biasanya yang sulit itu menulis tiap harinya itu.

      Reply
  4. rangga

    saya pengen jadi seo handal nih :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Seo itu adalah kata kerja bukan kata benda. Kalau kata bendanya pakar seo. :)

      Reply
  5. sutopo seo

    selamat pagi admin, terima kasih informasinya saya jadi tambah ilmu setelah mbaca baca tulisan sampean yang di tulis di halaman situs ini. salam kenal dari sutopo sasuke

    Reply
    • Ridha Harwan

      Salam kenal kembali Mas Sutopo. Terima kasih sudah bersedia mampir di sini.

      Reply
  6. Jaket Kulit Rock

    Yang menyebalkan kalau kita sudah usahakan bikin artikel banyak biar seo nya bagus tapi di copas orang :(

    Reply
    • Ridha Harwan

      Betul. Mangkanya mulai dari diri sendiri, jangan copas 100 %. hehehe

      Reply
      • enlard

        ini blognya satpol pp ads.id p3ndurungan ya om…?

        Reply
        • Ridha Harwan

          Bukan Om. Coba lihat halaman “Tentang” blog ini. Foto pemiliknya juga beda. :)

          Reply
  7. Julianto

    keren ini om matt tehnik seo nya..

    Reply
    • Ridha Harwan

      Tekniknya tulis non-setop.

      Reply
  8. Rohadi

    50% setuju 50% ga setuju

    setuju kalo diaplikasikan ke web personal, ga setuju kalo diaplikasikan ke web komersil

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya juga yah. Betul. Studi kasus saya kan web personal. Makasih Om komentarnya.

      Reply
  9. Edi

    Seo simpel aja ya gan ga usah pusing-pusing, sing penting nulis.

    Reply
  10. BELAJAR

    Menulis artikel memang bukan perkara mudah dan menyenangkan bagi seorang blogger yang juga sibuk di dunia offline. Namun akhir-akhir ini saya punya kebiasaan menulis di HP dan menyimpannya sebagai konsep. Menulis di HP ternyata lebih menyenangkan dan terasa lebih mudah daripada harus monoton duduk di depan monitor laptop. Menulis di HP bisa saya lakukan kapanpun dan dimanapun saya mau. :-)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Saya jadi ingat kalau ada penjual Mie Ayam yang berhasil menerbitkan 3 buah novel. Caranya yah itu. Membuat tulisan di HP pada saat menunggu pembeli datang.

      Reply
  11. Beby

    Intinya harus belajar menulis dengan kualitas yang baik ya, Bang :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya, menulis yang kita sukai membantu kita untuk rajin menulis.

      Reply
  12. bengkel blogger

    yup seo itu sederhana kan gan…dan memang saya selalu mengingatkan untuk menjad tulisan dan selalu update agar update robot mesin pencari selalu merayi blog dengan update artikel tersebut….sebenarnya update ini juga termasuk kunjungan dan kunjung unik yang akan selalu diupdate oleh mesin pencari untuk memperbaharui trafik kunjungan dari suatu situs…menurut agan gimana?

    Reply
    • Ridha Harwan

      Betul Mbah. Sama kok pendapatnya. Semakin sering blog muncul tulisan baru, jadinya semakin sering robotnya datang dan memberitahu kalau situs ini ternyata sering memperbarui tulisannya.

      Reply
  13. moch fadhil

    saya setuju, paling tidak kita harus pandai menulis dan memperbagus struktur internal blog

    Reply
  14. gunawan

    Saya menlis 1 kali dalam seminggu aja rasanya masih berat…

    Reply
    • Ridha Harwan

      Cobanya pelan-pelan saja. Mirip lagu itu loh..

      Reply
  15. Salman Faris

    Bermanfaat banget Sharenya Mas Ridha, kalau saya sih target seminggu satu artikel di blog, entah itu apa, yang penting nulis dulu sih, semangatin diri sendiri hufff

    Reply
  16. penelusuran Artikel

    sama seperti saya donk kang Ridha, kalau dalam soal menulis artikel yg akan dibuat sebisanya mungkin hehe . .

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya bikin saja apa yang bisa dibikin. Daripada puyeng mikirin seo.

      Reply
  17. buret

    baru tau tentang google penguin disini, ternyata beda dengan google panda ya mas??

    Reply
    • Ridha Harwan

      Beda dong, binatang peliharaanya banyak banget itu baru beberapa, ada juga google hummingbird.

      Reply
  18. cinta

    sing penting nulis…. he,,he..he,,,

    Reply
  19. muzi

    Nah terbukti kan, sama si om mat cutts ini, SEO paling dasar adalah menulis. makanya menulislah sebanyak mungkin. ayo kang ridha, ditambah lagi jumlah tulisannya biar gak kalah dari blognya mbak beb. hehe

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya.yang penting nuleeeeesssssssss.

      Reply
  20. Arie

    harus berusaha keras dalam melawan rasa malas ni mas, agar bisa update tiap hari

    Reply
    • Ridha Harwan

      Tapi Pak Arie sudah sering banget tuh. Hampir setiap hari muncul terus tulisan barunya.

      Reply
  21. Achmad Muharya

    kalo disuruh nulis terus bisa-bisa tangan saya lumpuh juga gara-gara main blog terus XD. Ya mau gimana lagi kalo blognya mau muncul di hasil pencarian pertama ya harus gitu :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Namanya juga balapan, mau gimana lagi.

      Reply
  22. Wahab Saputra

    Sedang berusaha melawan rasa malas… semangat terus kang

    Reply
    • Ridha Harwan

      cemunguth. dan jangan lupa internetnya jangan putus-putus.

      Reply
  23. AutoCAD Tangerang

    menulis dan menulis,jangan dipikirin dulu soal seo baik onpage maupun off page..hah dasar banget tapi ternyata masih sulit untuk selalu menulis dan menulis..

    Reply
    • Ridha Harwan

      Apalagi menulis secara konsisten dan berguna plus artikelnya seo lagi. Puyeng dah. hahahaha

      Reply
  24. albarnation

    wah si om matt, bapaknya seo gugel ini, hahaha
    perlu belajar sama dia, tapi hati2 juga sama dia, hahaha, sudah banyak blog habis

    Reply
    • Ridha Harwan

      Namanya juga Satpol PP. wkwkwkw

      Reply
  25. mitradetik

    keren bro,, jadi semangat pengen nulis lagi

    Reply
    • Ridha Harwan

      Bagikan di media sosial dong kalau emang keren hehehe

      Reply
  26. Budi Smart bas-studio com

    memang sebenernya seo itu tidak harus muluk-muluk ya mas. makasih sharenya

    Reply
  27. santika

    terkadang terlalu memikirkan seo sehingga lupa membuat artikelnya, menulis dan menulis ya mas ya. dan buat tauan link internal.. trims ya

    Reply
    • Ridha Harwan

      Buat secara wajar yah Mbak tautan intenalnya.

      Reply
  28. Ari

    “Dengan menulis, itu artinya kita terus memperbarui tulisan kita. Secara otomatis, setidaknya blog yang kita miliki terus diperbarui oleh robot mesin pencari. Ingat, kita menulis dengan tangan kita sendiri dan pikiran kita sendiri. ”

    Ini yang berat mas, butuh komit lebih sepertinya.. Itu artinya kita tidak menggunakan teknik instan atau copy-paste atau spin-span-spun. :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya dong. Kecuali calon pembaca kita adalah alien. Gak apa-apa mau pakai teknik instan. hehehe

      Reply
  29. Indra Kusuma Sejati

    Tekniik dasar SEO nya oke banget, bila selalu di lakukan update artikel baru 30 hari nonspot, dengan membangun internal link, dan melakukan blogwalking dengan baik. Dan sepertinya itu merupakan teknik dasar blogging yang sehat tanpa harus melakukan kecurangan sampai diri kita sendiri menjadi pusing memikirkan SEO.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Memangun internel link secara wajar Pak, jangan berlebih-lebihan.

      Reply
  30. Sucipto Kuncoro

    di postingan ini kok gak ada link blog saya :(
    maksimal berapa link tiap postingan gan?

    Reply
      • Achmad Muharya

        kalo boleh tau itu blognya siapa ya :D

        kayanya orang terkenal tuh :D

        Reply
        • Ridha Harwan

          Blognya Ketua Satpol PP, wkwkwkw

          Reply
    • Sucipto Kuncoro

      yang di atas itu loh!
      “Tulislah apa-apa yang kita sukai, seperti …blogspot.com” :D
      jangan2 modus nih :D

      Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video

Loading...

Berlangganan

Ikuti Tulisan Kami

Ikuti Tulisan Kami

Setiap kali ada tulisan baru akan dikirim ke alamat ini.

Berhasil! Nantikan kabar terbaru dari kami.