Cara Menulis Artikel SEO Versi Yoast (Lanjutan)

Cara Menulis Artikel SEO Versi Yoast (Lanjutan)

Tulisan cara menulis artikel seo ini merupakan tulisan lanjutan dari tulisan sebelumnya yang berjudul ciri-ciri tulisan yang baik versi yoast wordpress seo plugin. Berikut ini lanjutan ciri-ciri tulisan yang baik versi yoast wordpress seo plugin yakni nomor 9-13:

9. Hindari Menggunakan Kalimat Yang Panjang-Panjang

The copy scores 24.6 in the Flesch Reading Ease test, which is considered difficult to read. Try to make shorter sentences, using less difficult words to improve readability.

Artinya: Nilai tulisan ini adalah 24,6 berdasarkan tes Flesch Reading Ease, itu artinya tulisan ini susah untuk dibaca (penerjemah: oleh mesin). Cobalah menulis dengan kalimat yang pendek-pendek, gunakanlah kata-kata yang mudah dipahami agar tulisannya enak dibaca (penerjemah: oleh mesin).

Saya pribadi kurang memperhatikan cara menulis artikel seo bagian ini. Jika ingin melihat penjelasan Flesch Reading Ease, lihat tautannya di wikipedia ini. Jika ingin mengikuti kaidah ini kita sebaiknya tidak membuat kalimat yang panjang-panjang. Usahakan lokasi tanda “titik” tidak berada jauh sekali di belakang kalimat dan kalimat yang digunakan tidak mengandung banyak suku kata. Saya sendiri sudah mencobanya. Namun belum berhasil membuat hijau indikator ini.

Seluruh indikaotr seo yoast plugin berwarna hijau, kecuali
Cara menulis artikel seo. Seluruh indikator seo yoast plugin berwarna hijau, kecuali Flesch Reading Ease.

10. Tambahkan Gambar Dalam Tulisan Kita

No images appear in this page, consider adding some as appropriate.

Artinya: tidak ada gambar yang terlihat di halaman ini, tambahkan gambar seperlunya.

Dengan adanya gambar dalam sebuah tulisan, hal ini dapat membantu daya tarik apa yang kita tuliskan dan membantu menjelaskan tulisan yang kita buat. Selain itu, dengan adanya gambar dalam sebuah tulisan maka hal ini akan membantu munculnya thumbnail (cuplikan gambar) pada saat tulisan ini dibagikan di media sosial, seperti google plus atau di facebook. Masukkan juga alt tags (deskripsi alternatif) gambar. Sebisa mungkin mengandung kata kunci target kita.

Snippet preview yoast wordpress plugin
Tampilan Snippet preview dari yoast wordpress plugin

11. Kata kunci sebaiknya muncul di kalimat pertama tulisan kita

The keyword doesn’t appear in the first paragraph of the copy, make sure the topic is clear immediately.

Artinya: Kata kunci tidak terlihat muncul di paragraf pertama tulisan ini, pastikan bahasan tulisannya dijelaskan di awal-awal paragraf.

Kita menginginkan kata kunci “cara menulis artikel seo” dengan judul tulisan “Cara Menulis artikel seo versi yoast (lanjutan)”, maka setidaknya kalimat pembukaannya adalah “Tulisan cara menulis artikel seo ini merupakan tulisan lanjutan dari tulisan … dst.”. Sebaiknya kata kunci muncul di kalimat pertama. Paragraf pertama itu menjelaskan secara singkat apa isi artikel secara keseluruhan yang akan dibaca oleh pengunjung. Lebih jelasnya lihat contoh gambar snippet preview di atas.

12. Kata Kunci Sebaiknya Muncul Di Deskripsi Meta.

  A meta description has been specified, but it does not contain the target keyword / phrase.

Artinya: Deskripsi meta sudah ditentukan, namun di dalam deskripsi meta tidak ada kata/ frasa kunci.

Jika kita memutuskan membuat deskripsi meta sendiri, maka sebaiknya kata kunci atau frasa kunci sasaran kita, sebaiknya muncul di dalam deskripsi meta.

karikatur joost de valk yoast plugin
karikatur Joost de Valk pembuat plugin yoast gambar:yoast.com

13. Kata Kunci Harus Muncul di Judul Tulisan

The keyword / phrase cara menulis artikel seo oleh tarjiem.com does not appear in the page title.

Artinya: Kata kunci atau frasa kunci cara menulis artikel seo oleh tarjiem.com tidak muncul di judul tulisan

Ini sangatlah penting karena kata kunci memang sebaiknya muncul di judul tulisan.

Penutup Cara Menulis Artikel SEO Versi Yoast

Memang kalau diperhatikan, cara menulis artikel seo ini sangatlah rumit sekali. Namun pada prinsipnya, selama indikator utama plugin yoast ini sudah berwarna hijau, tulisan kita sudah dianggap tulisan seo oleh plugin yoast ini.

Yang penting ini hijau yoast plugin cara menulis artikel seo
Yang penting warna ini warna hijau.

Cara Menulis Artikel SEO Ini Juga Bisa Diterapkan Di Blogspot Atau Di Tempat Lain

Sebenarnya, cara menulis artikel seo ini tidak hanya bisa dilakukan di wordpress saja. Namun bisa juga diterapkan di blogspot atau blogger. Cara menulis artikel seo di blogspot adalah dengan mengikuti pedoman 13 ciri-ciri tulisan yang baik versi plugin yoast ini secara manual. Seperti kita menghitung satu per satu kepadatan kata kunci (keyword density) di dalam artikel milik kita. Termasuk membuat deskripsi meta di blogspot sendiri juga membuat alamat artikel blog sama dengan judul blog. Itulah kenapa, terkadang jika kita ingin membuat sebuah tulisan yang seo friendly tergantung kita membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan pada saat kita menulis secara bebas tanpa ‘aturan’.

Alternatif Lain Cara Menulis Artikel SEO Yang Mudah Versi Matt Cutts

Jika kita tidak ingin kebingungan dengan cara menulis artikel seo ini, coba lihat tulisan saya tentang membedah ilmu seo ala Matt Cutts. Di dalam tulisan tersebut saya menyebutkan kalau alternatif lain mengenai cara menulis artikel seo adalah dengan menulis secara berkelanjutan dan konsisten setiap hari. Sebagaimana yang dilakukan oleh seorang Matt Catts. Selamat mencoba.

47 thoughts on “Cara Menulis Artikel SEO Versi Yoast (Lanjutan)

    • Kalau di setiap artikel link nya keluar semua, dikhawatirkan memengaruhi rating web kita. Karena nanti dikira blog kita ladang backlink. Cara ngakalinya sih pakai link ke dalam juga atau pakai rel nofollow. Kalau saya sih, suka-suka saya saja. hhehehee

  1. Perkenalkan, saya Anton..

    Mau tanya Mas, lagi coba menerapkan plugin yoast ke Web Marketing saya, lalu ada indikator seperti ini:
    – The slug for this page is a bit long, consider shortening it.
    – No outbound links appear in this page, consider adding some as appropriate.

    Pertanyaan:
    1. Slug itu apa ya Mas? Lalu bagaimana solusinya?
    2. Untuk outbound link itu harus ke website lain ya? Sebaiknya yang satu tema dengan website kita atau bebas?

    Terimakasih banyak Mas..

    • Halo Pak Anton…
      1. Slug = Link artikel kita. Contohnya. alamatblog.com/ini-namanya-slug-yang-sama.html Slug itu lebih baik sama dengan judul artikel. Solusinya judul artikel sebaiknya sekitar 150-an karakter. Lihat pedoman karakter judul artikel di atas.
      2. Outbond link = link keluar ke website lain. Sebaiknya link keluar ke situs yang lebih baik dari kita. Contoh paling mudah ke wikipedia.
      Sama-sama. :)

  2. Penjelasan yang sangat gamblang dan sangat mudah untuk di pahami Mas tentang cara menulis artikel versi yoast ini.

    Dan dari mulai pertama menggunakan plugins yoast saya juga belum pernah berhasil mas membuat hijau indikator yang pertama itu.

  3. Jadi yang nomer 9 aja ya yang masih belum tahu, okelah, diterapin dulu cara-caranya di blogger meskipun tanpa plugin alias manual :D .

    Tapi gak perlu juga kok ngitung manual kepadatan kata kunci pake situs ini kan juga bisa :D wordcounter.net, tapi kalo ada yang lebih bagus kasih tau ya :D

    • Iya, yang nomor 9 itu saya nyerah. Itu kan berdasarkan kalkulasi komputer. Mungkin itu cocok dipakai di Bahasa Inggris bukan Bahasa Indonesia.
      Untuk kepadatan kata kunci sendiri, plugin yoast sendiri sudah punya fitur ini. Coba saja perbesar gambar yang ada di dalam tulisan ini. Kelihatan ada berapa kata kunci yang muncul. Kalau saya dulu di blogspot, pakai Microsoft word dan ctrl+F untuk menghitung manual jumlah kata kunci sasarannya. Wordcounter.net belum nyoba. :)

Leave a Comment