Select Page

Flesch Reading Ease

Flesch Reading Ease

Flesch reading ease adalah metode hitung mudahnya membaca sebuah tulisan. Semoga dapat bagus. Nilai flesch reading ease. Semoga saya bisa. Saya akan menulis pendek. Hanya agak aneh. Tapi biarlah. Semoga pembaca tidak bingung.

Nilai flesch reading ease.

Nilai flesch reading ease.

Teori Flesch Reading Ease

Tulisan ini dibuat sependek mungkin. Agar warna hijau. Indikator ada di plugin yoast. Lihat di sini. Flesch reading ease berlaku di Bahasa Inggris. Bukan Bahasa Indonesia. Sulit di Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia ada awalan dan akhiran. Ada juga sisipan. Karena itu sulit diterapkan.

Angka flesch reading ease. wikipedia

Flesch reading ease wikipedia.

Cara hitung flesch reading ease yakni menghitung berapa banyak suku kata. Khususnya yang muncul di kalimat. Nilai saat ini yakni 13. Target nilai 30. Artinya ini sedikit berhasil. Berusaha memunculkan sedikit kata. Sedikit kata di kalimat. Lihat di wikipedia.

Saya penasaran. Apakah berhasil? “Menantang” teori flesch reading ease. Target tulisan 300 kata. Berusaha sependek mungkin. Memang aneh. Tapi biarlah. Mirip membuat novel.

Salah satu data teori flesch reading ease adalah novel. Flesch reading ease menggunakan novel Moby Dick. Novel yang terkenal. Jadi argumennya dapat didukung. Nilainya naik. Saya menghapus kata yang tidak perlu. Agar semakin naik. Ternyata sulit. Tidak mudah. Padahal sudah pendek. Malah aneh jadinya.

Masih ada 100 kata. Semoga bisa. Coba 2 kata. 2 kata di kalimat. Mungkin naik angkanya. Mohon maaf. Kalau agak aneh. Nilai 15. Naik 2 poin. Coba pendek lagi. Aneh saja. Ingin ketawa. Coba pendek lagi. Walaupun aneh. 70 kata lagi. Nilai 19. Semangat.

Walau aneh. Tidak pakai koma. Pakai titik saja. Struktur kalimat kacau. Indikator umum hijau. Poin 21. Hore. Sisa 9 poin. Jangan ketawa. Cukup tersenyum. Maklumlah. Blogger kejar setoran. Poin 22. Naik lagi. Masih 50 kata. Nilai 23. Susah euy. Coba lagi. Angka 24. 2 kata saja. Maksimal 4 kata.

Jangan marah yah. Ini contoh flesch reading ease. Poin 26. Hampir. 4 poin lagi. Poin 27. Hore. 3 poin lagi. 29 poin. Bisa. 0,5 poin lagi. Ayo. Sudah 30. Belum hijau. Aneh. Poin 30,5. Hijau dong. Sudah 31,5. Masing jingga. Kenapa?

Sudah 34,4. Sudah 300 kata. Saya menyerah. Berani coba?

About The Author

Ridha Harwan

Penjual jasa penerjemah Inggris Indonesia. Selengkapnya...

15 Comments

  1. Learning English and Bahasa Indonesia

    FRE memang tidak tepat digunakan untuk teks berbahasa selain bahasa Inggris. Mengingat jumlah suku kata berperan penting dalam keterbacaan sebuah wacana/teks. Saya harus membaca berulang-ulang postingan ini dan baru ngerti maksudnya. Hahaha. Keren om…

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya memang gak pas dan kurang tepat. Semoga sudah ada flash reading ease untuk versi bahasa Indonesianya. Terima kasih.

      Reply
  2. mitradetik

    saya masih belum paham sama wordpress gan,,, nyimak kawan-kawan dulu deh :)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Silakan. WordPress itu memang rada-rada spesial.

      Reply
  3. ibrahim lubis

    awalnya saya sih bingung kemana arah tulisan ini, tapi setelah saya lihat gambarnya baru saya paham heehee

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya nih. Silakan di coba Mas. hehehe

      Reply
  4. buret

    udah ya mas, dibaca bolak balik juga saya tetap ga ngerti.. :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Hahaha. Gak apa-apa. wkwkwkw

      Reply
    • Ridha Harwan

      Hahaha. Gak apa-apa. wkwkwkw

      Reply
  5. fatahillah

    edunnn saya mana berani mencoba kang soalnya masih belom ngerti :3

    Reply
    • Ridha Harwan

      Saya iseng saja. Ternyata sulit juga.

      Reply
  6. Info Menarik

    hahahaha kalau pencipta plugin SEO-nya orang Indonesia, mungkin struktur kata dalam kalimatnya akan ditambah. Biarlah saya ga menghiraukan flesch reading …

    Reply
    • Ridha Harwan

      Mangkanya, flesch reading ease gak cocok dipakai di Bahasa Indonesia.

      Reply
  7. Sucipto Kuncoro

    njir. tulisannya. sepatah sepatah. rancu. kaya anak tk. baru bisa nulis. wkwkwkwk.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kalau pakai wordpress, bisa di coba tantangan ini. wkwkwkwk

      Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video

Loading...

Berlangganan

Ikuti Tulisan Kami

Ikuti Tulisan Kami

Setiap kali ada tulisan baru akan dikirim ke alamat ini.

Berhasil! Nantikan kabar terbaru dari kami.