Cara Menjadi Anggota Himpunan Penerjemah Indonesia

Cara Menjadi Anggota Himpunan Penerjemah Indonesia

Bagi Anda yang ingin mendaftar menjadi anggota Himpunan Penerjemah Indonesia atau HPI, berikut ini informasi cara menjadi anggota Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI).  Sebelum Anda mengetahui syarat dan cara menjadi Anggota Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI) ada baiknya Anda mengetahui jenis keanggotaan dalam Himpunan Penerjemah Indonesia.

Spanduk Logo HPI Himpunan Penerjemah Indonesia Association of Indonesian Transaltors
Spanduk Logo HPI Himpunan Penerjemah Indonesia Association of Indonesian Transaltors

Jenis Keanggotaan Himpunan Penerjemah Indonesia:

1. Anggota Muda (Junior Member)
Jika Anda adalah seorang penerjemah Warga Negara Indonesia (WNI) atau ingin menjadi seorang penerjemah namun belum memiliki pengalaman dalam dunia terjemahan, maka Anda dapat mendaftar menjadi Anggota Muda.
2. Anggota Penuh (Full Member)
Anggota Penuh ditujukan bagi mereka yang telah memiliki pengalaman di dunia terjemahan dan telah memenuhi persyaratan keanggotan Himpunan Penerjemah Indonesia, sebagaimana yang ditetapkan Anggaran Rumah Tangga HPI.
3. Anggota Kehormatan (Honorary Member)
Biasanya, Anggota Kehormatan adalah mereka yang sebelumnya telah menjadi ketua atau wakil ketua HPI atau mereka yang telah berjasa dan mendapatkan penilaian yang layak dari Badan Pengurus HPI.

Syarat dan Cara menjadi Anggota Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI)

1.    Syarat dan Cara Menjadi Anggota Muda (Junior Member)

Syarat pendaftaran: Tidak ada syarat khusus
Cara mendaftar: Anda hanya cukup mengunduh dan mengisi formulir pendaftaran menjadi anggota HPI dan mengirimkannya kembali ke surel sekretariat@hpi.or.id. Silahkan mengunduh formulir pendaftaran anggota muda HPI di sini.

2.    Syarat dan Cara Menjadi Anggota Penuh (Full Member)

Terdapat dua jenis persyaratan jika anda ingin menjadi Anggota Penuh HPI, yaitu sebagai penerjemah (translator) atau sebagai juru bahasa (interpreter).

Syarat Pendaftaran Anggota Penuh Penerjemah (Translator)
Syarat Pendaftaran Anggota Penuh Penerjemah (Translator)

Syarat Pendaftaran Anggota Penuh Penerjemah (Translator):
Anda dapat memilih salah satu persyaratan menjadi Anggota Penuh berikut ini:

Syarat Pendaftaran Anggota Penuh Juru Bahasa (interpreter):

Anda diharuskan melampirkan surat referensi atau surat rujukan dari 3 (tiga) klien yang berbeda (dengan mencantumkan nama, alamat, dan nomor telepon yang bisa dihubungi) yang menunjukkan bahwa Anda telah bertugas sebagai juru bahasa dengan jam kerja sebanyak, minimal, 40 (empat puluh) jam total.

Cara menjadi anggota penuh (penerjemah dan juru bahasa):

Setelah Anda mengunduh dan mengisi lengkap formulir pendaftaran menjadi anggota HPI, silahkan mengirimkannya kembali ke sekretariat@hpi.or.id. Silahkan mengunduh formulir pendaftaran anggota penuh HPI di sini.

Demikian informasi syarat dan cara menjadi Anggota Himpunan Penerjemah Indonesia yang diambil langsung dari website Himpunan Penerjemah Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai syarat atau cara menjadi anggota Himpunan Penerjemah Indonesia, Anda dapat langsung merujuk ke halaman keanggotaan situs Himpunan Penerjemah Indonesia di http://www.hpi.or.id/keanggotaan atau menghubungi surel (email) sekretariat@hpi.or.id. Anda juga dapat menghubungi nomor telepon HPI di +62-21-7161 7397 atau nomor faks +62-21-765 4603. Semoga informasi cara menjadi Anggota Himpunan Penerjemah Indonesia ada manfaatnya.

26 pemikiran pada “Cara Menjadi Anggota Himpunan Penerjemah Indonesia”

  1. Saya seorang sarjana sastra dengan spesifikasi penerjemah. Saya memiliki pengalaman selama belasan tahun bekerja di resort hotel berstandar internasional dengan para pimpinan departemen mayoritas orang asing (native speaker). Posisi saya sebagai wakil pimpinan dan salah satu tugas saya adalah membantu pimpinan mengalihbahasakan instruksi – intruksi pimpinan ke para bawahan. Saya juga pernah beberapa kali membantu pihak kepolisian dalam hal pengalihbahasaan dengan korban atau terdakwa orang asing. pertanyaannya, bisakah saya mendaftar sebagai anggota penuh?

    • Tidak harus punya pengalaman menerjemah jika ingin menjadi anggota muda HPI.

      Silakan langsung unduh formulir pendaftarannya HPI yang ada di informasi di atas.

      Setelah itu kirim ke alamat surel hpi yang ada di informasi di atas juga.

  2. Keanggotaan dapat ditingkatkan, dari anggota muda menjadi anggota penuh, atau bisa langsung menjadi anggota penuh jika memenuhi persyaratan. Selama menguasai dua bahasa yang berbeda kita semua bisa menjadi seorang penerjemah.
    Jika ingin menjadi penerjemah bersertifikat (hpi), syaratnya harus lulus ujian sertifikasi yang dilaksanakan oleh hpi. Untuk jadwal ujian penerjemah bersertifikat silakan tunggu pengumumannya dari website hpi.or.id atau mungkin bisa langsung tanyakan ke sekretariat@hpi.or.id.

  3. Iya, setelah diisi, nanti formnya dikirim via email. Untuk tanda tangan, pada dasarnya tetap ditandatangan namun bisa menggunakan gambar. Coba gunakan signnow.com untuk membantu proses tanda tangan atau aplikasi yang sejenis.

    Cara sederhananya memang diprint dulu lalu ditandatangan dan kemudian discan untuk dikirim.
    Namun untuk lebih jelasnya, coba hubungi sekretariat@hpi.or.id

  4. Beberapa manfaatnya yaitu, mendapatkan keringanan biaya pada saat mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh HPI, selain anggota HPI yang akan didahulukan dalam berbagai kegiatan HPI. Selain itu, sebagai penerjemah lepas, menjadi anggota HPI akan menjadi nilai tambah, terutama saat kita memasarkan jasa terjemahan.
    Untuk anggota penuh, akan mendapatkan akun di direktori penerjemah sihapei.hpi.or.id :)

Tinggalkan komentar