Metode Blogwalking Yang Saya Gunakan

Metode Blogwalking Yang Saya Gunakan

Banyak ragam metode blogwalking atau cara melakukan blogwalking yang digunakan oleh para blogger. Masing-masing blogger mempunyai cara tersendiri dalam melakukan blogwaking, termasuk saya. Berikut ini adalah metode blogwaking yang saya gunakan khususnya dalam membantu blog jasa terjemahan ini agar disayang oleh algoritma google, setelah sebelumnya melakukan sedikit kesalahan yang fatal dalam pengaturan permalinks.

1. Menggunakan RSS Reader Feed Notifier

Sedikit informasi kecil, aplikasi feed notifier ini merupakan program kecil tapi manfaatnya luar biasa, walaupun sudah 2 tahun tidak diperbarui. Karena hampir semua situs memiliki RSS, termasuk juga blogger atau blogspot, wordpress, forum, berita dsb. Saya mendaftarkan semua blog atau situs yang akan sering dikunjungi (dan akan mengunjungi balik) ke dalam feed notifier saya. Jadi setiap kali blog tersebut menampilkan tulisan baru, apabila lagi online, tidak berapa lama program ini akan meberitahu kalau ada tulisan baru di blog tersebut. Cara ini cocok sekali buat yang hobi mengejar ‘pertamax’ (dimana saja).

Simbo, logo, Ikon RSS
Simbol gambar Ikon RSS

Awalnya saya telah mempunyai 100 daftar lebih blog yang siap dikunjungi. Namun berhubung kemarin daftar rss saya terhapus, secara tidak sengaja dan tanpa saya ketahui, akhirnya saya memulai kembali mengumpulkan rss blog yang biasa melakukan blogwalking, terkumpulah saat ini 50 daftar blog. Rasanya sudah cukup 50 blog itu, karena membalas komentar yang ada (dan membalas balik) saya sudah cukup kewalahan. Saat ini saya melakukan pencatatan manual dengan microsof excel, karena feed notifier tidak bisa mengimport dan eksport daftar rss. Jadi bagi rss yang tercatat di feed notifier saya, setidaknya atau paling cepat 5 menit setelah artikelnya dipublikasi, program ini langsung memberitahu saya. Rata-rata saya atur 1 jam sekali memeriksa blognya, tapi kalau lagi gemes, saya atur menjadi 5 menit sekali, biar jadi pertamax terus. hehehehe. :D

2. Google plus

Setelah saya mendaftarkan RSS blog tersebut, maka yang selanjutnya saya lakukan adalah memasukkan ke dalam lingkaran google plus akun aseli saya. Google plus merupakan salah satu media sosial yang sinyalnya dapat membantu keberadaan tulisan yang kita miliki. Karena itu saat ini saya sedang hobi memanfaatkan google plus dalam membantu kegiatan blogwalking saya. Apalagi dapat sinyal +1, wah itu sama saja seperti mendapatkan ‘like’ di facebook.

3. Backlink dan tema blog

Nah, berhubung kemarin saya sudah menggunakan link detox, maka saat ini saya sudah mulai selektif dalam memilih backlink termasuk dalam kegiatan blogwalking. Istilah saya “gak mau jangan jajan sembarangan“.

Balas Komentar Blogwalking

Sebagai tambahan, dalam kegiatan blogwalking ini tidak terlepas dari saling berkomentar. Setiap komentar yang ada di blog ini akan diusahakan dibalas kembali. Saling komentar ini menurut saya win-win solution dan itu yang akan membantu blog kita dalam mempercepat angka alexa turun, mempertahankan posisi alexa dan setidaknya juga membuat google sayang sama situs kita.

Saya suka dengan sistem komentar wordpress, karena tanpa harus masuk ke halaman tempat di mana komentar itu berada kita bisa membalas komentar satu per satu. Sehingga bisanya saya membalas komentar yang ada dalam satu waktu dan membalasnya kembali dalam satu waktu pula.

Mungkin itu saja penjelasan metode blogwalking yang saya gunakan kali ini, di awal 2015. Saya bersyukur dengan cara blogwalking yang saya gunakan setidaknya akhir-akhir ini saya mendapatkan indikasi baik dari hasil aktivitas blogwalking yang saya lakukan, dengan metode blogwalking ini.

68 thoughts on “Metode Blogwalking Yang Saya Gunakan

  1. klo ane sih lebih seneng pake google, misal search “membuat blog” ane cari aja post yang 1 bulan terakhir. memang kadang yang posting masih blog baru tp setidaknya ane tau klo blog itu masih up to date sebulan terakhir dan sukur2 klo ketemu blog yang umurnya udah lama dan banyak pengunjungnya.

  2. Kalau saya mungkin lebih terkendala waktu Mas Ridha Harwan. Dengan hanya sedikit waktu yang saya punya di jagat maya, kelihatan nya mau tidak mau di harus memilih. Jika waktunya di buat blogwalking, maka tidak sempat update artikel baru. Jika fokus bikin artikel, tidak sempat juga buat blog walking.

    Wah pokoknya gitu dech. :D

  3. peran blogwalking memang sangat penting ya Mas dalam perjalanan blogger, selain banyak menambah teman juga bisa buat ajang promosi tentunya.

  4. banyak ya cra buat blog walking , tapi yang saya sering lakukan hanya melalui g+ :) mungkin cara pertama bisa saya peraktekan , thanks info

  5. kalau saya lebih milih nomer satu, karena ada notife nya kang ridha. Tapi sejauh ini metode saya membuat list blog untuk blogwalking aja kang. nice share kang ridha.

  6. memang banyak sekali manfaat blogwalking,mulai dari silaturrahmi,bisa ambil ilmu dari blogger lain yang lebih handal seperti blog ini misalnya,penyemangat juga bisa muncul dari acara safari blog tersebut,tapi ya terkadang hanya sekedar mampir,trus komentar nice info,kunbal ya,,hadewh…semoga rekan-rekan tidak seperti itu yea

  7. Saya tiada cara khusus untuk blog walking. Tapi, top priority adalah untuk orang yang memberi komen di blog saya. Pada saya, kunjungannya harus dibalas sebagai tanda penghargaan dan hormat. Selain itu, akan singgah juga di blog teman-teman yang lain, sebagai tanda sokongan saya terhadap blog mereka.

  8. blog walking sangat kewalahan mas, apalagi masuk g+ dulu beda sama wordpres, jaringan mesti cepet, makanya jika ada yang belum kebales atau terkunjungi maaf ya.. feed notifier teh apaan kang, dan kumaha rasanya..

  9. lagi bw ni kang, saya sih setiap selesai posting biasaya bw ke postingan sebelumnya, kadang dua postingan juga, intinya jika komentar belum saya balas itu artinya saya belum bw ke blog dia

  10. Pertamax dulu ah . .
    Saya belum bisa membagi waktu untuk konsisten melakukan BW mas. Padahal memang benar dg BW maka kualitas blog kita akan meningkat, terutama yg mengejar backlink berkualitas . .

Leave a Comment