Cara Menggunakan Program RSS Reader Feed Notifier

Kalau boleh saya katakan, RSS reader feed notifier ini adalah sebuah program kecil namun besar sekali manfaatnya. Kecil-kecil cabe rawit mungkin adalah istilah yang tepat untuk program kecil ini. Saya sendiri sudah menggunakan program ini hampir 1 tahun yang lalu dan rencananya akan saya gunakan terus jika memang memungkinkan.

Simbo, logo, Ikon RSS

Ikon RSS

Saya akan menjelaskan dulu apa yang dimaksud dengan RSS Reader itu sendiri. Penjelasannya saya ambil dari Wikipedia.

RSS adalah:

RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (di antaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa

  • Rich Site Summary (RSS 0.91)
  • RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0)
  • Really Simple Syndication (RSS 2.0)

Teknologi yang dibangun dengan RSS mengizinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan web (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler.

Kegunaan RSS:

RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog untuk menyebar ringkasan tulisan terbaru di jurnal, kadang-kadang juga menyertakan artikel lengkap dan bahkan gambar dan suara. Sekitar 2000, penggunaan RSS meluas di berbagai penerbitan berita, termasuk Reuters, CNN, dan BBC. RSS digunakan pada hampir semua situs berita atau weblog, dengan berbagai tujuan termasuk: pemasaran, press release, laporan reguler produk, atau aktivitas lain yang membutuhkan pemberitahuan periodik dan tentunya publikasi.

Sederhananya, teknologi RSS ini semacam perantara yang menghubungkan antara blog yang kita miliki ke para pembaca yang tertarik dengan blog kita. Karena itulah situs atau web portal berita kebanyakan menggunakan teknologi RSS ini untuk meneruskan tulisan mereka dan salah satu teknologi perantara atau perangkat RSS yang paling terkenal saat ini adalah feedburner yang dimiliki oleh google.

Ilustrasi Penjelasan RSS Feed Notifier tarjiem

Ilustrasi Penjelasan RSS Feed Notifier tarjiem.com

Banyak cara agar kita bisa berlangganan tulisan dari sebuah situs atau blog yang kita inginkan mencari alamat RSS nya. Kita bisa menggunakan alamat surel (email) kita untuk didaftarkan agar setiap kali ada tulisan terbaru maka kita langsung menerima ringkasan tulisan tersebut di dalam surel kita. Jika kita tertarik dengan judul dan paragaraf pertama ringkasan tersebut, maka kita tinggal mengklik tautan yang ada lalu kita langsung dibawa ke halaman dimana tulisan itu berada. Selain menggunakan alamat surel kita bisa juga menggunakan program pembaca RSS (RSS reader). Dan bagi saya feed notifier merupakan program pilihan saya sebagai program pembaca ringkasan sebuah situs berdasarkan RSS.

Perangkat lunak atau program yang bernama feed notifier adalah sebuah nama program yang berfungsi untuk menyampaikan RSS kepada kita tanpa harus membuka surel. Selain program ini memiliki ukuran kecil sekitar 7MB, tidak memakan banyak memori komputer, program ini juga menyampaikan tulisan terkini dari blog atau situs yang kita inginkan seketika itu juga dengan menampilkan jendela cuplikan (pop up) di samping kanan bawah monitor kita. Tentu saja jika ingin menggunakan program ini, maka komputer kita harus terhubung dengan internet.

Agar lebih jelasnya, mari kita langsung praktekkan saja.

1. Unduh dan Jalankan Feed Notifier

Pertama, unduh (download) program feed notifier melalui halamannya langsung di http://www.feednotifier.com/download/. Lihat versi terbaru (latest version) untuk windows dan pilih yang ‘Download Windows Installer (.exe) – Recommended’. Setelah selesai pengunduhannya, silakan pasang di komputer Anda.

2. Mencari dan Berlangganan RSS

Setelah selesai proses pemasangannya, lalu kita mulai mencari alamat RSS tempat berlangganan tulisan terbaru dari mereka. Misalnya saya ambil dari Republika saja. Buka halaman depan http://www.republika.co.id/. Lalu lihat di bagian paling atas atau paling bawah halaman republika. Maka Anda akan menemukan simbol atau gambar RSS yang kecil warna jingga (orange).

Halaman Depan Republika RSS Reader

Halaman depan Republika.co.id, klik tombol rss-nya.

Klik gambar kecil tersebut, maka akan terbuka langsung halaman RSS-nya. Lalu lihat bagian atas ‘Subscribe to this feed using’ dan pilih ‘notifier.exe’ atau program Feed Notifier yang sudah dipasang. Kemudian klik tombol ‘Subscribe Now’.

Halaman Rss Reader Feed Notifier republika

Halaman Rss Feed Republika

Lalu jendela konfirmasi akan muncul, pilih ‘next’. Program feed notifier ini akan mengecek apakah benar RSS yang dimaksud, jika benar maka akan langsung muncul jendela konfirmasi.

Klik 'Next' rss reader feed notifier

Klik ‘Next’

Sesuaikan judul ‘Feed title’ atau dibiarkan saja juga bisa. Namun jika langganan RSS Anda akan banyak, ada baiknya disesuaikan judulnya, misalnya isikan saja di bagian ‘Feed title’ menjadi  ‘Berita Dari Republika Online’. Nah begitu Anda telah selesai, maka tidak lama kemudian maka Feed Notifier akan memunculkan jendela kecil di sebelah kanan bawah monitor Anda untuk memberitahu jika ada berita atau tulisan terbaru dari tempat Anda berlangganan RSS tadi. Anda cukup mengklik jendela kecil tersebut lalu memutar ke belakang roda bagian tengah tombol tetikus (mouse) Anda untuk melihat ringkasan tulisan terbaru yang lainnya.

Klik 'Finish' republika rss reader feed notifier

Klik ‘Finish’ (Selesai)

Jika Anda tertarik membaca lebih lanjut ringkasan tulisan tersebut Anda tinggal mengklik judul berita dan secara otomatis jendela penjelajah (browser) Anda akan terbuka dan langsung menuju halaman dimana tulisan itu berada untuk dibaca lebih lanjut.

Contoh tampilan Feed Notifier Republika

Contoh tampilan feed notifier republika

Gambar atau petunjuk ilustrasi berlangganan RSS di atas secara umum demikian, namun beberapa situs memiliki tampilan yang berbeda atau bahkan tidak menunjukkan alamat atau ikon rss-nya. Kita tinggal mencari alamat rss-nya untuk diambil dan dimasukkan secara manual.

Penutup

Menurut saya, mungkin tidak banyak yang mengetahui program atau teknologi jenis ini. Saya sendiri awalnya tidak memperhatikan apa itu tombol yang warna jingga (orange) yang selalu hadir bersamaan ikon-ikon media sosial yang lainnya. Namun demikian, begitu saya mengenal program feed notifier atau manfaat yang besar dari teknologi RSS ini, saya betul-betul merasakan manfaatnya. Bagi Anda yang tidak ingin ketinggalan berita, tulisan, atau pemberitahuan dari sebuah situs, program kecil ini sangat-sangat bermanfaat sekali. Saya pribadi sangat merasakan manfaatnya yang begitu besar.

Selama sebuah situs tersebut memiliki gambar jingga (orange) RSS, maka besar kemungkinan kita bisa berlangganan dari situs tersebut. Anda tinggal mencari simbol RSS tersebut atau mencari tulisan ‘RSS’ atau ‘feed’ di halaman situs tersebut. Hampir seluruh portal berita menggunakan RSS termasuk sebuah situs, blog, bahkan sebuah forum daring (online). Bahkan jika Anda berlangganan sebuah portal berita besar (republika atau kompas), maka bisa jadi setiap waktu Anda akan kebanjiran pemberitahuan. Saya sendiri akhirnya memutuskan tidak berlangganan ke portal berita, karena program feed notifier ini akan muncul setiap waktu, walaupun bisa dimatikan sementara waktu.

Banyak lagi program yang sejenis feed notifier ini yang termasuk kategori program RSS reader, salah satunya yang sudah saya coba RSS Bandit. Saya suka dengan feed notifier karena kecil, ringan, praktis, dan gratis. Program kecil dengan kemampuan besar tentunya dapat Anda manfaatkan sesuai kebutuhan Anda, yaitu dengan kreatifitas Anda. Lebih lanjut, teknologi ini juga bisa digunakan di RSS feed aplikasi Andorid atau Apple yang jelas sekali Anda akan dapat mengikuti pemberitahuan dan perkembangan dari situs tempat langganan Anda dimana saja dan kapan saja selama terhubung dengan internet. Semoga ada manfaatnya.

2 Comments

  1. Achmad Muharya 4 Januari 2015 21:24
    • Ridha Harwan 4 Januari 2015 22:06

Leave a Reply