Select Page

Ulasan Jasa Link Detox

Ulasan Jasa Link Detox

Baru dua hari yang lalu saya baru membeli jasa link detox atau backlink detox. Sebenarnya saya kurang yakin apakah tepat atau tidak saya membeli jasa link detox ini, namun untuk memastikannya maka saya memutuskan untuk tetap membeli jasa pengobatan backlink ini. Saya mendapatkan laporan daftar backlink dalam bentuk txt (notepad) dan excel (xlsx) dalam waktu kurang dari 12 jam sejak konfirmasi pembayaran. Hanya saja hampir seluruh daftar backlink yang ada, hampir semunya saya kenali. Bahkan hampir seluruh situs yang saya nilai itu adalah situs ‘baik’ masuk daftar dalam link detox. Akhirnya kesimpulan sementara saya yaitu tidak melakukan penghapusan daftar backlink yang saya terima untuk sementara waktu ini.

Apa Itu Link Detox?

Detoksifikasi atau mungkin bisa dengan disingkat detoks adalah proses penawaran atau penetralan toksin atau zat racun yang dibentuk dan dikeluarkan oleh organisme yang menyebabkan kerusakan radikal dalam struktur di dalam tubuh, definsi Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Biaya linkdetox.com, minimal 149 Euro per bulan.

Biaya linkdetox.com, minimal 149 Euro per bulan.

Dalam konteks bahasan optimasi blog atau web di mesin pencarian (seo), maka dapat dikatakan definisi link detox adalah proses pencarian tautan balik (backlink) yang terkait dengan blog kita di seluruh jagat maya, alias di internet. Setelah mendapatkan daftar tautan (link) yang menempel di blog atau situs kita, maka tugas kita selanjutnya adalah menyangkal (disavow) atau lebih tepatnya menghapus tautan tersebut dari daftar tautan balik blog atau website kita melalui Google Webmaster Tools. Sebagaimana waktu kita melakukan pengobatan, maka biasanya efek dari penghapusan tautan balik jahat (bad backlink) akan terasa setelah 2 minggu setelah proses penghapusan tersebut.

Alasan Saya Membeli Jasa Pengobatan Backlink

Awalnya saya hanya penasaran bagaimana bisa jumlah pengunjung saya mengalami penurunan secara konsisten dalam kurun waktu 2-4 minggu belakangan yang lalu (Desember 2014). Lihat cerita dan datanya di sini. Titik terendahnya yaitu pada saat 3 hari sebelum pergantian tahun atau tanggal 28 Desember 2014, hanya ada 78 pengunjung unik dalam satu hari itu sama saja hanya ada 40 pengunjung unik karena menurut saya 20-30 pengunjung itu adalah robot laba-laba mesin pencarian. Saya jadi ingat kalau angka itu adalah angka pengunjung harian saya pada saat awal-awal membangun blog ini.

Gambaran laporan link detox yang saya terima.

Gambaran laporan link detox yang saya terima.

Akhirnya setelah saya mendapatkan 2.028 daftar backlink dari jasa link detox, saya berkesimpulan tidak ada backlink jahat yang menempel di blog saya. Saya hanya melakukan pemindaian singkat 2 ribu tautan lebih blog saya. Anehnya, pada saat saya mencoba mencari daftar backlink saya di ahref, ada 3 ribu lebih backlink yang ada di blog saya, ada perbedaan 50% lebih banyak dari daftar link detox yang saya terima.

Berikut ini review link detox service dari saya. Ulasan berikut ini saya harap dapat bermanfaat bagi yang ingin atau mencoba jasa pembelian link detox atau bagi yang sedang ragu-ragu perlu atau tidaknya membeli jasa link detox.

Link Detox Review

Kesimpulan saya bagi yang ingin membeli jasa link detoks yaitu, beli jasa link detox jika:

  • Kita yakin banyak backlink aneh yang menempel di blog atau website kita.

Awalnya saya kurang yakin kalau ada bahkan banyak backlink aneh yang menempel langsung di blog saya. Saya sudah mencoba mengecek daftar backlink di Google Webmaster Tools di bagian Search Traffic > Links to Your Site > Who links the most > more . Namun saya lihat tidak terlihat backlink aneh menempel di blog saya. Ternyata benar, hasil dari daftar backlink jasa link detox, tidak terlihat backlink aneh. Saya baru melihat sekilas saja belum melihat secara teliti, maklumlah pegal juga kalau melihat 1 per satu 2 ribu backlink lebih. Selain itu indikator-indikator link detox banyak yang tidak saya pahami.

Cara mencari daftar backlink di blog kita melalui google webmaster tools.

Cara mencari daftar backlink di blog kita melalui google webmaster tools.

  • Terjadi penurunan secara drastis, bukan secara konsisten.

Tambahan lain setelah kita yakin ada backlink aneh yang menempel di blog atau website di google webmaster tools, yaitu soal penurunan pengunjung secara drastis pada blog kita. Biasanya, kalau pengunjung menurun secara drastis maka ada yang salah dengan blog kita dan itu banyak faktor bukan hanya soal backlink saja.

Kasus yang saya alami, saya mengalami penurunan secara bertahap bukan secara drastis. Akhirnya setelah hari ini ada gejala baik dari blog saya, maka salah satu kesimpulan yang bisa saya ambil terkait menurunnya jumlah pengunjung yaitu karena saya melakukan perpindahan hosting sebanyak 2 kali dalam 1 bulan ditambah saya melakukan kesalahan dalam soal permalinks. Mungkin perpindahan hosting dalam waktu yang dekat ini yang menyebabkan ‘gangguan’ pada blog saya, apalagi kesalahan fatal dalam pengaturan permalinks.

Kesimpulan Link Detox

Jika dilihat dari biaya link detox di linkdetox.com maka biayanya ini mahal bingits, minimal 149 euro per bulan. Karena itu menurut saya, pemeriksaan dari backlink google webmaster tools rasanya sudah cukup. Dari sana kita melihat backlink kita dan menghapus backlink dari sana pula. Pembelian jasa link detox ini cocok dilakukan untuk ukuran situs yang sudah tergolong menengah. Jika situs kita sudah tergolong situs perusahaan atau itu merupakan situs utama kita dan ada gejala-gejala aneh, silakan mencoba link detox ini. Semoga bermanfaat.

About The Author

Ridha Harwan

Penjual jasa penerjemah Inggris Indonesia. Selengkapnya...

42 Comments

  1. Didik Wahyudi

    Didetox kayak banyak kena racun ya mas, he.. Mahal bingit jasa link detoxnya.
    Saya kalau butuh analisa backlink secara detail, lebih memilih beli jasa 5$ di Fiverr untuk mendapatkan analisis backlink dari ahref yang berbayar. Kalau untuk analisa backlink standar saya gunakan google webmaster tool dan beberapa software gratisan.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sudah lama saya gak ke fiverr. Iya juga yah gak ada salahnya main ke fiverr. Saya bayarnya gak segitu kok. Saya bayarnya sektar 150-ribuan. Gak sampai jutaan. Nanti saya mau coba ke ahref deh. terima kasih.

      Reply
  2. fidah shah

    Saya belajar di sini ya Mr Ridha…
    Selalunya perkataan ‘detox’ itu…saya gunakan ketika berdiet…hehe :D :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kalau mu diet, puasa atau saum ajah Mbak, lebih enak dan dapat pahala loh. heheha

      Reply
  3. Sucipto Kuncoro

    konten itu raja, backlink itu ratu
    tapi kalau trafik itu tergantung muka
    ane ganteng, thank you :)

    Reply
  4. ilmudes

    waduh, ini apa to mas? susah paham bagi pemula seperti saya.hehe

    Reply
    • Ridha Harwan

      Ini namanya obat buat yang sering jajan sembarangan/ naruh link sembarangan. wkwkwkw

      Reply
  5. Indra Kusuma Sejati

    Aduh, nyari link detox yang generik aja deh mas, mending buat beli beras uangnyakalau hanya adminnya satu dan kuotanya pas-pasan. he,, he, he,, :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Betul Pak Indra. Mendingan biayanya buat yang lain saja.

      Reply
  6. Abu Zaini

    Wah kudu simpen anggaran buat beli link detox nih…makasih infonya

    Reply
    • Ridha Harwan

      Mendingan cek via google webmasters tools saja, gratis.

      Reply
  7. buret

    baru tau mas pindah hosting bisa mempengaruhi pengunjung harian, pindah hosting sama dnegan pindah domain ya mas??
    jadi pengen dapat baclink dengan jasa detox, tapi harganya….nyari backlink sendiri aja deh, haha

    Reply
    • Ridha Harwan

      Pindah hosting beda dengan pindah domain.
      Pindah hosting bisa mempengaruhi kunjungan itu masih dugaan sementara saya saja. Soalnya kemarin itu pindah hostingnya dua kali dalam waktu berdekatan, kurang dari 2 minggu. Trus pindahnya jauh-jauh lagi, ke server kanada, balik lagi ke Indonesia.

      Reply
  8. Arie

    setelah melihat cara mengecek backlink aneh dan jahat diatas, saya langsung menuju ge halaman webmaster mas, dan setelah melakukan pengecekan, dari sekian backlink yang masuk, ternyata gak ada Mas sumber yang mencurigakan menurut saya hehehe

    Reply
    • Ridha Harwan

      Syukurlah. Sesekali memang kita harus ngecek backlink kita. Sama crawl error sekalian.

      Reply
  9. Valentino Febrian Saputra | Official Website

    Terima kasih banget infonya mas,, menambah pengetahuan saya nih. Tapi sayang mahal sekali ya mas harganya, bisa segitu perbulan.. keren bisa beli disitu

    Reply
    • Ridha Harwan

      Saya gak beli disana kok. Itu cuma ilustrasi harganya saja. hehehe

      Reply
  10. yanto cungkup

    saya malah baru tahu pengertian link detox nih mas.melihat ulasannya link detox ini lumayan ampuh ya.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Ampuh enggaknya sih tergantung keberhasilan backlink yang dihapus. Cuma paling enak dan yang jelas-jelas itu lewat google webmaster tools.

      Reply
  11. Muhammad Iqbal K

    bagus juga pake cara ini buat membersihkan link, contohnya link spam yg biki blog kita masuk ke sandbox, cuma biayanya itu lho yg bikin kesemutan :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya, mendingan biayanya dialihkan bikin blog baru. hahaha

      Reply
  12. Fatahillah

    edunnn mahal juga yah haha mending tak nabung buat beli rumah :v

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya, mendingan buat beli perabitan blog deh. :D

      Reply
  13. Mas Dory

    Kalau bahasa pengobatan, link detox ini ibarat obat paten buat blog ya Mas Ridha Harwan di karenakan harga nya yang selangit (untuk ukuran saya :D) hanya untuk mengetahui situs mana saja yang tertaut dengan blog kita.

    Padahal google sudah menyediakan obat generik yang sangat murah yaitu di Google webmaster tools (Google webmaster tools nya gratis, yang bayar cuma buat koneksi internet doang :D) untuk ini semua. Dan hanya di webmaster tools ini aja yang paling direkomendasikan google untuk memperbaiki traffic blog kita. :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Nah betul banget tuh Mas Dory. Sebenarnya saya cuma penasaran saja, gimana rasanya pakai link detox. Tapi setelah mendapatkan laporannya. Eh malah gak dipakai laporannya. Habisnya banyak banget link yang mesti diperiksain.
      Google webmaster tools emang link detox yang ampuh dan gratis.
      Jadi kesimpulannya, tetap balik ke google webmasters tools.

      Reply
  14. Budi Smart Smart bas-studio com

    wah gak sanggup deh kayaknya beli pil detox ini. hehee

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya. Mending duitnya buat yang lain. :D

      Reply
  15. Info Menarik

    sayanganya mahal banget mas, kecuali kalau blog kita sudah menghasilkan yg seimbang …

    Reply
  16. wongcrewchild

    penyakit link rupanya bisa ditreatmen dg detoks ya, kyak pnyakit tubuh ajah…
    sayang harganya mahal juga per bulan, lah blognya nggak menghasilkan :)

    makasih mas

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya, ini emang buat web kelas menengah++ aja.

      Reply
  17. junior

    Sayang beli dan bayarnya ga bisa di cicil ya

    Reply
    • Ridha Harwan

      Gak usah dibeli, kecuali omset blognya dah cukup buat beli rumah. hahaha

      Reply
  18. muzi

    harga termurahnya sampai 1,7 juta tuh om ridha. Aduh, pengen sich beli untuk pengoptimalan blog. Ya sudah, nanti kalau budget mencukupi tak konsul ya om ridha. nice share .happy blogging.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Gak usah beli jasa link detox, kalau kita gak bandel nyari backlinknya. Mending buat usaha yang lain. :D

      Reply
  19. eyuana

    Tutorial yg sangat cocok untuk blogger newbiew spt saya. Disavow link tdk bermanfaat memang dibutuhkan sekali utk menyaring link2 berbahaya. Tp sayang mahal bang rom.hehe..
    kebanyakan link jahat mungkin dikarenakan kebiasaan saya sering mengintip juga via majestic,ahrep,site exsplorer,dsb hehe :)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Hehehe, iaya mangkanya. Link detox cocok buat web besar-besar saja, alias yang punya duit saja. hahaha

      Reply
      • eyuana

        Iya deh bang saya percaya kok.hehe :-) blog saya khan masih kecil-kecilan bang…… :D

        Reply
        • Ridha Harwan

          Bukannya yang besar itu dimulai dari hal yang kecil. :D

          Reply
          • eyuana

            betul sekali bang rom…. penting masih konsen untuk sekarang ini

    • kang Sarjono

      Aapa si hebatnya theme diatas?

      Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video

Loading...

Berlangganan

Ikuti Tulisan Kami

Ikuti Tulisan Kami

Setiap kali ada tulisan baru akan dikirim ke alamat ini.

Berhasil! Nantikan kabar terbaru dari kami.