Efek Kegiatan Blogwalking

Efek Kegiatan Blogwalking

Efek kegiatan blogwalking yang paling terasa yaitu menyita waktu.

Entah kenapa beberapa hari ini saya suka menulis tulisan ‘ngaco’. Tulisan ngaco yang saya maksudkan di sinilah adalah tulisan deskriptif argumentatif bukan tulisan ilmiah. Tulisan ‘asal’ yang baru saya terbitkan itu seperti contoh arti 700 kata dalam sebuah tulisan seo. Namun entah kenapa saya memberanikan diri untuk menuliskan rangkaian tiga tulisan yang baru saya terbitkan itu.

Sedikit Efek Kegiatan Blogwalking

Dengan melakukan blogwalking, kita merasa tulisan kita ada yang melihat dan membaca tulisan kita. Walaupun kita tahu mungkin ada juga yang tidak membaca tulisan kita, hanya berkomentar secukupnya saja. Namun dalam hal ini saya pribadi berusaha berpikir postif. Saya yakin beberapa di antara yang berkomentar, mungkin memang ada yang serius membaca tulisan kita. Karena itulah saya berusaha menyajikan tulisan-tulisan yang bertemakan seo.

Tulisan SEO Memancing Para Pembaca

Para blogger yang melakukan kegiatan blogwalking, rata-rata mereka tertarik dengan bahasan seo, termasuk saya. Karena itulah saya berusaha menumpahkan apa yang saya ketahui mengenai seo, khususnya dalam bidang bahasa yang saya miliki. Walaupun bagi mereka yang sudah ‘kenyang’ dengan seo, akan memahami sendiri bagaimana teknik seo yang efektif bagi blog kesayangan mereka.

Sekali pun demikian, saya juga baru menyadari kalau tidak semua blogger yang melakukan kegiatan blogwalking memahami teknik seo. Hal itu saya ketahui dari beberapa komentar yang bermunculan. Karena itulah, walaupun sedikit ‘jadul’, setidaknya tulisan saya ada manfaatnya bagi yang kebetulan baru menjadi seorang blogger.

Manfaat Minimum Dari Kegiatan Blogwalking

Walaupun saya menyadari tulisan yang saya tulis dalam rangka kegiatan seo itu kesannya berulang-ulang, namun saya sadar setidaknya ada hal minimum yang saya dapatkan dari kegiatan blogwalking itu, yaitu:

1. Alexa Menjadi Ramping

Penjelasan mengenai alexa ini sendiri sudah saya tuliskan dalam tulisan yang berjudul mengenang cara cepat menurunkan ranking alexa.

2. Artikel Baru Diindeks secara Cepat

Seberapa cepatnya artikel diindeks oleh laba-laba mesin pencarian saya kurang tahu. Yang jelas, jika saya melihat google webmaster tools, dari 178 kiriman yang ada 176 diantaranya sudah siap tampil di halaman mesin pencarian.

Efek Kegiatan Blogwalking Yakni Menyita Waktu.

Pagi saat saya membuat tulisan ini, saya menghitung berapa lama saya melakukan kegiatan blogwalking, di luar metode blogwalking yang saya gunakan. Kegiatan blogwaking yang saya maksudkan di sini adalah membalas setiap komentar yang muncul di artikel yang baru saya publikasikan dan membalas kembali ke blog yang bersangkutan.

Hasilnya?

Hampir 90 menit lebih saya harus membalas 30 komentar yang ada dan membalas balik dalam rangka kegiatan blogwalking saya. Padahal akses internet saya terhitung cukup lancar dan cukup cepat.

Terlepas kegiatan blogwalking memang benar menyita waktu, namun saya benar-benar menikmati kegiatan blogwalking yang saya lakukan saat ini. Saya merasa ada ‘teman seperjuangan’ dalam menulis dan menampilkannya di blog. Saya juga merasa tulisan saya minimal ada yang membaca dan mengunjunginya, yakni teman-teman blogwalking saya. Karena itulah saya memberanikan diri untuk menulis tulisan seo ‘ngaco’ dalam blog jasa terjemahan Inggris Indonesia saya ini.

58 thoughts on “Efek Kegiatan Blogwalking

  1. Artikel cepat diindeks gara-gara BW :D wah kayanya saya harus belajar sama mas ridha nih, artikel saya aja perlu waktu beberapa hari untuk bisa muncul, apa mungkin karena kurang BW ya :D, dan Alexa saya pun turunnya cuman 400rb doang kemarin :(

  2. yang paling nyebelin lagi ketika koneksi internet lelet, bisa berjem-jam menghabiskan waktu untuk blogwalking. tapi memang benar blogwalking sangat menyenagkan..

  3. saya setuju banget dengan point2 dari efek BW mas.
    dan point terakhir ini”saya benar-benar menikmati kegiatan blogwalking yang saya lakukan saat ini”
    itu saya banget deh.

    menurut saya kegiatan mengunjungi blog lain bukan sekedar meninggalkan jejak tp menciptakan rasa keakraban antar sesama blogger.jadi nggak akan terasa berat walau waktu yg digunakan cukup lama.(saya juga punya banyak temen blogger yg saling berkunjung sejak lama,tp sampai saat ini seperti belum mengenal,dan ada juga teman blogger yg baru kenal sebulan yg lalu tp sudah akrab banget)

    seperti contohnya saat ini saya oll mulai pukul 21.00wib dan sampai saat ini sudah 70 menit lebih hanya keliling membalas BW dari temen yg berkomentar diblogku,tp saya sih enjoy saja.ehehehe

  4. memang banyak juga yang berkunjung cuma baca sekilas alias terapkan teknik kilat…mereka tidak terlalu memperhatikan pokok bahasan…yah itu karena kegiatan blogwalking kadang banyak menyita waktu…tapi tinggal kita yang mengelola waktunya. kalau saya (bukan sombong ya heee) berkunjung untuk membaca, yah minimal menambah pengetahuan saya…dan keuntungan lainnya saya bisa belajar gaya tulisan orang dan bagaimana penyampaiannya, sehingga saya bisa membuat suatu yang beda dari situ…satu hal lagi kalau memang artikel jarang dibaca oleh kawan-kawan, sediakan artikel yang singkat, tapi ya usahakan minimal 300 kata, karena kalau tidak google bisa mengelompokkannya dalam kategori poor content…kacau kan gan kalau udah begini? nah selanjutnya tinggal bagaimana kita menyikapinya. kalau kata guru saya, tulis saja, kalau tidak ada yang membaca, minimal kamu sudah mengingatkan dirimu dengan tulisan itu. gimana gan? semangat hehehee

  5. .Memang sih gan, blogwalking itu menyita waktu kita. .Tapi dengan blogwalking banyak manfaat yang kita dapat. Agan juga pasti tau apa itu. hehe . :)
    .Tapi kalau menurut ane, jikalau punya waktu untuk membalas setiap komentar pada artikel baru + blogwalking lagi kenapa tidak.? :)
    .Namun jika waktu yang dipunya tipis/lagi kejar waktu, maka tinggalkan saja dahulu. :)

    #Mampir gan. =D

  6. Tidak dinafikan kegiatan blogwalking akan menambah pengunjung ke blog kita sendiri. Tapi, kalau sudah beberapa kali berkomentar di blog rakan, tetapi kunjungannya tidak dibalas…saya jadi takut untuk berkunjung ke lagi..Sepertinya satu amaran..
    “Kunjungan kamu tidak diterima dan sila jangan berkomentar lagi di blog ini”….huhu

  7. bener banget kalau sering BW rank alexa makin ramping, itu yg sangat saya dapatkan akan rjin BW ini,
    dan saya sangat setuju sekali, walaupun blogwalking banyak menyita waktu, jika kita enjoy, selow akan fun2 saja ya kang,sambil nyuruput kopi :D

  8. Memang banyak manfaat dari Blogwalking. Kalau saya menganggapnya tidak melulu demi meningkatkan trafic Blog atau Web kita, tapi lebih cenderung untuk bisa menjalin persahabatan lewat online, bisa saling berbagi dan tukar informasi..

    Salam,

  9. sangat sesuai bagi saya mas..
    pasalnya yang nomor satu,alexa jadi ramping..
    blog saya,saya dirikan tanggal 14 desember 2014,sekarang saja alexa nya udah hampir dbawah 1 juta.
    alhamdulillah artikel saya juga di index dengan cepat.
    dan yang ke tiga, saya memang sangat menikmati kegiatan BW ini..

  10. walaupun menyita waktu tapi tetap asyik untuk di lakukan ya Mas, karena selain mempromosikan blog, kita juga bisa lebih banyak dapat teman dari kegiatan BW ini.
    bener Mas, artikel SEO memang paling sering dan banyak di baca oleh para blogger ketimbang artikel yang lainnya.

  11. mas ridha udah merasakan dari efek blogwalking itu bisa merampingkan alexa ,
    saya ingin tanya mas , kalo cara menambahkan pagerank itu gimana ya ? soalnya blog mas udah saya lihat mencapai pagerank 2 , dan bagi saya itu sulit sekali ?
    kalo bisa share mas tips2 nya

  12. karena tulisannya menyebutkan ngaco (walaupun ada manfaat) maka saya komennyapun suka ngaco maap ya jika memang dalam rangka blogwalking komentar saya banyak yang keluar jalur..

  13. Sebenarnya sih saya sendiri tidak terlalu tertarik tentang pembahasan SEO ini sih mas. Karena pembahasan nya seputar itu itu saja. Tapi dalam kegiatan blogwalking saya suka karena tidak dibutuhkan waktu lama untuk membaca artikel dari blog sahabat tersebut. Beda jika artikel blog membahas topik lain, pasti kita harus baca artikel nya secara lengkap biar bisa berkomentar di dalamnya sesuai dengan topik bahasan. :D

Leave a Comment