Ranking alexa tarjiem per 5 Januari 2015 diurutan 521.508.

Mengenang Cara Cepat Menurunkan Ranking Alexa

Penasaran dengan cara cepat menurunkan ranking Alexa? Dalam 2 minggu ranking alexa saya turun dari 900 ribu ke 500 ribu, berkat teknik seo kecil namun mujarab ini.

Sebenarnya sengaja saya menggunakan kata “Mengenang”, kenapa? Karena menurut saya ada hal yang lebih penting dari menurunkan alexa rank secara cepat.

Sebagaimana yang diketahui, alexa.com merupakan sebuah situs atau perusahaan dari amazon yang membuat daftar urutan situs-situs online yang ada di seluruh dunia ini. Sebagaimana yang diketahui 10 besar pemegang urutan alexa di dunia diantaranya adalah google, facebook, twitter, dan yahoo. Memang cara yang paling sederhana untuk mengetahui sebuah kepopuleran sebuah situs adalah dengan melihat urutan alexanya (alexa rank). Karena untuk proses pengurutan posisi alexa, prosesnya dilakukan secara langsung dan cepat. Tidak seperti google page rank, yang tidak tahu entah kapan diperbaruinya.

Ranking alexa tarjiem per 5 Januari 2015 diurutan 521.508.
Alexa tarjiem per 5 Januari 2015 diurutan 521.508.

Apa yang lebih penting dari ranking alexa?

Jawabannya adalah jumlah rata-rata pengunjung harian.

Memang benar terkadang meningkatkan ranking alexa ke arah yang lebih kecil atau ramping, perlu kita lakukan. Namun ada yang yang lebih penting dari sekadar nilai alexa, yaitu banyaknya pengunjung harian. Kalau kita simak bagian bawah gambar di atas, maka terlihat beberapa indikator proses penilaian dari alexa.com, yaitu seberapa sering pengunjung balik ke blog kita (bounce rate), seberapa banyak pengunjung melihat halaman kita secara harian (daily pageviews per visitor), dan seberapa lama pengunjung itu berlama-lama diam di blog kita (daily time on site).

Lalu Bagaimana Cara Menurunkan Alexa Rank Dengan Cepat?

Sepertinya sudah tidak sabaran mengetahui cara cepat menurunkan ranking Alexa sebanyak 400 ribu-an dalam 2 minggu. :)

Jawabannya adalah blogwalking.

Bagaimana bisa cara cepat menaikkan ranking alexa menjadi ramping dengan cara blogwalking? Jawabannya sederhana, coba telaah kembali penjelasan 3 indikator penilaian alexa rank saya di atas.

Dengan cara blogwalking, kita mendapatkan kunjungan balik dari blog yang telah kita kunjungi. Itu artinya kita berusaha menurunkan tingkat bounce rate blog atau website kita. Setidaknya, dengan cara blogwalking pula, kita bisa membuat jumlah jumlah halaman yang dibuka olah seorang pengunjung akan bertambah karena paling tidak rekan blogwalking yang ada minimal melihat kembali atau mengecek balasan komentar yang pernah dia buat, itu artinya menurunkan daily pageviews per visitor. Terakhir, dengan cara blogwalking pula kita bisa membuat pengunjung (yaitu rekan blogwalking kita) berlama-lama di blog kita, yaitu dengan membuat komentar di blog kita dan itu artinya bisa meningkatkan daily time on site.

No SS is Hoax?

Berhubung sekarang zamannya-zaman selfie, maka coba lihat gambar catatan alexa blog ini dalam tulisan di sini. Coba lihat kapan saya membuat tulisan tersebut. Seingat saya itu kurang lebih 2 bulan yang lalu. Itu artinya 2 bulan yang lalu ranking alexa saya berada di angkat 900 ribu dan sekarang berada di 500 ribu. Kalau masih kurang percaya, coba saja lihat nilai alexa blog yang pemiliknya suka melakukan blogwalking. Biasanya angka alexanya kecil-kecil.

Jumlah Pengunjung dan Alexa Rank

Di atas sudah saya sebutkan karena yang lebih penting daripada angka alexa adalah jumlah pengunjung harian. Walaupun angka alexanya cukup kecil, namun bisa jadi rata-rata jumlah pengunjung hariannya tidak kurang dari 100 kunjungan dalam 1 hari. Buktinya? Coba lihat gambar grafik kunjungan harian blog ini di sini. Hal ini terjadi pada blog tarjiem.com sendiri. Walaupun nilai alexa blog ini cukup ramping, namun saat proses menurunya angka alexa saya, rata-rata jumlah kunjungan harian blog ini terus menurun dalam 1-2 minggu terakhir. Jadi sudah jelaskan beserta buktinya, dengan cara blogwalking, ranking alexa kita bisa turun secara cepat walaupun pengunjungnya tidak banyak.

Alexa tarjiem.com November 2014
Sebelumya alexanya di kisaran 1,5 juta loh.

Penutup Bagaimana Cara Cepat Menurukan Ranking Alexa

Sengaja saya menuliskan judul tulisan ini dengan kata “mengenang”. Karena itu artinya jelas sekali kalau ranking alexa tidak terlalu berpengaruh terhadap jumlah kunjungan. Yang diperlukan sebuah blog adalah pengunjung dan pengunjung akan datang jika yang dicari oleh pengunjung tersebut ada di blog atau situs tersebut. Semakin banyak yang ditemukan oleh seorang pengunjung blog maka tentu 3 indikator alexa di atas akan meningkat angkanya (warna hijau). Karena itulah apa yang ada di dalam blog (kesayangan kita) sangat penting kita perhatikan yaitu tulisan atau kiriman (posting) yang ada di blog milik kita. Pertanyaannya, apa yang terjadi jika kita memberhentikan kegiatan blogwalking kita?

94 thoughts on “Mengenang Cara Cepat Menurunkan Ranking Alexa

  1. jadi saya sendiri juga heran padahal visitor view saya lihat banyak kok alexa malah drop turun alias membengkak, hadeuh

  2. Iya benar Kang, yang penting lg jika web buat lapak adalah seberapa banyak pengunjung real time ke warung dan seberapa transaksinya berguna utk kehidupan pemilik. Thank You so much Kang..

  3. Sy baru coba buat web sendiri tuk jasa konsultan saya, lumayan ngirit, info mas ridha sangat berguna, web sy baru satu bulan, lmyn alexa naik dr 15jt, 7jt skrh di 5jt

  4. Artikel yang patut diketahui oleh pemiliki blog yang memiliki traffic rank yang tinggi, termasuk saya sendiri.
    Masih banyak PR yang harus dilakukan untuk terus menurunkan nilai Traffic rank ini.
    Langkah-langkah di atas sepertinya terus saya lakukan. Namun mungkin butuh kesabaran untuk mencapai hasil yang memuaskan.

    Terima kasih untuk petunjuknya..

  5. Kalo saya alexa turun dari claim my site sama pasang toolbar mas, belum coba kalo mau isi konten yang bagus. Tapi nice info nanti akan saya coba.

    Thanks

  6. ternyata blogwalking sangat penting ya bagi kelangsungan hidup blog kita :) jadi tambah semangat buat ngeblog hehe salam kenal aja deh dari saya :)

  7. nih ada yang komentar : Sebenarnya kalo antara jutaan sampe 500ribuan itu gampang..
    Yang susah itu kalo udah 100rb an.. susah banget melangsingkannya :D

    saya nyimak dulu saja.hehe

  8. akhir akhir ini saya jadi males udah mas ngurusin kang lexa, soalnya sering gak jelas baget rating nya, dan juga sudah 2 hari ini si lexa juga sudah saya copot rompinya dari blog saya :D

  9. Sebenarnya kalo antara jutaan sampe 500ribuan itu gampang..
    Yang susah itu kalo udah 100rb an.. susah banget melangsingkannya :D

  10. Infonya bagus mas, blognya juga keren, sudah pada master nih. Saya masih baru, yang saya lakukan cuma sharing info saja siapa tahu berguna bagi sesama.
    kunjungi balik ya mas.
    ilmudes.blogspot.com

  11. Saya jarang BW lagi nih mas, Jadi gak tega liat Alexa punya saya. pasti membengkak… emang sih Alexa bagus bgt buat menaikan popularitas blog/web kita, Tapi setidaknya alexa harus setiap hari dikontrol. tidak seperti Pagerank yang jarang update ratting

  12. Sebenarnya saya tidak terlalu sependapat tentang “hukum paradoks Alexa” yang dianut blogger ini Mas Ridha Harwan. Karena pengunjung pada umumnya sama sekali tidak bisa melihat dan tidak peduli dengan berapa rank alexa kita.

    Mereka kan datang dari search engine karena artikel yang kita buat, bukan karena rank alexa yang kita punya. Jadi tidak peduli seberapa kecil atau seberapa besar rank alexa kita, namun seberapa bermanfaat artikel yang kita buat untuk pengunjung “SE” tersebut. :D

    • Beetttoooeeellll.
      Pengunjung tidak mau tahu soal alexa, page rank, domain authority, page authorityh, dsb.
      Yang penting apa yang dia cari ada di blog kita.
      Sama seperti makan nasi goreng, kita gak peduli penjual nasi goreng itu pakai kecap merek apa., merek bango, kecap manis abc, dsb. :D

    • sangat setuju sekali eh dua kali saya dengan pendapat Mas Dory ini, karena hanya pengunjung dari kalangan blogger sajalah yang sering memantau rating alexa kita :)

    • Cara naikin pengujung, selain membuat artikel unik dan emang banyak dicari, bisa juga dibantu dengan media sial seperti fanpage facebook atau twitter. Tambahan backlink bisa saja, tapi harus hati-hati kita memilah dan memilihnya. Untuk tema blog Teh Santika sendiri, itu termasuk blog dengan persaingan yang cukup kuat loh. Tema kesehatan.

  13. blogwalking ya, kalo menurut saya beda lagi mas. kebetulan akhir tahun 2014 kemaren saya niatnya sih cuman iseng-iseng aja bikin blog bahasa inggris dengan artikelnya yang bisa dibilang hampir semuanya hasil terjemahan dan sedikit diedit pengunjungnya pun paling cuman saya doang.

    Dan waktu itu masih belum ada ranknya sama sekali mas, dan setelah update hari ini kaget juga langsung turun drastis ke 5jt, ntah bisa bertahan sampai kapan hal ini, blog saya yang lama aja turunnya bertahap 20jt>15jt>14jt dst. Ya mungkin ini hal yang biasa bagi yang udah ahlinya dalam hal nurunin alexa, tapi bagi saya beda lagi :D

    “No SS is Hoax?”, sayangnya saya gak sempat ngambil SS-nya :(

    Jadi intinya menurunkan alexa dalam versi saya itu artikel yang unik lah atau beda dari yang gitu. CMIIW kalo ada yang salah :D dan maaf juga komentarnya panjang :)

  14. Punya saya pengunjung per hari diatas angka 3rban tapi kok alexa malah naik lagi ya mas ridho walaupun memang angka ini sebenarnya turun dari angka sebelumnya. Mungkin bisa dijelaskan cara perhitungannya bang??

    Jujur kalau dulu sekitar tahun 2012an saya melakukan optimasi trafik dengan cara curang, dengan metode otomatis trafik seperti histats, autosurf, dsb. Tapi di tahun 2013 saya menghentikannya karena banyak orang yang mengatakan itu berbahaya untuk kelangsungan blog kita.

    • Sebenarnya inti dari tulisan di atas = “Jumlah pengunjung lebih penting dibandingkan alexa” atau dengan kata lain “Alexa gak penting untuk jadi fokus kita”.
      Kalau saya lihat berdasarkan hasil saat kita mengecek nilai alexa kita, penilaian alexa itu ada 3:
      1. Lamanya pengunjung di blog
      2. Berapa banyak halaman yang dibuka
      3. Seberapa sering pengunjung balik ke blog kita (bounce rate ini yang gak mudah).
      Tiga ribu pengunjung per hari sudah bagus bingits, kalau mau dioptimasi lagi, pakai media sosial.
      Kurang lebih itu :D

        • Saya gak tau tips soal bounce rate ini. Intinya gimana caranya supaya pengunjung sering balik ke blog kita. Mungkin kita mesti nyediain kuis gratisan kali yah. :D
          Mangkanya dengan blogwalking paling gak, yang datang dan balik lagi itu yah, yang sering komentar di sini di blog kita. :D

Leave a Comment