Cara Mengalihkan Halaman WordPress Lama ke Baru Tanpa Plugin

Cara Mengalihkan Halaman WordPress Lama ke Baru Tanpa Plugin

Pagi ini akhirnya blog lapak jasa penerjemah Inggris Indonesia Arab mengganti model tautan halaman tulisan (url) menjadi model baru. Rencana mengalihkan halaman (redirect) WordPress baru ke tautan baru sudah lama  sejak dua tahun yang lalu.

Awalnya halaman tautan permanen (permalink) blog adalah https://tarjiem.com/%year%/%monthnum%/%postname%.html Setelah nama domain blog ada tahun dan bulan terbit tulisan dan diikuti url pos. Contohnya:

https://tarjiem.com/2017/12/cara-redirect-url-wordpress-tanpa-plugin-eror-404

Sekarang permalink baru berganti menjadi https://tarjiem.com/%postname%/ Jadi setelah nama domain, struktur alamat blog tidak ada bulan dan tanggal tulisan itu ditayangkan (publish). Contohhnya:

https://tarjiem.com/cara-redirect-url-wordpress-tanpa-plugin-eror-404/

Model alamat blog tanpa tahun, bulan, tanggal, hari, jam, dianggap sebagai model yang baik dan ramah untuk optimasi mesin pencari (OMP) atau istilah di kalangan bloger adalah seo friendly.

Cara Redirect URL WordPress Tanpa Plugin Eror 404

Informasi cara mengganti lalu mengalihkan alamat blog WordPress (redirect url) tanpa plugin ini berasal dari wpexplorer. Lalu di dalam tulisan itu menyebutkan cara tanpa plugin WordPress redirection yang banyak tersedia secara gratis. Caranya dengan bantuan situs Yoast yang menyediakan kode atau script yang membuat kode baru yang nantinya ditaruh di paling atas .htaccess.

PERINGATAN: Buat cadangan blog (backup) terlebih dahulu, khususnya sebelum mengubah .htaccess.

Agar lebih mudah dan menghindarkan kesalahan fatal,gambar cara mudah dan aman mengganti alamat blog WordPress sesuai langkah-langkah di atas.

1. Gunakan Bantuan Script Dari Yoast

Buka Alamat yoast.com/research/permalink-helper.php untuk mengganti alamat blog WordPress tanpa plugin. Lengkapi kolom yang ada. Masukkan alamat blog, model tautan Lama, lalu klik “Generate”.

Cara Mengalihkan Halaman WordPress Lama ke Baru Tanpa Plugin atau Eror 404 Dengan Yoast SEO
Cara Mengalihkan Halaman WordPress Lama ke Baru Tanpa Plugin atau Eror 404 Dengan Yoast SEO

2. Salin Kode

Kode ini akan dimasukkan ke .htaccess.

Cara Redirect URL WordPress Tanpa Plugin Tanpa Eror 404 Yoast SEO
Cara Redirect URL WordPress Tanpa Plugin Tanpa Eror Halaman 404 Yoast SEO

3. Ganti Permalink WordPress

Masuk ke panel administrator blog (wp-admin) lalu Setting > Permalinks. Ganti struktur tautan permanen (permalinks structure) dengan /%postname%/.

Cara Ganti URL Permalink WordPress Blog Posting Lama Baru
Cara Ganti URL Permalink WordPress Blog Posting Lama Baru

4. Simpan Kode Di Paling Atas .htaccess

Ada banyak cara untuk mengakses dan mengganti berkas atau file .htaccess WordPress. Bisa masuk dari cPanel > File Manager, bisa menggunakan software WinSCP, atau bisa menggunakan FileZilla. Untuk tutorial cara mengganti alamat blog WordPress lama menjadi baru di sini menggantinya dari dalam halaman Administrator WordPress. Kebetulan blog ini menggunakan Plugin SEO Yoast yang di dalamnya ada fasilitas mengganti .htaccess.

Cara Ganti Permalink-URL WordPress .htaccess Bantuan Plugin Seo Yoast
Cara Ganti Permalink-URL WordPress .htaccess Bantuan Plugin Seo Yoast

Langsung masukkan kode dari Yoast ke .htaccess, setelah mengganti pengaturan permalink WordPress untuk menghindari tingkat pantulan pengunjung (bounce rate) menjadi tinggi.

Tips: Cara Mengubah Permalink Post di WordPress

Setelah selesai, berdoalah agar proses ini berjalan lancar bagi mesin pencari Google. Lakukan cara ini di saat pengunjung blog sedang sedikit, bisa malam hari atau dini hari. Jika khawatir terjadi kegagalan atau eror, gunakan plugin WordPress jenis redirection yang banyak tersedia gratis. Contoh plugin untuk mengubah permalink WordPress Simple 301 Redirects atau Redirection. Cara ini cocok buat pengguna WordPress yang berusaha mengurangi penggunaan jumlah plugin. Kode yang dibuat Yoast adalah kode pengalihan 301. Arti kode 301 adalah perubahan tautan tulisan di blog secara permanen dialihkan. Jadi, kode ini bisa dihapus apabila proses pengalihan url blog lama menjadi alamat blog yang baru sudah selesai dikenali semua oleh Google.

2 pemikiran pada “Cara Mengalihkan Halaman WordPress Lama ke Baru Tanpa Plugin

Tinggalkan komentar