WP Rocket VS SWIFT Perbandingan Plugin WordPress Berbayar vs Gratis

Sebuah tulisan pengantar dari video perbandingan plugin WordPress Swift Gratis vs WP Rocket Berbayar yang panjang di Youtube. kalau video itu dibuatkan jadi tulisan, pasti akan panjang dan lama. Akan ada banyak gambar disimpan di blog.

Akhirnya berhasil juga membuat video. Bloger jadi Youtuber.

Video ini dibuat tanggal 15 Agustus 2019. Awalnya dikira satu hari bisa membuat video perbandingan plugin WordPress WP Rocket berbayar vs SWIFT Performance Lite gratis.

Ternyata pada saat akhir atau proses rendering, video gagal dibuat. Hanya jadi 3 detik dari total 40 menit video. Bingung cari kesalahannya dimana. Jadi dibiarkan saja, sambil santai cari letak kesalahannya.

Baru 19 Agustus 2019, lima hari kemudian, buka kembali ACDSee Video Recorder 2 sebagai perangkat lunak untuk menyunting video. Letak masalahnya ketemu.

Tautan video: https://youtu.be/7VwucrzPbgY

Tulisan Pengantar: Video Plugin WordPres WP Rocket Berbayar vs SWIFT Performance Lite versi Gratis

Dalam video tersebut hanya tampilan dan “cuap-cuap” saja. Tulisan ini berusaha menyeimbangkan apa isi video tersebut.

WP Rocket

Beberapa tautan dan rujukan untuk WP Rocket:

  1. Situs WP Rocket: WP-Rocket.me
  2. Perjalanan pengembangan plugin WP Rocket di Trello https://trello.com/b/CrUcz6Jy/wp-rocket-roadmap
  3. Catatan perubahan/changelog WP Rocket https://wp-rocket.me/changelog/

Swift

Beberapa rujukan terkait plugin WordPress Swift. Terutama plugin Swift gratisan:

  1. Plugin Swift gratis di WordPress Swift Performance Lite oleh SWTE.
  2. Situs plugin Swift berbayar https://swiftperformance.io
  3. Arsip laman Swift Performance WordpRess Cache lama di Codecanyon atau Envato https://codecanyon.net/item/swift-performance-wordpress-cache-performance-booster/19716242

Autoptimize, LiteSpeed Cache, dan Yoast

Dalam video itu saya menyebutkan plugin Autoptimize https://wordpress.org/plugins/autoptimize/. Beberapa feature Autoptimize sudah cukup layak dibandingkan dengan WP Rocket. Belum lagi jika dibandingkan dengan plugin LiteSpeed Cache https://wordpress.org/plugins/litespeed-cache/ yang gratis juga.

Untuk plugin Yoast Seo, saya ingin sekali menghapus plugin ini. Tapi sulit sekali terlepas dari plugin ini. Mangkanya plugin ini sedikit “menyebalkan”.

Maaf Kalau Videonya Jelak

Ternyata saya sadar kalau kualitas video tersebut tidak begitu bagus saat sudah selesai. Sedikit pecah-pecah dan suara tidak 100% sinkron dengan gambar. Maklum, ini merupakan video pertama, ala-ala Youtuber. Jika dibuat ulang lagi, lama lagi.

Tinggalkan Komentar

Penonton bisa memanfaatkan kolom komentar di video Youtube tersebut atau di tulisan ini.

Video itu benar-benar membandingkan WP Rocket vs Swift di tarjiem.com. Khusus halaman depan/homepage saja. Kondisi 100% sama, share hosting, jumlah plugin, dan tema yang dipakai.

Pertama WP Rocket aktif, sebelum dinonaktifkan dan dihapus. Kemudian Swift diaktifkan dan diambil cache. Hasilnya, plugin WordPress Swift gratisan lebih bagus dibandingkan plugin WP Rocket berbayar. Baik itu kata GTMetrix atau Pingdom.

Per Agustus 2019, tarjiem.com menggunakan plugin Cache swift gratis.

Ada banyak tulisan soal kecepatan blog WordPress sebelumnya di sini. Contohnya ada di Google PageSpeed Insight 100/100 versi Insight 2019 dan Google PageSpeed Insight Lima Ribu kata tahun 2017.

Default image
Ridha Harwan
Penjual jasa penerjemah Inggris ke bahasa Indonesia dan Indonesia ke bahasa Inggris. Cek profil di sini atau tombol media sosial di bawah ini. Terima kasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

tarjiem.com adalah blog dan lapak jasa penerjemah bahasa Inggris ke Indonesia dan Indonesia ke Inggris.

Bandung - Jawa Barat

WhatsApp: +6285210384502