Selesai Memasang Http ke Https WordPress CloudFlare

Selesai Memasang Http ke Https WordPress CloudFlare

Alhamdulillah hari ini selesai memasang sertifikat ssl, dari http menjadi https di blog wordpress jasa terjemahan ini. Mungkin kalimat itu yang sebenarnya yang ingin saya jadikan sebagai judul tulisan kali ini. Padahal barusan tadi siang saya menulis tentang Pertimbangan Pemasangan Sertifikat SSL di WordPress, khususnya untuk blog jasa penerjemah bahasa ini.

Akhirnya menjelang siang hari, saya beranikan untuk menghubungi hosting saya di namecheap menanyakan soal bagaimana cara memasang sertifikat ssl untuk blog terjemahan ini. Berhubung tiket saya tidak dibalas hampir satu jam, maka saya beranikan untuk memulai memasang sertifikat ssl. Bermodalkan informasi yang banyak tersebar di internet dan di google tentang bagaimana cara memasang sertifikat ssl, mulailah saya menelaah satu per satu informasinya mengenai cara memasang sertifikat ssl di wordpress.org.

Cukup banyak halaman yang menjelaskan soal bagaimana cara memasang sertifikat ssl. Bagi saya hampir rata-rata semuanya menunjukkan tutorial secara langsung. Hampir semuanya rata-rata sama informasinya. Hanya saja ada satu dua buah blog yang cukup menarik infromasi mengenai tata cara memasang sertifikat ssl. Dua blog itu adalah:

  1. Cara Memasang Sertifikat SSL (HTTP to HTTPS) Di WordPress (https://membuatblogbaru.com/cara-memasang-sertifikat-ssl-http-to-https-di-wordpress/)
  2. Cara Setting SSL CloudFlare di WordPress

Cara pertama adalah petunjuk umum lalu cara kedua adalah cara lanjutannya. Berhubung blog terjemahan ini sama-sama menggunakan layanan CloudFlare paket gratis, maka saya pun juga merujuk cara kedua. Namun cara pertama tidak saya gunakan dan cara kedua saya gunakan begitu selesai memasang sertifikat ssl. Cara kedua juga tidak saya gunakan seluruhnya, saya tidak mengubah bagian .htaccess.

sertifikat ssl tarjiem comodo positivessl
Sertifikat SSL https tarjiem comodo positivessl

Saya bersyukur banyak dibantu oleh layanan obrolan langsung (live chat) di hosting saya. Saya mulai bicara dengan layanan pelanggan live chat dari siang hari sampai selepas isya. Hampir 3 jam 35 menit saya memasang sertifikat ssl. Semuanya atas bantuan layanan live chat-nya. Bersyukur koneksi internet lancar, tidak terputus-putus. Hanya sekali terputus begitu sudah mendekati akhir pemasangan ssl.

Mungkin di lain tulisan akan saya sampaikan mengenai catatan perpindahan http menjadi https dalam memasang sertifikat ssl di blog yang menggunakan wordpress.org dan yang menggunakan layanan cloudflare. Saya ingin menguji dulu selama satu minggu, apakah benar jika kita memindahkan alamat http menjadi https tidak memengaruhi jumlah pengunjung blog. Terlebih khusus tidak memburukkan indeks halaman pencarian (serp) di hasil pencarian. Terima kasih.

4 thoughts on “Selesai Memasang Http ke Https WordPress CloudFlare

  1. Salam kenal admin, beberapa waktu lalu saya mencoba pasang SSL gratis dari Cloudflare. Tadinya iseng aja karena penasaran ingin mencoba. Kurang lebih 24 jam setelah di setting ternyata SSL sudah aktif untuk url web saya. Namun ternyata yang banyak dibicarakan rekan blogger di internet benar. Tampilan blog menjadi berantakan, untungnya hanya ke alamat blog utama saja. Hari berikutnya saya memutuskan untuk berhenti memasang SSL untuk situs tersebut, saya delet url web saya dari cludflare. Namun ternyata setelah dihapus url utama menju blog saya tidak bisa di akses karena error authentifikasi sertifikat ssl sebab memang sudah dihapus. Saat menulis komentar ini sudah 2 hari sejak menghapus url web dari cludflare, url menuju situs utama saya tidak bisa di akses dengan notifikasi error yang sama. Saya belum menemukan solusinya, padahal nameserver di hosting domain sudah dikembalikan ke setting semula. Entah berapa lama harus menunggu untuk normal lagi.

    • Sudah lima hari sekarang ini gimana? masih eror juga. Saya kemarin mau tulis bahasan ini gak sempat. Tulisannya masih di draft. Saya masih fokus ganti themes dulu. Kalau kasus saya, penyebab utama erorr itu lantaran gambar-gambar masih menggunakan protokol HTTP bukan HTTPS. Bahkan saya dari awalnya pakai protokol “HTTP :// wwww” Saya ganti menjadi “HTTPS ://”. Setelah itu gambar banyak eror. Lalu saya ubah satu persatu alamat gambar menjadi HTTPS (tanpa wwww) dengan bantuan plugin Broken Link Checker. Ada 600 lebih gambar yang saya ubah.
      Selain itu saya banyak dibantu dengan plugin WordPress HTTPS SSL. Walau sudah gak diperbarui, ternyata plugin itu masih bagus.

Leave a Comment