Membedah Ilmu SEO Ala Matt Cutts

Membedah Ilmu SEO Ala Matt Cutts

Kurang lebih inilah jabaran penjelasan ilmu seo dasar ala Matt Cutts. Sederhana sekali. Cukup pahami dua poin di bahwa ini.

Saya mendapatkan ide judul tulisan ini pada saat membuat artikel, Artikel SEO Bikin Puyeng Kepala. Dalam artikel tersebut saya memasukkan nama Matt Cutts dan menautkan namanya ke blognya. Tidak sengaja saya masuk ke blognya dan secara tidak sengaja saya melihat tulisan mengenai tantangan 30 hari menulis non-stop “30 day challenge wrap-up: writing“. Artikel ini sendiri hanya mengambil contoh analisis data dari 1 kiriman dari Matt Cutts tersebut.

Kalender Matt cutts  membedah ilmu seo
Kalender Matt Cutts Gambar:mattcutts.com

Pernahkah kita membayangkan kalau orang yang kita anggap super sibuk sekali pun masih menyempatkan diri untuk menulis? Terlepas pada saat itu ia dalam kondisi sedang liburan atau masuk kantor, yang jelas seorang Matt Cutts sekali pun melakukan tantangan 30 hari non-stop untuk menulis.

Ilmu Menulis SEO ala Matt Cutts

Bagi yang puyeng (sakit kepala atau pusing) dengan ilmu seo, hanya ada 2 poin yang akan saya jelaskan di sini. Tidak perlu macam-macam. Cukup lakukan apa yang dilakukan oleh Matt Cutts.

1. Ilmu Dasar SEO itu Adalah Menulis

Tidak perlu kita baca macam-macam artikel bagaimana caranya agar bisa mendapatkan pengunjung yang banyak, bagaimana caranya agar artikel kita berada di halaman satu google, bagaimana cara menulis artikel seo, apa itu off page seo, on page seo, link building, tier 1, dsb. cukup lakukan apa yang dilakukan oleh Matt Cutts, menulis dan menulis.

Jika kita merasa sulit menulis, tulislah hal-hal yang sederhana terlebih dahulu. Tulislah apa-apa yang kita sukai, seperti diarynyabeby.blogspot.com. Saya baru sadar ternyata blog tersebut tiga kali lebih banyak memiliki jumlah tulisan dibandingkan blog saya.

Jabaran ilmu dasar seo dengan menulis:

Dengan menulis, itu artinya kita terus memperbarui tulisan kita. Secara otomatis, setidaknya blog yang kita miliki terus diperbarui oleh robot mesin pencari. Ingat, kita menulis dengan tangan kita sendiri dan pikiran kita sendiri. Itu artinya kita tidak menggunakan teknik instan atau copy-paste atau spin-span-spun. Jabaran tambahannya coba baca Perbedaan Berkomentar Di Facebook Dengan Di Blogwalking.

2. Membangun Tautan Internal (Internal Link Building)

Ternyata seorang Mat Cutts sekali pun, ia menggunakan teknik Wikipedia backlink building atau menautkan semua hal-hal yang bersangkutan dengan tulisan yang ada di dalam kirimannya (artikelnya) dengan tautan di dalam situs itu sendiri atau istilah lainnya adalah inbounds link (tautan ke dalam).

Jabaran penjelasan tautan ke dalam (inbound links):

Secara logis, hal ini memang masuk akal, karena sang penulis sendiri tidak perlu menjelaskan lagi apa arti kata-kata yang ia maksudkan, tinggal memberikan tautan yang dimaksudkan saja. Sang pembaca juga tidak akan kesulitan memahami apa yang dimaksudkan dengan tuturan penulis jika ia mengikuti tautan yang dimaksudkan oleh penulis.

Matt Cutts Itu Siapa?

Jika ia mengenal siapa itu Matt Cutts, setidaknya ia sudah lama di dunia perblogingan atau perseoan. Siapa itu Matt Cutts?

Hi, my name is Matt Cutts and I joined Google as a software engineer in January 2000. I’m currently the head of Google’s Webspam team.
Before Google, I worked on my Ph.D. in computer graphics at the University of North Carolina at Chapel Hill. I have an M.S. from UNC-Chapel Hill, and B.S. degrees in both mathematics and computer science from the University of Kentucky.
I wrote the first version of SafeSearch, which is Google’s family filter, and I’ve worked on search quality and webspam at Google for the last several years.
Diambil dari halaman paling depan mattcutts.com.

Jika diibaratkan sebuah provinsi, maka Matt Cutts adalah kepala dinas kebersihan sebuah lingkungan (baca:google). Tugasnya yaitu menciptakan hewan-hewan yang unyu-unyu (lucu-lucu) namun menyebalkan bagi para pemain oto-otoan, nama hewan-hewannya di antaranya google penguin, google panda dan google pirate. Tugas utamanya adalah menjaga hasil pencarian yang ditampilkan di google tidak menampilkan situs-situs spam (asal jadi).

Algoritma Pinguin 2.0 di blog Terjemahan Inggris Indonesia dciseo
Salah satu hewan peliharaan yang kadang menyebalkan, google penguin.

Mungkin itu saja penjelasan ilmu seo ala Matt Cutts. Kesimpulan utamanya adalah teruslah menulis dan jika memungkinkan tambahkan sedikit garam (seo) dalam tulisan-tulisan yang dihasilkan. Saya pribadi terkadang menggunakan teknik menulis apa adanya dan juga menggunakan teknik menulis artikel seo. Kedua teknik ini saya padukan sesuai kebutuhannya namun tetap berfokus kepada para calon pembaca sebagaimana kita tidak kebingungan membaca hasil tulisan kita sendiri.

Pak de matt-cutts memebdah ilmu seo
Matt Cutts Gambar:mattcutts.com

Sebagai penutup dan juga sebagai pengembira bagi saya, setidaknya 50% tulisan ini ada kandungan kesahihannya (kebenarannya), walaupun itu tidak mutlak. Alasannya, karena saya sendiri merujuk dari tulisannya sang ‘Ketua Satpol PP’ itu sendiri. ;)

71 thoughts on “Membedah Ilmu SEO Ala Matt Cutts

  1. selamat pagi admin, terima kasih informasinya saya jadi tambah ilmu setelah mbaca baca tulisan sampean yang di tulis di halaman situs ini. salam kenal dari sutopo sasuke

  2. Menulis artikel memang bukan perkara mudah dan menyenangkan bagi seorang blogger yang juga sibuk di dunia offline. Namun akhir-akhir ini saya punya kebiasaan menulis di HP dan menyimpannya sebagai konsep. Menulis di HP ternyata lebih menyenangkan dan terasa lebih mudah daripada harus monoton duduk di depan monitor laptop. Menulis di HP bisa saya lakukan kapanpun dan dimanapun saya mau. :-)

  3. yup seo itu sederhana kan gan…dan memang saya selalu mengingatkan untuk menjad tulisan dan selalu update agar update robot mesin pencari selalu merayi blog dengan update artikel tersebut….sebenarnya update ini juga termasuk kunjungan dan kunjung unik yang akan selalu diupdate oleh mesin pencari untuk memperbaharui trafik kunjungan dari suatu situs…menurut agan gimana?

  4. Nah terbukti kan, sama si om mat cutts ini, SEO paling dasar adalah menulis. makanya menulislah sebanyak mungkin. ayo kang ridha, ditambah lagi jumlah tulisannya biar gak kalah dari blognya mbak beb. hehe

  5. “Dengan menulis, itu artinya kita terus memperbarui tulisan kita. Secara otomatis, setidaknya blog yang kita miliki terus diperbarui oleh robot mesin pencari. Ingat, kita menulis dengan tangan kita sendiri dan pikiran kita sendiri. ”

    Ini yang berat mas, butuh komit lebih sepertinya.. Itu artinya kita tidak menggunakan teknik instan atau copy-paste atau spin-span-spun. :D

  6. Tekniik dasar SEO nya oke banget, bila selalu di lakukan update artikel baru 30 hari nonspot, dengan membangun internal link, dan melakukan blogwalking dengan baik. Dan sepertinya itu merupakan teknik dasar blogging yang sehat tanpa harus melakukan kecurangan sampai diri kita sendiri menjadi pusing memikirkan SEO.

Leave a Comment