Select Page

Perbedaan Berkomentar Di Facebook Dengan Di Blogwalking

Perbedaan Berkomentar Di Facebook Dengan Di Blogwalking

Sebenarnya sih judul perbedaan berkomentar di facebook dengan di Blogwalking ini hanya akal-akalan saya saja supaya bisa bikin artikel ringan. Karena sebelumnya saya sudah membuat artikel yang agak teknis sedikit mengenai metode blogwalking yang saya gunakan, dan beberapa komentar yang sudah muncul di sana belum sempat saya balas. Saya ingin membuat artikel ini saja dulu, sebagai artikel setoran di pagi hari.

Apa sih perbedaan berkomentar di facebook dengan di blogwalking?

Masih dalam edisi blogwalking, karena saat ini saya lagi gemar blogwalking. Karena efeknya lebih terasa dibandingkan menunggu efek backlink yang sepertinya, sifatnya hanya memperkokoh posisi kata kunci kita dibandingkan mendatangkan jumlah pengunjung baru dan memancing google mengindeks situs kita secara sehat.

Jelas berbeda dong, berkomentar di facebook dengan di blogwalking. Bedanya, kalau di facebook kita berkomentar hanya dalam satu jendela. Kita cukup membuka facebook.com saja dan memeriksa status siapa saja yang menarik untuk dikomentari. Kalau di blogwalking, kita mesti membuka satu per satu blog atau website untuk kita komentari.

Nah, masalahnya ada perbedaan yang mendasar sekali menurut saya, apalagi dalam hitung-hitungan ekonomi.

Saat kita berkomentar di blog seseorang, dalam rangka kegiatan blogwalking, kita setidaknya mendapatkan kunjungan balik dari blog di mana kita berkomentar. Nah itu jelas-jelas akan membantu blog kita populer di mesin pencarian. Beda dengan di facebook, jika kita masuk akun facebook dan mulai memperbarui status kemudian mulai memberikan komentar-komentar di status yang ada, kira-kira yang ramai situsnya siapa? Facebook bukan?

Spanduk "Tutup" Pada Akun Fceobook Timeline.

Spanduk “Tutup” Pada Akun Facebook Timeline.

Saya ambil contoh kecil saja.

Berapa banyak jumlah kata yang kita tulis di facebook dalam satu hari? Apakah itu membuat status baru atau memberi komentar-komentar pada status yang ada. Anggap saja jumlah kata yang kita buat hanya berkisar 100 kata saja. Itu artinya hanya sebanyak dua paragraf awal dalam tulisan ini. Nah bagaimana jika energi menulis kita, kita salurkan untuk menulis di blog kita atau kita salurkan untuk berkomentar di blog-blog sebagai daftar di blogwalking kita. Tentu kita senang mereka akan datang kembali dan meninggalkan komentar.

Di sinilah perbedaan berkomentar di facebook dengan di blogwalking. Walaupun kegiatannya sama-sama memberikan komentar namun jika kita memberikan komentar di blog rekan blogwalking kita, maka minimal hasil tulisan kita ada yang melihatnya, sekaligus mendapatkan komentar. Beda dengan di facebook, kita akan membantu perbendaharaan banyaknya jumlah status yang muncul di facebook. Kalau itu kita salurkan untuk membuat tulisan, mungkin setiap hari kita bisa menghasilkan sebuah tulisan kecil, setidaknya sekitar 200 kata untuk satu artikel.

Sedikit tambahan. Menurut saya, sebenarnya ada lagi perbedaan berkomentar di facebook dengan di blogwalking, yaitu dalam hal jumlah komentar dengan jumlah pertemanan di facebook dan di blogwalking. Hal itu bisa terlihat dari blog jasa terjemahan saya sendiri ini. Walaupun saya hanya berlangganan 50 blog atau melakukan pertemanan di blogwalking sebanyak 50 blog saja, namun jumlah komentar yang muncul malah lebih banyak dibandingkan saat saya membuat sebuah komentar di facebook dalam satu hari, yaitu ada 30 komentar lebih yang saat ini belum di balas. Padahal jumlah pertemanan di akun facebook saya hampir ada sekitar 340 lebih jaringan pertemanan di facebook.

Kurang lebih itulah sebuah perbedaan berkomentar di facebook dengan di blogwalking, terlepas terdapat perbedaan yang mendasar antara fungsi penggunaan facebook itu sendiri dengan blog kesayangan kita yang saat ini kita bangun.

About The Author

Ridha Harwan

Penjual jasa penerjemah Inggris Indonesia. Selengkapnya...

74 Comments

  1. Cara tinggi

    Kalo comment di blog yang menggunakan facebook comment plugins bagus gak buat backlink?

    Reply
    • Ridha Harwan

      Maaf, tidak tahu.

      Reply
  2. ititasic

    kalau di facebook namanya jadi facebookwalking

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya benar. Jadi pengen bikin tulisan ini.

      Reply
  3. Ruang Sehat

    Makasih mas postnya, tapi kalo untuk traffik menurut mas gimana ya comment di fb? saya ngerasain sih meskipun sedikit

    Reply
    • Ridha Harwan

      Menggunakan sistem komentar dengan kolom facebook memang betul banyak membantu. Apalagi kalau blognya menggunakan Bahasa Indonesia dan Indonesia termasuk negara pengguna facebook terbanyak.

      Hanya saja, menurut saya kolom komentar facebook itu lebih cocok dipakai di blogspot. Jika di wordpress, paling tidak memberatkan blog saat halamannya dibuka (menambah waktu muat / loading time). Untuk di wordpress, saya tetap masih suka kolom komentar bawaan wordpress.

      Reply
  4. Ronaldi Tumanggor

    membuat link blog di fb baik gak untuk adsense nantinya….

    Reply
    • Ridha Harwan

      Menurut saya sih gak apa-apa, itu kan sama saja dengan membuat link di google plus. Asal jangan nyepam saja.

      Reply
  5. kutukamus

    Meski tidak tahu pasti (saya tidak punya fb/twit), rasanya kontak via blog itu person-nya lebih kerasa ya, kalau fb/twit yang dominan kicau/statusnya. Tapi ya nggak ngerti juga ding :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kalau fb nya banyak teman kita yang kenal sih enak, kalau gak banyak yang dikenal itu yang repot. :)

      Reply
  6. Achmad Fazri

    saya baru tau perbedaannya disini.. berarti lebih baik blogwalking ya,, kalo fb biasanya saya cuma share postingan saja.. itupun lewat Fanpage, soalnya teman fb saya kebanyakan jarang aktif ngeblog… terimakasih infonya mas

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sama saja, asal kita pandai mengelolanya.

      Reply
  7. Beby

    Tapi lebih enak blogwalking.. :D

    Reply
  8. penelusuran Artikel

    menurut saya kalau komentar di Fb cuma iseng2 saja tnpa tau makna dari stats tsb, ,tpi kalau berkomentar lwat Blogwalking tentu saja sangat bermanfaat. Selain berkomentar ,kita juga dapet wawasan serta ilmu baru dari blog/web yg kita kunjungi . . .

    Reply
    • Ridha Harwan

      Yoii…., kalau artikelnya di baca sih. :D

      Reply
  9. Akhmad

    cuma beda teman mas,hihii,enakan blogwalking tapi

    Reply
    • Ridha Harwan

      Haha iya benar, di facebok temannya mungkin hampir dikenal. Kalau di blogwalking mungkin hanya mengenal sebatas di dunia maya.

      Reply
  10. Ibrahim lubis

    saya lebih suka blogwalking mas, komentar postifi dan jawaban positif, dari pada di Facebook, bahkan hampir 6 bulan, facebook saya ndak saya buka tu :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Wiih keren euy, rekor saya masih 3 bulan.

      Reply
  11. yanto cungkup

    saya setuju mas.menurut saya lebih bagus komentar di BW,karena setidaknya kita mendapatkan kunjungan balik dan blog kita menjadi semakin rame.

    asal komentarnya nyambung dengan artikel yg dibahas

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya. Sudah capek-capek bikin artikel trus gak dibaca alaagi koemntarnya gak nyambung, itu yang bikin nyesek.

      Reply
  12. Teja Sukmana

    Makasih Ka atas infonya, bermanfaat banget.

    Salam blogger :)

    Reply
  13. Anthonie Eka

    Kalau saya biasa blogwalking karena lebih nyaman kalau komentar facebook malah saya nggak pernah mas :)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Syukur deh, facebook itu kadang bikin adiktif juga.

      Reply
  14. Muhammad Nuhan Nahidl

    kalau menurut saya mas. Perbedaan kometar di facebook dan blogwalking sangat banyak walaupun sama-sama memberi komentar. Blogwalking lebih banyak positifnya bila di bandingkan dengan komentar di facebook. Terus kita lebih banyak dapat ilmunya dari pada di facebook….

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya, ilmunya ada kalau kita baca artikelnya. Kalau main tembak langsung komentar kadang, meleset juga komentar yang kita berikan.

      Reply
      • Muhammad Nuhan Nahidl

        betul sekali mas Ridha, kita akan dapat ilmu dari Blogwalking jika kita baca dulu artikelnya. Kalau tidak baca dulu artikelnya pasti komentarnya tidak nyambung atau out of topic (betul tidak ya tulisanya).

        Reply
        • Ridha Harwan

          Iya betul tulisannya. Mangkanya kita mesti baca dulu tulisannya biar komentarnya pas.

          Reply
  15. Info Menarik

    Kedua-duanya (facebook dan blog) untuk saya pribadi belum bisa dilepas, terutama blog. Dari segi keuntungan, facebook juga bagi saya dapat menguntungkan. Saya bisa iklan produk-produk dengan memanfa’atkan jejaring sosial tersebut.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Betul. Cuma mungkin dalam hal ini, saya lebih fokus ke akun status pribadi. Kalau fanspage mungkin itu sulit dilepaskan dari blog.

      Reply
  16. Arie

    melihat dari segi keuntungan aja sudah pasti lebih untuk berkomentar di blog ya Mas Ridha :) , kalau di fb walaupun teman kita ratusan tapi paling hanya 1/3 nya saja yang melihat wal kita

    Reply
    • Ridha Harwan

      Bbbeeettttoooooeeeeeeeelllllllllllll Pak Arie. Ternyata kalkulis saya dan Pak Arie gak jauh beda. Paling banyak itu Hanya 1/3 dari jumlah pertemanan, itupun sudah termasuk jempol.

      Reply
  17. Wahab Saputra

    Bener banget kang… hati2 di fb banyak alayers…

    Reply
    • Ridha Harwan

      Selain alayers, banyak juga jebakan batmen. Seperti kasus “gadis mabuk” kemarin itu.

      Reply
  18. Achmad Muharya

    Dan karena alasan yang sama kaya punya mas Ridha itulah belakangan ini saya lebih sering ngurus blog saya. Pengennya sih ngehapus akun FB saya, tapi musti mikir-mikir dulu :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Dibiarin saja akun facebooknya, tapi jangan keseringan apdet status, apalagi itu gak penting-penting amat.

      Reply
      • Achmad Muharya

        ho ho iya, saya baru tersadar setelah beberapa tahun menggunakan FB, ternyata itu semua sia-sia :D

        Reply
        • Ridha Harwan

          Yah enggak juga sih, kalau kita pandai mengelola facebook kita.

          Reply
  19. santika

    sampai sedetil itu yah perbedaanya, aku ga kepikiran tentang hal itu sepertinya ga penting tapi setelah dibahas secara rinci ternyata sisi manfaat blogwalking sangat besar ya.. ada pengalaman yang kurang srek dihati ketika blogwalking, yaitu aku ga mau datang pada sebuah blog yang tak pernah berkunjung balik setelah kita kunjungi lebih dari 5 kali hahah..

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kok sama yah Mbak peraturan kebijakan kita, saya kayaknya cukup sampai 3-4 kali saja. Gak sampai 5 kali. Kalau saya kalau kurang sreg sama blognya, saya hapus tuh dari daftar rss reader saya. hahahaha

      Reply
  20. Fatahillah

    wahh bener juga yah haha baru nyadar :v kalo gitu mending bloggwalking aja di blogger dari pada di FB :V KERENNNNN … :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Terima kasih. Facebook juga enak, buat mancing pengunjung datang ke blog kita.

      Reply
  21. muzi

    Kalau dari penelusuran saya mas, sekarang google hanya menghitung link trafiknya dari G+ doank. FB dan Twitter tidak di hitung sebagai backling dan ini lumayan tidak bagus untuk SEO. Blogwalking masih cara terbaik untuk meningkatkan pengunjung blog mas. Gimana menurut mas hendra.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kalau saya sih, sinyal facebook, itu masih termasuk perhitungan indikator media sosial. Yah gak tau sendiri sih kalau apa kata google. :D

      Reply
  22. bengkel blogger

    memang beda berkomentar facebook dengan blogwalking…kalau di facebook biar kacau dan ngalor ngidul mah gak masalah…tapi diblog diperlukan komentar yang relevan dengan konten. tapi kadang saya juga membuat komentar di blog menjadi semacam percakapan, makanya beberapa blog kawan-kawan saya sering ikut membalas komentar mereka, wlau kadang diselingi dengan candaan atau guyonan ringan…namun minimal harus ada satu komentar yang nyambung dengan tema yang ditulis adminnya. iya gak min? eeehhhh gan? heheeeee

    Reply
    • yanto cungkup

      itu mah saya banget mbah.
      janji ada satu komentar yg sesuai topik sih nggak masalah

      Reply
      • Ridha Harwan

        Asal satu-dua komentar saja yah, kalau sudah 10-11 komentar diluar topik itu itu yang kacau. hahahha

        Reply
    • Ridha Harwan

      Haha benar banget Mbah. Di facebook bebas mau ngomentar apa. Kalau dibuat jadi percakapan dalam kegiatan blogwalking dan itu masih dalam bahasan tulisan itu malah jadi bagus, kalau yang di luar topik itu yang kadang ngerepotin calon pembaca yang mungkin sedang cari informasi yang diperlukan.

      Reply
  23. wongcrewchild

    kalo di fb mungkin hanya sekedar buat gaul aja.. juarang banget buka akunnya

    mending BW

    Reply
    • bengkel blogger

      lah lalu…mau gaul gimana mas…buka aja jarang…nah lho … gimana tuh gan?

      Reply
      • Ridha Harwan

        Buka yang lain kali Mbah, hehehee

        Reply
    • Ridha Harwan

      Saya cuma sesekali saja, buat ngecekin fanspage saya.

      Reply
  24. mitradetik

    berati SEO lewat sosmed tidak akan mendatangkan trafik dunk mas

    Reply
    • Ridha Harwan

      SEO lewat sosmed sangat bisa mendatangkan pengunjung (traffic).

      Reply
    • Ridha Harwan

      Saling +1 itu penting banget tuh, saya ngarep banget tuh.

      Reply
    • Sucipto Kuncoro

      Gan gimana caranya biar fanpage facebook sampai 1951?

      Reply
      • Ridha Harwan

        Rajin di apdet fanspagenya. Mas Sucipto mending bikin fanspage tentang dunia kesehatan. Wah itu bakalan lkau keras tuh fanspagenya.

        Reply
  25. vinadevina

    kalo saya sih mending blogwalking aja, selain nambah informasi juga mempererat silaturahmi

    Reply
    • Ridha Harwan

      Facebook juga bisa mempererat silaturahmi, cuma lebih enak membuat komentar blogwalking dibandingkan berkomentar di status facebook.

      Reply
  26. buret

    terlalu sering nongkrong di fb tidak banyak memberikan feedback bagi saya mas, beda dengan blogwalking, manfaatnya banyak banget. Tapi saya memanfaatkan sosmed seperti fb untuk media promosi postingan blog, meski traffic nya sedikit, haha

    Reply
    • bengkel blogger

      kalau saya mencari teman dan jaringan mas…banyak juga manfaatnya dari facebook dan itu sangat membantu sekali…mungkin cara mengelolanya aja kali ya gan yang harus diperhatikan dan dipikirkan untuk keperluan kita masing-masing.

      Reply
      • Ridha Harwan

        Beetttoooeellllll. Cara mengelolanya itu penting, apalagi kalau sudah punya banyak jempol fanspagenya. Mantap deh.

        Reply
        • khoirun naim

          jempolnya udah banyak ditambah lagi yang ngeshare(membagikan) itu loeeebihhh muanntapp

          Reply
          • Ridha Harwan

            Kok tahu, hahahaha

    • Ridha Harwan

      Tapi kalau kita pandai memanfaatkan facebook, khususnya panspage, kita bakalan bisa menjaring pengunjung dari facebook juga.

      Reply
  27. Mas Dory

    Saya sendiri malah jarang main ke Facebook Mas Hehe dulu pernah punya teman sampai 700 an, namun akhirnya saya delete akunnya karena kebanyakan tidak kenal.

    Jika belum punya blog sendiri, facebook bisa jadi sangat powerfull, karena dengan hanya mengetikkan nama kita di browser, maka nama kita tersebut yang muncul di SERP. Beda halnya jika kita sudah punya web dengan nama kita sendiri, lama kelamaan posisi akun facebook tergeser dengan alamat web kita tersebut. :D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Betul Mas Dory. Semoga nanti nama saya juga bukan facebook lagi yang muncul. Malah blog ini yang muncul. Benar tuh, saya sekarang juga hati-hati di facebook. Banyak jebakan soalnya di sana.

      Reply
      • Mas Dory

        Karena fb sudah sangat terkenal bisa mendatangkan traffic suatu blog, akhirnya banyak yang ingin mengoptimalkan fb nya. Termasuk dengan cara-cara yang kurang baik (menurut saya), seperti pasang foto profil cewek cakep, kemudian tebar link sana-sini di fb (yang Mas Ridha sebut sebagai jebakan Batman :D ) .

        Benar juga apa yang di katakan Mbah Dinan, sebenarnya bukan sosial media nya, namun pengelola nya. |o|

        Reply
        • Arie

          salah kaprah dalam pengoptimalan berati ya Mas Dory

          Reply
        • Ridha Harwan

          Hahaha, terima kasih, poin yang saya maksudkan itu ternyata ditangkap oleh Mas Dory.

          Reply
    • bengkel blogger

      kalau menurut saya mah…masing-masing punya kelebihan dan punya gaya tersendiri dalam mengelolanya mas…gampang gak gan? heeee

      Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video

Loading...

Berlangganan

Ikuti Tulisan Kami

Ikuti Tulisan Kami

Setiap kali ada tulisan baru akan dikirim ke alamat ini.

Berhasil! Nantikan kabar terbaru dari kami.