085210384502 Telp/SMS/Line/Telegram tarjiemcom@gmail.com



Sebenarnya sih judul perbedaan berkomentar di facebook dengan di Blogwalking ini hanya akal-akalan saya saja supaya bisa bikin artikel ringan. Karena sebelumnya saya sudah membuat artikel yang agak teknis sedikit mengenai metode blogwalking yang saya gunakan, dan beberapa komentar yang sudah muncul di sana belum sempat saya balas. Saya ingin membuat artikel ini saja dulu, sebagai artikel setoran di pagi hari.



Apa sih perbedaan berkomentar di facebook dengan di blogwalking?

Masih dalam edisi blogwalking, karena saat ini saya lagi gemar blogwalking. Karena efeknya lebih terasa dibandingkan menunggu efek backlink yang sepertinya, sifatnya hanya memperkokoh posisi kata kunci kita dibandingkan mendatangkan jumlah pengunjung baru dan memancing google mengindeks situs kita secara sehat.

Jelas berbeda dong, berkomentar di facebook dengan di blogwalking. Bedanya, kalau di facebook kita berkomentar hanya dalam satu jendela. Kita cukup membuka facebook.com saja dan memeriksa status siapa saja yang menarik untuk dikomentari. Kalau di blogwalking, kita mesti membuka satu per satu blog atau website untuk kita komentari.

Nah, masalahnya ada perbedaan yang mendasar sekali menurut saya, apalagi dalam hitung-hitungan ekonomi.



Saat kita berkomentar di blog seseorang, dalam rangka kegiatan blogwalking, kita setidaknya mendapatkan kunjungan balik dari blog di mana kita berkomentar. Nah itu jelas-jelas akan membantu blog kita populer di mesin pencarian. Beda dengan di facebook, jika kita masuk akun facebook dan mulai memperbarui status kemudian mulai memberikan komentar-komentar di status yang ada, kira-kira yang ramai situsnya siapa? Facebook bukan?

Spanduk "Tutup" Pada Akun Fceobook Timeline.

Spanduk “Tutup” Pada Akun Facebook Timeline.

Saya ambil contoh kecil saja.

Berapa banyak jumlah kata yang kita tulis di facebook dalam satu hari? Apakah itu membuat status baru atau memberi komentar-komentar pada status yang ada. Anggap saja jumlah kata yang kita buat hanya berkisar 100 kata saja. Itu artinya hanya sebanyak dua paragraf awal dalam tulisan ini. Nah bagaimana jika energi menulis kita, kita salurkan untuk menulis di blog kita atau kita salurkan untuk berkomentar di blog-blog sebagai daftar di blogwalking kita. Tentu kita senang mereka akan datang kembali dan meninggalkan komentar.

Di sinilah perbedaan berkomentar di facebook dengan di blogwalking. Walaupun kegiatannya sama-sama memberikan komentar namun jika kita memberikan komentar di blog rekan blogwalking kita, maka minimal hasil tulisan kita ada yang melihatnya, sekaligus mendapatkan komentar. Beda dengan di facebook, kita akan membantu perbendaharaan banyaknya jumlah status yang muncul di facebook. Kalau itu kita salurkan untuk membuat tulisan, mungkin setiap hari kita bisa menghasilkan sebuah tulisan kecil, setidaknya sekitar 200 kata untuk satu artikel.

Sedikit tambahan. Menurut saya, sebenarnya ada lagi perbedaan berkomentar di facebook dengan di blogwalking, yaitu dalam hal jumlah komentar dengan jumlah pertemanan di facebook dan di blogwalking. Hal itu bisa terlihat dari blog jasa terjemahan saya sendiri ini. Walaupun saya hanya berlangganan 50 blog atau melakukan pertemanan di blogwalking sebanyak 50 blog saja, namun jumlah komentar yang muncul malah lebih banyak dibandingkan saat saya membuat sebuah komentar di facebook dalam satu hari, yaitu ada 30 komentar lebih yang saat ini belum di balas. Padahal jumlah pertemanan di akun facebook saya hampir ada sekitar 340 lebih jaringan pertemanan di facebook.

Kurang lebih itulah sebuah perbedaan berkomentar di facebook dengan di blogwalking, terlepas terdapat perbedaan yang mendasar antara fungsi penggunaan facebook itu sendiri dengan blog kesayangan kita yang saat ini kita bangun.


Pin It on Pinterest

Shares

Tolong Bagikan

Bantu bagikan ke teman-teman lainnya..