Dunia Bloger Tidak Seindah yang Dibayangkan, Percayalah

Dunia Bloger Tidak Seindah yang Dibayangkan, Percayalah

Judul tulisannya puitis amat. Baru saja menulis panjang kali lebar soal Unsplash. Pas mau dipublikasi, terlibat obrolan pendek, tapi cukup berbekas.

Percayalah, kalau tidak percaya juga tidak apa-apa. Toh ini hanya sedikit cerita saja.

Kadang ada yang mengira kalau menjadi penulis di blog (bloger) adalah kegiatan atau pekerjaan yang enak. Enak bisa mencari uang melalui internet selama 24 jam. Bekerjanya juga tidak terbatas dengan tempat. Asalkan ada jaringan internet dan perangkat untuk mengetik, ditambah blog gratisan, label bloger sudah bisa disandang.

Hanya saja iklan menjadi bloger yang bisa bekerja dimana saja, uang tetap mengalir walau sedang tidur adalah jargon yang bisa membuat orang salah kaprah. Pepatah terkenal bahasa Inggris “No Pain, No Gain” yang terjemahan Inggris Indonesia bebasnya, “Tak Bekerja Ya Tak Dapat Uang” itu juga berlaku di dunia bloger.

Foto Gratis Bagus Orang Mengetik di Laptop iPhone Meja Hp Komputer
Orang Mengetik di Laptop iPhone

Arti Bloger

Bloger sendiri sebetulnya lebih diartikan sebagai penulis yang menampilkan tulisan di blog. Jadi arti bloger adalah penulis di blog. Tanpa membuat tulisan di blog, itu artinya bukan bloger. Alasannya, membuat blog itu gratis dan mudah, tapi masalahnya setelah blog itu dibuat, lalu mau diapakan?

Sama saja dengan kita yang sudah memutuskan mengampil pena dan buku yang dibagi secara gratis. Lalu setelah pena dan buku gratisan ini diambil mau diapakan barang gratisan yang tak tampak ini.

Risiko Bloger

Setelah menulis di blog masih ada tantangan yang dihadapi. Apakah tulisan yang ditulis itu dibaca atau sama sekali tidak ada pembacanya, hanya penulis saja yang membaca. Kalau pun tulisan menarik pengunjung untuk dibaca, apakah banyak yang membacanya.

Risiko lain jadi bloger adalah, saat tulisan itu banyak yang membaca, maka besar kemungkinan tulisan itu bakalan kena copy-paste. Perlu diketahui, tidak sedikit yang menyalin rekat tulisan 100% yang sama di dunia bloger. Nah yang lebih mengenaskan itu adalah, pada saat tulisan sudah disalin rekat sama persis, lalu blog atau situs lain yang menyalin itu ternyata lebih banyak jumlah pembacanya dibandingkan sumber tulisan blog itu sendiri. Hal ini sudah dianggap biasa dalam dunia bloger. Terlebih lagi yang menggunakan teknik hotlink, sehingga bisa membuat mesin hos bisa kepanasan.

Ilustrasi Uang Koin 5,10,50 Sen Duit Recehan Warna Kuning
Ilustrasi Uang Koin 5,10,50 Sen Duit Recehan Warna Kuning

Pendapatan Bloger

Apa benar “walau sedang tidur uang mengalir terus” berlalu di bloger? Hal itu sebenarnya memang benar. Dunia maya sendiri adalah dunia yang tidak pernah tidur, aktif 24 jam. Hanya saja seberapa besar pendapatan yang diterima? Itu pertanyaan kritisnya.

Setelah mencari pembaca blog sulit lalu tulisan banyak disalin, apakah akan mungkin pendapatan bloger itu akan tinggi?

Belum terkadang pendapatan bloger itu naik turun tak menentu. Terkadang rasio antara jumlah pengunjung dan pendapatan itu tidak sebanding. Ditambah dengan besarnya jurang pemisah antara pendapatan blog berbahasa Inggris dan blog yang menulis dengan bahasa Indonesia.

Siapkan ‘dompetmu’
Pengeluaran Bloger

Masih penasaran lagi susahnya jadi bloger?

Tulisan banyak disalin rekat, mencari pengunjung blog yang tidak mudah, harus menulis setiap hari, dan resiko pendapatan yang tidak sebanding, masih ada lagi ‘derita’ jadi bloger. Kalau hanya sekadar menggunakan blogspot atau wordpress .com saja, jelas bakalan tidak akan mengeluarkan uang.

Sebenarnya tetap mengeluarkan uang. Minimal membayar kuota internet untuk online.

Itu baru pengeluaran kecil yang pasti, bayar tagihan internet. Belum lagi jajanan dalam dunia bloger. Jajanannya bukan hanya domain atau hosting saja, masih banyak yang lain.

Saran dan Masukan

Di beberapa tulisan sudah ada saran untuk mereka yang tergiur dengan dunia bloger yang tampak indah ini. di antaranya adalah ini saran untuk pengguna WordPress dan ini untuk saran pengguna Blogspot. Bagaimana untuk pengguna Wordpres.com atau Tumblr, Wix, atau yang lainnya? Sama saja.

Hal yang penting adalah, buat tulisan itu menarik dibaca oleh pengunjung. Itu tantangannya. Selain banyak dibaca pengunjung, tulisan itu harus 100% tulisan asli lolos plagiarisme dan harus rajin menulis. Minimal dalam satu minggu itu harus ada tulisan yang dibuat >500 kata. Plus kalau bisa ditambah penerapan trik optimasi mesin pencarian. Seperti penerapannya di dalam tulisan ini, walau tanpa tautan balik. Hanya bermain di on page saja.

Sebagai tambahan bagian suram bloger ini, saat tulisan sudah dikenal maka poin yang tersulit lagi adalah bagaimana agar bertahan untuk tetap terus terkenal. Terkenal dan bertahan dihasil mesin pencari itu tidak mudah. Banyak variabel dan pesaing yang siap adu kualitas tulisan on page/off page di hasil pencarian. Hal ini tidak mudah. Belum lagi kalau tiba-tiba blog menghilang terbang melayang tak tampak sulit dikembalikan. Puitis lagi.

Bagaimana, masih tertarik dengan dunia bloger yang kadang digambarkan dengan dunia yang begitu indah?

4 pemikiran pada “Dunia Bloger Tidak Seindah yang Dibayangkan, Percayalah”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.