Cara Mengganti Tulisan Paling Bawah Extra Divi Elegantthemes (Footer)

Cara Mengganti Tulisan Paling Bawah Extra Divi Elegantthemes (Footer)

Ulasan awal mengenai tema WordPress Divi Elegantthemes atau tepatnya Extra Elegant Themes sudah ada di sini. Salah satunya, Divi atau Extra ini cukup banyak pengaturannya. Sampai-sampai hanya untuk mempercepat akses blog (loading) cukup memakan waktu. Sebetulnya, tema WordPress produksi dari elegantthemes.com ini lebih cocok untuk mereka yang suka mendesain setiap halaman blog (page) atau seorang desainer situs (web design).

Mau tanya mas/gan, saya juga pengguna theme divi extra, kalo mau ganti footer yang paling bawah gimana ya caranya? “Penerjemah Inggris Indonesia tarjiem.com 2011-2017 dari Bandung dengan ❤️️️”

Pertanyaan ini muncul dari pesan masuk tadi malam. Bertanya mengenai bagaimana cara mengganti tulisan yang ada di paling bawah blog dan lapak penerjemah Inggris Indonesia ini. Istilah tulisan di paling bawah blog dalam bahasa Inggris adalah footer. Versi terjemahannya adalah bagian kaki blog. Ada juga yang menyebutkan bagian untuk tulisan “Copyright” atau “Hak Cipta”. Pengaturan bawaan bagian paling bawah Extra Elegant Themes (default) tulisannya adalah “Designed by Elegant Themes | Powered by WordPress“.

Tulisan Paling Bawah (Footer) Bawaah Extra "Designed By Elegant Themes Powered by WordPress"
Tulisan Paling Bawah (Footer) Bawaah Extra “Designed By Elegant Themes Powered by WordPress”

Cara Mengubah Tulisan paling Bawah Extra Elegantthemes.com atau Tema WordPress Divi

Kebetulan pengaturan blog ini menggunakan Bahasa Inggris dan di bawahnya ada dua gambar petunjuk atau tutorialnya.

  1. Masuk WordPress ke wp-admin > Extra >Theme Customizer atau bisa juga masuk dari Appearance > Customize atau wp-admin > Extra > Penyesuai Tema atau Tampilan > Sesuaikan
  2. Pilih Footer Settings > Footer Elements >Enter Copyright Text
  3. Pada bagian Enter Copyright Text, hapus tulisan sebelumnya dan tuliskan kata-kata yang yang ingin ditampilkan. Bebas.
  4. Setelah selesai, pilih Save (Simpan).

Pada langkah ketiga, bisa juga menambahkan kode HTML sebagai variasi tambahan. Blog dan lapak terjemahan Inggris Indonesia tulisan bagian kaki paling bawah adalah:

Penerjemah Inggris Indonesia tarjiem.com 2011-2017 dari Bandung dengan ❤️

Tulisan Paling Bawah (Footer) Tarjiem Juni 2017
Tulisan Paling Bawah (Footer) Tarjiem Juni 2017

️️Dengan kode HTML:

Penerjemah Inggris Indonesia <a title=”Jasa Penerjemah Inggris Indonesia Tarjiem.com” href=”https://tarjiem.com”>tarjiem.com 2011-2017</a> dari Bandung dengan ❤️

Ada variasi tautan langsung (live link) yang aktif menuju beranda pada tulisan tarjiem.com 2011-2017 dan emotikon gambar hati/cinta.

Gambar Cara Mudah Ganti Footer Paling Bawah Divi atau Extra Elegantthemes.com

Gambar Pertama:

Cara Mengubah Tulisan Paling Bawah Extra Elegantthemes com atay Divi Tema WordPress
Cara Mengubah Tulisan Paling Bawah Extra Elegantthemes com atay Divi Tema WordPress

Gambar Kedua:

Cara Ganti Footer atau Tulisan Bawah Divi Extra Elegantthemes
Cara Ganti Footer atau Tulisan Bawah Divi Extra Elegantthemes

Tambahan: Cara Menambahkan Emotikon/Emoji/Icon di Bagian Bawah Tema WordPress Divi Elegantthemes.com atau Extra dan Bisa Untuk Themes Lainnya

Kebetulan tulisan bagian paling bawah lapak terjemahan ini menggunakan simbol/logo/emotikon gambar hati/cinta/heart ❤️.  Cara menambahkan

  1. Buka emojipedia.org
  2. Cari nama gambar emotikon yang ingin ditambahkan dalam bahasa Inggris.
  3. Setelah ketemu, pilih tombol salin “Copy“.
  4. Lalu rekatkan langsung pada kolom Enter Copyright Text lalu Simpan (Saved).

Banyak hal yang bisa dilakukan di bagian Customize atau Sesuaikan. Untuk Footer atau bagian yang baling bawah untuk Extra Elegant Themes di Footer Settings, > Typography  bisa melakukan perubahan jenis huruf, warna huruf, warna latar belakang, ukuran huruf, dsb. Di bagian Layout, bisa mengatur jumlah kotak atau kolom Widget untuk Footer, bisa 4 kolom, 3, kolom, 2 kolom, 1 kolom atau 1/4 dan 3/4 kolom. Termasuk juga banyak bagian pengaturan lain di Bottom Bar.

Pada dasarnya cara ini bisa berlaku untuk tema WordPress apa saja yang memang menyediakan pengaturan (setting) untuk bagian paling bawah atau footer. Jika gagal, mungkin alternatif cara menghapus tulisan paling bawah lainnya bisa dilihat di sini. Selamat mencoba.

8 pemikiran pada “Cara Mengganti Tulisan Paling Bawah Extra Divi Elegantthemes (Footer)”

  1. Iya, ya maksudnya footer atau hak cipta. Kalau di blog saya, tahun itu secara otomatis terganti sendiri tanpa harus merubah angka tahun setiap tahunnya. Tapi jika ingin mengganti harus diperhatikan juga hak ciptanya, apakah boleh diganti atau tidak. takutnya nanti template akan berantakan jika tanpa seijin pembuat template.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.