Bloger Blogspot yang Belum Pernah Menyentuh WordPress Itu Seperti

Bloger Blogspot yang Belum Pernah Menyentuh WordPress Itu Seperti

Ada pertanyaan menarik yang muncul dan cukup menggelitik. Jenis pertanyaan ini sudah pernah dibaca beberapa kali. Gambaran pertanyaannya yaitu:

Bagaimana cara memasang plugin yoast SEO di Blogspot?

Saking menggelitiknya, mangkanya tulisan ini ditulis langsung setelah selesai menulis tulisan sebelumnya.

Pertanyaan itu mirip seperti menanyakan, bagaimana cara makan bubur ayam pakai sumpit? Jawabannya sih bisa saja, hanya caranya bukan begitu caranya. Agak sedikit lucu juga kalau makan bubur ayam pakai lidi.

Salah Paham Antara Blogspot dan WordPress

Sudah ada tulisan panjang lebar yang menjelaskan perbedaan antara Blogspot dengan WordPress. Malah sudah menulis juga tentang optimasi mesin pencari Google khususnya dari sudut Blogspot dan WordPress. Dua alat ngeblog ini berbeda cara pakainya. Walau fungsinya sama-sama sebagai alat mempublikasi tulisan di internet secara gratis atau dikenal sebagai alat sistem pengelola tulisan atau CMS (Content Management System).

Pengguna Blogspot yang Belum Mengenal WordPress Itu Seperti…

Seperti pengendara sepeda motor yang baru bisa mengendarai sepeda motor otomatis (matic), tapi belum bisa membawa sepeda motor persneling manual. Sama-sama bisa membawa sepeda motor di jalan raya, tapi jenis motornya beda.

Blogspot itu benar-benar alat blog yang membuat diri berada di zona nyaman, di bawah naungan Google. Seperti sepeda motor otomatis, yang dikasih pinjam oleh Google. Google sendiri berhak menarik motor yang dipinjamkan itu kapan saja.

Berbeda dengan WordPress. WordPress yang dimaksudkan di sini adalah WordPress.org. Sepeda motor yang kita kendarai itu adalah milik kita sendiri dan bebas mau dibawa kemana saja dan mau diapakan.

Berbeda dengan sepeda motor Blogspot, WordPress bukanlah motor matic. Untuk memindahkan giginya harus dilakukan secara manual. Tidak seperti motor Blogspot yang cukup menarik gas untuk melaju cepat.

Gajah Naik Sepeda Motor Sport Kencang Kuning Ngebut
Ilustrasi Gajah Naik Sepeda Motor (kredit: jhonlund.com)

Alasan WordPress.org Disebut Jenis Sepeda Motor Manual

Alasannya, WordPress.org ini membutuhkan hos (hosting) agar dapat dikendarai. Jika ingin menggunakan WordPress, minimal harus mengeluarkan uang untuk membeli domain dan layanan hos. Berbeda dengan Blogpost yang bisa 100% gratis digunakan. Cukup mendaftarkan diri untuk membuat surel (email) ke Gmail lalu mendaftarkan diri ke Blogger.com. Selesai. Prosesnya bisa kurang dari 1 jam.

Kalau WordPress, mirip seperti belajar membawa sepeda motor gigi manual. Kira-kira berapa lama?

16 pemikiran pada “Bloger Blogspot yang Belum Pernah Menyentuh WordPress Itu Seperti”

  1. Bukannya wordpres itu lebih banyak plugin nya, ya? Jadi dia lebih mudah dioperasikan dibanding blogger. Saya kadang suka ribet pake blogger krn harus ngulik css, html, script2 lainnya. Terutama wordpress yg ngegunain hosting sendiri, itu lebih enakeun.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.