tarjiem.com adalah blog dan lapak jasa penerjemah bahasa Inggris ke Indonesia dan Indonesia ke Inggris.

Bandung - Jawa Barat

WhatsApp: +6285210384502

WP Smush Memadatkan 5,5MB 823 Gambar Selama 1 Jam

Wp Smush adalah plugin wordpress yang fungsinya adalah memadatkan atau mengompres gambar.  Awalnya plugin ini dikembangkan oleh yahoo dengan nama plugin Smush.it. Namun pihak yahoo tidak meneruskan pengembangan plugin wordpres ini. Akhirnya plugin ini diambil alih oleh WPMU DEV dan namanya berganti menjadi WP Smush. Wp smush sendiri merupakan salah satu plugin yang disarankan oleh gtmetrix.com khususnya bagi pengguna wordpress.org.

Sebenarnya tulisan ini ditulis pada saat saya menunggu proses pemadatan 823 gambar yang saat ini ada dalam blog terjemahan ini. Walau plugin WP smush ini gratis, namun plugin wordpress ini memiliki keterbatasan dibandingkan wp smush pro sebagai plugin berbayarnya. Keterbatasannya yakni hanya bisa memadatkan 50 gambar dalam satu waktu.

Proses Pemadatan Gambar WP Smush Plugin WordPress
Proses Pemadatan Gambar WP Smush Plugin WordPress

Setelah 50 gambar dipadatkan, maka kita harus mengklik lagi “Bulk Smush Now” agar bisa memadatkan 50 gambar berikutnya. Begitu selanjutnya. Jika blog saya ada 823 gambar, maka setidaknya saya harus 17 kali mengklik Bulk Smush Now setiap selesaih pemadatan 50 gambar. Total waktu yang dibutuhkan untuk memadatkan 800 gambar lebih, tampaknya cukup lama, ada sekitar 1 jam lebih. Kecepatan waktu proses pemadatan gambar juga tergantung dengan hosting yang digunakan. Semakin cepat proses pemadatan setiap satu gambar, besar kemungkinan dipengaruhi oleh paket hosting yang digunakan.

Keterbatasan lain wp smush versi gratis, kita tidak dapat memadatkan gambar yang ukurannya lebih dari 1 MB. Terpaksa harus pakai alat lain. Alternatif alat lain yang saya senangi adalah compressor io. Tidak hanya itu saja, jika melihat ukuran gambar yang berhasil dipadatkan, maka tidak banyak ukuran gambar yang dipadatkan. Dari 823 gambar, akumulasi gambar yang dipadatkan yakni 5,5 MB.

Namun setidaknya, penggunaan plugin wordpress Wp Smush ini merupakan salah satu usaha dalam memadatkan atau mengompres seluruh gambar yang ada di dalam blog wordpress. Tujuan dari pemadatan gambar itu sendiri jelas agar mencapai waktu muat blog (loading time) yang cepat. Terlebih lagi jika merujuk beberapa tulisan mengenai cara mempercepat halaman blog dibuka, maka salah satu jenis dan tips dalam mempercepat blog wordpress yakni membahas soal gambar. Gambar sebaiknya dipadatkan. Salah satu plugin yang sering disebut yakni Wp smush ini.

sebarkan jika bermanfaat
Ridha Harwan
Ridha Harwan

Penjual jasa penerjemah Inggris ke bahasa Indonesia dan Indonesia ke bahasa Inggris. Cek profil di sini atau tombol media sosial di bawah ini. Tolong jangan percaya 100% dengan apa yang saya tulis di atas. Terima kasih atas kunjungannya.

Articles: 546

Ikuti Tulisan Baru

Tulisan baru akan langsung dikirim ke surat elektronik.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *