Gambar Losslessly Compressing Dari Google PageSpeed Insights

Berikut ini cara memperbaiki gambar yang memiliki peringatan “Losslessly compressing” di Google PageSpeed Insights dengan compressor.io. Sebelumnya, mungkin sudah pada tahu kalau tren penggunaan internet saat ini sudah banyak diakses melalui perangkat bergerak atau perangkat seluler dan telepon pintar. Pihak google sendiri sudah memberitahu kalau google akan memperhatikan beberapa situs yang cukup nyaman bila diakses melalui perangkat bergerak. Tidak hanya nyaman diakses, faktor situs yang cepat diakses juga salah satu faktor penentu dari sekian banyak faktor seo itu sendiri.

Google PageSpeed Insights

Google PageSpeed Insights

Salah satu cara agar situs atau blog cepat diakses yaitu penggunaan gambar yang di kompres atau dipadatkan tanpa mengurangi kualitas gambar itu sendiri. Salah satu cara memadatkan gambar yakni menggunakan situs daring di internet (online tool) yang bernama compressor.io. Alasan saya menuliskan hal ini karena situs compressor.io hampir memberikan hasil pemadatan gambar yang sesuai dengan informasi yang diberitahukan “Optimize Image Losslessly compressing” di Google PageSpeed Insights.

Cara Mengoptimalkan Gambar Losslessly Compressing di Google PageSpeed Insights

Secara garis besar, cara mengoptimalkan gambar yang memiliki pesan losslessly compressing di Google PageSpeed Insights yaitu, cari halaman yang gambarnya ingin dioptimalkan, lalu periksa di Google PageSpeed Insights kemudian periksa lokasi gambar (url) kemudian unduh gambarnya dan unggah di compressor.io. Setelah dioptimalkan oleh compressor.io, unduh gambarnya dan unggah kembali ke server atau wordpress/blogger atau blogpsot.

  1. Cari halaman yang gambarnya ingin dioptimalkan
    • Baru-baru ini saya telah mengganti tema wordpress saya. Sehingga halaman depan atau berandanya juga berbeda. Saya sarankan, yang pertama kali dioptimalkan itu adalah halaman depan, beranda, atau home.
  2. Buka Google PageSpeed Insights
  3. Rekatkan alamat yang ingin dioptimalkan gambarnya lalu klik “Analyze”
    • Rekatkan alamatnya di bagian “Enter a web page URL”
  4. Lihat hasilnya dan periksa pada bagian “Optimize images”
    • Lihat bagian “Consider Fixing” lalu klik “Optimize images”. Maka akan ada keterangan “Properly formatting and compressing images can save many bytes of data. Optimize the following images to reduce their size by … (… % reduction). ” Lihat di bawahnya maka akan ada daftar gambar yang perlu dipadatkan yang berketerangan “Losslessly compressing [lokasi di mana gambar disimpan].”
    • Info Gambar Losslessly Compressing di Google PageSpeed Insights

      Info Gambar Losslessly Compressing di Google PageSpeed Insights

  5. Cari dan unduh gambar yang akan dioptimalkan dengan compressor.io.
  6. Buka https://compressor.io/ dan lalu unggah gambar yang akan dioptimalkan.
  7. Lihat hasilnya. Coba periksa apakah angkanya sama dengan penjelasan saat di Google PageSpeed Insights.
    • Losslessly compressing di compressor.io

      Losslessly compressing di compressor.io

  8. Unduh gambar dari compressor.io dan unggah kembali gambar ke tempat semula.
  9. Selesai.

Untuk membuktikan apakah peringatan “Consider fixing” pada bagian “Optimize images” di Google PageSpeed Insights sudah berhasil, cek kembali alamatnya setelah kita mengunggah gambar yang sudah dipadatkan. Biasanya efeknya baru kelihatan 15-30 menit kemudian, Google PageSpeed Insights akan mendeteksi kalau gambarnya telah berganti.

Hasil Compressor.io dengan Google PageSpeed Insights

Hasil Compressor.io dengan Google PageSpeed Insights

Sengaja saya menuliskan hal ini karena hasil kompresi online tool compressor.io hampir sama nilainya dengan rekomendasi gambar yang harus dioptimalkan oleh Google PageSpeed Insights. Masih benyak perangkat lain untuk mengoptimalkan gambar yang akan ditampilkan di situs atau blog kita, salah satunya adalah perangkat lunak atau software pnggauntlet atau beberapa plugin optimasi gambar untuk wordpress.org demi nilai terbaik Google PageSpeed Insights. Demikian.

 

6 Comments

  1. Mizuka Yokizu 1 Mei 2015 20:27
    • Ridha Harwan 6 Mei 2015 08:22
  2. santika 27 April 2015 21:37
    • Ridha Harwan 29 April 2015 19:50
  3. abdurrohim 27 April 2015 15:57

Leave a Reply