Kategori Tulisan di Blog Tarjiem Des 2015-Des 2016

Selesai Merapikan Kategori Blog Tarjiem Januari 2017

Akhirnya selesai juga merapikan kategori blog tarjiem. Lumayan lama juga merapikan 300 lebih tulisan sambil diperbaiki label/tag tulisannya. Setelah eksekusi pindah Schema Mythemeshop ke Divi Elegantthemes, lalu dilanjutkan merapikan struktur kategori blog lapak jasa penerjemah bahasa ini.

Awalnya struktur kategori ini punya banyak turunan kategori tulisan. Setelah dipikir-pikir, turunan kategori tulisan ini cukup membuat repot dari segi tampilannya. Akhirnya dibuatlah jadi sesederhana mungkin. Dari sekitar 20 lebih kategori yang sudah ada, sekarang dibuat jadi lima kategori saja. Lima kategori ini adalah Bahasa, Bloger, Gambar, Serba-Serbi, dan Video.

Kategori Tulisan di Blog Tarjiem Des 2015-Des 2016
Kategori Tulisan di Blog Tarjiem Des 2015-Des 2016

Sebenarnya ini adalah seri ketiga dalam beberes kategori blog tarjiem. Sebelumnya sudah dua kali (kalau tidak salah) merapikan kategori blog lapak terjemahan ini. Hanya sebelumnya, kategori yang dirapikan tidak seekstrim proses perapian saat ini.

Kategori turunan yang dihapus seperti Penerjemah Bahasa, Terjemahan, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Google Translate, WordPress, Blogspot, dsb. itu, dibuat menjadi bagian tag/label. Malah koleksi label yang bsebelumnya berjumlah 600 lebih, sekarang disikat menjadi 150 lebih. Jika ada kesempatan mungkin label yang ada akan dirapikan juga. Sebisa mungkin koleksi label tulisan yang dipakai, jumlahnya kurang dari 100 label.

Waktu Merapikan Kategori Blog Terjemahan Tarjiem Ini

Kategori Tulisan Blog Tarjiem Per 5 Jan 2017
Kategori Tulisan Blog Tarjiem Per 5 Jan 2017

Total waktu yang dibutuhkan merapikan 20 lebih kategori dan 300 lebih tulisan adalah 4 hari. Kurang lebih dimulai dari awal tahun 2017 ini. Proses merapikannya benar-benar seperti melihat ulang puluhan tulisan yang sudah lama ditulis, 3-4 tahun yang lalu. Kadang lucu juga melihat tulisan-tulisan lama yang rada konyol-konyol. Mangkanya, beberapa tulisan ada yang dihapus atau tidak lagi ditampilkan.

Saat selesai merapikan kategori tulisan, baru sadar ternyata kategori Bloger yang paling banyak isi tulisannya. Awalnya kategori tulisan Bloger itu berjudul SEO. SEO pun sekarang dijadikan label OMP (Optimasi Mesin Pencari). Label tulisan yang sebelumnya adalah “Arsip Blog” sebagai catatan perjalanan blog dan lapak penerjemah ini, sekarang diubah menjadi “Tarjiem” dan dimasukkan ke dalam kategori Bloger. Seperti label dalam tulisan ini. Roh fasilitas mesin CMS WordPress ini benar-benar sangat membantu dalam proses merapikan ulang struktur kategori dan label blog ini.

Cuma, tema Divi Elegantthemes saat ini tidak menampilkan informasi label di dalam setiap pos tulisan. Jadi tidak terlihat label apa yang dipakai di dalam tulisan. Padahal, umumnya tema WordPress yang lain, menampilkan label dalam setiap tulisan.

Jadi kalau dihitung per hari ini (5 Januari 2017) setidaknya ada 431 tulisan di blog jasa penerjemah bahasa ini yang terlihat olah publik. Kalau dilihat sekilas, sepertinya hanya 5%-7% tulisan saja yang dibaca atau yang dicari dari mesin pencari Google. Sisanya memang, tulisan yang kurang dibutuhkan dan dicari. Kurang lebih seperti tulisan ini.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.