Beberes Kategori Blog dan Lapak Penerjemah Ini

Dua hari yang lalu blog dan lapak jasa penerjemah ini mengalami perubahan pada struktur kategori tulisan. Awalnya struktur kategori blog ini memiliki 21 kategori utama. 4 kategori memiliki sub kategori lainnya. 7 kategori lainnya adalah subkategori.

Waktu blog ini menggunakan tema mythemeshop, akhirnya beberapa kategori tulisan dimasukkan ke dalam menu sekunder. Jadilah saya bingung membuat kategorisasi blog ini di menu blog yang terletak di atas. Kalau dimasukkan semua, maka menu bagian atas ini terlihat kurang rapi.

Jadinya saya berpikir untuk menyusun ulang kategori struktur kategori tulisan di blog tarjiem ini. Bersyukur salah satu kelebihan wordpress dot org yakni tidak sulitnya mengatur struktur kategori blog. Termasuk mengatur ulang dan menentukan mana kategori utama (parent) mana subkategori dan mana sub subkategori.

Pertimbangan Struktur Kategori WordPress

Agak sulit juga menentukan dan mengatur ulang kategori tulisan dalam blog ini. Terutama pada bagian kategori “Penerjemah” dan “Bahasa”. Maunya tadi kategori tulisan “Penerjemah” berdiri sendiri, bukan subkategori “Bahasa”.

Struktur Kategori Tarjiem Blog Jasa PenerjemahSebelum Desember 2015

Struktur Kategori Tarjiem Sebelum Desember 2015

Kalau berdiri sendiri, strukturnya agak lebih rapi. Tapi kalau kategori “Penerjemah” ditaruh di bawah kategori “Bahasa” jadinya strukturnya jadi panjang.

Jadinya kurang lebih Bahasa > Penerjemah > HPI. Jadinya ada sub subkategori. Lumayan panjang sih jadinya. Apalagi di bawah kategori “Bahasa” itu banyak subkategorinya. Termasuk juga kategori tulisan “Kamus” ada di bawah kategori “Bahasa”.

Struktur Kategori Blog yang Menganggur

Selain itu, ada dua kategori itu yang cukup membingungkan, yakni Cara, Islami, Kompasiana, dan Ulasan. Empat kategori utama ini cukup banyak menambahkan kategori. Masih belum ada ide untuk menyatukan dengan kategori lainnya.

Uji Coba Struktur Kategori yang Sekarang

Nah struktur kategori yang ada sekarang ini mau diuji coba dulu. Bagus atau tidak on page seo nya. Terus terang kategori yang kemarin itu masih agak lebih berantakan dibandingkan dengan struktur yang sekarang. Walau agak berantakan, lumayan juga struktur kategori itu untuk blog ini.

Struktur Kategori Tarjiem Blog Jasa Penerjemah per Desember 2015

Struktur Kategori Tarjiem per Desember 2015

Pertanyaan yang cukup membingungkan, kategori tulisan saya kali ini termasuk kategori “Arsip Blog” atau Kategori “SEO” yah? Sepertinya ini ditaruh di arsip blog saja. Walau sebenarnya, struktur kategori blog ini akan mengarah ke arah arsitektur silo.

Beberes itu Dari Bahasa Sunda

Arti kata Beberes itu kalau tidak salah saya ambil dari Bahasa Sunda yang artinya adalah Beres-Beres. Semoga tidak salah yah. Kalau dihitung berdasarkan gambar di atas, sekarang kategori blog ini ada 10 kategori utama, 15 subkategori dan 3 sub subkategori.

Leave a Reply