Apakah Ahli SEO itu Cukup Berada di Halaman 1 Saja?

Apakah Ahli SEO itu Cukup Berada di Halaman 1 Saja?

Apakah ahli seo itu adalah orang yang mampu berada di halaman 1 hasil pencarian? atau bahkan berada di urutan 1 di halaman hasil pencarian mesin pencari?

Mungkin secara kasat mata jawabannya mungkin iya. Bisa jadi ahli seo itu adalah mereka yang mampu berada di halaman 1 bahkan di urutan pertama dalam halaman hasil pencarian mesin pencari. Memang tidak sulit jika kita ingin mengetahui kepakaran seseorang dalam bidang optimasi mesin pencari, cukup lihat saja apakah situs atau web yang dimiliki ahli seo tersebut berada di halaman satu mesin pencari.

Lalu pertanyaan yang lebih penting lagi bagi saya adalah, apakah hanya dengan berada di halaman 1 saja itu sudah cukup? Tentu saja jawabannya bisa iya bisa tidak, tergantung tujuan atau motif kita masing-masing untuk apa kita berada di halaman 1  hasil pencarian.

Ahli seo foto dari pixa bay
Ahli seo foto dari pixa bay

Bagi mereka yang belum mengetahui dibalik layar optimisasi mesin pencari atau search engine optimization (seo) tentu akan bertanya-tanya soal seo ini. Google, sebagai raksasa mesin pencari saat ini, telah mengeluarkan secara resmi buku panduan seo beberapa tahun yang lalu. Jadi secara tidak langsung, panduan baku ilmu seo itu sudah ada dan itu langsung diberitahukan oleh google langsung. Jadi sebenarnya, jika kita menerapkan garis-garis besar yang ada di buku panduan tersebut, maka tentunya apa yang kita tuliskan dan publikasikan di dunia maya tentu tidak akan kesulitan ditemukan oleh mereka yang membutuhkan dan ditampilkan oleh mesin pencari.

Permasalahannya, apakah dengan adanya beberapa tulisan yang kita miliki atau situs kita berada di halaman satu bahkan di urutan satu di hasil mesin pencarian yang itu adalah hasil usaha kita lalu kita mengklaim kalau kita ahli atau pakar seo? Kalau saya pribadi menjawabnya tentu saja tidak. Karena bisa jadi itu hanya faktor keberuntungan saja. Namun demikian, bagi mereka yang sudah paham dan mengetahui seluk beluk dunia optimasi mesin pencari secara lebih mendalam mungkin menjawab bisa jadi menjawab iya.

Ilustrasi seo flickr

Jika saya boleh berpendapat, ada hal yang lebih penting dibandingkan hanya sekadar berada di urutan 1 hasil pencarian. Sederhananya saya menyebutkan dengan istilah ‘konversi’. Jika boleh saya mendefinisikan istilah konversi ini yaitu, timbal balik yang kita dapatkan setelah kita berada di halaman satu hasil mesin pencarian. Tentu saja jelas sekali timbal balik ini berupa adalah berupa materi bukan hanya sekadar ucapan terima kasih.

Ibaratnya seseorang yang akan memasuki sebuah pasar yang sangat besar sekali, maka tentu saja ia akan langsung menggunakan mesin pencari (katakanlah google) untuk mencari apa yang dibutuhkannya (misalnya informasi atau barang). Apabila pemilik toko berhasil menempatkan barang dagangannya diurutan pertama hasil pencarian orang tersebut, tentu sangat jelas sekali bahwa tokonya (web/situs/blog) akan keramaian pengunjung. Saat pengunjung toko/situs/blog ini tiba, tentu saja pertama kali ia akan melihat-lihat terlebih dahulu atau bahkan kalau bisa bertanya-tanya terlebih dahulu. Jika yang dibutuhkannya adalah sebuah informasi, maka pengunjung ini akan membaca isi blog/situs tersebut secara cermat dan jika pengunjung ini sedang mencari sebuah barang maka tentu saja ia akan melakukan sebuah pembelian.

Itulah gambaran ilustrasi dari arti pentingnya sebuah konversi. Jika situs tersebut fokus pada penyediaan barang atau jasa tentunya yang dimaksudkan dengan konversi adalah pembelian barang atau jasa. Namun jika situs tersebut fokus pada penyediaan informasi, misalnya sebuah forum sebuah portal berita, maka yang dimaksud dengan konversi di sini adalah lamanya atau betahnya pengunjung tersebut di toko itu. Dan biasanya situs yang menyediakan informasi saja, biasanya akan memiliki iklan dan bahkan ditawari pemasangan iklan dikarenakan banyaknya pengunjung ke situs tersebut. Dari sinilah konversi didapatkan oleh situs yang mengandalkan banyaknya jumlah pengunjung yang datang.

Kutipan menarik tentang seo image:flickr.com
Kutipan menarik tentang seo image:flickr.com

Lalu jika kita berada di urutan 1 halaman satu namun tidak memiliki konversi sayang sekali bukan. Walaupun biasanya, mereka yang berada di halaman satu hampir sebagian besar mendapatkan keuntungan atas kunjungan pengunjung, walaupun pengunjung tidak tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan atau iklan yang kita pasang. Walaupun barang atau jasa yang ditawarkan tidak ada yang beli, minimal blog atau situs kita ramai yang pada akhirnya akan sedikit berpengaruh pada iklan-iklan yang dipasang.

Sebagai penutup, menurut saya itulah arti penting jika Anda memang ahli atau pakar di bidang optimasi mesin pencarian. Konversi merupakan banyak yang dikejar setelah mereka mengejar halaman 1. Sayang sekali jika sudah berada di halaman satu namun tidak banyak yang membutuhkan barang, jasa, atau informasi yang ditawarkan. Dan biasanya, mereka yang membutuhkan jasa ahli seo, tentu akan mengejar konversi tersebut.

106 thoughts on “Apakah Ahli SEO itu Cukup Berada di Halaman 1 Saja?

  1. relatif sih banyak master yang munculin diri atau nenggelemin diri, ya seperti silent reader yang penghasilan 4 digit dolar perbulan ya pasti silent

    • Iya betul. Tujuannya emang konversi. Seperti lapak terjemahan saya. Walau beberapa kadang ada yang mejeng di pejawan, tetap aja kalau sudah lihat tarif terjemahan saya, kadang gak jadi konversi.

  2. kalo untuk ahi seo mungkin gampang-gampang susah, kalo yang belum menguasai seo hanya faktor luck menurut ane, seperti artikel yang hanya asal buat tapi dengan keyword yang pas ane rasa bisa aja masuk page one

  3. Kalau menurut sya sih ahli seo tidaklah cukup hanyalah berada pada halaman 1 index google. Yang terpenting adalah bagaimana situs bisa tetap bertahan di posisi pertama. Apalagi setiap tahun algoritma google selalu berubah dalam penilaian sebuah situs. Nice info

  4. Jika kita rajin menulis artikel dan banyak isi dari postingan tersebut bermanfaat, saya yakin konversi itu akan terjadi pada blog kita meskipun kita bukanlah master seo… Menurut mas orang yang rajin menulis artikel dan mendapatkan banyak pengunjung itu adalah suatu kebetulan ? hehehe ..Btw, nice article bro. Salam blogger

    • Itu antara kebetulan dan tidak. Kalau tulisannya bagus dan orisinil jelas itu bukan kebetulan. Toh algoritma google terus berusaha mencari tulisan yang asli, orisinil dan berkualitas juga. Tapi kalau tulisan bagus itu dan blognya ditambah pendorong varibale seo lainnya (backlink misalnya), gimana jadinya yah. Ibarat mobil bagus lalu dikasih bahan bakar pertamax super. :)

  5. menurut saya, yang terpenting dalam blog adalah trafficnya. percuma kalau cuma nongol dihalaman pertama (karena saingannya sedikit) tapi gak ada pengunjungnya. sia-sia saja.

  6. Selama ini doktrin yang saya terima dari menghadiri berbagai seminar tentang Blog, Adsense dan website rata rata membahas bagaimana upaya kita agar website dan blog kita berada di urutan terdepan kalau perlu teratas dalam rangking pencaharian di search engine. Ini doktrin yg sudah bertahu tahun bertahta di kepala kita

    • kalau saya bang lebih memilih optimasi konten yang baik, walau itu akhirnya tidak menempati halaman pertama dalam hasil pencarian. banyak faktor dalam seo, dan yang jelas kita semua menulis bukan untuk seo, tapi untuk pengunjung. sementara seo hanya tambahan agar halaman kita menempati hasil yang baik dalam SERPs walau bukan halaman pertama. karena untuk itu banyak faktor dan banyak saingannya. jadi saya juga sadar untuk menerapkannya secara sederhana, tapi lumayan heeeee.

      • Iya betul. Ilmu dasar seo itu memang konten. Optimasi situs hanya cara kita agar “dilirik” oleh robotnya google. Namun jika memang konten kita bagus, maka secara otomatis konten kita akan disukai yang pada akhirnya akan dibagikan pengunjung di media sosial. Ujung-ujungnya SERP kita jadi naik. :)

  7. bicara tentang SEO emang sangat rumit dan sulit dimengerti dan di pahami oleh awam seperti saya ini, saya mah cuman ngikutin cara-cara para mastah saja ng’blognya, soal jika kemudian berada di halaman depan sekalipun artikel kita, saya mah tidak berfikir bahwa hasil tersebut karena dan akibat SEO, pokoknya mah mengalir saja seperti aliran air…gituh kang

  8. Menurut saya itulah fungsinya dari seo, bagaimana optimasi artikel agar mampu bersaing dari web/blog lainnya di mesin pencarian, pastinya bisa mampu menembus page one, bertahan dan cepat terindex disana.

  9. menurut saya seo itu bukan harus menempati halaman pertama dan urutan teratas saja, namun lebih kepada penerapan optimasi agar konten dapat diindeks secara maksimal dan baik oleh mesin pencari. masalah halaman pertama dalam SERPs itu menyusul, namun bila semua konten bisa diindeks dengan baik, maka hasilnya akan baik. dan itu juga baik buat perkembangan blog kita ke depannya, bukan masa yang singkat. mohon maaf mas, kalau ada kesalahan tolong dilengkapi ya gan. terima kasih. saya bookmark blognya buat ikutan belajar. terima kasih.

  10. teknik SEO memang harus kit apelajari ua mas, iya ni terkdang saya juga pernah tu berkunjung ke blog yang hanya berisi 100 artikel, tapi keyword dalam blog itu selalu aja tampil di atas, mungkin pengelolanya dah ahli dibidang SEO

  11. kalo bicara masalah seo saya ga bisa komentar apa apa mas. soalnya saya ga tau yang namanya seo. hehe.

    kalo master seo itu artikenya selalu di urutan 1. brati misalnya pakar seo itu artikelnya tentang tutorial blog, terus saya cari download mp3, apakah artikel master tadi yang akan muncul di urutan pertama..? hehe.

  12. Saya fikir untuk SEO itu kompleks .. kalau masalah no 1 itu gampang tapi yang harus dilakukan lebih dari itu .. karena saya lebih suka konten bagus ketimbang peringkat .

  13. klo saya boleh menggambarkan, istilah “konversi” diatas itu semacam “target focuz” ya mas, percuma klo kita masuk peringkat 1 hal 1 pencarian google, tapi informasi barang yang kita jual minim. akhirnya calon pembeli lari ke situs peringkat dibawahnya karena memberikan informasi detail ttg barang jualannya. bener ga yak

    • Kurang lebih begitu. Yang penting bagaimana kita mendapatkan ‘keuntungan’ setelah kita berada di halaman 1. Kalau toko online jelas, ia akan kebanjiran pengunjung, namun kalau pengunjung itu gak membeli barang kan sangat disayangkan. Walaupun memang yang ramai itu besar kemungkinan banyak pembelinya.

    • Iya, kemarin saya sudah pasang breadcrumb, tapi saya agak khawatir kalau itu dinilai duplicate post oleh google. Tapi kayaknya saya mau pasang lagi, soalnya gara-gara saya copot breadcrumb otomatis saya gak submit sitemap category ke google webmaster dan jumlah kunjungan saya menurun hingga 50%. Lagian lantaran masukan @Junior, kayaknya nanti akan saya mau masukkan lagi. Terima kasih yah atas masukannya. :D

  14. wah ternyata masih banyak yang harus dipelajari dalam mendalami SEO, tidak semudah yang kita bayangkan, saya masih new bi dan belum begitu paham tentang SEO, tetapi dengan semangat yang membara ( ^-^ ) ya semoga bisa walaupun dikit-dikit, salam knl gan blogger baru, dan jangan lupa mampir ya,,,,follow back gan

  15. seorang yang ahli seo tidak hanya bisa dilihat dari hasil pencarian dari katakunci tertentu untuk setiap artikel blognya yang ada di search engine tapi juga bisa dilihat bagaimana cara dia memberikan penjabaran dan pehamanan tentang seo itu sendiri didalam artikel blognya :)

    • Kemudian, orang yang benar-benar ahli di bidangnya, bukan ia yang mengakuinya namun orang lain yang mengakuinya. Yang jelas saya bukan Ahli SEO loh.. :D
      Komentarnya dalem banget, makjleb :D. Jempol 10 deh Buat Ibu Ana. :D

    • Iya betul. Mangkanya itu sangat tergantung tujuan kita apa. Sudah berapa banyak tulisan bagus yang tenggelam di internet dan sudah berapa banyak pula kita menemukan hasil pencarian google yang tidak begitu bermanfaat atau tidak sesuai dengan apa yang kita mau. #KomentarSeriusSedikit :D

  16. wahhh jujur kang kalo soal seo ini saya sukar untuk dimengerti walaupun sudah saya baca berkali kali tetep saja tidak mengerti soalnya gini di blogg saya yang blogg download games insya allah banyak postingan saya yang posisi nya di no 1 bahkan no 1 di halaman 1 padahal isi artikel nya yaa asal nyeblak . tapi beda lagi hal nya kalo di blogg saya yang artikel jujur sangat sulit sekali kalo mau nongol di urutan pertama dan kalo menurut saya masalah nya bukan di seo nya tapi di persaingan nya yang sanga kuat mas :D betul tidak ?:D

  17. SEO memang salah satu bagian ngeblog yg sulit dijelaskan mas.yang mengatur konten kita berada di halaman pertama adalah robot.jadi menurutku yg ada dihalaman pertama belum tentu artikel berkualitas tapi artikel berkualitas SEO berpeluang besar nangkring dihalaman pertama

  18. Waduuuh kalo dah berbicara tentang seo, saya mah cuma bisa ikutan nyimak aja ini teh, da saya mah gak ngerti ama seo-seo’an lah… mungkin berada di page 1 salah satunya kali ya, soalnya banyak banget para blogger yang berusaha sedemikian rupa supaya artikelnya itu berada di page 1 :)

  19. ahli seo juga belum tentu urutan pertama yah.. tetep aja konten yan menarik yang selalu mengundang pengunjung supaya balik lagi, tapi setidaknya dengan seo lebih memudahkan pengunjung untuk memilah dan memilih,

  20. UNGGUL TRANSLATOR adalah kantor penerjemah online di Jakarta yang memberikan layanan jasa terjemahan semua Bahasa Asing.
    Dengan misi untuk dapat menjembatani perbedaan bahasa yang selama ini menjadi kendala yang cukup pelik bagi klien-klien kami dalam berbisnis dan lain sebagainya, kami hadir untuk memenuhi segala kebutuhan klien-klien kami dalam hal penerjemahan bahasa Inggris, Jepang, Korea, Mandarin, Perancis, Belanda, Arab, Jerman dan lain sebagainya.
    Didukung oleh tenaga-tenaga muda ahli bahasa yang berpengalaman untuk berbagai displin ilmu, UNGGUL TRANSLATOR hadir dengan bentuk layanan jasa penerjemahan online untuk semua bahasa asing.

Leave a Comment