Pindah Rumah Malam-Malam Ke VPS

Pindah Rumah Malam-Malam Ke VPS

Semoga malam ini pindahan rumah lapak terjemahan ini berjalan dengan lancar. VPS atau Virtual Private Server adalah pilihan lain setelah sebelumnya menggunakan hos berbagi (share hosting). Alasan pindah ke vps ini lantaran demi kenyamanan pengunjung dan kecepatan akses ke blog ini. Apalagi dengan adanya peningkatan beban pengunjung.

Sebelumnya juga sudah cukup puas dengan hos dhyhost paket semi-dedicated. Hanya saja berhubung pengeluaran bulanannya sudah hampir sama dengan biaya pembayaran hos vps, maka jadilah menggunakan vps. Vps sendiri juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan vps yakni lebih murah dibandingkan dengan biaya hos berbagi. Namun kelemahannya, dengan menggunakan hos vps ini mau tidak mau harus menggali lagi ilmu dunia perhostingan. Khususnya dalam mengelola vps.

Ilustrasi Pindah Hosting. Naik mobil ramai-ramai
Ilustrasi Pindah Hosting. Naik mobil ramai-ramai Gambar:masirawann.blogspot.com

Layanan vps yang digunakan dalam rangka menggantikan dhyhost adalah DigitalOcean.com (disingkat DO) atau istilah pelesetannya yakni vps Samudera Digital. Salah satu layanan vps yang paling sering disebut-sebut para blogger Indonesia. Biaya layanan bulanan yang akan dihabiskan di tempat ini adalah $10 US. Biaya bulanan yang dihabiskan di hos berbagi sebelumnya juga hampir sama, yakni sekitar 90 ribu rupiah.

Walau harga sewa tempat per bulanannya cukup mahal, setidaknya ini juga demi kenyamanan pengunjung yang akan mengakses blog ini dan sekaligus demi jualan lapak terjemahan ini juga. Semoga pindahan rumahnya lancar nanti malam. Dimana efek proses pindahan rumah, beberapa pengunjung blog ini akan sedikit mengalami kesulitan mengakses blog dan lapak ini.

13 thoughts on “Pindah Rumah Malam-Malam Ke VPS

  1. Itu mobilnya bisa jalan dan nggak guling ya gan, rame banget penumpang dan barangnya, alau di indonesia sudah di stop ma p.polisi kn melanggar aturan ya gan

  2. Setelah beralih dari hos berbagi ke vps, keliatannya fokus Mas Ridha akan akan sedikit terbagi nantinya. Antara mengembangkan dan memajukan jasa lapak terjemahan bahasa inggris tarjiem ini, dan mendalami dunia perhostingan, khusus nya yang berhubungan dengan vps seperti setting ssh client, install cpanel, dan seambrek pekerjaan rumah lainnya hehe.

    Mungkin perlu dipertimbangkan juga untuk menggunakan vps full managed, dimana segala hal yang berhubungan dengan setting vps, akan dikerjakan oleh team support tempat sewa vps tersebut. Tujuannya agar kita bisa tetap fokus mengembangkan produk tanpa “terganggu” oleh pekerjaan rumah vps. Sukses selalu buat Mas Ridha Harwan dan lapak terjemahan bahasa inggris tarjiem ini. :D

    • Mas Dory, tau aja nih, lika-liku pengguna wordpress.org.
      Memang benar, tantangan menggunakan vps itu pikirannya bisa lebih tercabang.

      Tapi Mas, semenjak saya kenal VPS, entah kenapa rasanya saya tambah plong.
      Rasanya saya betul-betul bebas gak terkait sama apa-apa.
      Walau bercabang, tapi rasanya ada kebebasan yang lebih saya dapatkan dibandingkan saat menggunakan share hosting. Apalagi dibandingkan dengan blogpsot. :D

Leave a Comment