Perbedaan Blogspot dan WordPress Bagi Mesin Pencari Google

Perbedaan Blogspot dan WordPress Bagi Mesin Pencari Google

Sebenarnya perbedaan Blogspot dan WordPress ini bukan hanya bagi mesin pencari Google saja. Sebab mesin pencari itu banyak sekali. Lantaran Google adalah mesin pencari paling adidaya saat ini, jadilah judul dan temanya membahas perbedaan Blogspot dan WordPress bagi mesin pencari Google.

Terus terang, banyak sekali yang menyalin rekat tulisan sebelumnya tentang Pilih Blogspot atau WordPress? Perbandingan dan Perbedaannya. Semoga tidak banyak yang copy-paste tulisan tentang Blogspot vs WordPress dari segi Laman Hasil Mesin Pencari (Search Engine Result Page atau SERP) ini secara mentah-mentah, 100% sama persis. Apalagi yang pakai metode hotlinking image, bisa kasihan VPS lapak terjemahan ini.

Perbedaan Blogspot dan WordPress Bagi Laman Hasil Mesin Pencari

Perbedaan Blogspot dan WordPress dari segi Laman Hasil Mesin Pencari ini pada dasarnya terletak pada kepemilikan dan cara penggunaanya. Blogspot dimiliki oleh Google atau Blogger dan WordPress oleh Automattic. Penggunaan WordPress sangat tergantung oleh bagaimana cara menggunakannya.

Migrasi Blogspot ke WordPress.org Gambar:youngflavor.net
Migrasi Blogspot ke WordPress.org Gambar:youngflavor.net

WordPress yang dibahas di sini cenderung kepada WordPress.org. Bagi yang belum mengetahui perbedaan WordPress.com dan WordPress.org lihat gambar tabel Perbedaan Wordpess.com dengan WordPress.org dalam Bahasa Indonesia. Versi kelebihan dan kekurangan WordPress.org atau WordPress.org versi Bahasa Inggris resminya bisa lihat di sini.

Baca Juga: Jangan Pakai WordPress Jika Tidak Ingin Begini

Blogger VS WordPress di Mesin Pencari Google

Jika ditanya tentang Blogspot VS WordPress bagus mana, jawabannya mudahnya terletak pada bagus tidaknya isi Blogspot atau Blogger dan WordPress itu sendiri. Hanya saja, ada faktor lain selain manfaat isi blog (content) itu sendiri. Salah satu faktor lain itu adalah mesin pencari dan Google merupakan mesin pencari terkenal sejagad bumi saat ini, termasuk di Indonesia.

Mesin pencari merupakan salah satu penyumbang pengunjung ke dalam blog. Dengan kata lain, mesin pencari secara tidak langsung menentukan apakah tulisan di WordPress atau Blogger ada yang membaca dan ada yang menemukannya atau tidak. Apakah pengunjung blog WordPress atau Blogspot itu ramai atau tidak.

Kutipan menarik tentang seo image:flickr.com
Kutipan menarik tentang seo image:flickr.com

Baca juga: Mungkinkah menuju 1.000 Pengunjung Setiap Hari?

Mari melihat perbedaan blogspot dan wordpress dari sudut hasil mesin pencari Google dengan membahas kelebihan dan kekurangan Blogspot dengan WordPress.

Kelebihan dan Kekurangan Blogspot di Google

Berikut ini kelebihan dan kekurangan blogger atau blogspot dari sudut pandang Laman Hasil Mesin Pencari Google.

Blogger atau Blogspot

Kelebihan Blogspot

Blogger atau Blogspot sendiri adalah salah satu produk atau anak perusahaannya mesin pencari raksasa Google. Jelas sekali kalau Blogspot adalah anak emasnya Google. Jika isi blogspot sama berkualitasnya dengan isi blog WordPress, maka posisi Blogspot bisa berada di atas WordPress di hasil mesin pencari Google. Jadi kelebihan Blogspot dibanding WordPress, Blogspot lebih diprioritaskan oleh mesin pencari Google. Bahkan terkadang di halaman pertama Google ada 3-5 Blogspot yang isinya sama dan hanya berbeda alamat saja. Hal ini sulit terjadi jika menggunakan WordPress.

Kekurangan Blogspot

Sayangnya, mesin pencari online di bumi ini bukan hanya Google. Google yang terbesar saat ini, namun masih banyak mesin pencari yang lain. Sebut saja mesin pencari Bing atau Yahoo, Yandex dari Rusia, Baidu dari Tiongkok, DuckDuckGo, dsb. Blogspot yang belum menggunakan domain sendiri (custom domain), seperti iniblogsaya.com, maka kemungkinan akan sulit bersaing di mesin pencari lain seperti di Bing, Yandex, Baidu, dsb.

Baca Juga: Dua Saran Bagi Para Pengguna Blogspot atau Blogger

Bisa dicoba periksa di mesin pencari lain, misalnya di Bing.com. Apakah banyak blogspot yang masih menggunakan namadomain.blogspot.com muncul di halaman pertama. Lalu coba bandingkan dengan kata kunci pencarian  (keyword) yang sama di mesin pencari Google. Umumnya yang banyak muncul adalah blog yang sudah menggunakan domain sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan WordPress di Google

Sebenarnya ada banyak kelebihan WordPress dibanding Blogspot. Hanya saja kelemahan WordPress paling pokok yaitu harus siap mengeluarkan uang yang tidak sedikit per bulan atau per tahunnnya, untuk WordPress.org.

Logo WordPress Sampul Biru Keren
Logo WordPress Sampul Biru Keren
Kelebihan WordPress

Secara pribadi, lebih banyak kelebihan WordPress dibandingkan Blogspot dibandingkan kelebihan Blogspot dibanding WordPress. Keunggulan WordPress dibanding Blogspot dari segi mesin pencari yakni WordPress mampu bersaing di mesin pencari mana saja, khusus pengguna WordPress.org. Saat WordPress sudah berhasil di halaman satu mesin pencari, maka blog WordPress akan mudah perlahan-lahan naik ke posisi pertama halaman pertama (ranking 1). Bahkan WordPress tidak sulit bertahan di halaman satu Google, Bing, Yandex, atau mesin pencari lainnya dalam waktu yang cukup lama. Tentu ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Lihat syarat dan ketentuannya di Saat Kekuatan SEO WordPress Mudah Mengalahkan Blogspot atau Blogger.

Kekurangan WordPress

Kekurangan blog WordPress dibandingkan Blogspot yang paling menonjol yakni “sedikit” sulit bersaing di mesin pencari Google, khususnya pengguna WordPress.com. Coba saja periksa. Jelas walau isi blog sama-sama bagus dengan Blogspot, tentu Blogspot yang akan didahulukan oleh Google. Penyebab sulitnya WordPress bersaing di Google cukup banyak. Tidak sebanyak Blogspot.

Baca Juga: Lima Kelebihan Blogspot Dibanding WordPress

Perbedaan Blogspot dan WordPress Itu Seperti …

Sebenarnya kelebihan kekurangan WordPress dan Blogspot ini masing-masing bisa diatasi. Jika boleh diibaratkan, ini seperti menggunakan alat perang jenis pedang atau alat panah. WordPress itu seperti pedang yang mampu bersaing secara langsung berhadap-hadapan di hasil mesin pencari. Sedangkan Blogspot itu seperti panah. Kekuatannya ada pada mengincar kata kunci tanpa harus membutuhkan alat dukungan tambahan seperti hosting dan tautan balik. Tentu semuanya tergantung kemampuan bagaimana cara menggunakan Blogspot atau WordPress. Berhubung Blogspot adalah anaknya Google logikanya, Blogspotlah yang berkesempatan didahulukan.

Ilustrasi SEO (Searc Engine Optimization) Google Mesin Pencari
Ilustrasi SEO (Search Engine Optimization) Google Mesin Pencari
WordPress, Blogspot, Tumblr, Wix, Medium, Joomla dsb.

Selain itu, sistem pengelola tulisan (CMS atau Content Management System) itu tidak hanya WordPress atau Blogspot. Masih banyak banyak CMS atau platform lain yang dimiliki perusahaan lain, seperti Tumblr, Wix, Medium, Multiply, Joomla, Magento, dll.  Sistem pengelola tulisan yang paling terkenal dan dominan saat ini adalah WordPress yang menguasai 25% situs yang ada di dunia. Pesaing WordPress saat ini adalah Tumblr dan Medium.

Baca Juga: Buku Panduan Resmi SEO (PDF) dari Google

Lebih Baik Pilih Mana? Pilih Blogger atau WordPress?

Jujur saja, jika disuruh pilih Blogger atau WordPress bahkan cms lainnya, maka saya akan memilih menggunakan Blogspot terlebih dahulu. Setelah itu akan menggunakan alamat domain sendiri di Blogspot. Sambil belajar-belajar menggunakan WordPress.org. Namun jika orientasinya hanya menyalurkan hobi menulis, maka WordPress.com yang sangat sesuai sekali digunakan. Jika mengejar banyak pengunjung, maka Blogspot yang cocok dipilih.

Pembahasan perbedaan Blogspot dan WordPress ini juga sebenarnya masih secara global dan tidak terperinci. Mungkin tulisan kategori SEO lainnya bisa membantu. Semoga bahasan tentang apa bedanya Blogspot dengan WordPress dari sudut mesin pencari bisa menambah khazanah tentang tema perbedaan Blogspot dan WordPress.

4 thoughts on “Perbedaan Blogspot dan WordPress Bagi Mesin Pencari Google

Leave a Comment